-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Bidang Studi                   :  Bahasa Inggris
                               Kelas / semester              :  2 (dua) / 2 (dua)
                               Tema                                :  Food and drink
                               Petemuan ke / minggu    :  5-6 / 3
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )


A.    Standar Kompetensi (SK)

7. Memahami  tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  Kompetensi Dasar (KD)

7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:

7.2.1  Menyimak dan memahami bacaan tentang makanan dan minuman
8.1.1  Menyusun kalimat tentang makanan dan minuman


C. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat memahami maksud bacaan tentang kosakata makanan dan minuman dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kalimat tentang kosakata makanan dan minuman dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
 


 Pertemuan 1          Kata bantu “do” dan “does”

Do dan does digunakan untuk kalimat negatif dan kalimat pertanyaan.
Do mengikuti subject I, You, They, We
Does mengikuti subject He, She, It
Contoh       :
(+) I like chocolate
     (-)  I do not like chocolate
(?)  Do you like chocolate? Yes, I do / No, I do not.

(+) He likes ice cream
(-)  He does not like ice cream
(?) Does he like ice cream? Yes, he does / No, he does not.


Pertemuan 2          Kata tanya When dan Why

When          : kapan
Why            : kenapa, mengapa

Kata keterangan untuk menjawab kata tanya When adalah seperti today, everyday, yesterday, name of days (Monday, Tuesday, Wednesday, etc)

Kata petunjuk untuk menjawab kata tanya Why adalah because ( karena ) 



E.     Metode dan Pendekatan

Pendekatan          : Scientifik
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Gambar makanan dan minuman                         
Buku siswa                                                                                                                                                                     
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema food and drink) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
     Mengajukan tebak-tebakan yang berisi pertanyaan terkait dengan pengucapan makanan dan minuman untuk memotivasi siswa. Guru memotivasi siswa dengan memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menulis beberapa kata pada papan tulis secara acak. Seperti; like, cake, I, eat. (menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan kembali susunan dari beberapa kata tersebut membentuk sebuah kalimat yang benar. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis. (mengkomunikasikan)
5.  Guru menjelaskan pemakaian Do dan Does. Kapan dan dimana kedua kata itu dipakai.Guru memberikan beberapa contoh dengan merubah kalimat positif menjadi kalimat negatif dan kalimat pertanyaan / introgatif (beserta cara menjawabnya).
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan mereka.
7. Guru memberikan latihan soal secara lisan untuk pendalaman pemahaman. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
40 menit
Penutup
    Guru mengajak siswa mengucap hamdalah setelah selesai mengerjakan soal evaluasi
    Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis pada pertemuan berikutnya.
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
    Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit
Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari masih tentang tema food and drink dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru menunjukkan sebuah gambar. Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat, baik dalam bentuk pertanyaan ataupun pernyataan. Guru menulis semua jawaban di papan tulis. Guru memberikan penghargaan/reward kepada siswa yang memberikan pendapat yang bagus. (menanya)
3. Guru memberitahukan kalau akan mengadakan Evaluasi Menulis selama 15 menit.
4. Setelah Evaluasi Menulis, siswa diajak mengamati sebuah teks bacaan tentang food and drink. Guru membacanya kemudian siswa diminta menirukannya secara klasikal.
5. Guru mengajak siswa untuk terlebih dahulu mengingat kembali macam-macam kata tanya yang sudah dipelajari. Guru menambahkan 2 kata tanya lagi yaitu “when” dan “why”. (mengkomunikasikan)
6. Siswa dengan bimbingan guru mengartikan isi teks bacaan. Setelah itu, siswa diminta menjawab pertanyaan dari teks bacaan yang sudah diartikan tadi. (mencoba)
45 menit
Penutup
    Guru mengajak siswa menyimpulkan materi sebagai akhir kegiatan pembelajaran
    Guru mengajak siswa membiasakan mengucapkan hamdallah setelah melakukan kegiatan.
    Guru memotivasi siswa untuk selalu belajar dan menghargai apapun yang mereka miliki baik berupa makanan, benda-benda yang lain maupun waktu.
    Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
5 Menit


H.    Penilaian

  1. Teknik Penilaian
Keterampilan   : Tes Tulis

  1. Soal Evaluasi Menulis
1. meatball – You – do – like – not
2. Vivi – not – does – eat – chicken – like to
3. ice cream – Toni – drink – likes to
4. eat – like to – I – pizza
5. chocolate – you – Do – like – ?
6. coffee – drink – like to – he – Does – ?
7. tea – drink – like to – not – do – I
8. your – What – is – food – favourite – ?
9. does – fish – She – not – eat – like to
10. doughnut – They – eat – like to
Kunci Jawaban :
1. You do not like meatball.
2. Vivi does not like to eat chicken.
3. Toni likes to drink ice cream.
4. I like to eat pizza.
5.Do you like chocolate?
6. Does he like to drink coffee?
7. I do not like to drink tea.
8. What is your favourite food?
9. She does not like to eat fish.
10. They like to eat doughnut.

  1. Bentuk Instrumen Penilaian

Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
                                                                          Tema :  food and drink
No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34

















Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



 





1. meatball – You – do – like – not
    .....................................................................................................................
2. Vivi – not – does – eat – chicken – like to
    ....................................................................................................................
3. ice cream – Toni – drink – likes to
    .....................................................................................................................
4. eat – like to – I – pizza
    ....................................................................................................................
5. chocolate – you – Do – like – ?
    ....................................................................................................................
6. coffee – drink – like to – he – Does – ?
    ...................................................................................................................
7. tea – drink – like to – not – do – I
    ...................................................................................................................
8. your – What – is – food – favourite – ?
    ..................................................................................................................
9. does – fish – She – not – eat – like to
                ..................................................................................................................
10. doughnut – They – eat – like to
      .................................................................................................................





Teks bacaan untuk pertemuan ke 2
Favourite Food
Hello, my name is Ali.
I have a brother, his name is Rio.
His body is fat, because he like to eat everything very much.
His favourite food is chocolate.
He always eats chocolate everyday.
I like him because he is funny.

Questions!
1. Who is Ali’s brother? ........................................................................................
2. How is Rio’s body? ...........................................................................................
3. What is Rio’s favourite food? ...........................................................................
4. When does he always eat chocolate? ..............................................................
5. Why does Ali like Rio? .....................................................................................




Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE






Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
                                                                          Tema :  food and drink
No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34

















Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar