RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Keluargaku
(Kasih Sayang Keluarga)
Petemuan ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari (35
menit x 5jp)
•
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
•
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.3Mengenal teks terimakasih tentang
kasihsayang dengan bantuanguru atau teman dalam bahasa Indonesia lisandan tulis
dengan kosakatabahasa daerah untukmembantu pemahaman.
4.3Menyampaikan teks terima kasih mengenai
sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2Mengenal tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan disekolah.
4.2Melaksanakan tata tertib di
rumahdan sekolah.
TUJUAN
•
Disajikan teks bacaan “Hak dan Kewajiban di Rumah”
(buku pembelajaran tematik
terpadu halaman 198-200), siswa dapat:
• Menyimak
pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
• Tanya
jawab isi teks bacaan
• Membaca
teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
• Mendengarkan
cerita mengenai hak dan kewajiban anak di rumah.
• Mengidentifikasi
arti/definisi dan fungsi rumah.
• Mengidentifikasi
bagian yang menyusun sebuah rumah (atap, ruangan,pintu, hal lain yang
berkaitan).
•
Menyebutkan ruangan yang ada di dalam
sebuah rumah (ruang tamu, makan, hal lain yang berkaitan).
•
Membuat denah rumah dan ruangan di dalam
rumah.
•
Presentasi di depan kelas bersama teman
kelompok dengan menceritkan contoh hak dan kewajiban anak di rumah.
·
Disajikan lagu “ Kasih Ibu”(buku
pembelajaran tematik terpadu halaman201), siswa dapat :
·
Mendengarkan contoh guru membawakan lagu
tersebut.
·
Mengamati contoh guru dalam melakukan
gerak berirama sambil menyanyikan lagu tersebut.
· Bersikap
santun kepada guru dan teman selama pembelajaran menyanyi dan melak.ukan gerak
berirama
· Menyanyikan
lagu anak dengan ekspresi dan lafal yang jelas.
· Mempraktikkan
gerak berirama tanpa menggunakan musik.
•
MATERI
BAHASA INDONESIA
• Mengucapkan
terima kasih dalam sikap kasih sayang keluarga.
• Menyebutkan
bagian yang menyusun sebuah rumah.
PPKn
• Perilaku baik (peduli/kasih sayang).
• Mengidentifikasi definisi/arti dan fungsi rumah.
• Menyebutkan
dan mengidentifikasimacam-macam ruangan (bagian rumah:ruang tamu,ruang
tidur,ruang makan,dll) di dalam rumah.
• Menggambar
denah ruangan rumah
• Menyebutkan
dan menerapkan hak dan kewajiban anak di
rumah.
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture dan Picture
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,Permainan.
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai
awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang
baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa bernyanyi lagu Kasih Ibu.
•
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
yaitu tentang
“Kasih Sayang Keluarga” dan
sub tema “Hak dan Kewajiban di Rumah”.
|
10 menit
|
Inti
|
•
Guru mengajak siswa mensyukuri karunia
Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan
penuh semangat dan suka cita.
•
Perwakilan siswa menjadi motivator bagi
temannya dengan membaca teks bacaan “Hak
dan Kewajiban di Rumah” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman
198-200), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
•
Menyimak pembacaan teks bacaan yang
dibacakan teman (elaborasi,menyimak)
(disiplin,peduli terhadap teman)
•
Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi,menanya)
•
Membaca teks bacaan dengan intonasi dan
lafal yang tepat (santun, percaya diri)
•
Mendengarkan cerita mengenai hak dan
kewajiban anak di rumah.
• Guru
membagi kelas menjadi enam kelompok.
•
Menyebutkandefinisi/arti,fungsi rumah,
dan benda yang menyusun sebuah rumah.
(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh)
•
Memperhatikan informasi definisi/arti
dari denah (denah rumah)
(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)
•
Memperhatikan informasi rumah dibagi
dalam bentuk ruangan, misaln (eksploras
•
Memperhatikan informasi di setiap rumah
di bagi dalam bentuk ruangan dan berkaitan dengan hak dan kewajiban anak di
rumah ,misalnya:
a. Ruang tamu
b.Ruang
kamar tidur
c. Ruang kamar mandi
d.Ruang
keluarga
e. Ruang makan, dan hal lain yang berkaitan
(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)
(disiplin,tanggung jawab,patuh).
•
Guru bertanya mengenai hak dan kewajiban
anak dalam rumah, yang sudah diketahui dalam bacaan yang baru didengarkan
•
Disajikan lagu “Kasih Ibu”(buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 201), kegiatan membangun makna belajar yang dapat
dilakukan siswa:
•
Guru memberi contoh menyanyikan lagu “Kasih Ibu”tanpa irama.
• Masing-masing
kelompok menyelesaikan LJK (kelompok) (gambar rumah,arti dan fungsi
rumah,dan gambar denah ruangan di
dalam rumah)
• Masing-masing
anak memperoleh LJK (tugas individu; mewawancarai orang tua di rumah tentang
hak dan kewajiban anakdi rumah).(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)
(disiplin,tanggung jawab,patuh)
• Selesai
kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas mengidentifkasi
definisi/arti dan fungsi rumah,bagian yang menyusun rumah, ruangan yang ada
di dalam rumah (gambar denah ruangan) secara tertulis berupa kata/kalimat
sederhana yang sudah dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan
menanggapinya. (elaborasi,
konfirmasi,mencoba, mengkomunikasikan)(percaya diri, tanggung jawab,santun)
• Guru
membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya mengidentifikasi
definisi/arti, fungsi rumah, benda yang menyusun sebuah rumah dan ciri-ciri
rumah sehat, ruangan di dalam rumah dan hak anak di dalam rumah. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi,
membentuk jejaring)(Guru mengadakan penilain unjuk kerja siswa)
(Guru mengadakan penilain
unjuk kerja siswa)
(Penilaian terlampir pada buku Asesmen
otentik)
|
100 menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar hari ini
•
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Lingkungan keluarga/rumah
•
Diri siswa
•
Guru
•
Bentuk
tiruan rumah/ gambar rumah.
•
Gambar
bagian ruangan di dalam rumah.
•
Disajikan teks bacaan tentang Hak dan
Kewajiban di Rumah(buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 198-200).
• Disajikan
teks lagu “Kasih Ibu”(buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 201).
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi
(peduli,tanggung jawab,)
•
Ketrampilan
Unjuk
kerja (LKS)
·
LAMPIRAN
· Gambar-gambar
denah ruangan di dalam rumah,gambar rumah
· LJK
Siswa kelompok, individu.
· Rubrik
penilaian
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Definisi/arti dan Fungsi Rumah,Gambar Bagian Ruangan di dalam Rumah
kelompok:__________
nama anggota:
1._______________________ 4. ______________________
2. ______________________ 5. ______________________
3. ______________________ 6. ______________________
·
Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
1. Andri hidup bersama keluarga inti.
Tinggal di perumahan “griya
permata gedangan”.
Rumah Andri terlihat bersih dan
asri. Jelaskan arti dari rumah!
. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
2.
Rama suka membantu ibu di rumah.
Rama sering membantu ibu mencuci piring dan menyapu lantai.
Fungsi dari rumah yaitu: - . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
-. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
-. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tugas Individu
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Hak dan Kewajiban Anak di Rumah
Nama : . . . . . . .. . . . .. No Absen : . .
Kelas :
I (Satu) . . . . Hari
/ Tanggal : …………………
·
Isilahtabel
di bawah ini!
Petunjuk :-Tanyakan kepada ayah
dan ibumumengenai hak dan kewajiban kamu di rumah!
-
Kumpulkan
kembali lembar tugas individu ini pada hari Jum’at, 29 November 2013.
No
|
Hari/Tanggal
|
Pertanyaan
kepada ayah dan ibu di rumah
|
||
Hak
Anak di
rumah
|
Kewajiban
Anak di
rumah
|
Komentar
Ayah/Ibu
|
||
1
|
Selasa,26
November 2013
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
|
2
|
Rabu,27 November 2013
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
|
3
|
Kamis,28
November 2013
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
· . . . .
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . .
. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
|
Catatan:
·
Di mohon
kerja samanya Bapak/Ibu untuk berperan aktif mengisi pertanyaan di dalam tabel!
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
KELOMPOK)
Tema 4:
Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Definisi/arti dan Fungsi Rumah,Gambar Bagian Ruangan di dalam Rumah
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek Kriteria yang Dinilai
|
Total
Nilai
|
NA
|
|
Siswa mampu
mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, menyebutkan bagian penyusun rumah
|
Siswa mampu
menyebutkan fungsi rumah
|
||||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
|||||
26
|
|||||
27
|
|||||
28
|
|||||
29
|
|||||
30
|
|||||
31
|
|||||
32
|
|||||
33
|
|||||
34
|
Keterangan: Kriteria
1: Siswa mampu mengenali ruangan di rumah
dan fungsinya, benda yang menyusun
rumah kurang dari 4 kalimat.
2: Siswa mampu mengenali ruangan di
rumah dan fungsinya, benda yang menyusun
rumah antara 2-3 kalimat.
3: Siswa mampu mengenali ruangan di
rumah dan fungsinya, benda yang menyusun rumah antara 4-5 kalimat.
4: Siswa mampu mengenali ruangan di
rumah dan fungsinya, benda yang menyusun
rumah antara 5-6 lebih kalimat.
1 : Siswa
mampu menyebutkan fungsi rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa
mampu menyebutkan fungsi rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa
mampu menyebutkan fungsi rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa
mampu menyebutkan fungsi rumah antara 5-6 lebih kalimat
NA : Total Skor x 100
8
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
INDIVIDU)
Tema 4:
Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Lembar
Pengamatan Mengenal Hak dan Kewajiban Anak di Rumah
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek Kriteria yang Dinilai
|
Total
Nilai
|
NA
|
||
Siswa mampu
mengisi hak anak di rumah
|
Siswa mampu
mengisi kewajiban anak di rumah
|
Siswa mampu
melaksanakan hak dan kewajiban di rumah
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
Keterangan:
Kriteria
1: Siswa
mampu mengisi hak anak di rumah kurang dari 4 kalimat.
3: Siswa mampu
mengisi hak anak di rumah antara 3-4 kalimat.
4: Siswa
mampu mengisi hak anak di rumah antara 4-5 lebih kalimat.
1 : Siswa
mampu mengisi kewajiban anak di rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa
mampu mengisi kewajiban anak di rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa
mampu mengisi kewajiban anak di rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa
mampu mengisi kewajiban anak di rumah antara 4-5 lebih kalimat
1 : Siswa
mampu melaksanakan hak dan kewajiban di rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa
mampu melaksanakan hak dan kewajiban di
rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa
mampu melaksanakan hak dan kewajiban di rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa
mampu melaksanakan hak dan kewajiban di
rumah antara 4-5 lebih kalimat
NA : Total Skor x 100
8