-->
RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 3 PMB 3 KELAS 1 SD MI

RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 3 PMB 3 KELAS 1 SD MI

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
KELAS                : 1 (SATU)
SEMESTER        : 1 (SATU)
TEMA                  : 3 KEGIATANKU
SUB TEMA         : 4 KEGIATAN OLAHRAGA
PBM                     : 3 (RABU, 30 NOPEMBER 2013)

·         TUJUAN
-       Dengan kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan kegiatan rekreasi
-       Dengan melakukan diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan barang-barang yang akan dibawa rekreasi
-       Dengan mengamati hasil diskusi siswa mempu menuangkan data yang ada ke dalam bentuk PIKTOGRAF sederhana.
-       Dengan melakukan kegiatan bercerita secara berpasangan, siswa dapat bercerita, mendengar, dan menceritakan kembali cerita yang di dengar
-       Setelah melakukan kegiatan bercerita secara berpasangan siswa mampu menuliskan sikap-sikap yang harus dilakukan atau di jaga pada saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
·         MATERI
Bahasa Indonesia
·         Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
·         Menceritakan pengalaman ketika rekreasi
·         Mendengarkan cerita teman
·         Menulis sesuai kaidah penulisan huruf
 Matematika
·         Mengelompokkan data hasil pengamatan diskusi kelompok
·         Menuangkan data ke dalam bentuk PIKTOGRAF sederhana
·         Membaca PIKTOGRAF sederhana
PPKn
·         Sikap yang baik saat rekreasi
·           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Direct Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
·         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucap salam dan bertanya kabar siswa
·         Berdoa dengan khusyu’ supaya diberi kemudahan dalam belajar hari ini
·         Menyanyikan yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
·         Bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada kegiatan pembelajaran kemarin
·         Mengajak siswa menyanyikan lagu “Tamasya”
·         Menyampaiakn materi yang akan di pelajarai hari ini (Kegiatan Rekreasi)
·         Tanya jawab tentang kegiatan rekreasi (kaitkan dengan kegiatan outing siswa minggu depan)
10 menit
Inti
·         Guru membagi siswa 6 kelompok
·         Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan barang-barang yang akan di bawa rekreasi/outing sekaligus alasan mengapa harus membawa barang tersebut.
·         Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
·         Guru menulis dipapan tulis macam-macam  barang yang akan di bawa berdasarkan presentasi masing-masing kelompok
·         Guru meminta siswa mengamati hasil diskusi(catatan di papan), selanjutnya mengidentifikasi berapa banyak barang yang akan di bawa masing-masing kelompok, adakah barang yang sama yang akan di bawa?, ada berapa banyak yang sama?ada berapa banyak yang berbeda? (muatan MTK
·         Guru menuangkan hasil pengamatan dalam bentuk PIKTOGRAF (jumlah barang yang di bawa oleh masing-masing kelompok)
·         Bersama-sama siswa guru menyimpulkan barang-barang yang harus di bawa ketika rekreasi/outing
·         Guru meminta masing-masing siswa untuk menulis  kesimpulan di buku tulis masing-masing dengan batas waktu yang telah di tentukan.
·         Guru meminta siswa membaca buku tematik halaman 157
·         Guru membagi siswa secara berpasangan
·         Siswa pertama mendapat kesempatan untuk berbicara tentang kegiatan yang biasa dilakukan selama berada di tempat rekreasi
·         Siswa kedua mendengarkan siswa pertama bercerita dengan batas waktu yang telah ditentukan
·         Selanjutnya  bertukar kegiatan sampai semua siswa sudah melakukan kegiatan tersebut
·         Guru secara acak meminta siswa bercerita apa yang didengarkan dari temannya.
·         Guru meminta siswa mengkonfirmasi ketepatan jawaban pasangan bicaranya.(Muatan B. Indonesia)
·         Bersama-sama siswa guru mendiskusikan sikap-sikap yan baik yan harus dilakukan atau di jaga pada saat melakukan kegiatan rekreasi/outing (muatan PPKn)
·         Guru mengingatkan kembali kaidah-kaidah penulisan huruf
·         Guru meminta siswa menuliskan 4 sikap yang baik saat  rekreasi di buku tulis halus (buku tegak sambung)
100 menit
Penutup
·         Siswa menyimpulkan pelajaran pada hari ini
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti (menanya, percaya diri)
·         Memberi motivasi untuk selalu menjadi anak yang lebih hebat dengan belajar setiap hari dan selalu sayang teman tanpa membedakan
·         Mengajak siswa berdo’a  untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 menit



·                    SUMBER DAN  MEDIA
·         Teks bacaan halaman 157
·         Diri siswa

·                    PENILAIAN
·         Tes tulis (hasil menuliskan 4 sikap yang baik saat rekreasi) sesuai kaidah penulisan yang benar
·         Unjuk kerja (hasil kerja berpasangan dalam bercerita)
·         Lembar pengamatam kegiatan bercerita ;
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan 1
Kemampuan menceritakan kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
Kemampuan menceritakan 7-8 kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
Mampuan menceritakan 5-6 kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
Hanya mampu menceritakan 3-4 kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
Hanya mampu menceritakan 1-2 kegiatan yang biasa dilakukan saat rekreasi
Kemampuan menuliskan sikap yang baik saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
Kemampuan menuliskan 4 sikap yang baik saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
Kemampuan menuliskan 4 sikap yang baik saat rekreasi dan kurang sesuai kaidah penulisan huruf
Kemampuan menuliskan <4 sikap yang baik saat rekreasi sesuai kaidah penulisan huruf
Kemampuan menuliskan <4 sikap yang baik saat rekreasi dan tidak sesuai kaidah penulisan huruf



Mengetahui,
Kepala Sekolah





 

NIP: ………………..







Guru Kelas 1







NIP: ………………..











Lembar Kerja Siswa
 


Kelompok       : ………………..
Anggota kelompok     : 1. …………………..            3. ………………….              5. …………….......
  2. …………………..            4. ………………….               6. …………………

1.      Pernahkah kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.      Bagaimana perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………….
3.      Tuliskanlah 5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….

 













Lembar Kerja Siswa
           


Kelompok       : ………………..
Anggota kelompok     : 1. …………………..            3. ………………….              5. …………….......
  2. …………………..            4. ………………….               6. …………………

1.      Pernahkah kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.      Bagaimana perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………
3.      Tuliskanlah 5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
 










Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar