RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Food and drink
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2 Memahami
kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
Indikator:
7.1.1 Membaca nyaring
7.2.1 Menjawab
kalimat Do you like to eat/drink …? Dan What do you like to eat/drink?
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan contoh guru, siswa dapat membaca bacaan
tentang makanan kesukaan dengan
percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang nama-nama makanan dan minuman dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
1.
What
is your favourite food? (Enjoy and Easy
English,
Text Script on 102)
Pertemuan 1
What
is your favourite food
My name is Ayu. My
favourite food is candy. I am eating candy everyday. My father always buys
candy to me. I always brush my teeth. So, my teeth is healthy
Pertemuan 2
Menanyakan
apakah orang lain menyukai makanan/minuman
Do you like
to eat … ?
( Apakah kamu suka makan … ? )
Do you like
to drink … ?
( Apakah kamu suka minum … ? )
Cara menjawabnya adalah
Yes, I do ( Ya, saya suka )
No, I do not ( Tidak,
saya tidak suka )
Does he
like to eat ... ? Does Iza like to eat ... ?
Does she
like to drink ... ? Does Icha like to drink ... ?
Yes,
he/she does. No, he/she does not.
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makanan dan
minuman
kesukaan” untuk memotivasi siswa supaya selalu menghargai
kesukaan orang lain meskipun itu berbeda dengan kesukaan kita.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan lagu food and drink untuk membangkitkan ingatan mereka tentang materi (mengamati)
2.
Siswa
menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya).
“kalau ustadzah punya coklat, kira-kira
apa yang yang ada dalam pikiran kalian?”
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa diminta membuka buku paket hal. 102. Kemudian guru menjelaskan
akan mengadakan evaluasi membaca namun sebelumnya memberi contoh cara membacanya
dengan pelafalan dan intonasi yang benar. Siswa menirukannya secara klasikal.
(mengkomunikasikan)
5. Siswa maju satu persatu. Sedangkan yang belum mendapat
giliran maju, mengartikan bacaan tersebut di buku tulis mereka masing-masing.
6. Siswa diajak berlatih
menjawab latihan soal F dan G pada buku paket hal
61-62. (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bagaimana cara mengetahui apakah orang
lain menyukai suatu makanan/minuman tertentu atau tidak.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makanan dan
minuman sehat”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak
untuk dikonsumsi.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak menyanyikan lagu Food and drink untuk membangkitkan ingatan mereka tentang bermacam-macam makanan dan
minuman yang baik agar
berguna bagi pertumbuhan tubuh manusia
(mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan dari guru : Mention many
food and drink in the canteen?
Menstimulus siswa untuk bertanya dan menjawab (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Dengan begitu siswa bersama
guru telah mengingat kembali macam-macam
makanan dan minuman beserta artinya. (mengkomunikasikan)
5. Seorang siswa secara acak diminta menjawab pertanyaan
guru What is your favourite food? Siswa dibimbing untuk menjawab. Pertanyaan
berikutnya adalah What is your favourite drink? Siswa diharapkan juga mampu
menjawabnya. Guru menjelaskan kalau pertanyaan tadi tentang cara menanyakan
dan menjawab makanan dan minuman kesukaan temannya. Berikut adalah cara untuk
menanyakan apakah orang yang kita tanyai itu menyukai makanan/minuman yang
kita maksud, yaitu dengan Do you like to eat ... ? atau Do you like to drink
... ? Kemudian cara menjawabnya dengan Yes, I do ( jika jawabannya Ya ) atau
No, I do not ( jika jawabannya Tidak ).
Begitu juga kalau yang ditanya orang ketiga ( seperti dia laki-laki, dia perempuan, Iza,
Anton, dll ) Seperti Does he / she like to eat ... ? atau Does Iza like to
eat ... ? atau Does Anton like to drink ... ? Latihan secara lisan untuk
memperdalam pemahaman siswa. Setelah itu siswa mencatatnya di buku tulis
mereka. (mencoba, mengamati, mengkomunikasikan)
6. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan soal latihan di buku paket hal.
60-61 dan beberapa latihan soal tambahan dari guru (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu mengingat cara bertanya dan menjawab tentang makanan dan
minuman kesukaan teman atau orang lain.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Bahasa
Inggris
Tema : Food and drink
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE