-->

RPP Bahasa Inggris Tema Greeting and Introduction 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
            Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 1 (Satu)
            Tema / topik                           :  Introduction
            Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 4
            Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.2  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba.

Indikator:
4.2.1   Bertanya dan menjawab tentang nama, umur, alamat, kelas, dan hobi.
4.2.2   Bertanya dan menjawab tentang alamat atau tempat tinggal..


C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara bertanya dan menjawab dalam perkenalan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara bertanya dan menjawab alamat atau tempat tinggal dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

Where do you live?
(Dimana kamu tinggal?)
            I live in/on/at ...
            (Saya tinggal di ... )
Where is your address?
(Dimana alamatmu?)
            My address is in/on/at ...
            (Alamatku adalah di ... )
“In” apabila diikuti: -      Nama kota
-          Nama desa
-          Nama perumahan
Contoh: in Sidoarjo, in Sumokali, in Villa Jasmine
“On” apabila diikuti nama jalan
Contoh: on Jl. Pahlawan
“At” apabila diikuti nama jalan beserta nomor.
Contoh: at Jl. Pahlawan 36


Pertemuan 2
A         : Hello my name is ...
              What is your name?
B          : Hello, my name is ...
A         : Where is your address?
B          : My address is ...
              How about you?
A         : My address is ...
B          : How old are you?
A         : I am ... years old.
              How about you?
B          : I am ... years old.
              What is your hobby?
A         : My hobby is ...
              How about you?
B          : My hobby is ...
 













      



E.     Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

-          Buku siswa   
-          Buku penunjang dari guru
                                        
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
         Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
         Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
         Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
10 menit
Inti

1. Guru menyapa beberapa siswa, sambil menanyakan nama dan umur.   (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya)
    Kalimat pertanyaan apa saja yang dipakai?
    Bagaimana cara menjawabnya?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang macam-macam kalimat pertanyaan dalm perkenalan tersebut. (mengumpulkan informasi)
4. Guru menjelaskan cara bertanya alamat atau tempat tinggal, beserta cara menjawabnya.
     Ada 2 cara menanyakan tempat tinggal:
     a. Where do you live? ( Dimana kamu tinggal?) I live in/on/at ...
     b. Where is your address? ( Dimana alamatmu? ) My address is in/on/at...
     Guru menjelaskan perbedaan pemakaian preposition in/on/at:
-          In apabila diikuti nama kota ( in Sidoarjo, in Malang )
-          In apabila diikuti nama desa ( in Sepande, in Sumokali )
-          In apabila diikuti nama perumahan (in Taman Tiara, in Pondok Jati)
-          On apabila diikuti nama jalan (on Jl. Sangkuriang, on Jl. Pattimura)
-          At apabila diikuti nama jalan dan nomor (on Jl. Mojopahit 191)
      (elaborasi, mengamati, mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan mereka.
6. Siswa berlatih tentang macam preposition dengan bimbingan guru dalam  mengungkapkan alamat tempat tinggal supaya lebih memahami materi. Guru juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat daya serap siswa terhadap materi.

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit


Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
           Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
           Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
           Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
           Menyampaikan tujuan atau menfaat materi pembelajaran hari ini
10 menit
Inti

1. Guru menyampaikan kalau pertemuan kali ini akan mengadakan pengambilan nilai untuk kemampuan berbicara dan mendengarkan. (mengkomunikasikan)
2. Guru menanyakan pertanyaan apa saja yang sudah siswa ketahui tentang perkenalan. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
3. Guru menuliskan poin-poin dalam percakapan untuk evaluasi kali ini. Diantaranya; What is your name? Where is your address? How old are you? dan What is you hobby?. Siswa menyalinnya di buku tulis kemudian saling berlatih. Siswa yang sudah melakukan percakapan, mengerjakan soal latihan. (mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan, mengumpulkan informasi)
4. Siswa berlatih soal tentang kalimat perkenalan. (mencoba)

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

H.    Penilaian

1.      Teknik Penilaian
-          Keterampilan : Tes Berbicara
-          Keterampilan : Tes Mendengar

Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara dan Mendengar Bahasa Inggris
 Tema : Greeting and Introduction
No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7




















Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh si teks dibaca dengan lancer
Setengah atau lebih isi teks dibaca lancar
Kurang dari setengah isi teks dibaca lancar
Belum dapat membaca lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat

Dialogue for speaking test:

A         : Hello my name is ...
              What is your name?
B          : Hello, my name is ...
A         : Where is your address?
B          : My address is ...
              How about you?
A         : My address is ...
B          : How old are you?
A         : I am ... years old.
              How about you?
B          : I am ... years old.
              What is your hobby?
A         : My hobby is ...
              How about you?
B          : My hobby is ...

Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifah, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                    Andhy Sudarmono, S.T
                                                           
  

Soal latihan pada pertemuan 1:

A. Fill in the blanks with in, on, or at!

1. Nadia lives ...  Bandung.
2. Icha’s address is ... Jl. Diponegoro.
3. Talia’s house is ... Jl. Mangga 9.
4. My teacher lives ... Porong.
5. Via’s house is ... Pondok Mutiara.
6. My uncle’s office is ... Jl. Gajah mada 199.
7. Her grandmother lives ... Kauman.
8. Ade’s address is ... Sidokare B No.45.
9. He lives ... Taman Tiara.
10. Your grandfather is ... Semarang.

B. Change the sentence into English!
1. Dimana kamu tinggal?                                            ( Where do you live? )
2. Alamatku adalah di Jalan Merbabu 47.                  ( My address is at Jl. Merbabu 47. )
3. Apa hobimu?                                                           ( What is your hobby? )
4. Siapa nama lengkapmu?                                          ( What is your complete name? )
5. Saya senang bertemu denganmu.                            ( I am glad to meet you. )
6. Dari mana asalmu?                                                  ( Where do you come from? )
7. Nama panggilannya adalah Rio.                             (  His nick name is Rio. )
8. Saya dapat mengeja nama panggilan saya.             ( I can spell my nick name.)
9. Guruku tinggal di Porong.                                      ( My teacher lives in Porong. )
10. Umur Via adalah 9 tahun.                                     ( Via is nine years old. )

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar