RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema / topik : Food and Drink
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
7. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan
menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas.
7.02
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
8.01
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan
tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator:
5.2.7
Menuliskan macam-macam makanan dan minuman.
7.1.7 Menjawab
pertanyaan dari bacaan tentang macam-macam makanan dan minuman.
8.1.7
Menuliskan kembali kalimat tentang makanan dan minuman.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
menuliskan kalimat tentang macam-macam makanan dan minuman dengan benar dan
penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu memahami dan menjawab bacaan tentang macam-macam makanan dan
minuman dengan benar dan dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Based on page 24.
This is .... = Ini adalah .... (digunakan
untuk menunjukkan benda dekat tunggal)
That is ....= Itu adalah ....
(digunakan untuk menunjukkan benda jauh tunggal)
These are .... = Ini adalah... (digunakan
untuk menunjukkan benda dekat jamak)
Those are .... = Itu adalah... (digunakan
untuk menunjukkan benda dekat jamak)
Pertemuan
2 (Text on page 24)
Going to the Restaurant
It is Saturday evening. My father and I go to
“Nikmat Restaurant”. We go there by a car. I usually order a bowl of meatball,
a hamburger and a glass of ice tea. My father orders a plate of chicken, pizza
and a glass of orange juice. I like meatballs very much. It is delicious. My
father likes to eat chicken. It is his favorite menu.
After having meal at the restaurant, we don’t forget
to buy fried rice and doughnuts for my mother. She likes them very much. We go
home at 9.00.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kartu
gambar tentang makanan/buah/sayur/minuman
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Menyanyikan lagu Picking Apples dan memahami artinya.
Memotivasi siswa bahwa buah adalah salah satu makanan yang baik bagi tubuh
manusia. Juga selalu membiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar
kesehatan selalu terjaga.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
tentang materi pertemuan kali ini adalah mengenai kata tunjuk This, that,
these, those. Guru menanyakan apakah siswa sudah pernah mempelajari materi
ini sebelumnya. Guru memberikan beberapa soal secara lisan dengan benda-benda
yang ada dikelas untuk membangkitkan ingatan siswa.
(mencoba,
percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar tentang this,
that, these, those adalah siswa dapat mengetahui dan memahami arti serta
pemakaian kata tunjuk this, that, these, dan those. Serta tujuannya adalah siswa mampu
mengetahui, mengingat, membuat kalimat, serta menuliskan kalimat tentang
makanan dan minuman dengan kata tunjuk tersebut. Guru mengorek kemampuan
siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa
manusia harus menguasai banyak kata? Serta bagaimana apabila manusia cuma mengenal sedikit kata saja? Guru
memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban
siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat maupun menuliskan
kalimat yang didengarnya kembali. (mengkomunikasikan,
elaborasi)
·
Guru menjelaskan
bahwa “This is... artinya ini adalah... yang digunakan untuk menunjuk benda
dekat tunggal.” “That is... artinya itu adalah... yang digunakan untuk
menunjuk benda jauh tunggal.” “These are... artinya ini adalah ... yang
digunakan untuk menunjuk benda dekat jamak.” “ Those are... artinya itu
adalah... digunakan untuk menunjuk benda jauh jamak.” Guru membimbing siswa
untuk membuat kalimat sederhana dengan this, that, these, those dengan
benda-benda yang ada dikelas. Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberitahukan akan mengadakan Listening Test atau
Evaluasi Mendengar. Mekanismenya adalah siswa menuliskan kembali kalimat yang
diucapkan oleh guru.
·
Kemudian guru
memberikan soal secara tertulis untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap
materi.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
tentang Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu
usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang
terpuji, seperti mencuci tangan sebelum makan sebagai upaya untuk menjaga
kebersihan diri.
·
Guru mengadakan tanya
jawab tentang macam-macam food/snack/vegetable/fruit/drink. Guru memberikan
reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi masih tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya tentang This, that, these, dan those.
Guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari tentang
cara memahami bacaan. (menyajikan, mencoba,
percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar memahami
macam-macam kata tanya dalam Bahasa Inggris. Serta tujuannya adalah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan kata
tanya-kata tanya tersebut. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir
dengan menanyakan mengapa ada
beberapa kata tanya? Serta bagaimana
apa jadinya kalau cuma ada satu kata tanya dalam hidup kita? Guru memberikan
kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa secara mandiri/individu mampu menjawab pertanyaan dari bacaan. (mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru mengingatkan
kembali macam-macam kata tanya beserta artinya. What artinya apa, When
artinya kapan, Where artinya dimana, Do/Does/Is/Are artinya apakah. Guru memberikan kesempatan kepada
siswa apabila ada yang akan ditanyakan. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberitahukan kepada siswa kalau akan mengadakan Reading
Test/ Evaluasi Keterampilan Membaca. Teks bacaan
ada pada halaman 24 berjudul Going to the restaurant. Guru membimbing siswa
untuk membaca serta mengartikannya. Kemudian siswa mencoba mengerjakan soal.
Setelah itu, kemudian mengerjakan soal evaluasi
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk
berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
PENILAIAN
·
Tes Keterampilan Mendengarkan :
Lisan
·
Tes Keterampilan Menulis :
Tulis
·
Tes Keterampilan Membaca :
Tulis
·
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Kriteria
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema
: Food and Drink
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Kriteria
Keterampilan Menulis dan Membaca Bahasa Inggris
Tema
: Food and Drink
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung
jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Soal Reading Test!
1.
When do you and your father go to restaurant?
2.
Where do you and your father go?
3.
What do you usually order?
4.
What does your father order?
5.
What food do you like very much?
6.
What is your father’s favorite menu?
7.
What food does your mother like very much?
8.
What food do we buy for our mother?
9.
Does our mother go with us?
10.
What time do we go home?
Key Answer:
- I and my father go to restaurant at Saturday
evening
- I and my father go to Nikmat Restaurant
- I usually order a bowl of meatball, a hamburger
and a glass of ice tea.
- My father orders a plate of chicken, pizza and a
glass of orang ejuice.
- I like meatball very much.
- My father’s favorite menu is chicken.
- My mother likes fried rice and doughnut very
much.
- We buy
fried rice and doughnuts for my mother.
- No, she does not.
- We go home at 9.00 p.m.
Soal Listening and
Writing Test!
1
This is a cheese.
2.
That is a coconut.
3.
I like chocolate.
4.
These are five roseapples.
5.
Those are eight onions.
6.
This is not a chicken.
7.
That is not a sapodilla.
8.
These are not three beans but five longbeans.
9.
Those are not two plates of fried rice.
10.
My favorite drink is pineapple juice.
Latihan soal Pertemuan
1
1.
Ini adalah sebuah delima.
2.
Ini bukan 3 jambu biji.
3.
Itu adalah sebuah mentimun.
4.
Itu adalah 8 salak.
5.
Itu bukan sebuah nangka tapi sebuah nanas.
6.
Ini adalah setandan pisang.
7.
Ini bukan seikat kelengkeng.
8.
Itu bukan semangkok bakso tapi semangkok bubur.
9.
Ini adalah sepiring mie goreng.
10.
Itu adalah 9 gelas teh.
Key answer:
- This is a pomegranate.
- These are three guavas.
- That is a cucumber.
- Those are eight zalaccas.
- That is not a jackfruit but a pineapple.
- This is a bunch of bananas.
- This is not a bunch of longans.
- That is not a bowl of meatball but a bowl of
porridge.
- This is a plate of fried noodle.
- Those are nine glasses of tea.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T