-->
RPP PBM 5 Tematik Tema 4 RKM1 KELAS 1 SD MI

RPP PBM 5 Tematik Tema 4 RKM1 KELAS 1 SD MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 1
Tema / topik                 :  Keluargaku (Keluarga Inti)
Petemuan ke                :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari (35 menit x 5jp)
          KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
          KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
MATEMATIKA
3.3 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
PPKn
3.3   Mengenal keberagaman karateristik individu dirumah dan di sekolah
4.3   Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
TUJUAN
          Disajikan teks bacaan “Pergi ke pantai”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 178), siswa dapat:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
       Tanya jawab isi teks bacaan
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
       Menceritakan kegiatan kebersamaan di rumah
       Menceritakan kegiatan berlibur bersama keluarga
       Disajikan gambar anggota kelurga adi siswa dapat menyebutkan persiapan pergi rekreasi
       Menyebutkan anggota keluarga besar, nama-nama keluarga dan kedudukan dalam keluarga
       Mencontohkan bentuk kasih sayang orang tua kepada anak
·         Dengan mengamati gambar (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 179), siswa dapat :
·      Mengenal istilah dekat dan jauh untuk membandingkan jarak letak 2 benda.
·      Mampu mengidentifikasi membandingkan jarak letak 2 benda.
·      Mampu menyebutkan dan mengidentifikasi sikap saling menyayangi antara anggota keluarga.
·      Bersama kelompok, diskusi untuk  menyebutkan sikap kasih sayang antara anggota keluarga
·      Presentasi di depan kelas bersama teman kelompok dengan menceritkan contoh sikap kasih sayang antara anggota keluarga.
·         Dengan mengamati gambar dan kalimat (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 180), siswa dapat :
·      Mampu melakukan dan melaksanakan berperilaku baik dalam keluarga

          MATERI
BAHASA INDONESIA
       Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar.
       Menyusun huruf acak menjadi sebuah kata, dan kalimat berkaitan dengan bentuk kasih sayang dalam anggota keluarga besar sesuai kaidah penulisan yang benar.
MATEMATIKA
·      Menjumlahan dan mengurangi
·      Menyebutkan banyak benda
·      Membandingkan jarak letak 2 benda dengan istilah dekat dan jauh
PPKn
       Perilaku baik (peduli/kasih sayang)
       Paman, bibi,kakek,dan nenek disebut keluarga besar
       Keluarga inti dan keluarga besar harus saling menyayangi
            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture and Picture
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah.

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
          Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
          Mengajak siswa bernyanyi lagu Di sini Senang di Sana Senang
          Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang
“Keluarga Inti” dan sub tema “Pergi ke Pantai”.
10 menit
Inti

       Guru mengajak siswa mensyukuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan penuh semangat dan suka cita.
       Perwakilan siswa menjadi motivator bagi temannya dengan membaca teks bacaan “Pergi ke Pantai” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 178),  kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman (elaborasi,menyimak) (disiplin,peduli terhadap teman)
       Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi,menanya)
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat  (santun, percaya diri)
   Siswa mengamati gambar kegiatan keluarga adi pergi ke pantai pada hari minggu (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 179), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
Guru membagi kelas menjadi enam kelompok
Guru memberi contoh konkrit membandingkan jarak letak 2 benda pada diri siswa, di tunjuk 3 sampai 4 perwakilan siswa bergantian maju di depan kelas (menanyakan letak rumah siswa (sebagai anak), dengan letak rumah kerabat keluarga seperti rumah paman, kakek,dll).
Masing-masing kelompok menyelesaikan LKS (membandingkan jarak 2 benda dengan dekat dan jauh, dan memberikan contoh sikap saling menyayangi antar anggota keluarga)
Mengamati siswa yang ditunjuk di depan kelas untuk bisa memahami dan mengidentifikasi membandingkan jarak letak 2 benda (rumah, atau berkaitan dengan materi) (eksplorasi,mengamati) (patuh)
Mengamati gambar kegiatan keluarga adi pergi ke pantai(eksplorasi,mengamati) (patuh)
Lalu bersama teman kelompok, mengamati gambar yang tersedia pada LJK (membandingkan jarak letak 2 benda dan menyebutkan contoh bentuk sikap saling menyayangi dalam keluarga berdasarkan gambar)(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh)
Selesai kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas memmberikan contoh membandingkan jarak letak 2 benda, dan contoh bentuk sikap saling menyayangi, secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana yang sudah dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya. (elaborasi, konfirmasi,mencoba, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab,santun)
   Menyusun huruf acak menjadi kata dan kalimat  contoh bentuk sikap kasih sayang dalam keluarga sesuai  kaidah yang benar  (percaya diri, tanggung jawab)
       Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap pergi tamasya, sikap saling menyayangi, dan sikap baik terhadap orang tua dan saudara. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi, membentuk jejaring) (Guru mengadakan penilain unjuk kerja siswa)
(Penilaian terlampir pada buku Asesmen otentik)
100 menit
Penutup
       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran


            SUMBER DAN  MEDIA
          Lingkungan kelas
          Lingkungan keluarga/rumah
          Diri siswa
          Guru
          Disajikan teks bacaan tentang Pergi ke Pantai(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 178).
       (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)gambar tentang menyatakan jarak letak 2 benda dengan dekat dan jauh (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 179).
       Disajikan Teks bacaan tentang Perilaku baik dalam keluarga(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 180).
          Teks lagu “Di sini Senang di Sana Senang”
            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (peduli,tanggung jawab,)
          Ketrampilan
Unjuk kerja (LKS)

Mengetahui
Kepala Sekolah




_____________________________
NIP


                                                     Guru Kelas 1,


__________________________
NIP

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar