-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Bidang Studi                   :  Bahasa Inggris
                               Kelas / semester              :  2 (dua) / 2 (dua)
                               Tema                                :  Food and drink
                               Petemuan ke / minggu    :  7-8 / 4
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )


A.    Standar Kompetensi (SK)

5. Memahami  instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  Kompetensi Dasar (KD)

5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Indikator:

5.2.2  Menyimak dan menyebutkan macam-macam rasa
8.2.1  Memahami kalimat tentang makanan dan minuman


C. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat memahami kalimat tentang kosakata makanan dan minuman dengan percaya diri
2. Setelah menyimak dan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kembali kalimat tentang kosakata makanan dan minuman dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan 1          Taste / Rasa                                       Way of cooking / cara memasak
1. Sweet                 : manis                                                 1. Fried            : digoreng
2. Salty                   : asin                                                    2. Boiled         : direbus
3. Sour                    : masam                                               3. Bake            : memanggang
4. Spicy                  : pedas
5. Delicious            : lezat
6. Fresh                   : segar
7. Bitter                  : pahit


Pertemuan 2          Review
1. Do and does
2. What is your favourite ... ?
3. Kalimat negatif dan kalimat pertanyaan
4. Taste / rasa
                                                                                       






E.     Metode dan Pendekatan

Pendekatan          : Scientifik
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Benda makanan dan minuman                           
Buku siswa                                                                                                                                                                     
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari (tema food and drink) dan mengaitkannya dengan macam-macam rasa.
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan pengucapan makanan dan minuman untuk memotivasi siswa
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru mengajak siswa bermain tebak benda. Seorang siswa mengetahui makanan/minuman apa yang disediakan guru. Siswa yang lain boleh bertanya tapi dengan pertanyaan yang jawabannya ya/tidak. Siswa yang didepan hanya boleh menjawab ya/tidak. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak benda apa yang dimaksud. Guru juga memberikan motivasi agar selalu rajin belajar kepada siswa yang belum dapat menebak. (mengumpulkan informasi)
4. Guru memberikan menjelaskan macam-macam rasa dan cara-cara memasak. (mengkomunikasikan)
5. Setelah siswa menyalin materi di buku catatan, guru meminta siswa secara berkelompok untuk mengklasifikasikan macam-macam makanan dan minuman berdasarkan rasa dan cara memasaknya.(mencoba)
6. Guru membahas semua jawaban kelompok.(mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan)
7. Guru memberikan lathan soal untuk memperdalam pemahaman materi siswa. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya maupun berpendapat.
40 menit
Penutup
    Guru mengajak siswa mengucap hamdalah setelah selesai mengerjakan soal
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
    Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10    Menit



Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Menginformasikan pembelajaran yang akan dipelajari masih tentang tema food and drink dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu food and drink yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru mengulangi semua bahasan yang pernah dipelajari dalam materi food and drink.(mengkomunikasikan)
3. Guru memberikan soal latihan untuk persiapan UH dan siswa mengerjakan secara mandiri.(mencoba)
4. Guru membahas soal secara klasikal, dengan cara siswa yang memjawab kemudian guru memastikan jawaban tersebut benar atau salah. (mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan)
45 menit
Penutup
    Guru mengajak siswa menyimpulkan materi sebagai akhir kegiatan pembelajaran
    Guru mengajak siswa membiasakan mengucapkan hamdallah setelah melakukan kegiatan.
    Guru memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar terutama menghadapi UH.
    Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
5 Menit


H.    Penilaian
  1. Soal Latihan
1. Do you like fish?
2. What is your favourite food?
3. Does he like to drink tea?
4. d – e – b – a – r
5. f – e – f – e – o – c
6. l – o – n – d – o – e
7. (+) I like to drink ice cream.
    (-)  ...........................................
    (?) ...........................................
8. (+) He likes to eat porridge.
    (-)  .....................................
    (?) .....................................
9. My grandfather likes to drink ...
10. Mention five kinds of food which the taste is sweet; ........... , .......... , .......... , ........... , and ..........
11. Mention four kinds of food which the taste is salty; ............ , .......... , .......... , and ..................
12. What is your favourite drink?
13. does – fish – She – not – eat – like to
14. doughnut – They – eat – like to
15. Saya suka makan nasi goreng. ( translate into English )

Kunci Jawaban :
1. No, I do not. I like egg.
2. My favourite food is cake.
3. No, he does not. He likes to drink coffee.
4. bread.
5. coffee.
6. noodle
7. (-) I do not like to drink ice cream.
    (?) Do you like to drink ice cream?
8. (-) He does not like to eat porridge.
    (?) Does he like to eat porrigde?
9. coffee
10. candy, cake, chocolate,
11. cheese, noodle, chicken, porridge,
12. Kreativitas siswa
13. She does not like to eat fish.
14.They like to eat doughnut.
15. I like to eat fried rice.






Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah





                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar