RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema
/ topik : Introduction
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
sekolah
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
4.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterina dalam konteks kelas.
4.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi
aba-aba..
Indikator:
4.1.1 Mendengarkan dan melengkapi dialog tentang Greeting atau
salam perkenalan.
4.2.1 Bertanya
dan menjawab tentang nama, umur, alamat, kelas, dan hobi.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara
mengucapkan macam-macam salam perkenalan dengan
percaya diri
2. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat saling berkenalan
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kinds of greeting:
-
Hi : hai
-
Hello : hallo
-
Good morning : selamat pagi
-
Good afternoon : selamat
siang
-
Good day : selamat siang
-
Good evening : selamat sore
-
Good night : selamat tidur
-
How are you
-
How do you do
Pertemuan 2
What is your name?
My name
is ...
How old are you?
I am ...
years old.
Where do you live?
I live
...
What grade are you in?
I am in
the fourth grade.
What is your hobby?
My hobby
is ...
My
hobbies are ...
|
||
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
-
Buku siswa
-
Buku
penunjang dari guru
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan terkait dengan “manusia/orang” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada
Tuhan karena
diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna.
•
Menyampaikan tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyapa beberapa siswa yang kurang
konsentrasi secara acak. Guru bertanya kepada siswa yang lain tentang apa
yang baru saja dia lihat. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja kata sapaan
yang sudah mereka ketahui?
• Kapan kata
sapaan itu dipakai?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang
macam-macam kata sapaan tersebut. (mengumpulkan informasi)
4. Guru menjelaskan tentang macam-macam greeting atau kata sapaan beserta cara
menjawab, arti dan waktu penggunaannya.
Contoh: ketika
bertemu dengan orang pada pagi hari, menyapa dengan mengucapkan Good morning.
Apabila ada orang yang menyapa dengan good morning maka orang yang disapa
juga harus menjawabnya dengan good morning juga. (mengamati,
mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa bersama guru membahas kata-kata sapaan yang biasa dipakai
dalam memperkenalkan diri dan teman. (mengkomunikasikan)
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan
mereka.
7. Siswa
berlatih secara lisan dengan bimbingan guru dalam memperkenalkan diri dan teman supaya lebih
memahami materi. Guru juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat daya serap
siswa terhadap materi.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan “apakah hari ini sudah mengucap salam dan menyapa guru maupun teman?”
•
Menyampaikan tujuan atau menfaat materi
pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyapa beberapa siswa dengan
macam-macam salam sapaan. Setelah itu
guru juga bertanya tentang nama, umur, kelas kepada beberapa siswa secara
acak. (mengamati)
2. Guru
menanyakan apa saja pertanyaan yang baru saja ditanyakan dan
pertanyaan-pertanyaan tersebut digunakan kapan. Siswa diberi kesempatan untuk
mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
3. Guru menjelaskan
serta menuliskan poin-poin dalam perkenalan (Introduction) seperti greeting,
name, age, address, and class. Macam-macam greeting sudah dipelajari pada
pertemuan pertama. Name/nama meliputi complete name and nick name. Guru
menambahkan How to spell nick name (Bagaimana untuk mengeja nama panggilan).
Kemudian bagaimana mengucapkan usia, tempat tinggal serta kelas. (mencoba,
elaborasi, mengkomunikasikan, mengumpulkan informasi)
4. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis.
5. Guru
membimbing siswa untuk saling bertanya dan menjawab tentang nama, umur dan
kelas. (mencoba dan mengkomunikasikan)
6. Guru
membimbing siswa untuk berlatih memperkenalkan dirinya sendiri dalam bentuk
tertulis. (mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
-
Skala sikap
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Soal latihan:
A. Complete
the dialogue!
Rini : Hello, Ayu.
Ayu : ...
Rini : How are you today?
Ayu : ...
Rini : I am glad to meet you.
Ayu : ...
B. Answer the question completly!
1. What is
your name?
2. How old
are you?
3. Where do
you live?
4. What
grade are you in?
5. Mention
kinds of greeting!
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy Sudarmono, S.T