-->
RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 2 PMB 5 KELAS 1 SD MI

RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 2 PMB 5 KELAS 1 SD MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDI Sabilillah
Kelas / semester         :  1 / 1
Tema / topik               :  Kegiatanku
Petemuan ke              :  5
Semester                     :  1  (satu)
Alokasi waktu            :  1 hari ( 4X35 menit)


·         KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

·         KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.3  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Matematika
3.9  Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu.

·         TUJUAN
-          Disajikan teks bacaan “Ayo Membaca” (buku pembelajaran tematik halaman 130), siswa dapat:
-          Bersyukur kepada Tuhan karena diberi rahmat berupa kesehatan
-          Membaca lancar setiap kosakata dengan benar
-          Tanya jawab isi teks bacaan
-          Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan berdasarkan teks bacaan
-          Menceritakan pengalaman ketika menjenguk orang sakit di depan dengan bahasa yang sederhana
-          Menyampaikan ungkapan terima kasih kepada orang lain dengan sopan
-          Belajar kelompok untuk diskusi tentang tata tertib pada saat menjenguk orang sakit di rumah sakit
-          Presentasi tentang hasil diskusi kelompok secara bergantian
-          Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain
-          Dengan disajikan beberapa latihan soal, siswa dapat:
-          Membaca jam dengan tepat
-          Menentukan lama suatu kejadian berlangsung

·         MATERI
Bahasa Indonesia
-          Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
-          Menceritakan pengalaman ketika menjenguk orang sakit dengan bahasa yang sederhana
-          Mengungkapkan terima kasih kepada orang lain



 Matematika
-          Membaca jam dengan tepat
-          Menentukan lama suatu kejadian berlangsung

·           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Direct Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


·           KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-          Berdoa dengan khusyu’ supaya diberi kemudahan dalam belajar hari ini
-          Menyanyikan yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-          Bertanya tentang tema yang akan dipelajari yaitu “kegiatanku”
-          Bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada kegiatan pembelajaran kemarin
-          Mengkaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dipelajari pada hari ini
10 menit
Inti
-          Guru mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan sehinggal dapat belajar bersama di sekolah
-          Siswa membaca teks bacaan “ayo membaca” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 130), kegiatan pengembangan yang dilakukan siswa adalah:
-          Menyimak pembacaan teks oleh temannya (pengamatan)
-          Mengidentifikasi isi bacaan tentang tata tertib ketika menjenguk orang sakit (menalar)
-          Menceritakan pengalaman ketika menjenguk orang sakit di depan dengan bahasa yang sederhana (mengamati, mengkomunikasikan)
-          Diskusi dengan kelompok tentang tata tertib ketika menjenguk orang sakit (menyajikan, menalar)
-          Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian (mengkomunikasikan)
-          Guru membimbing siswa mengerjakan “ayo berlatih” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 132-134).
-          Guru membagikan penilaian secara individu tentang materi yang dipelajari selama seminggu
-          Siswa mengerjakan tugas dengan mandiri
-          Guru mengawasi dan membimbing siswa yang belum mampu memahami soal dengan baik
100 menit
Penutup
-          Siswa menyimpulkan pelajaran pada hari ini (menalar, melakukan)
-          Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti (menanya, percaya diri)
-          Memberi motivasi untuk selalu menjadi anak yang lebih hebat dengan belajar setiap hari dan selalu sayang teman tanpa membedakan
-          Mengajak siswa berdo’a  untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 menit



·                    SUMBER DAN  MEDIA
-          Teks bacaan tentang menjenguk orang sakit (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 130)
-          Gambar jam mainan
-          Pengalaman siswa

·                    PENILAIAN
-          Sikap setiap individu dalam belajar kelompok
-          Pengetahuan melalui tes tulis individu (subyektif 10 soal)
-          Unjuk kerja (mempresentasikan tugas kelompok di depan kelas secara bergantian).
Penilaian unjuk kerja “menuliskan tata tertib ketika menjenguk orang sakit” menggunakan rubrik sebagai berikut:
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan 1
Kemampuan mengidentifikasi tata tertib ketika menjenguk orang sakit
Siswa mampu mengidentifikasi 5 tata tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan kalimat yang benar dan tepat
Siswa mampu mengidentifikasi 4 tata tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan kalimat yang benar dan tepat
Siswa mampu mengidentifikasi 3 tata tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan kalimat yang kurang tepat
Siswa mampu mengidentifikasi 2/1 tata tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan kalimat yang kurang tepat



Mengetahui,
Kepala Sekolah





 

NIP: ………………..







Guru Kelas 1







NIP: ………………..











Lembar Kerja Siswa
 


Kelompok       : ………………..
Anggota kelompok     : 1. …………………..            3. ………………….              5. …………….......
  2. …………………..            4. ………………….               6. …………………

1.      Pernahkah kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.      Bagaimana perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………….
3.      Tuliskanlah 5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….

 













Lembar Kerja Siswa
           


Kelompok       : ………………..
Anggota kelompok     : 1. …………………..            3. ………………….              5. …………….......
  2. …………………..            4. ………………….               6. …………………

1.      Pernahkah kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.      Bagaimana perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………
3.      Tuliskanlah 5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….
-          …………………………………………………………………………………………….

 









Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar