RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
Studi : Bahasa Inggris
Kelas / semester : 2 (dua) / 2 (dua)
Tema : Food and drink
Petemuan ke / minggu : 7-8 / 4
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi (SK)
5. Memahami instruksi sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B. Kompetensi
Dasar (KD)
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima.
Indikator:
5.2.2 Menyimak dan menyebutkan macam-macam rasa
8.2.1 Memahami kalimat
tentang makanan dan minuman
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menyimak
penjelasan guru, siswa dapat memahami kalimat tentang kosakata makanan dan minuman dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kalimat tentang kosakata makanan dan
minuman dengan percaya diri
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1 Taste
/ Rasa Way
of cooking / cara memasak
1. Sweet :
manis 1.
Fried : digoreng
2. Salty :
asin 2.
Boiled : direbus
3. Sour :
masam 3.
Bake : memanggang
4. Spicy :
pedas
5. Delicious : lezat
6. Fresh : segar
7. Bitter : pahit
Pertemuan 2 Review
1. Do and
does
2. What is
your favourite ... ?
3. Kalimat
negatif dan kalimat pertanyaan
4. Taste / rasa
E.
Metode dan
Pendekatan
Pendekatan : Scientifik
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Benda makanan dan minuman
Buku
siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari (tema food and drink)
dan mengaitkannya dengan macam-macam rasa.
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan pengucapan
makanan dan minuman
untuk memotivasi siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
( mengamati)
2. Guru mengajak siswa bermain tebak benda. Seorang siswa mengetahui
makanan/minuman apa yang disediakan guru. Siswa yang lain boleh bertanya tapi
dengan pertanyaan yang jawabannya ya/tidak. Siswa yang didepan hanya boleh
menjawab ya/tidak. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak benda
apa yang dimaksud. Guru juga memberikan motivasi agar selalu rajin belajar kepada
siswa yang belum dapat menebak.
(mengumpulkan
informasi)
4. Guru
memberikan menjelaskan macam-macam rasa dan cara-cara memasak. (mengkomunikasikan)
5. Setelah
siswa menyalin materi di buku catatan, guru meminta siswa secara berkelompok
untuk mengklasifikasikan macam-macam makanan dan minuman berdasarkan rasa dan
cara memasaknya.(mencoba)
6. Guru
membahas semua jawaban kelompok.(mengumpulkan
informasi, mengkomunikasikan)
7. Guru
memberikan lathan soal untuk memperdalam pemahaman materi siswa. Guru juga
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya maupun berpendapat.
|
40 menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak
siswa mengucap hamdalah setelah selesai mengerjakan soal
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
•
Guru mengucapkan
salam
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menginformasikan
pembelajaran yang akan dipelajari masih tentang tema food and drink dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan.
( mengamati)
2. Guru mengulangi semua bahasan yang pernah dipelajari dalam materi food
and drink.(mengkomunikasikan)
3. Guru memberikan
soal latihan untuk persiapan UH dan siswa mengerjakan secara mandiri.(mencoba)
4. Guru
membahas soal secara klasikal, dengan cara siswa yang memjawab kemudian guru
memastikan jawaban tersebut benar atau salah. (mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan)
|
45
menit
|
Penutup
|
• Guru mengajak
siswa menyimpulkan materi sebagai akhir kegiatan
pembelajaran
• Guru mengajak siswa membiasakan mengucapkan hamdallah
setelah melakukan kegiatan.
• Guru memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar terutama
menghadapi UH.
• Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran
|
5 Menit
|
H.
Penilaian
- Soal Latihan
1.
Do you like fish?
2. What is your favourite food?
3.
Does he like to drink tea?
4. d – e – b – a – r
5. f – e – f – e – o – c
6. l – o – n – d – o – e
7. (+) I like to drink ice cream.
(-) ...........................................
(?) ...........................................
8. (+) He likes to eat porridge.
(-) .....................................
(?)
.....................................
9. My grandfather likes to drink ...
10. Mention five kinds of food which the taste is sweet; ...........
, .......... , .......... , ........... , and ..........
11. Mention four kinds of food which the taste is salty;
............ , .......... , .......... , and ..................
12. What is your favourite drink?
13. does – fish – She
– not – eat – like to
14. doughnut – They
– eat – like to
15. Saya suka makan nasi goreng. ( translate into English
)
Kunci Jawaban :
1. No, I do not. I like egg.
2. My favourite food is cake.
3. No, he does not. He likes to drink coffee.
4. bread.
5. coffee.
6. noodle
7. (-) I do not like to drink ice cream.
(?) Do you like
to drink ice cream?
8. (-) He does not like to eat porridge.
(?) Does he
like to eat porrigde?
9. coffee
10. candy, cake, chocolate,
11. cheese, noodle, chicken, porridge,
12. Kreativitas siswa
13. She does not like to eat fish.
14.They like to eat doughnut.
15. I like to eat fried rice.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE