-->
RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 4 PMB 2 KELAS 1 SD MI

RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 4 PMB 2 KELAS 1 SD MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan       :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester          : 1 / 1
Tema / topik                 :  Kegiatanku (Kegiatan Olahraga)
Petemuan ke                :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari (4X30 menit)
          KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
          KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1 Menenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman4.4Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
 4.1Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajiannya
MATEMATIKA
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenaraanya.
3.12 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
4.3  Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
PPKn
3.1Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
 pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
       TUJUAN
          Disajikan teks bacaan “Bermain Kucing-kucingan”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 154), siswa dapat:
       Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
       Tanya jawab isi teks bacaan
       Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
       Mengetahui, mempraktekkan dan mematuhi peraturan permainan kucing dan tikus
◦◦ Seorang siswa menjadi Kucing dan seorang lagi
menjadi Tikus.
◦◦ Teman yang lain berperan sebagai pagar penjaga,
berdiri membentuk lingkaran sambil berpegang
tangan.
◦◦ Tikus menghindar kejaran Kucing dengan berlari
ke dalam atau ke luar lingkaran.
◦◦ Siswa yang berdiri melingkar boleh menghalangi
atau memberi jalan kepada Kucing , tapi harus
selalu memberi jalan untuk Tikus.
       Mengetahui konsep penjumlahan dan pengurangan
·         Dengan mengamati gambar buku pembelajaran tematik terpadu halaman155, siswa dapat tersentuh untuk melakukan sikap-sikap yang baik (unjuk kerja) dan mengenal simbol-simbol dari sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

          MATERI
BAHASA INDONESIA
       Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
       Menulis sila-sila Pancasila dengan tulisan huruf lepas
MATEMATIKA
·      Penjumlahan dan pengurangan
PPKn
       Perilaku baik (peduli/kasih sayang)
       Perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam permainan
            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Examples non Examples
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,
            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
          Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
          Mengajak siswa bernyanyi lagu Di sini Senang di Sana Senang
          Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang
“Kegiatanku” dan sub tema “Kegiatan Olahraga”.
10 menit
Inti

       Mengamati teks bacaan “Bermain Kucing-Kucingan”
       Bertanya jawab tentang tentang teks  dikaitkan dengan peraturan permainan kucing -kucingan
       Siswa mempraktekkan permainan kucing-kucingan
       Guru bersama siswa saling memberikan komentar tentang permainan yang telah dilakukan
       Siswa bersama teman dalam kelompok menyelesaikan LKS
       Presentasi hasil diskusi kelompok
       Unjuk kerja sikap peduli (membersihkan lingkungan kelas)
       Menulis sila-sila Pancasila dengan huruf lepas
100 menit
Penutup
       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar hari ini
       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
       Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
       Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran


            SUMBER DAN  MEDIA
          Lingkungan sekolah
          Teks bacaan tentang Bermain Kucing-Kucingan(buku pembelajaran tematik terpadu halaman 154).
          Teks lagu “Di sini Senang di Sana Senang”
            PENILAIAN
          Sikap
Observasi (peduli)
          Pengetahuan
Tulis (menulis sila-sila Pancasila dengan huruf lepas)
          Ketrampilan
Unjuk kerja (LKS)


Mengetahui
Kepala Sekolah




_____________________________
NIP


                                                     Guru Kelas 1,


__________________________
NIP






Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar