RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema
/ topik : Introduction
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
4.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi
aba-aba.
Indikator:
4.2.1 Bertanya
dan menjawab tentang nama, umur, alamat, kelas, dan hobi.
4.2.2 Bertanya
dan menjawab tentang alamat atau tempat tinggal..
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara bertanya
dan menjawab dalam perkenalan dengan percaya diri
2. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara bertanya dan menjawab alamat atau tempat
tinggal dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Where do you live?
(Dimana kamu tinggal?)
I live in/on/at ...
(Saya tinggal di ... )
Where is your address?
(Dimana alamatmu?)
My address is in/on/at ...
(Alamatku adalah di ... )
“In” apabila diikuti: - Nama kota
-
Nama desa
-
Nama perumahan
Contoh: in Sidoarjo, in
Sumokali, in Villa Jasmine
“On” apabila diikuti nama jalan
Contoh: on Jl. Pahlawan
“At” apabila diikuti nama jalan
beserta nomor.
Contoh: at Jl. Pahlawan 36
Pertemuan 2
A : Hello my
name is ...
What is your name?
B : Hello,
my name is ...
A : Where is
your address?
B : My
address is ...
How about you?
A : My
address is ...
B : How old
are you?
A : I am ...
years old.
How about you?
B : I am
... years old.
What is your hobby?
A : My hobby
is ...
How about you?
B : My
hobby is ...
|
||
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
-
Buku siswa
-
Buku
penunjang dari guru
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Menyampaikan tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyapa beberapa siswa, sambil menanyakan
nama dan umur. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya)
• Kalimat
pertanyaan apa saja yang dipakai?
• Bagaimana cara
menjawabnya?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang
macam-macam kalimat pertanyaan dalm perkenalan tersebut. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru menjelaskan cara bertanya alamat atau tempat tinggal, beserta cara
menjawabnya.
Ada 2 cara menanyakan tempat tinggal:
a. Where do you live? ( Dimana kamu
tinggal?) I live in/on/at ...
b. Where is your address? ( Dimana
alamatmu? ) My address is in/on/at...
Guru menjelaskan perbedaan pemakaian
preposition in/on/at:
-
In apabila diikuti nama kota ( in Sidoarjo, in Malang )
-
In apabila diikuti nama desa ( in Sepande, in Sumokali
)
-
In apabila diikuti nama perumahan (in Taman Tiara, in
Pondok Jati)
-
On apabila diikuti nama jalan (on Jl. Sangkuriang, on
Jl. Pattimura)
-
At apabila diikuti nama jalan dan nomor (on Jl.
Mojopahit 191)
(elaborasi, mengamati,
mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan
mereka.
6. Siswa
berlatih tentang macam preposition dengan bimbingan guru dalam mengungkapkan alamat tempat tinggal supaya
lebih memahami materi. Guru juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat daya
serap siswa terhadap materi.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Menyampaikan tujuan atau menfaat materi
pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyampaikan kalau pertemuan kali
ini akan mengadakan pengambilan nilai untuk kemampuan berbicara dan mendengarkan.
(mengkomunikasikan)
2. Guru menanyakan pertanyaan apa saja yang sudah siswa ketahui tentang
perkenalan. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
3. Guru
menuliskan poin-poin dalam percakapan untuk evaluasi kali ini. Diantaranya;
What is your name? Where is your address? How old are you? dan What is you
hobby?. Siswa menyalinnya di buku tulis kemudian saling berlatih. Siswa yang
sudah melakukan percakapan, mengerjakan soal latihan. (mencoba,
elaborasi, mengkomunikasikan, mengumpulkan informasi)
4. Siswa
berlatih soal tentang kalimat perkenalan.
(mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
-
Keterampilan : Tes Berbicara
-
Keterampilan : Tes Mendengar
Rubrik
Penilaian Keterampilan
Berbicara
dan Mendengar Bahasa
Inggris
Tema : Greeting and Introduction
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau lebih
dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah
isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama
sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks
dibaca dengan lancer
|
Setengah atau lebih
isi teks dibaca lancar
|
Kurang dari setengah
isi teks dibaca lancar
|
Belum dapat membaca
lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan tidak
sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Dialogue for
speaking test:
A : Hello my name is ...
What is your name?
B : Hello, my name is ...
A : Where is your address?
B : My address is ...
How about you?
A : My address is ...
B : How old are you?
A : I am ... years old.
How about you?
B : I am ... years old.
What is your hobby?
A : My hobby is ...
How about you?
B : My hobby is ...
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T
Soal latihan
pada pertemuan 1:
A. Fill in
the blanks with in, on, or at!
1. Nadia
lives ... Bandung.
2. Icha’s
address is ... Jl. Diponegoro.
3. Talia’s
house is ... Jl. Mangga 9.
4. My
teacher lives ... Porong.
5. Via’s
house is ... Pondok Mutiara.
6. My uncle’s
office is ... Jl. Gajah mada 199.
7. Her
grandmother lives ... Kauman.
8. Ade’s
address is ... Sidokare B No.45.
9. He lives
... Taman Tiara.
10. Your
grandfather is ... Semarang.
B. Change the sentence into English!
1. Dimana
kamu tinggal? (
Where do you live? )
2. Alamatku
adalah di Jalan Merbabu 47. (
My address is at Jl. Merbabu 47. )
3. Apa
hobimu? (
What is your hobby? )
4. Siapa
nama lengkapmu? (
What is your complete name? )
5. Saya
senang bertemu denganmu. (
I am glad to meet you. )
6. Dari mana
asalmu? (
Where do you come from? )
7. Nama
panggilannya adalah Rio. ( His nick name is Rio. )
8. Saya
dapat mengeja nama panggilan saya. (
I can spell my nick name.)
9. Guruku
tinggal di Porong. (
My teacher lives in Porong. )
10. Umur Via
adalah 9 tahun. (
Via is nine years old. )
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar