RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Fruit and vegetable
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 1
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
7.1 Membaca
nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan
bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
7.1.2 Membaca nama-nama
buah-buahan
8.1.2 Menyusun dan menuliskan nama-nama buah-buahan
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata nama-nama buah dan minuman dengan percaya diri
2. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyusun kosakata nama-nama buah
dalam kata maupun kalimat dengan
percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Kosakata
nama-nama buah-buahan (Enjoy and Easy English halaman 65-66)
Pertemuan 1
Kinds of fruit
- Banana : pisang
- Apple : apel
- Orange : jeruk
- Mango : mangga
- Starfruit : belimbing
- Grape : anggur
- Pineapple : nanas
- Papaya : pepaya
- Guava : jambu
- Avocado : alpukat
- Watermelon : semangka
- Pear :
pir
- Lime : lemon
- Zalacca : donut
- mangosteen : manggis
- jackfruit : nangka
- cherry : ceri
- strawberry : strawberi
- durian
- rambutan
- honey dew
Lagu
Fruit
(nada
lagu Pamanku Datang)
Fruit itu artinya buah
Banana itu pisang
Apple itu apel, orange itu jeruk
Mango itu mangga, starfruit belimbing
Grape itu anggur, pineapple nanas
Papaya pepaya, guava jambu
Avocado itu alpukat
Watermelon itu semangka
Pear itu buah pir
Lime itu lemon
Jackfruit itu nangka, cherry itu ceri
Strawberry strawberi, durian, rambutan
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makanan yang
sehat”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak
untuk dikonsumsi.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa secara
berkelompok diminta untuk menyebutkan nama-nama buah sebanyak-banyaknya sepengetahuan
mereka. Kemudian perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi mereka. (mencoba)
2.
Guru memberikan umpan balik terhadap semua jawaban yang
ada kepada seluruh siswa. Menstimulus
siswa untuk bertanya (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru membahas macam-macam buah-buahan. Kemudian guru memperkenalkan lagu fruit supaya siswa mudah untuk
mengingat kosakata materi baru ini.
(mengkomunikasikan)
5. Siswa menuliskan lagu tentang kosakata makanan dan minuman beserta artinya pada buku catatan mereka masing-masing.
6. Siswa diajak berlatih
menjawab secara lesan
maupun menjawab soal pada hal
67 secara acak (mencoba).
7. Guru
memberikan latihan soal menyusun huruf dan kata sebagai pendalaman materi fruit.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah makanan sehat selain buah.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makanan dan
minuman”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak
untuk dikonsumsi.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak menyanyikan lagu Food and drink untuk membangkitkan ingatan mereka
tentang materi. (mengamati)
2. Siswa mencoba menjawab
pertanyaan dari guru. Menstimulus siswa untuk bertanya dan
menjawab (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengingat kembali macam-macam makanan dan minuman beserta artinya. (mengkomunikasikan)
5. Siswa mengerjakan UH Food and Drink
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan melanjutkan materi tentang buah dan sayur.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Latihan Soal
1. g – a – m – o – n
2. c – a – c – a – z – a – l
3. p – a – r – e
4. p – a – g – e – r
5. g – a – r – o – n – e
6. a – That – guava – is
7. like – durian – I – a
8. you – a – Do – like – lime - ?
10. pineapple – sour – is – The
Kunci Jawaban :
1. mango
2. zalacca
3. pear
4. grape
5. orange
6. That is a guava
7. I like a durian
8. Do you like a lime?
9. This is not an avocado
10. The pineapple is sour