-->
RPP PBM 1 TEMA 4 RKM 3 KELAS 1 SD , MI

RPP PBM 1 TEMA 4 RKM 3 KELAS 1 SD , MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 1
Tema / topik                 :  Keluargaku (Kasih Sayang Keluarga)
Petemuan ke                :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari (35 menit x 5jp)
          KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
          KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.3Mengenal teks terimakasih tentang kasihsayang dengan bantuanguru atau teman dalam bahasa Indonesia lisandan tulis dengan kosakatabahasa daerah untukmembantu pemahaman.
4.3Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
3.2Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan disekolah.
4.2Melaksanakan tata tertib di rumahdan sekolah.
TUJUAN
          Disajikan teks bacaan “Hak dan Kewajiban di Rumah”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 198-200), siswa dapat:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
       Tanya jawab isi teks bacaan
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
       Mendengarkan cerita mengenai hak dan kewajiban anak di rumah.
       Mengidentifikasi arti/definisi dan fungsi rumah.
       Mengidentifikasi bagian yang menyusun sebuah rumah (atap, ruangan,pintu, hal lain yang berkaitan).
       Menyebutkan ruangan yang ada di dalam sebuah rumah (ruang tamu, makan, hal lain yang berkaitan).
       Membuat denah rumah dan ruangan di dalam rumah.
       Presentasi di depan kelas bersama teman kelompok dengan menceritkan contoh hak dan kewajiban anak di rumah.
·         Disajikan lagu “ Kasih Ibu”(buku pembelajaran tematik terpadu halaman201), siswa dapat :
·      Mendengarkan contoh guru membawakan lagu tersebut.
·      Mengamati contoh guru dalam melakukan gerak berirama sambil menyanyikan lagu tersebut.
·      Bersikap santun kepada guru dan teman selama pembelajaran menyanyi dan melak.ukan gerak berirama
·      Menyanyikan lagu anak dengan ekspresi dan lafal yang jelas.
·      Mempraktikkan gerak berirama tanpa menggunakan musik.

          MATERI
BAHASA INDONESIA
       Mengucapkan terima kasih dalam sikap kasih sayang keluarga.
       Menyebutkan bagian yang menyusun sebuah rumah.

PPKn
       Perilaku baik (peduli/kasih sayang).
       Mengidentifikasi definisi/arti dan fungsi rumah.
       Menyebutkan dan mengidentifikasimacam-macam ruangan (bagian rumah:ruang tamu,ruang tidur,ruang makan,dll) di dalam rumah.
       Menggambar denah ruangan rumah
       Menyebutkan dan menerapkan hak dan  kewajiban anak di rumah.


            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Picture dan Picture
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,Permainan.

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
          Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
          Mengajak siswa bernyanyi lagu Kasih Ibu.
          Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang
“Kasih Sayang Keluarga” dan sub tema “Hak dan Kewajiban di Rumah”.
10 menit
Inti

       Guru mengajak siswa mensyukuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan penuh semangat dan suka cita.
       Perwakilan siswa menjadi motivator bagi temannya dengan membaca teks bacaan “Hak dan Kewajiban di Rumah”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 198-200), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman (elaborasi,menyimak) (disiplin,peduli terhadap teman)
       Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi,menanya)
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat  (santun, percaya diri)
       Mendengarkan cerita mengenai hak dan kewajiban anak di rumah.
Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.
       Menyebutkandefinisi/arti,fungsi rumah, dan benda yang menyusun sebuah rumah. (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh)
       Memperhatikan informasi definisi/arti dari denah (denah rumah) (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)
       Memperhatikan informasi rumah dibagi dalam bentuk ruangan, misaln (eksploras
       Memperhatikan informasi di setiap rumah di bagi dalam bentuk ruangan dan berkaitan dengan hak dan kewajiban anak di rumah ,misalnya:
a. Ruang tamu
b.Ruang kamar tidur
c. Ruang kamar mandi
d.Ruang keluarga
e. Ruang makan, dan hal lain yang berkaitan
(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh).
   Guru bertanya mengenai hak dan kewajiban anak dalam rumah, yang sudah diketahui dalam bacaan yang baru didengarkan
   Disajikan lagu “Kasih Ibu”(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 201), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
   Guru memberi contoh menyanyikan lagu “Kasih Ibu”tanpa irama.
Masing-masing kelompok menyelesaikan LJK (kelompok) (gambar rumah,arti dan fungsi rumah,dan  gambar denah ruangan di dalam rumah)
Masing-masing anak memperoleh LJK (tugas individu; mewawancarai orang tua di rumah tentang hak dan kewajiban anakdi rumah).(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh)
Selesai kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas mengidentifkasi definisi/arti dan fungsi rumah,bagian yang menyusun rumah, ruangan yang ada di dalam rumah (gambar denah ruangan) secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana yang sudah dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya. (elaborasi, konfirmasi,mencoba, mengkomunikasikan)(percaya diri, tanggung jawab,santun)
   Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya mengidentifikasi definisi/arti, fungsi rumah, benda yang menyusun sebuah rumah dan ciri-ciri rumah sehat, ruangan di dalam rumah dan hak anak di dalam rumah. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi, membentuk jejaring)(Guru mengadakan penilain unjuk kerja siswa)
(Guru mengadakan penilain unjuk kerja siswa)

(Penilaian terlampir pada buku Asesmen otentik)
100 menit
Penutup
       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran



            SUMBER DAN  MEDIA
          Lingkungan kelas
          Lingkungan keluarga/rumah
          Diri siswa
          Guru
          Bentuk tiruan rumah/ gambar rumah.
          Gambar bagian ruangan di dalam rumah.
          Disajikan teks bacaan tentang Hak dan Kewajiban di Rumah(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 198-200).
       Disajikan teks lagu “Kasih Ibu”(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 201).
            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (peduli,tanggung jawab,)
          Ketrampilan
Unjuk kerja (LKS)
·         LAMPIRAN
·  Gambar-gambar denah ruangan di dalam rumah,gambar rumah
·  LJK Siswa kelompok, individu.
·  Rubrik penilaian
Mengetahui
Kepala Sekolah




_____________________________
NIP


                                                     Guru Kelas 1,


__________________________
NIP












Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Definisi/arti dan Fungsi Rumah,Gambar Bagian Ruangan di dalam Rumah

kelompok:__________
nama anggota:
1._______________________         4. ______________________
2. ______________________          5. ______________________
3. ______________________          6. ______________________           
·           Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.      Andri hidup bersama keluarga inti.
Tinggal di perumahan “griya permata gedangan”.
Rumah Andri terlihat bersih dan asri. Jelaskan arti dari rumah!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.       Rama suka membantu ibu di rumah.
Rama sering membantu ibu mencuci piring dan  menyapu lantai.
Fungsi dari rumah yaitu: - . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
                                                 -. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
                                                 -. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 



Tugas Individu
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

                 Nama   : . . . . . . .. . . . ..                                                           No Absen            :  . .
Kelas     : I (Satu) . . . .                                                                                      Hari / Tanggal     : …………………
·           Isilahtabel di bawah ini!
Petunjuk :-Tanyakan kepada ayah dan ibumumengenai hak dan kewajiban kamu di rumah!
-   Kumpulkan kembali lembar tugas individu ini pada hari Jum’at, 29 November 2013.
      
No
Hari/Tanggal
Pertanyaan kepada  ayah dan ibu di rumah
Hak
Anak di rumah
Kewajiban
Anak di rumah
Komentar
Ayah/Ibu
1
Selasa,26 November 2013
· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .

· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .














2
Rabu,27 November 2013
· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .

· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .














3
Kamis,28 November 2013
· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .

· . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
·  . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
 . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
· . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .














       Catatan:
·         Di mohon kerja samanya Bapak/Ibu untuk berperan aktif mengisi pertanyaan di dalam tabel!



INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS KELOMPOK)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Definisi/arti dan Fungsi Rumah,Gambar Bagian Ruangan di dalam Rumah
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Nilai

NA
Siswa mampu mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, menyebutkan bagian penyusun rumah
Siswa mampu menyebutkan fungsi rumah
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





26





27





28





29





30





31





32





33





34





Keterangan: Kriteria
1: Siswa mampu mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, benda yang menyusun   rumah kurang dari 4 kalimat.
2: Siswa mampu mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, benda yang menyusun   rumah antara 2-3 kalimat.
3: Siswa mampu mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, benda yang menyusun rumah antara 4-5 kalimat.
4: Siswa mampu mengenali ruangan di rumah dan fungsinya, benda yang menyusun   rumah antara 5-6 lebih kalimat.
1 : Siswa mampu menyebutkan fungsi rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa mampu menyebutkan fungsi rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa mampu menyebutkan fungsi rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa mampu menyebutkan fungsi rumah antara 5-6 lebih kalimat
NA : Total Skor x 100
          8




INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS INDIVIDU)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 3: Kasih Sayang
Lembar Pengamatan Mengenal Hak dan Kewajiban Anak di Rumah
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Nilai

NA
Siswa mampu mengisi hak anak di rumah
Siswa mampu mengisi kewajiban anak di rumah
Siswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban di rumah
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34






Keterangan: Kriteria
1: Siswa mampu mengisi hak anak di rumah kurang dari 4 kalimat.
2: Siswa mampu mengisi hak anak di rumah antara 2-3 kalimat.
3: Siswa mampu mengisi hak anak di rumah antara 3-4 kalimat.
4: Siswa mampu mengisi hak anak di rumah antara 4-5 lebih kalimat.
1 : Siswa mampu mengisi kewajiban anak di rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa mampu mengisi kewajiban anak di rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa mampu mengisi kewajiban anak di rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa mampu mengisi kewajiban anak di rumah antara 4-5 lebih kalimat
1 : Siswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban di rumah kurang 4 kalimat.
2 : Siswa mampu melaksanakan hak dan  kewajiban di rumah antara 2-3 kalimat
3 : Siswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban di rumah kurang 3-4 kalimat
4 : Siswa mampu melaksanakan hak dan  kewajiban di rumah antara 4-5 lebih kalimat

NA : Total Skor x 100
          8

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar