RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Kegiatanku
(Kegiatan Olahraga)
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari (4X30
menit)
•
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
•
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1
Menenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman4.4Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajiannya
MATEMATIKA
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa
kebenaraanya.
3.12
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa
yang sederhana
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
PPKn
3.1Mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1Mengamati dan menceritakan perilaku
di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap salah satu simbol sila
Pancasila
•
TUJUAN
•
Disajikan teks bacaan “Bermain Kucing-kucingan” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 154),
siswa dapat:
• Menyimak
pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
• Tanya
jawab isi teks bacaan
• Membaca
teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
• Mengetahui,
mempraktekkan dan mematuhi peraturan permainan kucing dan tikus
◦◦ Seorang siswa menjadi
Kucing dan seorang lagi
menjadi Tikus.
◦◦ Teman yang lain berperan
sebagai pagar penjaga,
berdiri membentuk lingkaran
sambil berpegang
tangan.
◦◦ Tikus menghindar kejaran
Kucing dengan berlari
ke dalam atau ke luar
lingkaran.
◦◦ Siswa yang berdiri
melingkar boleh menghalangi
atau memberi jalan kepada
Kucing , tapi harus
selalu memberi jalan untuk
Tikus.
• Mengetahui
konsep penjumlahan dan pengurangan
·
Dengan mengamati gambar buku pembelajaran tematik terpadu halaman155,
siswa dapat tersentuh untuk melakukan sikap-sikap yang baik (unjuk kerja)
dan mengenal simbol-simbol dari sila-sila Pancasila
dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
•
MATERI
BAHASA INDONESIA
• Membaca
teks bacaan dengan intonasi yang benar
• Menulis
sila-sila Pancasila dengan tulisan huruf lepas
MATEMATIKA
·
Penjumlahan dan pengurangan
PPKn
• Perilaku baik (peduli/kasih sayang)
• Perilaku
patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam permainan
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Examples non Examples
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai
awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang
baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa bernyanyi lagu Di sini
Senang di Sana Senang
•
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
yaitu tentang
“Kegiatanku” dan sub tema “Kegiatan Olahraga”.
|
10 menit
|
Inti
|
•
Mengamati teks bacaan “Bermain
Kucing-Kucingan”
•
Bertanya
jawab tentang tentang teks dikaitkan
dengan peraturan permainan kucing -kucingan
•
Siswa
mempraktekkan permainan kucing-kucingan
•
Guru
bersama siswa saling memberikan komentar tentang permainan yang telah
dilakukan
•
Siswa bersama teman dalam kelompok menyelesaikan
LKS
•
Presentasi hasil diskusi kelompok
•
Unjuk kerja sikap peduli (membersihkan
lingkungan kelas)
•
Menulis sila-sila Pancasila dengan huruf
lepas
|
100 menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar hari ini
•
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Lingkungan sekolah
•
Teks bacaan tentang Bermain
Kucing-Kucingan(buku pembelajaran
tematik terpadu halaman 154).
•
Teks lagu “Di sini Senang di Sana Senang”
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi
(peduli)
•
Pengetahuan
•
Ketrampilan
Unjuk
kerja (LKS)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
_____________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|