-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 1st week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FOOD AND DRINK 1st week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 2 (Dua)
                               Tema / topik                    :  Food and drink
                               Pertemuan ke / minggu  :  1-2 / ke 1
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
6.3  Bercakap-cakap dengan menggunakan ungkapan

Indikator:
5.2.1   Mengetahui nama-nama makanan dan minuman
5.1.1   Menyebutkan nama-nama makanan dan minuman
      5.1.2   Menuliskan nama-nama makanan dan minuman
      6.3.1   Bertanya dan menjawab makanan dan minuman kesukaan

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui kosakata nama-nama makanan dan minuman dengan percaya diri
2. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama makanan dan minuman dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

1.      Kosakata nama-nama makanan dan minuman (Enjoy and Easy English halaman 57)




Pertemuan 1

Kinds of food

  1. Rice                 : nasi
  2. Fish                 : ikan
  3. Egg                  : telur
  4. Chicken           : ayam
  5. Burger             : burger
  6. Meat                : daging
  7. Soup                : sup
  8. Chocolate        : coklat
  9. Pizza                : pizza
  10. Bread              : roti
  11. Cheese             : keju
  12. Candy             : permen
  13. Cake                : kue
  14. Doughnut        : donut
  15. Noodle                        : mie
            Kinds of drink

1. Tea                          : teh
2. Coffee         : kopi
3. Juice            : jus
4. Milk             : susu
5. Ice cream     : es krim


Pertemuan ke 2
      
Grammar Focus

What is your favourite food?
( Apa makanan kesukaanmu?)
What is your favourite drink?
( Apa minuman kesukaanmu?)
What is Aca’s favourite food?
( Apa makanan kesukaan Aca?)
What is Aca’s favourite drink?)
( Apa minuman kesukaan Aca?)


Lagu Food and drink
Nada lagu : Abang Tukang Bakso

Food itu makanan, drink itu minuman
Rice artinya nasi
Fish itu ikan, egg itu telur, chicken artinya ayam
Meat itu daging, chocolate itu coklat, bread artinya roti
Cheese itu keju, candy itu permen, cake artinya kue
Noodle itu artinya mie kalau doughnut itu donut
Tea itu artinya teh kalau coffee itu artinya kopi
Orange juice jus jeruk kalau milk itu artinya susu

                                                                                                   
                                                                                                         









                                                                                  
E. Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan


F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Gambar-gambar dalam slide                               
                                        
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “makanan dan minuman” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak untuk dikonsumsi.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.      Siswa diajak menyanyikan lagu Abang Tukang Bakso untuk membangkitkan ingatan mereka tentang makanan (mengamati)
2.      Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya).
“kalau ustadzah punya permen, kira-kira apa yang yang ada dalam pikiran kalian?”
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru membahas macam-macam makanan dan minuman. Kemudian guru memperkenalkan lagu Food and drink supaya siswa mudah untuk mengingat kosakata materi baru ini. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menuliskan lagu tentang kosakata makanan dan  minuman beserta artinya pada buku catatan mereka masing-masing.
6. Siswa diajak berlatih menjawab secara lesan maupun menjawab soal pada hal 59 secara  acak (mencoba).

7. Siswa dengan bimbingan guru mengartikan kalimat pertanyaan “What is your favourite food?” dan “What is your favourite drink?”. Setelah mengetahui artinya, siswa dibimbing untuk dapat mengungkapkan jawabannya, seperti “My favourite food is chocolate. And my favourite drink is ice cream.
8. Siswa diajak berlatih secara lisan bertanya dan menjawab makanan dan minuman kesukaannya, secara klasikal maupun individu acak.
9. Siswa mencatat Grammar focus tentang cara menanyakan dan menjawab makanan dan minuman kesukaan
50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru memberitahukan tentang materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bercakap-cakap tentang makanan dan minuman kesukaan teman.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “makanan dan minuman sehat” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak untuk dikonsumsi.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1. Siswa diajak menyanyikan lagu Sebelum Kita Makan untuk  membangkitkan ingatan mereka tentang bagaimana adab makan yang baik agar berguna bagi pertumbuhan tubuh manusia (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan dari gambar yang ditunjukkan guru. Menstimulus siswa untuk bertanya dan menjawab (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru mengingat kembali macam-macam makanan dan minuman  beserta artinya. (mengkomunikasikan)
5. Seorang siswa secara acak diminta untuk maju ke depan kelas. Kemudian guru menanyainya What is your favourite food? Siswa dibimbing untuk menjawab. Pertanyaan berikutnya adalah What is favourite drink? Siswa diharapkan juga mampu menjawabnya. Kalau ada pertanyaan What is Ayu’s favourite food? cara menjawabnya Ayu’s favourite food is noodle. What is Naufal’s favourite drink? Naufal’s favourite drink is ice cream. Simulasi percakapan sebelum diadakan evaluasi. Siswa mencatat Grammar focus tentang cara menanyakan dan menjawab makanan dan minuman kesukaan temannya. (mencoba, mengamati, mengkomunikasikan)
6. Guru menginformasikan kepada siswa kalau akan diadakan evaluasi berbicara dan mendengar. Guru meminta siswa untuk membuat tabel yang berisikan name / nama, food / makanan, dan drink / minuman. Caranya adalah setiap siswa harus bertanya kepada 10 orang temannya tentang apa makanan dan minuman kesukaan temannya tersebut. 10 siswa berdiri di depan kelas, kemudian 10 siswa yang lainnya secara bergiliran bertanya dan mencatat hasil wawancaranya. Setelah itu guru menanyakan hasil wawancara tersebut. Begitu seterusnya sampai semua siswa telah melakukan wawancara. Cara bertanya dan menjawabnya dengan menggunakan Bahasa Inggris.  (mencoba).

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru menekankan kepada siswa supaya selalu mengingat cara bertanya dan menjawab tentang makanan dan minuman kesukaan teman atau orang lain.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran


10 Menit




Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
                                                                          Tema : Food and drink


No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Total skor


1









2









3









4









5









6









7









8









9









10








Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
Setengah atau lebih kalimat diucapkan dengan lancar
Kurang dari setengah kalimat diucapkan dengan lancar
Belum dapat menucapkan kalimat dengan  lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat





Rubrik Penilaian Keterampilan mendengar Bahasa Inggris
                         Tema : Food and drink

Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit























Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE





Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar