-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK  2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 2 (Dua)
                               Tema / topik                    :  Food and drink
                               Pertemuan ke / minggu  :  3-4 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat  sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

Indikator:
7.1.1   Membaca nyaring
7.2.1   Menjawab kalimat Do you like to eat/drink …? Dan What do you like to eat/drink?

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan contoh guru, siswa dapat membaca bacaan tentang makanan kesukaan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang nama-nama makanan dan minuman dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

1.      What is your favourite food? (Enjoy and Easy English, Text Script on 102)


Pertemuan 1
What is your favourite food
My name is Ayu. My favourite food is candy. I am eating candy everyday. My father always buys candy to me. I always brush my teeth. So, my teeth is healthy




Pertemuan 2
Menanyakan apakah orang lain menyukai makanan/minuman
Do you like to eat … ?
( Apakah kamu suka makan … ? )
Do you like to drink … ?
( Apakah kamu suka minum … ? )
Cara menjawabnya adalah
Yes, I do ( Ya, saya suka )
No, I do not ( Tidak, saya tidak suka )
Does he like to eat ... ? Does Iza like to eat ... ?
Does she like to drink ... ? Does Icha like to drink ... ?
Yes, he/she does. No, he/she does not.

                                                                                     

E.   Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.   Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Kartu gambar                              
                                        
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “makanan dan minuman kesukaan” untuk memotivasi siswa supaya selalu menghargai kesukaan orang lain meskipun itu berbeda dengan kesukaan kita.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.      Siswa diajak menyanyikan lagu food and drink untuk membangkitkan ingatan mereka tentang materi (mengamati)
2.      Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya).
“kalau ustadzah punya coklat, kira-kira apa yang yang ada dalam pikiran kalian?”
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa diminta membuka buku paket hal. 102. Kemudian guru menjelaskan akan mengadakan evaluasi membaca namun sebelumnya memberi contoh cara membacanya dengan pelafalan dan intonasi yang benar. Siswa menirukannya secara klasikal. (mengkomunikasikan)
5. Siswa maju satu persatu. Sedangkan yang belum mendapat giliran maju, mengartikan bacaan tersebut di buku tulis mereka masing-masing.
6. Siswa diajak berlatih menjawab latihan soal F dan G pada buku paket hal 61-62. (mencoba).

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru memberitahukan tentang materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bagaimana cara mengetahui apakah orang lain menyukai suatu makanan/minuman tertentu atau tidak.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran


10 Menit







Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “makanan dan minuman sehat” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak untuk dikonsumsi.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
10 menit
Inti


1. Siswa diajak menyanyikan lagu Food and drink untuk  membangkitkan ingatan mereka tentang bermacam-macam makanan dan minuman yang baik agar berguna bagi pertumbuhan tubuh manusia (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan dari guru : Mention many food and drink in the canteen? Menstimulus siswa untuk bertanya dan menjawab (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Dengan begitu siswa bersama guru telah mengingat kembali macam-macam makanan dan minuman  beserta artinya. (mengkomunikasikan)
5. Seorang siswa secara acak diminta menjawab pertanyaan guru What is your favourite food? Siswa dibimbing untuk menjawab. Pertanyaan berikutnya adalah What is your favourite drink? Siswa diharapkan juga mampu menjawabnya. Guru menjelaskan kalau pertanyaan tadi tentang cara menanyakan dan menjawab makanan dan minuman kesukaan temannya. Berikut adalah cara untuk menanyakan apakah orang yang kita tanyai itu menyukai makanan/minuman yang kita maksud, yaitu dengan Do you like to eat ... ? atau Do you like to drink ... ? Kemudian cara menjawabnya dengan Yes, I do ( jika jawabannya Ya ) atau No, I do not  ( jika jawabannya Tidak ). Begitu juga kalau yang ditanya orang ketiga    ( seperti dia laki-laki, dia perempuan, Iza, Anton, dll ) Seperti Does he / she like to eat ... ? atau Does Iza like to eat ... ? atau Does Anton like to drink ... ? Latihan secara lisan untuk memperdalam pemahaman siswa. Setelah itu siswa mencatatnya di buku tulis mereka. (mencoba, mengamati, mengkomunikasikan)
6. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan soal latihan di buku paket hal. 60-61 dan beberapa latihan soal tambahan dari guru  (mencoba).

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru menekankan kepada siswa supaya selalu mengingat cara bertanya dan menjawab tentang makanan dan minuman kesukaan teman atau orang lain.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

10 Menit







Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
                                            Tema : Food and drink
No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34









Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
Setengah atau lebih isi teks dibaca lancar
Kurang dari setengah isi teks dibaca lancar
Belum dapat membaca lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat




Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah





                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar