RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                               Satuan pendidikan         : 
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 2 (Dua)
                               Tema / topik                    :  Food and drink
                               Pertemuan ke / minggu  :  3-4 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)
A.   
Standar Kompetensi
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
B.    
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat  sangat sederhana
7.2 Memahami
kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana 
Indikator:
7.1.1   Membaca nyaring 
7.2.1   Menjawab
kalimat Do you like to eat/drink …? Dan What do you like to eat/drink?
C.   
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan contoh guru, siswa dapat membaca bacaan
tentang makanan kesukaan dengan
percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang nama-nama makanan dan minuman dengan percaya diri
D.   
Materi
Pembelajaran
1.     
What
is your favourite food? (Enjoy and Easy
English,
Text Script on 102)
Pertemuan 1
What
is your favourite food
My name is Ayu. My
favourite food is candy. I am eating candy everyday. My father always buys
candy to me. I always brush my teeth. So, my teeth is healthy
Pertemuan 2
Menanyakan
apakah orang lain menyukai makanan/minuman
Do you like
to eat … ?
( Apakah kamu suka makan … ? )
Do you like
to drink … ?
( Apakah kamu suka minum … ? )
Cara menjawabnya adalah
Yes, I do ( Ya, saya suka )
No, I do not ( Tidak,
saya tidak suka )
Does he
like to eat ... ? Does Iza like to eat ... ?
Does she
like to drink ... ? Does Icha like to drink ... ?
Yes,
he/she does. No, he/she does not.
E.   Metode
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.   Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa                                  
Kartu
gambar                               
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
•     Guru mengucap
  salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
  membangun makna belajar 
•     Melakukan
  pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
  siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 
•     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa  
•     Mengajukan
  pertanyaan terkait dengan “makanan dan
  minuman
  kesukaan” untuk memotivasi siswa supaya selalu menghargai
  kesukaan orang lain meskipun itu berbeda dengan kesukaan kita. 
•     Menyampaikan
  tujuan atau manfaat
  materi pembelajaran hari ini 
 | 
  
10
  menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
1.     
  Siswa
  diajak menyanyikan lagu food and drink untuk membangkitkan ingatan mereka tentang materi (mengamati)  
2.     
  Siswa
  menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya). 
“kalau ustadzah punya coklat, kira-kira
  apa yang yang ada dalam pikiran kalian?” 
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi) 
4. Siswa diminta membuka buku paket hal. 102. Kemudian guru menjelaskan
  akan mengadakan evaluasi membaca namun sebelumnya memberi contoh cara membacanya
  dengan pelafalan dan intonasi yang benar. Siswa menirukannya secara klasikal.
  (mengkomunikasikan) 
5. Siswa maju satu persatu. Sedangkan yang belum mendapat
  giliran maju, mengartikan bacaan tersebut di buku tulis mereka masing-masing. 
6. Siswa diajak berlatih
  menjawab latihan soal F dan G pada buku paket hal
  61-62. (mencoba).  
 | 
  
50
  menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
•   
  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
  rangkuman pembelajaran 
•   
  Guru memberitahukan tentang
  materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bagaimana cara mengetahui apakah orang
  lain menyukai suatu makanan/minuman tertentu atau tidak. 
•   
  Guru membangun motivasi siswa untuk terus
  mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
  lingkungan sekitar. 
•   
  Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
  kegiatan pembelajaran 
 | 
  
10 Menit 
 | 
 
Pertemuan 2
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
•     Guru mengucap
  salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
  membangun makna belajar 
•     Melakukan
  pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
  siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 
•     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa  
•     Mengajukan
  pertanyaan terkait dengan “makanan dan
  minuman sehat”
  untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak
  untuk dikonsumsi. 
•     Menyampaikan
  tujuan atau manfaat
  materi pembelajaran hari ini 
 | 
  
10
  menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
1. Siswa diajak menyanyikan lagu Food and drink untuk  membangkitkan ingatan mereka tentang bermacam-macam makanan dan
  minuman yang baik agar
  berguna bagi pertumbuhan tubuh manusia
  (mengamati)  
2. Siswa menjawab pertanyaan dari guru : Mention many
  food and drink in the canteen?
  Menstimulus siswa untuk bertanya dan menjawab (menanya). 
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi) 
4. Dengan begitu siswa bersama
  guru telah mengingat kembali macam-macam
  makanan dan minuman  beserta artinya. (mengkomunikasikan) 
5. Seorang siswa secara acak diminta menjawab pertanyaan
  guru What is your favourite food? Siswa dibimbing untuk menjawab. Pertanyaan
  berikutnya adalah What is your favourite drink? Siswa diharapkan juga mampu
  menjawabnya. Guru menjelaskan kalau pertanyaan tadi tentang cara menanyakan
  dan menjawab makanan dan minuman kesukaan temannya. Berikut adalah cara untuk
  menanyakan apakah orang yang kita tanyai itu menyukai makanan/minuman yang
  kita maksud, yaitu dengan Do you like to eat ... ? atau Do you like to drink
  ... ? Kemudian cara menjawabnya dengan Yes, I do ( jika jawabannya Ya ) atau
  No, I do not  ( jika jawabannya Tidak ).
  Begitu juga kalau yang ditanya orang ketiga    ( seperti dia laki-laki, dia perempuan, Iza,
  Anton, dll ) Seperti Does he / she like to eat ... ? atau Does Iza like to
  eat ... ? atau Does Anton like to drink ... ? Latihan secara lisan untuk
  memperdalam pemahaman siswa. Setelah itu siswa mencatatnya di buku tulis
  mereka. (mencoba, mengamati, mengkomunikasikan)  
6. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan soal latihan di buku paket hal.
  60-61 dan beberapa latihan soal tambahan dari guru  (mencoba).  
 | 
  
50
  menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
•   
  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
  rangkuman pembelajaran 
•   
  Guru menekankan kepada
  siswa supaya selalu mengingat cara bertanya dan menjawab tentang makanan dan
  minuman kesukaan teman atau orang lain. 
•   
  Guru membangun motivasi siswa untuk terus
  mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
  kecintaan kita kepada
  Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. 
•   
  Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
  kegiatan pembelajaran 
 | 
  
10 Menit 
 | 
 
Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Bahasa
Inggris
                                           
Tema : Food and drink
No 
 | 
  
Nama 
 | 
  
Suara  
 | 
  
Kelancaran  
 | 
  
Sikap  
 | 
  
Intonasi  
 | 
  
Pelafalan  
 | 
  
Jumlah skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 
1 
 | 
  ||||||||
2 
 | 
  ||||||||
3 
 | 
  ||||||||
4 
 | 
  ||||||||
5 
 | 
  ||||||||
6 
 | 
  ||||||||
7 
 | 
  ||||||||
8 
 | 
  ||||||||
9 
 | 
  ||||||||
10 
 | 
  ||||||||
11 
 | 
  ||||||||
12 
 | 
  ||||||||
13 
 | 
  ||||||||
14 
 | 
  ||||||||
15 
 | 
  ||||||||
16 
 | 
  ||||||||
17 
 | 
  ||||||||
18 
 | 
  ||||||||
19 
 | 
  ||||||||
20 
 | 
  ||||||||
21 
 | 
  ||||||||
22 
 | 
  ||||||||
23 
 | 
  ||||||||
24 
 | 
  ||||||||
25 
 | 
  ||||||||
26 
 | 
  ||||||||
27 
 | 
  ||||||||
28 
 | 
  ||||||||
29 
 | 
  ||||||||
30 
 | 
  ||||||||
31 
 | 
  ||||||||
32 
 | 
  ||||||||
33 
 | 
  ||||||||
34 
 | 
  
Kriteria  
 | 
  
4 
 | 
  
3 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
 
Suara  
 | 
  
Seluruh isi kelas dapat
  mendengar 
 | 
  
Setengah atau lebih dari ini
  kelas dapat mendengar 
 | 
  
Kurang dari setengah isi kelas
  dapat mendengar 
 | 
  
Tidak terdengar sama sekali 
 | 
 
Kelancaran 
 | 
  
Seluruh si teks dibaca dengan lancar 
 | 
  
Setengah atau lebih isi teks
  dibaca lancar 
 | 
  
Kurang dari setengah isi teks
  dibaca lancar 
 | 
  
Belum dapat membaca lancar 
 | 
 
Sikap  
 | 
  
Tegak dan sopan 
 | 
  
Tidak tegak tapi sopan 
 | 
  
Tegak tapi kurang sopan 
 | 
  
Tidak tegak dan tidak sopan 
 | 
 
Intonasi  
 | 
  
Tepat  
 | 
  
Cukup  
 | 
  
Kurang  
 | 
  
Tidak tepat 
 | 
 
Pelafalan  
 | 
  
Jelas  
 | 
  
Cukup  
 | 
  
Kurang  
 | 
  
Tidak tepat 
 | 
 
Mengetahui 
Waka Kurikulum 
Andhy Sudarmono, ST 
                 NIP  
 | 
  
Guru Kelas 2, 
Meinar Arika Prihanani, SS 
            
  NIP 
 | 
 
                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah
                                                                  Siti Anisatun Nadziroh, SE

