-->
RPP TEMA 4 RKM 4 PBM 3 KELAS 1 SD, MI

RPP TEMA 4 RKM 4 PBM 3 KELAS 1 SD, MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 1
Tema / topik                 :  Keluargaku (Di Sekolahku)
Petemuan ke                :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari (4 x 35 menit)
          KOMPETENSI INTI
       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
          KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.4Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.11 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan,
dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
TUJUAN
          Disajikan teks bacaan “Apa Pendapatmu”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 217), siswa dapat:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman.
       Tanya jawab isi teks bacaan
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
       Bercerita kegiatan hari Minggu yang biasa dilakukan Adi.
       Menulis kosakata tentang kegiatan Adi saat hari Minggu.
       Mengidentifikasi dengan kalimat perbandingan jauh atau dekat.
       Mengidenfitikasi dengan kalimat lebih rendah atau lebih tinggi.
       Menyusun kata menjadi kalimat.
       Presentasi tentang hasil fortofolio( secara kelompok) di depan kelas bersama teman-teman
          MATERI
BAHASA INDONESIA
        Membaca teks bacaan dengan lancar dan nyaring.
       Melengkapi  kata menjadi kalimat.
Matematika
       Membandingkan tinggi badan anggota keluarga dengan perbandingan lebih rendah atau lebih tinggi.
       Membandingkan jarak letak 2 benda dengan kata lebih dekat atau lebih jauh.
       Membuat kalimat perbandingan lebih  rendah  atau lebih tinggi, dan membandingkan jarak letak 2 benda lebih dekat atau lebih jauh.
            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Student Teams Achievement Division (STAD)
Metode                  : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
          Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
          Mengajak siswa bernyanyi lagu Pada Hari Minggu.
          Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang
“Kegiatan Adi ” dan sub tema “Di Sekolahku”.
10 menit
Inti

       Guru mengajak siswa mensyukuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar disekolah dengan penuh semangat dan suka cita.
       Perwakilan siswa menjadi motivator bagi temannya dengan membaca teks bacaan “Kegiatan Adi”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 217), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman (elaborasi,menyimak) (disiplin,peduli terhadap teman)
       Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi,menanya)
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat  (santun, percaya diri)
       Mendengarkan cerita kegiatan Adi pada hari Minggu. (elaborasi,menyimak) (disiplin,peduli terhadap teman)
       Masing-masing kelompok menyelesaikan LJK (kelompok) (menyusun kata dalam sebuah kalimat) (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba) (disiplin,tanggung jawab,patuh).
Masing-masing anak memperoleh LJK (tugas individu; perbandingan jarak letak 2 benda dengan lebih dekat atau jauh, perbandingan  tinggi  danrendah).(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)(disiplin,tanggung jawab,patuh).
Selesai kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas fortofolio hasil kerja kelompok secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana yang sudah dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya. (elaborasi, konfirmasi,mencoba, mengkomunikasikan)(percaya diri, tanggung jawab,santun)
   Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman pembelajaran. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi, membentuk jejaring)
         (Guru mengadakan penilain unjuk kerja siswa)

(Penilaian terlampir pada buku Asesmen otentik)
100 menit
Penutup
       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
      Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran



            SUMBER DAN  MEDIA
          Lingkungan kelas
          Lingkungan keluarga/rumah
          Diri siswa
          Guru
          Disajikan teks bacaan tentang Kegiatan Adi(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 217).

            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (peduli,tanggung jawab,)
          Ketrampilan
Unjuk kerja (LKS)
          LAMPIRAN
   Rubrik penilaian

Mengetahui
Kepala Sekolah


_____________________________
NIP

 Guru Kelas 1,


__________________________
NIP







Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolahku
Menyusun kata dalam sebuah kalimat

Kelompok:__________
Nama anggota:
1._______________________         4. ______________________
2. ______________________          5. ______________________
3. ______________________          6. ______________________           
           Susunlah kata-kata di bawah ini menjadi kalimat yang benar!
           Petunjuk : - Kata yang ditebali dan bergaris bawah menjadi kata awal.
        -Kata tersebut berhubungan dengan tempat ibadah, agama,dan  hari raya agama.
         Ke – gereja- hari-  Minggu- Beni- keluarganya- pergi- dan.


 
 





         Masjid- Adi- ayah- dan- salat- di- Jumat.


 
 





         Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.


 
 





         Buddha – Meli – beribadah – beragama – wihara – di.


 
 





         Imlek – Lani – Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.


 
 





         Beni – Adi– mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.


 
 





         Adalah – tempat – gereja – umat – ibadah – Kristen.


 
 





        


 
Merayakan – Richard – beragama -  natal – Kristen – paskah – dia









INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS INDIVIDU)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolah
Membuat kalimat Perbandingan jarak letak 2 benda, Perbandingan Tinggi 2 benda
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Skor

NA
Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat
Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda
Waktu
mengerjakan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34







Keterangan: Kriteria
Membuat kalimat perbandingan  jarak letak 2 benda
1: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat belum mampu membuat kalimat.
2: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara1 - 2 kalimat.
3: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara 3-4 kalimat.
4: Siswa mampu mengidentifikasi jarak letak 2 benda dengan jauh atau  dekat antara 5 – 6 lebih kalimat.
                Membuat kalimat perbandingan tinggi 2 benda
1 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda belum mampu kalimat.
2 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1 kalimat
3 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda kurang 2kalimat
4 : Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1-3 lebih kalimat

Waktu mengerjakan
1: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x 100
         12
























































INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS KELOMPOK)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolah
Menyusun kata dalam kalimat
NO
Nama
Siswa
Aspek Kriteria yang Dinilai
Total
Nilai

NA
Tanggung Jawab
Peduli
 menyusun kalimat sederhana dengan waktu yang di tentukan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30






31






32






33






34







Keterangan: Kriteria
Tanggung Jawab
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan benar.
Peduli
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan benar.
Kemampuan menyusun kalimat sederhana
1 : Siswa mampu menyusun 1 kalimat.
2 : Siswa mampu menyusun 2 - 3 kalimat.
3 : Siswa mampu menyusun 4 - 5 kalimat.
4 : Siswa mampu menyusun 6 - 7 kalimat.
Waktu mengerjakan
1: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4: Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x 100
         12

NA : 12 x 100
         12





















       Ke – gereja- hari-  Minggu- Beni- keluarganya-

pergi - dan.

       Masjid- Adi- ayah- dan- salat- di- Jumat.

       Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.

       Buddha – Meli – beribadah – beragama – wihara – di.

       Imlek – Lani – Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.

       Beni – Adi– mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.

       Adalah – tempat – gereja – umat – ibadah – Kristen.

       Merayakan – Richard – beragama -  natal – Kristen – paskah – dia - dan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar