RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Keluargaku (Di Sekolahku)
Petemuan ke : 3
Alokasi waktu :
1 Hari (4 x 35 menit)
•
KOMPETENSI
INTI
•
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
•
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
•
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
•
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
•
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.4Mengenal teks cerita
diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.4Menyampaikan teks cerita
diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
Matematika
3.11 Menentukan
urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan,
dan urutan
kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
TUJUAN
•
Disajikan teks bacaan “Apa Pendapatmu” (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 217), siswa dapat:
•
Menyimak pembacaan teks
bacaan yang dibacakan teman.
•
Tanya jawab isi teks bacaan
•
Membaca teks bacaan dengan
intonasi dan lafal yang tepat
•
Bercerita kegiatan hari
Minggu yang biasa dilakukan Adi.
•
Menulis kosakata tentang
kegiatan Adi saat hari Minggu.
•
Mengidentifikasi dengan
kalimat perbandingan jauh atau dekat.
•
Mengidenfitikasi dengan
kalimat lebih rendah atau lebih tinggi.
•
Menyusun kata menjadi
kalimat.
•
Presentasi tentang hasil fortofolio(
secara kelompok) di depan kelas bersama teman-teman
•
MATERI
BAHASA INDONESIA
•
Membaca teks bacaan dengan
lancar dan nyaring.
•
Melengkapi kata menjadi kalimat.
Matematika
•
Membandingkan
tinggi badan anggota keluarga dengan perbandingan lebih rendah atau lebih tinggi.
•
Membandingkan
jarak letak 2 benda dengan kata lebih dekat
atau lebih jauh.
•
Membuat kalimat
perbandingan lebih rendah atau lebih tinggi, dan membandingkan jarak letak 2 benda lebih dekat atau lebih jauh.
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Student Teams Achievement
Division (STAD)
Metode : Penugasan, Pengamatan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan
yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun
makna belajar
•
Melakukan pembiasaan
sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa
berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa bernyanyi
lagu Pada Hari Minggu.
•
Menginformasikan tema
yang akan dipelajari yaitu tentang
“Kegiatan Adi ” dan
sub tema “Di Sekolahku”.
|
10
menit
|
Inti
|
•
Guru mengajak siswa
mensyukuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat
sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar
disekolah dengan penuh semangat dan suka cita.
•
Perwakilan siswa menjadi
motivator bagi temannya dengan membaca teks bacaan “Kegiatan Adi” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman
217), kegiatan membangun makna belajar yang dapat dilakukan siswa:
•
Menyimak pembacaan teks
bacaan yang dibacakan teman (elaborasi,menyimak)
(disiplin,peduli terhadap teman)
•
Tanya jawab isi teks bacaan
(elaborasi,menanya)
•
Membaca teks bacaan
dengan intonasi dan lafal yang tepat (santun, percaya diri)
•
Mendengarkan cerita
kegiatan Adi pada hari Minggu.
(elaborasi,menyimak) (disiplin,peduli terhadap teman)
•
Masing-masing kelompok
menyelesaikan LJK (kelompok) (menyusun kata dalam sebuah kalimat) (eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)
(disiplin,tanggung jawab,patuh).
• Masing-masing
anak memperoleh LJK (tugas individu; perbandingan jarak letak 2 benda dengan
lebih dekat atau jauh, perbandingan tinggi
danrendah).(eksplorasi,elaborasi,menalar,mencoba)(disiplin,tanggung
jawab,patuh).
• Selesai
kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok presentasi di depan kelas
fortofolio hasil kerja kelompok secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana
yang sudah dibuatnya didepan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya.
(elaborasi, konfirmasi,mencoba,
mengkomunikasikan)(percaya diri, tanggung jawab,santun)
•
Guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan/rangkuman pembelajaran. (eksplorasi,elaborasi,konfirmasi, membentuk jejaring)
(Guru mengadakan penilain unjuk
kerja siswa)
(Penilaian terlampir pada
buku Asesmen otentik)
|
100
menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
•
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Membangun motivasi siswa
untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada
sesama manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a
untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Lingkungan keluarga/rumah
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan teks bacaan
tentang Kegiatan Adi(buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 217).
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (peduli,tanggung jawab,)
•
Ketrampilan
Unjuk kerja (LKS)
•
LAMPIRAN
•
Rubrik penilaian
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
Lembar Kegiatan Siswa (kelompok)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di Sekolahku
Menyusun kata dalam sebuah kalimat
Kelompok:__________
Nama anggota:
1._______________________ 4.
______________________
2.
______________________ 5.
______________________
3.
______________________ 6.
______________________
•
Susunlah kata-kata di bawah ini
menjadi kalimat yang benar!
•
Petunjuk : - Kata yang ditebali dan
bergaris bawah menjadi kata awal.
-Kata tersebut
berhubungan dengan tempat ibadah, agama,dan hari raya agama.
•
Ke – gereja- hari- Minggu- Beni- keluarganya- pergi- dan.
|
•
Masjid- Adi-
ayah- dan- salat- di- Jumat.
|
•
Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.
|
•
Buddha – Meli
– beribadah – beragama – wihara – di.
|
•
Imlek – Lani
– Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.
|
•
Beni – Adi–
mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.
|
•
Adalah – tempat – gereja
– umat – ibadah – Kristen.
|
•
|
Merayakan
– Richard – beragama - natal – Kristen – paskah – dia
INSTRUMEN
PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
INDIVIDU)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di
Sekolah
Membuat kalimat Perbandingan jarak letak 2 benda,
Perbandingan Tinggi 2 benda
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Kriteria yang Dinilai
|
Total
Skor
|
NA
|
||
Siswa mampu mengidentifikasi jarak
letak 2 benda dengan jauh atau dekat
|
Siswa mampu mengidentifikasi
perbandingan tinggi 2 benda
|
Waktu
mengerjakan
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
Keterangan:
Kriteria
Membuat
kalimat perbandingan jarak letak 2 benda
1: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat belum mampu membuat kalimat.
2: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara1 - 2 kalimat.
3: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara 3-4 kalimat.
4: Siswa mampu mengidentifikasi
jarak letak 2 benda dengan jauh atau dekat antara 5 – 6 lebih kalimat.
Membuat kalimat perbandingan
tinggi 2 benda
1
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda belum mampu kalimat.
2
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1 kalimat
3
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda kurang 2kalimat
4
: Siswa mampu mengidentifikasi perbandingan tinggi 2 benda antara 1-3 lebih
kalimat
Waktu
mengerjakan
1:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x
100
12
INSTRUMEN
PENILAIAN KETRAMPILAN
(TUGAS
KELOMPOK)
Tema 4: Keluargaku, Sub Tema 4: Di
Sekolah
Menyusun kata dalam kalimat
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Kriteria yang Dinilai
|
Total
Nilai
|
NA
|
||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
menyusun kalimat sederhana dengan waktu yang
di tentukan
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
29
|
||||||
30
|
||||||
31
|
||||||
32
|
||||||
33
|
||||||
34
|
Keterangan: Kriteria
Tanggung Jawab
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan
benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan
benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan
benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan
benar.
Peduli
1: Siswa mampu menyelesaikan 1 – 2 tugas kelompok dengan
benar.
2: Siswa mampu menyelesaikan 3 – 4 tugas kelompok dengan
benar.
3: Siswa mampu menyelesaikan 5 – 6 tugas kelompok dengan
benar.
4: Siswa mampu menyelesaikan semua tugas kelompok dengan
benar.
Kemampuan menyusun kalimat sederhana
1 : Siswa mampu menyusun 1 kalimat.
2 : Siswa mampu menyusun 2 - 3 kalimat.
3 : Siswa mampu menyusun 4 - 5 kalimat.
4 : Siswa mampu menyusun 6 - 7 kalimat.
Waktu
mengerjakan
1:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu › 30 menit
2:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 26 - 30 menit
3:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 21 – 25 menit
4:
Siswa mampu mengerjakan dalam waktu 20 menit
NA : 12 x
100
12
NA : 12 x
100
12
• Ke – gereja- hari- Minggu- Beni-
keluarganya-
pergi - dan.
• Masjid- Adi- ayah- dan- salat- di- Jumat.
• Beragama- beribadah- di – Wayan – Hindhu – pura.
• Buddha – Meli – beribadah – beragama – wihara – di.
• Imlek – Lani – Khonghucu – beragama – merayakan – Lani.
• Beni – Adi– mereka – dan – berbeda – agama – hidup – namun – rukun.
• Adalah – tempat – gereja – umat – ibadah –
Kristen.
• Merayakan – Richard – beragama -
natal – Kristen – paskah – dia - dan.