-->
RPP Bahasa Inggris Tema Greeting and Introduction 1st week Kelas 4 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Greeting and Introduction 1st week Kelas 4 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
            Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 1 (Satu)
            Tema / topik                           :  Introduction
            Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 3
            Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)




A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.1  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterina dalam konteks kelas.
4.2  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba..

Indikator:
4.1.1   Mendengarkan dan melengkapi dialog tentang Greeting atau salam perkenalan.
4.2.1   Bertanya dan menjawab tentang nama, umur, alamat, kelas, dan hobi.


C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui cara mengucapkan macam-macam salam perkenalan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat saling berkenalan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

Kinds of greeting:
-          Hi                    : hai
-          Hello               : hallo
-          Good morning : selamat pagi
-          Good afternoon : selamat siang
-          Good day        : selamat siang
-          Good evening : selamat sore
-          Good night      : selamat tidur
-          How are you
-          How do you do

Pertemuan 2
What is your name?
            My name is ...
How old are you?
            I am ... years old.
Where do you live?
            I live ...
What grade are you in?
            I am in the fourth grade.
What is your hobby?
            My hobby is ...
            My hobbies are ...
 


































E.     Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

-          Buku siswa   
-          Buku penunjang dari guru
                                        
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
         Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
         Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
         Mengajukan pertanyaan terkait dengan “manusia/orang” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna.
         Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti

1. Guru menyapa beberapa siswa yang kurang konsentrasi secara acak. Guru bertanya kepada siswa yang lain tentang apa yang baru saja dia lihat.   (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
    • Apa saja kata sapaan yang sudah mereka ketahui?
    Kapan kata sapaan itu dipakai?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya tentang macam-macam kata sapaan tersebut. (mengumpulkan informasi)
4. Guru menjelaskan tentang macam-macam greeting atau kata sapaan beserta cara menjawab, arti dan waktu penggunaannya. Contoh: ketika bertemu dengan orang pada pagi hari, menyapa dengan mengucapkan Good morning. Apabila ada orang yang menyapa dengan good morning maka orang yang disapa juga harus menjawabnya dengan good morning juga. (mengamati, mencoba, mengkomunikasikan)
5. Siswa bersama guru membahas kata-kata sapaan yang biasa dipakai dalam memperkenalkan diri dan teman. (mengkomunikasikan)
6. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis pada buku catatan mereka.
7. Siswa berlatih secara lisan dengan bimbingan guru dalam  memperkenalkan diri dan teman supaya lebih memahami materi. Guru juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat daya serap siswa terhadap materi.

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit






Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
         Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
         Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
         Mengajukan pertanyaan “apakah hari ini sudah mengucap salam dan menyapa guru maupun teman?”
         Menyampaikan tujuan atau menfaat materi pembelajaran hari ini
10 menit
Inti

1. Guru menyapa beberapa siswa dengan macam-macam salam sapaan. Setelah itu guru juga bertanya tentang nama, umur, kelas kepada beberapa siswa secara acak.  (mengamati)
2. Guru menanyakan apa saja pertanyaan yang baru saja ditanyakan dan pertanyaan-pertanyaan tersebut digunakan kapan. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
3. Guru menjelaskan serta menuliskan poin-poin dalam perkenalan (Introduction) seperti greeting, name, age, address, and class. Macam-macam greeting sudah dipelajari pada pertemuan pertama. Name/nama meliputi complete name and nick name. Guru menambahkan How to spell nick name (Bagaimana untuk mengeja nama panggilan). Kemudian bagaimana mengucapkan usia, tempat tinggal serta kelas. (mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan, mengumpulkan informasi)
4. Siswa menyalin catatan yang ada di papan tulis.
5. Guru membimbing siswa untuk saling bertanya dan menjawab tentang nama, umur dan kelas. (mencoba dan mengkomunikasikan)
6. Guru membimbing siswa untuk berlatih memperkenalkan dirinya sendiri dalam bentuk tertulis. (mencoba)

50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

H.    Penilaian

-          Skala sikap


           Format penilaian

No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Bekerjasama
Percaya Diri

1






2







          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Soal latihan:

A. Complete the dialogue!

Rini     : Hello, Ayu.
Ayu     : ...
Rini     : How are you today?
Ayu     : ...
Rini     : I am glad to meet you.
Ayu     : ...

B. Answer the question completly!
1. What is your name?
2. How old are you?
3. Where do you live?
4. What grade are you in?
5. Mention kinds of greeting!


Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifah, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                    Andhy Sudarmono, S.T
                                                           

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar