Bagi para pemerhati dunia pendidikan penyusunan RPP sangatlah penting,karena sebelum proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas,sebaiknya dipersiapkan materi,tema ataupun langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan,agar dalam penyampaian materi bisa terserap,dan sesuai dengan harapan kita.Berikut akan saya berikan contoh RPP yang digunakan dalam PTK,semoga postingan saya ini bisa membawa banyak manfaat,jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan harap dimaklumi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V/2
Materi Pokok :
Pesawat Sederhana
Waktu :
2 x 35 menit
Metode :
Ceramah, Tanya jawab dan penugasan
- STANDAR
KOMPETENSI
- Memahami
hubungan antara gaya, gerak dan
energi serta fungsinya.
- KOMPETENSI
DASAR
- Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat.
- INDIKATOR
·
Mengidentifikasi
kegiatan yang menggunakan peswat sederhana.
- TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Siswa
dapat memahami manfaat pesawat
sederhana,
- Siswa
dapat memahami jenis-jenis
pesawat sederhana yang ada di lingkungannya.
- MATERI
PEMBELAJARAN
- Pemanfaatan
pesawat sederhana
- SUMBER
BAHAN DAN ALAT
a. Sumber bahan
·
Buku
IPA untuk SD dan MI kelas V, Erlangga (Haryanto)
b. Alat
·
Gambar
berbagai macam peralatan pesawat
sederhana.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Kegiatan Awal
* Berdoa dan mempersiapkan materi ajar
* Apersepsi dan Motifasi :
Menyampaikan indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
5 menit
|
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
* Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
-
Siswa
dapat memahami manfaat pesawat
sederhana.
-
Memahami
pesawat sederhana yang sesuai
dengan kebutuhan seharihari.
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan
* Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
-
Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna.
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru.
-
Memberi
kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
tanpa rasa takut.
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyampaikan hasil kerja individual maupun kelompok.
-
Mengelompokan
jenis pekerjaan yang membutuhkan
pesawat sederhana sesuai dengan kebutuhannya.
* Konfirmasi
Dalam
konfirmasi, guru :
-
Guru
bertanggungjawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-
Guru
bersama dengan siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
|
55 menit
|
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
a. Prosedur tes : tes dalam proses :
pengamatan
b. Jenis tes : tes tertulis
c. Bentuk tes : Lisan
d. Instrumen penilaian
Karangtalun, 11 Juni 2012
Mengetahui, Guru
Praktek/Mahasiswa
Kepala SDN Karangtalun I
Tarwiyati, S.Pd. Sholihun
NIP : 19600612 197911 2004 NIM : 820358805
LEMBAR KERJA SISWA
(Kelompok)
No
|
Nama
Alat
|
Pesawat
Jenis
|
Keterangan
|
||
Bidang
Miring
|
Katrol
|
Roda
Berporos
|
|||
1
|
Kerekan tiang bendera
|
V
|
Tergolong katrol tetap
|
||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
LEMBAR EVALUASI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan singkat dan jelas !
1. Gunting termasuk tuas golongan ….
2. Tombol kunci pintu menggunakan prinsip kerja ….
3. Nama lain titik tumpu adalah ….
4. Sebutkan jenis-jenis pesawat sederhana ….
5. Peralatan untuk menimba air di sumur biasanya
termasuk katrol ….
KUNCI JAWABAN
1. Pertama
2. Roda berporos
3. Fulcrum
4. Pengungkit, bidang miring, katrol, roda
berporos
5. Katrol tetap
PEDOMAN PENILAIAN :
Tiap soal jawaban benar nilai : 2
Skor maksimal :
2 x 5 = 10
Nilai akhir : Perolehan skor x 100
Skor maksimal
LEMBAR PENILAIAN KERJA KELOMPOK
Materi :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JML
|
KET
|
||
PARTISIPASI
|
GAGASAN
|
HASIL
|
||||
30
|
30
|
40
|
||||
1
|
Rahmad Saifudin
|
|||||
2
|
Anggit Susilo
|
|||||
3
|
Habib Muhaimin
|
|||||
4
|
Ananda Rifki
|
|||||
5
|
Andika Kasyono
|
|||||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
|||||
7
|
Ermanda Damayanti
|
|||||
8
|
Masruri
|
|||||
9
|
M.Andi Hakim
|
|||||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
|||||
11
|
TiaraLinggar
|
|||||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
|||||
JUMLAH
|
||||||
RATA-RATA
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805
LEMBAR PENILAIAN INDIVIDU (EVALUASI)
Tema :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA SISWA
|
JUMLAH NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Rahmad Saifudin
|
||
2
|
Anggit Susilo
|
||
3
|
Habib Muhaimin
|
||
4
|
Ananda Rifki
|
||
5
|
Andika Kasyono
|
||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
||
7
|
Ermanda Damayanti
|
||
8
|
Masruri
|
||
9
|
M.Andi Hakim
|
||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
||
11
|
TiaraLinggar
|
||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
||
JUMLAH
|
|||
RATA-RATA
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805
LEMBAR ANALISIS
Tema :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA
|
Nomor soal yang benar/salah
|
Jml jawaban
|
N
|
KET
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Benar
|
Salah
|
Perbaikan
|
Pengayaan
|
|||
1
|
Rahmad Saifudin
|
||||||||||
2
|
Anggit Susilo
|
||||||||||
3
|
Habib Muhaimin
|
||||||||||
4
|
Ananda Rifki
|
||||||||||
5
|
Andika Kasyono
|
||||||||||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
||||||||||
7
|
Ermanda Damayanti
|
||||||||||
8
|
Masruri
|
||||||||||
9
|
M.Andi Hakim
|
||||||||||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
||||||||||
11
|
TiaraLinggar
|
||||||||||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V/2
Materi Pokok :
Pesawat Sederhana
Waktu :
2 x 35 menit
Metode :
Demonstrasi, Tanya jawab dan penugasan
- STANDAR KOMPETENSI
- Memahami
hubungan antara gaya, gerak
dan energi serta fungsinya.
- KOMPETENSI DASAR
- Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat.
- INDIKATOR
- Mengidentifikasi
kegiatan yang menggunakan peswat sederhana.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa
dapat memahami manfaat
pesawat sederhana,
- Siswa
dapat memahami jenis-jenis
pesawat sederhana yang ada di lingkungannya.
- MATERI PEMBELAJARAN
- Pemanfaatan
pesawat sederhana
- SUMBER BAHAN DAN ALAT
a. Sumber bahan
·
Buku
IPA untuk SD dan MI kelas V, Erlangga (Haryanto)
b. Alat
·
Berbagai
macam alat peraga pesawat sederhana (gunting, katrol, mur baut, linggis).
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Kegiatan Awal
* Berdoa dan mempersiapkan materi ajar
* Apersepsi dan Motifasi :
Menyampaikan indikator dan
kompetensi yang diharapkan
|
5 menit
|
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
* Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
-
Siswa
dapat memahami manfaat pesawat
sederhana.
-
Memahami
pesawat sederhana yang sesuai
dengan kebutuhan seharihari.
-
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan
* Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
-
Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna.
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru.
-
Memberi
kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
tanpa rasa takut.
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyampaikan hasil kerja individual maupun kelompok.
-
Memperagakan
penggunaan pesawat sederhana gunting, katrol, mur baut, linggis.
* Konfirmasi
Dalam
konfirmasi, guru :
-
Guru
bertanggungjawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-
Guru
bersama dengan siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
55 menit
|
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
a. Prosedur tes : tes dalam proses :
pengamatan
b. Jenis tes : tes tertulis
c. Bentuk tes : Lisan
d. Instrumen penilaian
Karangtalun 18 Juni 2012
Mengetahui, Guru
Praktek/Mahasiswa
Kepala SDN Karangtalun I
Tarwiyati, S.Pd. Sholihun
NIP : 19600612 197911 2004 NIM : 820358805
LEMBAR KERJA SISWA
(Kelompok)
No
|
Jenis Pekerjaan
|
Kebutuhan Pesawat Sederhana
|
Keterangan
|
|||
Bidang Miring
|
Katrol
|
Roda Berporos
|
Tuas
|
|||
1
|
Memotong kertas
|
V
|
Gunting
|
|||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
LEMBAR EVALUASI
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini dengan singkat dan jelas !
1. Berat benda yang diusahakan untuk dikalahkan
disebut ….
2. Gunting kuku merupakan tuas golongan ….
3. Untuk menimba air di sumur menggunakan pesawat
sederhana jenis katrol ….
4. Katrol yang
posisinya berubah disebut ….
5. Permukaan datar dengan salah satu ujungnya
lebih tinggi disebut …
KUNCI JAWABAN
1. Beban
2. Kedua
3. Katrol tetap
4. Katrol bebas
5. Bidang miring
PEDOMAN PENILAIAN :
Tiap soal jawaban benar nilai : 2
Skor maksimal :
2 x 5 = 10
Nilai akhir : Perolehan skor x 100
Skor maksimal
LEMBAR PENILAIAN KERJA KELOMPOK
Materi :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JML
|
KET
|
||
PARTISIPASI
|
GAGASAN
|
HASIL
|
||||
30
|
30
|
40
|
||||
1
|
Rahmad Saifudin
|
|||||
2
|
Anggit Susilo
|
|||||
3
|
Habib Muhaimin
|
|||||
4
|
Ananda Rifki
|
|||||
5
|
Andika Kasyono
|
|||||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
|||||
7
|
Ermanda Damayanti
|
|||||
8
|
Masruri
|
|||||
9
|
M.Andi Hakim
|
|||||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
|||||
11
|
TiaraLinggar
|
|||||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
|||||
JUMLAH
|
||||||
RATA-RATA
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805
LEMBAR PENILAIAN INDIVIDU (EVALUASI)
Tema :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA SISWA
|
JUMLAH NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Rahmad Saifudin
|
||
2
|
Anggit Susilo
|
||
3
|
Habib Muhaimin
|
||
4
|
Ananda Rifki
|
||
5
|
Andika Kasyono
|
||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
||
7
|
Ermanda Damayanti
|
||
8
|
Masruri
|
||
9
|
M.Andi Hakim
|
||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
||
11
|
TiaraLinggar
|
||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
||
JUMLAH
|
|||
RATA-RATA
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805
LEMBAR ANALISIS
Tema :
Pesawat Sederhana
Mata Pelajaran :
IPA
NO
|
NAMA
|
Nomor soal yang benar/salah
|
Jml jawaban
|
N
|
KET
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Benar
|
Salah
|
Perbaikan
|
Pengayaan
|
|||
1
|
Rahmad Saifudin
|
||||||||||
2
|
Anggit Susilo
|
||||||||||
3
|
Habib Muhaimin
|
||||||||||
4
|
Ananda Rifki
|
||||||||||
5
|
Andika Kasyono
|
||||||||||
6
|
Azizah Khoirunisa
|
||||||||||
7
|
Ermanda Damayanti
|
||||||||||
8
|
Masruri
|
||||||||||
9
|
M.Andi Hakim
|
||||||||||
10
|
Silvi Nanda Kusworo
|
||||||||||
11
|
TiaraLinggar
|
||||||||||
12
|
Alfian Putra Atlas
|
Guru Praktek/Mahasiswa
Sholihun
NIM : 820358805