-->
RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 3rd week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 3rd week Kelas 4 SD MI Semester 2


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Food and Drink
                                                Pertemuan ke / minggu         :  2 / ke 3
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
8.01 Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda  baca yang benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
5.2.7 Memahami rumus kalimat Simple Present
5.2.8 Mendengarkan kalimat tentang makanan dan minuman.
8.1.7 Menuliskan kalimat tentang jumlah / quantifier dalam makanan dan minuman dalam rumus kalimat Simple Present

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat memahami kalimat dengan benar dengan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Simple Present
(+) Subject                + Verb            + Object
      I/You/They?We + Verb            + Object
      He/She/It            + Verb (s+es) + Object
(-) Subject                + do/does not  + Verb       + Object
     I/You/They/We  + do not           + Verb       + Object
     He/She/It            + does not        + Verb       + Object
(?) Do/Does             + Subject          + Verb       + Object
      Do                      + You/They/We + Verb     + Object?
      Does                   + He/She/It        + Verb     + Object?


 Pertemuan 2
Quantifier
Artinya kata atau sekelompok kata yang menyatakan jumlah.
Antara lain:
-          A plate of ...          : sepiring
-          A bowl of ...          : semangkok
-          A glass of ...          : segelas
-          A cup of ...            : secangkir ( coffee, tea, ice cream )
-          A bottle of ...        : sebotol
-          A can of ...            : sekaleng
-          A bar of ...             : sebatang ( chocolate )
-          A piece of ...         : sepotong ( cake )
-          A slice of ...           : seiris ( bread, meat )
-          A pan of ...                        : sepanci
-          A bunch of ...        : seikat / setandan
 




E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Video      
Benda-benda di kelas/sekolah

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti melakukan adab makan dan minum yang benar. Serta selalu menjaga kebersihan.
·      Guru mengadakan games “Guest the food”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri makanan yang dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya tentang This/That is..., These/Those are... . Guru memberikan beberapa soal secara lisan untuk membangkitkan ingatan siswa.
 (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang food and quantity adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam makanan dan minuman beserta jumlah atau cara menghitungnya. Serta tujuannya adalah siswa mampu membuat kalimat secara lisan maupun tulisan tentang food and quantity dengan rumus kalimat Simple Present. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa ketika berbicara, seseorang harus memakai kalimat yang berbeda? Serta bagaimana kalau ketika berbicara, seseorang selalu memakai kalimat yang sama? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat Simple Present baik lisan maupun tulisan dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru menjelaskan tentang pengertian Simple Present adalah kalimat yang dipakai untuk mengungkapkan sesuatu saat ini. Guru memberikan rumus struktur kalimat Possitive, Negative dan Interrogative. Guru memberikan beberapa contoh yang mudah untuk dipahami siswa. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dalam penyusunan kalimat tersebut. Siswa dilibatkan dalam pembuatan kalimat yang sederhana. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
·        Guru memberikan soal secara tertulis.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang food and quantifier, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti melakukan adab makan dan minum yang benar. Serta selalu menjaga kebersihan.
·      Guru mengadakan games “Guest the food”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri makanan yang dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya tentang Simple Present. Guru membimbing pembahasan soal. Serta mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari tentang quntifier. (mencoba, percaya diri, patuh)
·        Guru memutarkan video tentang food and quantity. (menyajikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang food and quantity adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam makanan dan minuman beserta jumlah atau cara menghitungnya. Serta tujuannya adalah siswa mampu membuat kalimat secara lisan maupun tulisan tentang food and quantity dengan rumus kalimat Simple Present. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa cara menghitung atau menyajikan makanan dan minuman berbeda-beda? Serta bagaimana kalau macam-macam makanan dan minuman itu disajikan dalam kemasan yang sama? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat Simple Present tentang food and quantity baik lisan maupun tulisan dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru menjelaskan tentang pengertian quantifier serta macam-macamnya seperti; some, many, a plate of..., a bowl of..., a glass of..., a cup of..., a bottle of..., a bar of..., a piece of..., a slice of..., a can of..., a pan of..., a bunch of... Serta menjelaskan apabila jumlahnya lebih dari 1, kemasannya yang ditambahkan huruf “s/es” (dijamakkan), seperti two plates of..., ten cans of..., four glasses of..., etc. Guru memberikan beberapa contoh kalimat dengan benda-benda yang ada dikelas dan kantin sekolah, seperti botol minum siswa. Guru memberikan pertanyaan secara acak untuk mengukur pemahaman siswa. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan. Kemudian guru memberikan soal secara tertulis.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah review lalu PH, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

H. Penilaian

            PENILAIAN
·                           Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)



           Format penilaian

No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Tanggung jawab
Percaya Diri

1






2







          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T


Soal Latihan Pertemuan 1
Make sentence using Simple Present!
1. Ayah minum secangkir kopi.
   (+) ..........................................................
   (-) ..........................................................
   (?) .........................................................
2. Monyet makan sebuah pisang.
   (+) ..........................................................
   (-) ..........................................................
   (?) .........................................................
3. Saya suka makan mie goreng.
   (+) ..........................................................
   (-) ..........................................................
   (?) .........................................................
4. Kamu makan semagkok bakso.
   (+) ..........................................................
   (-) ..........................................................
   (?) .........................................................
5. Dita minum segelas susu.
   (+) ..........................................................
   (-) ..........................................................
   (?) .........................................................

Key Answer:
1. (+) Father drinks a cup of coffee.
    (-) Father does not drink a cup of coffee.
    (?) Does father drink a cup of coffee?
2. (+) Monkey eats a banana.
    (-)  Monkey does not eat a banana.
    (?) Does monkey eat a banana?
3. (+) I like eating fried noodle.
    (-)  I do not like eating fried noodle.
    (?) Do you like eating fried noodle?
4. (+) You eat a bowl of meatball.
   (-)  You do not eat a bowl of meatball.
   (?) Do you eat a bowl of meatball?
5. (+) Dita drinks a glass of milk.
    (-) Dita does not drink a glass of milk.
    (?) Does Dita drink a glass of milk?

Make sentences using these things!
1. (Mereka) 3 botol air minum
2. (Kamu) 4 iris roti
3. (Ibu) 1 kaleng sardines
4. (Paman) 1 batang coklat
5. (Saya) 1 piring mie goreng

Translate into English!
1. They drink three bottles of water.
2. You eat four slices of bread.
3. Mother cooks / eats / makes a can of sardines.
4. Uncle eats / brings / buys a bar of chocolate.
5. I eat a plate of fried noodle.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar