RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas / semester : 2 (dua) / 2 (dua)
Tema : Food and drink
Petemuan ke / minggu : 5-6 / 3
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi (SK)
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana
dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B. Kompetensi
Dasar (KD)
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
7.2.1 Menyimak dan memahami bacaan tentang makanan dan minuman
8.1.1 Menyusun kalimat
tentang makanan dan minuman
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak
penjelasan guru, siswa dapat memahami maksud bacaan tentang kosakata makanan dan
minuman dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kalimat tentang kosakata makanan dan
minuman dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1 Kata bantu “do”
dan “does”
Do dan does digunakan untuk
kalimat negatif dan kalimat pertanyaan.
Do mengikuti subject I, You,
They, We
Does mengikuti subject He,
She, It
Contoh :
(+) I like chocolate
(-) I
do not like chocolate
(?) Do you like chocolate? Yes, I do / No, I do
not.
(+) He likes ice cream
(-) He does not like ice cream
(?) Does he like ice cream? Yes, he does /
No, he does not.
Pertemuan 2 Kata tanya When
dan Why
When : kapan
Why : kenapa, mengapa
Kata keterangan untuk menjawab
kata tanya When adalah seperti today, everyday, yesterday, name of days
(Monday, Tuesday, Wednesday, etc)
Kata petunjuk untuk menjawab kata tanya
Why adalah because ( karena )
E.
Metode dan
Pendekatan
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Gambar makanan dan minuman
Buku
siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema food and drink) dan mengaitkannya dengan pemakaian dalam kalimat pada pertemuan sebelumnya.
• Mengajukan tebak-tebakan yang berisi pertanyaan
terkait dengan pengucapan makanan dan minuman untuk
memotivasi siswa. Guru memotivasi siswa
dengan memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
( mengamati)
2. Guru menulis beberapa kata pada papan tulis secara acak. Seperti; like, cake, I, eat.
(menstimulus siswa untuk (menanya) )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan kembali susunan dari beberapa
kata tersebut membentuk sebuah kalimat yang benar. (mengumpulkan
informasi)
4. Siswa bersama guru mengoreksi jawaban yang ada dipapan tulis.
(mengkomunikasikan)
5. Guru menjelaskan pemakaian Do
dan Does. Kapan dan dimana kedua kata itu dipakai.Guru memberikan beberapa contoh dengan merubah kalimat positif menjadi
kalimat negatif dan kalimat pertanyaan / introgatif (beserta cara
menjawabnya).
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan mereka.
7. Guru
memberikan latihan soal secara lisan untuk pendalaman pemahaman. Guru juga
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
|
40 menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak
siswa mengucap hamdalah setelah selesai mengerjakan soal evaluasi
•
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis pada pertemuan berikutnya.
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
•
Guru mengucapkan
salam
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari masih tentang tema food and drink dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
( mengamati)
2. Guru menunjukkan sebuah gambar. Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat,
baik dalam bentuk pertanyaan ataupun pernyataan. Guru menulis semua jawaban
di papan tulis. Guru memberikan penghargaan/reward kepada siswa yang memberikan
pendapat yang bagus. (menanya)
3. Guru
memberitahukan kalau akan mengadakan Evaluasi Menulis selama 15 menit.
4. Setelah
Evaluasi Menulis, siswa diajak mengamati sebuah teks bacaan tentang food and
drink. Guru membacanya kemudian siswa diminta menirukannya secara klasikal.
5. Guru
mengajak siswa untuk terlebih dahulu mengingat kembali macam-macam kata tanya
yang sudah dipelajari. Guru menambahkan 2 kata tanya lagi yaitu “when” dan
“why”. (mengkomunikasikan)
6. Siswa dengan
bimbingan guru mengartikan isi teks bacaan. Setelah itu, siswa diminta
menjawab pertanyaan dari teks bacaan yang sudah diartikan tadi. (mencoba)
|
45
menit
|
Penutup
|
• Guru mengajak
siswa menyimpulkan materi sebagai akhir kegiatan
pembelajaran
• Guru mengajak siswa membiasakan mengucapkan hamdallah
setelah melakukan kegiatan.
• Guru memotivasi siswa untuk selalu belajar dan
menghargai apapun yang mereka miliki baik berupa makanan, benda-benda yang
lain maupun waktu.
• Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran
|
5 Menit
|
H.
Penilaian
- Teknik
Penilaian
Keterampilan : Tes Tulis
- Soal Evaluasi Menulis
1. meatball – You
– do – like – not
2. Vivi – not
– does – eat – chicken – like to
3. ice cream – Toni
– drink – likes to
4. eat – like to – I
– pizza
5. chocolate – you – Do
– like – ?
6. coffee – drink – like to – he – Does – ?
7. tea – drink – like to – not – do – I
8. your – What
– is – food – favourite – ?
9. does – fish – She
– not – eat – like to
10. doughnut – They
– eat – like to
Kunci Jawaban :
1. You do not like meatball.
2. Vivi does not like to eat chicken.
3. Toni likes to drink ice cream.
4. I like to eat pizza.
5.Do you like chocolate?
6. Does he like to drink coffee?
7. I do not like to drink tea.
8. What is your favourite food?
9. She does not like to eat fish.
10. They like to eat doughnut.
- Bentuk
Instrumen Penilaian
Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : food and drink
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit
untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
1. meatball – You
– do – like – not
.....................................................................................................................
2. Vivi – not
– does – eat – chicken – like to
....................................................................................................................
3. ice cream – Toni
– drink – likes to
.....................................................................................................................
4. eat – like to – I
– pizza
....................................................................................................................
5. chocolate – you – Do
– like – ?
....................................................................................................................
6. coffee – drink – like to – he – Does – ?
...................................................................................................................
7. tea – drink – like to – not – do – I
...................................................................................................................
8. your – What
– is – food – favourite – ?
..................................................................................................................
9. does – fish – She
– not – eat – like to
..................................................................................................................
10. doughnut – They
– eat – like to
.................................................................................................................
Teks bacaan untuk
pertemuan ke 2
Favourite Food
Hello, my name is Ali.
I have a brother, his name is Rio.
His body is fat, because he like to eat everything very much.
His favourite food is chocolate.
He always eats chocolate everyday.
I like him because he is funny.
Questions!
1. Who is Ali’s brother?
........................................................................................
2. How is Rio’s body?
...........................................................................................
3. What is Rio’s favourite food?
...........................................................................
4. When does he always eat chocolate?
..............................................................
5. Why does Ali like Rio?
.....................................................................................
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema
: food and drink
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|