RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Keluargaku
(Keluarga Inti)
Petemuan ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari (35
menit x 5jp)
•
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
•
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang
kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
MATEMATIKA
3.3
Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan
istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
PPKn
3.3 Mengenal keberagaman karateristik individu
dirumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
TUJUAN
•
Disajikan teks bacaan “Pergi ke pantai” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 178),
siswa dapat:
• Menyimak
pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
• Tanya
jawab isi teks bacaan
• Membaca
teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
• Menceritakan
kegiatan kebersamaan di rumah
• Menceritakan
kegiatan berlibur bersama keluarga
• Disajikan
gambar anggota kelurga adi siswa dapat menyebutkan persiapan pergi rekreasi
• Menyebutkan
anggota keluarga besar, nama-nama keluarga dan kedudukan dalam keluarga
• Mencontohkan
bentuk kasih sayang orang tua kepada anak
·
Dengan mengamati gambar (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 179),
siswa dapat :
·
Mengenal istilah dekat dan jauh untuk membandingkan
jarak letak 2 benda.
·
Mampu mengidentifikasi membandingkan jarak
letak 2 benda.
·
Mampu menyebutkan dan mengidentifikasi
sikap saling menyayangi antara anggota keluarga.
·
Bersama kelompok, diskusi untuk menyebutkan sikap kasih sayang antara anggota
keluarga
· Presentasi
di depan kelas bersama teman kelompok dengan menceritkan contoh sikap kasih
sayang antara anggota keluarga.
·
Dengan mengamati gambar dan kalimat (buku pembelajaran tematik terpadu halaman
180), siswa dapat :
· Mampu
melakukan dan melaksanakan berperilaku baik dalam keluarga
•
MATERI
BAHASA INDONESIA
• Membaca
teks bacaan dengan intonasi yang benar.
• Menyusun
huruf acak menjadi sebuah kata, dan kalimat berkaitan dengan bentuk kasih
sayang dalam anggota keluarga besar sesuai kaidah penulisan yang benar.
MATEMATIKA
·
Menjumlahan dan mengurangi
·
Menyebutkan banyak benda
·
Membandingkan jarak letak 2 benda dengan
istilah dekat dan jauh
PPKn
• Perilaku baik (peduli/kasih sayang)
• Paman,
bibi,kakek,dan nenek disebut keluarga besar
• Keluarga
inti dan keluarga besar harus saling menyayangi
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah.
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai
awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik
dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa bernyanyi lagu Di sini
Senang di Sana Senang
•
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
yaitu tentang
“Keluarga Inti” dan
sub tema “Pergi ke Pantai”.
|
10 menit
|
Inti
|
•
Guru mengajak siswa mensyukuri karunia
Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan
penuh semangat dan suka cita.
•
Perwakilan siswa menjadi motivator bagi
temannya dengan membaca teks bacaan “Pergi
ke Pantai” (buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 178), kegiatan membangun makna belajar yang dapat
dilakukan siswa:
•
Menyimak pembacaan teks bacaan yang
dibacakan teman (elaborasi,menyimak)
(disiplin,peduli terhadap teman)
•
Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi,menanya)
•
Membaca teks bacaan dengan intonasi dan
lafal yang tepat (santun, percaya diri)
•
Siswa mengamati gambar kegiatan keluarga
adi pergi ke pantai pada hari minggu (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 179), kegiatan membangun makna
belajar yang dapat dilakukan siswa:
• Guru
membagi kelas menjadi enam kelompok
• Guru
memberi contoh konkrit membandingkan jarak letak 2 benda pada diri siswa, di
tunjuk 3 sampai 4 perwakilan siswa bergantian maju di depan kelas (menanyakan
letak rumah siswa (sebagai anak), dengan letak rumah kerabat keluarga seperti
rumah paman, kakek,dll).
• Masing-masing
kelompok menyelesaikan LKS (membandingkan jarak 2 benda dengan dekat dan
jauh, dan memberikan contoh sikap saling menyayangi antar anggota keluarga)
• Mengamati
siswa yang ditunjuk di depan kelas untuk bisa memahami dan mengidentifikasi
membandingkan jarak letak 2 benda (rumah, atau berkaitan dengan materi) (eksplorasi,mengamati) (patuh)
• Mengamati
gambar kegiatan keluarga adi pergi ke pantai(eksplorasi,mengamati) (patuh)
• Lalu
bersama teman kelompok, mengamati gambar yang tersedia pada LJK
(membandingkan jarak letak 2 benda dan menyebutkan contoh bentuk sikap saling
menyayangi dalam keluarga berdasarkan gambar)(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh)
• Selesai
kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas
memmberikan contoh membandingkan jarak letak 2 benda, dan contoh bentuk sikap
saling menyayangi, secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana yang sudah
dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya. (elaborasi, konfirmasi,mencoba,
mengkomunikasikan) (percaya diri,
tanggung jawab,santun)
• Menyusun
huruf acak menjadi kata dan kalimat contoh
bentuk sikap kasih sayang dalam keluarga sesuai kaidah yang benar (percaya
diri, tanggung jawab)
•
Guru membimbing siswa untuk bisa
menyampaikan pendapatnya terhadap pergi tamasya, sikap saling menyayangi, dan
sikap baik terhadap orang tua dan saudara. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi, membentuk jejaring) (Guru mengadakan penilain unjuk kerja
siswa)
(Penilaian terlampir pada buku Asesmen
otentik)
|
100 menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar hari ini
•
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Lingkungan keluarga/rumah
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan teks bacaan tentang Pergi ke
Pantai(buku pembelajaran tematik terpadu
halaman 178).
• (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)gambar
tentang menyatakan jarak letak 2 benda dengan dekat dan jauh (buku pembelajaran tematik terpadu halaman
179).
• Disajikan
Teks bacaan tentang Perilaku baik dalam keluarga(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 180).
•
Teks lagu “Di sini Senang di Sana Senang”
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi
(peduli,tanggung jawab,)
•
Ketrampilan
Unjuk
kerja (LKS)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|