RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDI Sabilillah
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Kegiatanku
Petemuan ke : 5
Semester : 1 (satu)
Alokasi waktu : 1 hari ( 4X35 menit)
·
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
·
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap
kasih sayang secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.9 Mengenal panjang, luas, massa,
kapasitas, waktu, dan suhu.
·
TUJUAN
-
Disajikan teks bacaan “Ayo Membaca” (buku pembelajaran tematik halaman 130),
siswa dapat:
-
Bersyukur kepada Tuhan karena diberi rahmat berupa kesehatan
-
Membaca lancar setiap kosakata dengan benar
-
Tanya jawab isi teks bacaan
-
Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan berdasarkan teks bacaan
-
Menceritakan pengalaman ketika menjenguk orang sakit di depan dengan bahasa
yang sederhana
-
Menyampaikan ungkapan terima kasih kepada orang lain dengan sopan
-
Belajar kelompok untuk diskusi tentang tata tertib pada saat menjenguk
orang sakit di rumah sakit
-
Presentasi tentang hasil diskusi kelompok secara bergantian
-
Memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain
-
Dengan disajikan beberapa latihan soal, siswa dapat:
-
Membaca jam dengan tepat
-
Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
·
MATERI
Bahasa Indonesia
-
Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
-
Menceritakan pengalaman ketika menjenguk orang sakit dengan bahasa yang
sederhana
-
Mengungkapkan terima kasih kepada orang lain
Matematika
-
Membaca jam dengan tepat
-
Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
·
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Direct Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi Dan Ceramah
·
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucap salam dan bertanya
kabar siswa
-
Berdoa dengan khusyu’ supaya diberi
kemudahan dalam belajar hari ini
-
Menyanyikan yel-yel kelas untuk
menambah semangat siswa dalam belajar
-
Bertanya tentang tema yang akan
dipelajari yaitu “kegiatanku”
-
Bertanya tentang materi yang telah
dipelajari pada kegiatan pembelajaran kemarin
-
Mengkaitkan jawaban siswa dengan
materi yang akan dipelajari pada hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
-
Guru mengajak siswa mensyukuri
nikmat Tuhan berupa kesehatan sehinggal dapat belajar bersama di sekolah
-
Siswa membaca teks bacaan “ayo
membaca” (buku pembelajaran tematik
terpadu halaman 130), kegiatan pengembangan yang dilakukan siswa adalah:
-
Menyimak pembacaan teks oleh
temannya (pengamatan)
-
Mengidentifikasi isi bacaan tentang
tata tertib ketika menjenguk orang sakit (menalar)
-
Menceritakan pengalaman ketika
menjenguk orang sakit di depan dengan bahasa yang sederhana (mengamati, mengkomunikasikan)
-
Diskusi dengan kelompok tentang
tata tertib ketika menjenguk orang sakit (menyajikan,
menalar)
-
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara bergantian (mengkomunikasikan)
-
Guru membimbing siswa mengerjakan
“ayo berlatih” (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 132-134).
-
Guru membagikan penilaian secara
individu tentang materi yang dipelajari selama seminggu
-
Siswa mengerjakan tugas dengan
mandiri
-
Guru mengawasi dan membimbing siswa
yang belum mampu memahami soal dengan baik
|
100 menit
|
Penutup
|
-
Siswa menyimpulkan pelajaran pada
hari ini (menalar, melakukan)
-
Memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti (menanya, percaya diri)
-
Memberi motivasi untuk selalu
menjadi anak yang lebih hebat dengan belajar setiap hari dan selalu sayang
teman tanpa membedakan
-
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN MEDIA
-
Teks bacaan tentang menjenguk orang sakit (buku pembelajaran tematik
terpadu halaman 130)
-
Gambar jam mainan
-
Pengalaman siswa
·
PENILAIAN
-
Sikap setiap individu dalam belajar kelompok
-
Pengetahuan melalui tes tulis individu (subyektif 10 soal)
-
Unjuk kerja (mempresentasikan tugas kelompok di depan kelas secara
bergantian).
Penilaian unjuk kerja “menuliskan tata tertib ketika menjenguk orang sakit”
menggunakan rubrik sebagai berikut:
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan 1
|
Kemampuan mengidentifikasi tata
tertib ketika menjenguk orang sakit
|
Siswa mampu mengidentifikasi 5 tata
tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan
kalimat yang benar dan tepat
|
Siswa mampu mengidentifikasi 4 tata
tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan
kalimat yang benar dan tepat
|
Siswa mampu mengidentifikasi 3 tata
tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan
kalimat yang kurang tepat
|
Siswa mampu mengidentifikasi 2/1
tata tertib ketika menjenguk orang sakit (tata tertib di rumah sakit) dengan
kalimat yang kurang tepat
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP: ………………..
|
Guru Kelas 1
NIP: ………………..
|
Lembar
Kerja Siswa
|
Kelompok : ………………..
Anggota
kelompok : 1. ………………….. 3. …………………. 5. …………….......
2. ………………….. 4.
…………………. 6. …………………
1.
Pernahkah
kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
2.
Bagaimana
perasaan kalian ketika menjenguk orang sakit? ………………………………….
3.
Tuliskanlah
5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
|
Lembar
Kerja Siswa
|
Kelompok : ………………..
Anggota
kelompok : 1. ………………….. 3. …………………. 5. …………….......
2. ………………….. 4.
…………………. 6. …………………
1.
Pernahkah
kalian menjenguk orang sakit? …………………………………….
3.
Tuliskanlah
5 contoh tata tertib ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit!
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
-
…………………………………………………………………………………………….
|