RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema / topik : Food and Drink
Pertemuan ke / minggu :
2 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan
menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas.
8.01
Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima kasih dengan tanda baca yang
benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
5.2.7 Memahami
rumus kalimat Simple Present
5.2.8
Mendengarkan kalimat tentang makanan dan minuman.
8.1.7
Menuliskan kalimat tentang jumlah / quantifier dalam makanan dan minuman dalam
rumus kalimat Simple Present
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
memahami kalimat dengan benar dengan penuh percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Simple Present
(+) Subject + Verb + Object
I/You/They?We + Verb + Object
He/She/It + Verb (s+es) + Object
(-) Subject + do/does not + Verb
+ Object
I/You/They/We + do not + Verb + Object
He/She/It + does not + Verb + Object
(?) Do/Does + Subject + Verb + Object
Do + You/They/We + Verb + Object?
Does + He/She/It + Verb + Object?
Quantifier
Artinya
kata atau sekelompok kata yang menyatakan jumlah.
Antara lain:
-
A plate of ... : sepiring
-
A bowl of ... : semangkok
-
A glass of ... : segelas
-
A cup of ... : secangkir ( coffee, tea, ice cream )
-
A bottle of ... : sebotol
-
A can of ... : sekaleng
-
A bar of ... : sebatang ( chocolate )
-
A piece of ... : sepotong ( cake )
-
A slice of ... : seiris ( bread, meat )
-
A pan of ... : sepanci
-
A bunch of ... : seikat / setandan
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Video
Benda-benda
di kelas/sekolah
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang
terpuji, seperti melakukan adab makan dan minum yang benar. Serta selalu
menjaga kebersihan.
·
Guru mengadakan games
“Guest the food”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri makanan yang dimaksud. Guru
memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa
pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya tentang This/That is..., These/Those are... . Guru
memberikan beberapa soal secara lisan untuk membangkitkan ingatan siswa.
(mencoba,
percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang
food and quantity adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam makanan dan
minuman beserta jumlah atau cara menghitungnya. Serta tujuannya adalah siswa mampu membuat kalimat secara lisan maupun
tulisan tentang food and quantity dengan rumus kalimat Simple Present. Guru
mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa ketika berbicara, seseorang
harus memakai kalimat yang berbeda? Serta bagaimana kalau ketika berbicara, seseorang selalu memakai
kalimat yang sama? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan
guru menampung jawaban siswa. (
mengkomunikasikan, bertanya)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat Simple Present baik lisan
maupun tulisan dengan benar. (mengkomunikasikan,
elaborasi)
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian Simple Present adalah kalimat yang dipakai untuk
mengungkapkan sesuatu saat ini. Guru memberikan rumus struktur kalimat Possitive,
Negative dan Interrogative. Guru memberikan beberapa contoh yang mudah untuk
dipahami siswa. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan
pendapatnya dalam penyusunan kalimat tersebut. Siswa dilibatkan dalam
pembuatan kalimat yang sederhana. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan.
·
Guru memberikan soal
secara tertulis.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
tentang food and quantifier, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai
satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang
terpuji, seperti melakukan adab makan dan minum yang benar. Serta selalu
menjaga kebersihan.
·
Guru mengadakan games
“Guest the food”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri makanan yang dimaksud. Guru
memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa
pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya tentang Simple Present. Guru membimbing pembahasan
soal. Serta mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari
tentang quntifier. (mencoba, percaya
diri, patuh)
·
Guru memutarkan video
tentang food and quantity. (menyajikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang food
and quantity adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam makanan dan
minuman beserta jumlah atau cara menghitungnya. Serta tujuannya adalah siswa mampu membuat kalimat secara lisan maupun
tulisan tentang food and quantity dengan rumus kalimat Simple Present. Guru
mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa cara menghitung atau menyajikan
makanan dan minuman berbeda-beda? Serta bagaimana
kalau macam-macam makanan dan minuman itu disajikan dalam kemasan yang sama?
Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban
siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat Simple Present tentang
food and quantity baik lisan maupun tulisan dengan benar. (mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian quantifier serta macam-macamnya seperti; some, many, a
plate of..., a bowl of..., a glass of..., a cup of..., a bottle of..., a bar
of..., a piece of..., a slice of..., a can of..., a pan of..., a bunch of... Serta
menjelaskan apabila jumlahnya lebih dari 1, kemasannya yang ditambahkan huruf
“s/es” (dijamakkan), seperti two plates of..., ten cans of..., four glasses
of..., etc. Guru memberikan beberapa contoh kalimat dengan benda-benda yang
ada dikelas dan kantin sekolah, seperti botol minum siswa. Guru memberikan
pertanyaan secara acak untuk mengukur pemahaman siswa. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan. Kemudian guru memberikan soal secara
tertulis.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
review lalu PH, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha
untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
PENILAIAN
·
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung
jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T
Soal
Latihan Pertemuan 1
Make
sentence using Simple Present!
1. Ayah minum secangkir kopi.
(+) ..........................................................
(-) ..........................................................
(?) .........................................................
2. Monyet makan sebuah pisang.
(+) ..........................................................
(-) ..........................................................
(?) .........................................................
3. Saya suka makan mie goreng.
(+) ..........................................................
(-) ..........................................................
(?) .........................................................
4. Kamu makan semagkok bakso.
(+) ..........................................................
(-) ..........................................................
(?) .........................................................
5. Dita minum segelas susu.
(+) ..........................................................
(-) ..........................................................
(?) .........................................................
Key
Answer:
1. (+) Father drinks a cup of coffee.
(-) Father does not drink a cup of coffee.
(?) Does father drink a cup of coffee?
2. (+) Monkey eats a banana.
(-) Monkey does not eat a banana.
(?) Does monkey eat a banana?
3. (+) I like eating fried noodle.
(-) I do not like eating fried
noodle.
(?) Do you like eating fried noodle?
4. (+) You eat a bowl of meatball.
(-) You do not eat a bowl of
meatball.
(?) Do you eat a bowl of meatball?
5. (+) Dita drinks a glass of milk.
(-) Dita does not drink a glass of milk.
(?) Does Dita drink a glass of milk?
Make
sentences using these things!
1. (Mereka) 3 botol air minum
2. (Kamu) 4 iris roti
3. (Ibu) 1 kaleng sardines
4. (Paman) 1 batang coklat
5. (Saya) 1 piring mie goreng
Translate
into English!
1. They drink three bottles of water.
2. You eat four slices of bread.
3. Mother cooks / eats / makes a can of
sardines.
4. Uncle eats / brings / buys a bar of chocolate.
5. I eat a plate of fried noodle.