LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KELAS :
1 (SATU)
SEMESTER : 1 (SATU)
TEMA :
3 KEGIATANKU
SUB TEMA : 4 KEGIATAN OLAHRAGA
PBM :
3 (RABU, 30 NOPEMBER 2013)
·
TUJUAN
-
Dengan kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan kegiatan rekreasi
-
Dengan melakukan diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan barang-barang
yang akan dibawa rekreasi
-
Dengan mengamati hasil diskusi siswa mempu menuangkan data yang ada ke
dalam bentuk PIKTOGRAF sederhana.
-
Dengan melakukan kegiatan bercerita secara berpasangan, siswa dapat
bercerita, mendengar, dan menceritakan kembali cerita yang di dengar
-
Setelah melakukan kegiatan bercerita secara berpasangan siswa mampu
menuliskan sikap-sikap yang harus dilakukan atau di jaga pada saat rekreasi
sesuai kaidah penulisan huruf
·
MATERI
Bahasa Indonesia
·
Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
·
Menceritakan pengalaman ketika rekreasi
·
Mendengarkan cerita teman
·
Menulis sesuai kaidah penulisan huruf
Matematika
·
Mengelompokkan data hasil pengamatan diskusi kelompok
·
Menuangkan data ke dalam bentuk PIKTOGRAF sederhana
·
Membaca PIKTOGRAF sederhana
PPKn
·
Sikap yang baik saat rekreasi
·
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Direct Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi
·
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucap salam dan bertanya kabar siswa
·
Berdoa
dengan khusyu’ supaya diberi kemudahan dalam belajar hari ini
·
Menyanyikan
yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
·
Bertanya
tentang materi yang telah dipelajari pada kegiatan pembelajaran kemarin
·
Mengajak
siswa menyanyikan lagu “Tamasya”
·
Menyampaiakn
materi yang akan di pelajarai hari ini (Kegiatan Rekreasi)
·
Tanya jawab
tentang kegiatan rekreasi (kaitkan dengan kegiatan outing siswa minggu depan)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru
membagi siswa 6 kelompok
·
Guru meminta
siswa dalam kelompok mendiskusikan barang-barang yang akan di bawa
rekreasi/outing sekaligus alasan mengapa harus membawa barang tersebut.
·
Guru
meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Guru
menulis dipapan tulis macam-macam barang yang akan di bawa berdasarkan
presentasi masing-masing kelompok
·
Guru
meminta siswa mengamati hasil diskusi(catatan di papan), selanjutnya
mengidentifikasi berapa banyak barang yang akan di bawa masing-masing
kelompok, adakah barang yang sama yang akan di bawa?, ada berapa banyak yang
sama?ada berapa banyak yang berbeda? (muatan
MTK
·
Guru menuangkan hasil pengamatan dalam bentuk PIKTOGRAF
(jumlah barang yang di bawa oleh masing-masing kelompok)
·
Bersama-sama
siswa guru menyimpulkan barang-barang yang harus di bawa ketika
rekreasi/outing
·
Guru
meminta masing-masing siswa untuk menulis
kesimpulan di buku tulis masing-masing dengan batas waktu yang telah
di tentukan.
·
Guru meminta
siswa membaca buku tematik halaman 157
·
Guru
membagi siswa secara berpasangan
·
Siswa
pertama mendapat kesempatan untuk berbicara tentang kegiatan yang biasa
dilakukan selama berada di tempat rekreasi
·
Siswa kedua
mendengarkan siswa pertama bercerita dengan batas waktu yang telah
ditentukan
·
Selanjutnya bertukar kegiatan sampai semua siswa sudah
melakukan kegiatan tersebut
·
Guru secara
acak meminta siswa bercerita apa yang didengarkan dari temannya.
·
Guru
meminta siswa mengkonfirmasi ketepatan jawaban pasangan bicaranya.(Muatan B. Indonesia)
·
Bersama-sama
siswa guru mendiskusikan sikap-sikap yan baik yan harus dilakukan atau di
jaga pada saat melakukan kegiatan rekreasi/outing (muatan PPKn)
·
Guru
mengingatkan kembali kaidah-kaidah penulisan huruf
·
Guru
meminta siswa menuliskan 4 sikap yang baik saat rekreasi di buku tulis halus (buku tegak
sambung)
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Siswa
menyimpulkan pelajaran pada hari ini
·
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti (menanya, percaya diri)
·
Memberi
motivasi untuk selalu menjadi anak yang lebih hebat dengan belajar setiap
hari dan selalu sayang teman tanpa membedakan
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN MEDIA
·
Teks bacaan halaman 157
·
Diri siswa
·
PENILAIAN
·
Tes tulis (hasil menuliskan 4 sikap yang baik saat rekreasi) sesuai kaidah
penulisan yang benar
·
Unjuk kerja (hasil kerja berpasangan dalam bercerita)
·
Lembar pengamatam kegiatan bercerita ;
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan 1
|
Kemampuan menceritakan kegiatan yang
biasa dilakukan saat rekreasi
|
Kemampuan menceritakan 7-8 kegiatan
yang biasa dilakukan saat rekreasi
|
Mampuan menceritakan 5-6 kegiatan
yang biasa dilakukan saat rekreasi
|
Hanya mampu menceritakan 3-4
kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
|
Hanya mampu menceritakan 1-2
kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
|
Kemampuan menuliskan sikap yang baik
saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
|
Kemampuan menuliskan 4 sikap yang
baik saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
|
Kemampuan menuliskan 4 sikap yang
baik saat rekreasi dan kurang sesuai kaidah penulisan huruf
|
Kemampuan menuliskan <4 sikap
yang baik saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
|
Kemampuan menuliskan <4 sikap
yang baik saat rekreasi dan tidak sesuai kaidah penulisan huruf
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP: ………………..
|
Guru Kelas 1
NIP: ………………..
|
Lembar
Kerja Siswa
|
Kelompok : ………………..
Anggota
kelompok : 1. ………………….. 3. …………………. 5. …………….......
2. ………………….. 4.
…………………. 6. …………………
1.
Pernahkah
kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.
Bagaimana
perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………….
3.
Tuliskanlah
5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
|
Lembar
Kerja Siswa
|
Kelompok : ………………..
Anggota
kelompok : 1. ………………….. 3. …………………. 5. …………….......
2. ………………….. 4.
…………………. 6. …………………
2.
Bagaimana
perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………
3.
Tuliskanlah
5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
|