-->
RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Food and Drink
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
7.02 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
8.01 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

Indikator:
5.2.7 Menuliskan macam-macam makanan dan minuman.
7.1.7 Menjawab pertanyaan dari bacaan tentang macam-macam makanan dan minuman.
8.1.7 Menuliskan kembali kalimat tentang makanan dan minuman.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat menuliskan kalimat tentang macam-macam makanan dan minuman dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu memahami dan menjawab bacaan tentang macam-macam makanan dan minuman dengan benar dan dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
 

 Pertemuan 1

Based on page 24.

This is .... = Ini adalah ....               (digunakan untuk menunjukkan benda dekat tunggal)
That is ....= Itu adalah ....              (digunakan untuk menunjukkan benda jauh tunggal)
These are .... = Ini adalah...          (digunakan untuk menunjukkan benda dekat jamak)
Those are .... = Itu adalah...         (digunakan untuk menunjukkan benda dekat jamak)

Pertemuan 2 (Text on page 24)
Going to the Restaurant

It is Saturday evening. My father and I go to “Nikmat Restaurant”. We go there by a car. I usually order a bowl of meatball, a hamburger and a glass of ice tea. My father orders a plate of chicken, pizza and a glass of orange juice. I like meatballs very much. It is delicious. My father likes to eat chicken. It is his favorite menu.
After having meal at the restaurant, we don’t forget to buy fried rice and doughnuts for my mother. She likes them very much. We go home at 9.00.





E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kartu gambar tentang makanan/buah/sayur/minuman   
           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Menyanyikan lagu Picking Apples dan memahami artinya. Memotivasi siswa bahwa buah adalah salah satu makanan yang baik bagi tubuh manusia. Juga selalu membiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kesehatan selalu terjaga.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan tentang materi pertemuan kali ini adalah mengenai kata tunjuk This, that, these, those. Guru menanyakan apakah siswa sudah pernah mempelajari materi ini sebelumnya. Guru memberikan beberapa soal secara lisan dengan benda-benda yang ada dikelas untuk membangkitkan ingatan siswa.
 (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar tentang this, that, these, those adalah siswa dapat mengetahui dan memahami arti serta pemakaian kata tunjuk this, that, these, dan those. Serta tujuannya adalah siswa mampu mengetahui, mengingat, membuat kalimat, serta menuliskan kalimat tentang makanan dan minuman dengan kata tunjuk tersebut. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa manusia harus menguasai banyak kata? Serta bagaimana apabila manusia cuma mengenal sedikit kata saja? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu membuat kalimat maupun menuliskan kalimat yang didengarnya kembali. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·        Guru menjelaskan bahwa “This is... artinya ini adalah... yang digunakan untuk menunjuk benda dekat tunggal.” “That is... artinya itu adalah... yang digunakan untuk menunjuk benda jauh tunggal.” “These are... artinya ini adalah ... yang digunakan untuk menunjuk benda dekat jamak.” “ Those are... artinya itu adalah... digunakan untuk menunjuk benda jauh jamak.” Guru membimbing siswa untuk membuat kalimat sederhana dengan this, that, these, those dengan benda-benda yang ada dikelas. Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Listening Test atau Evaluasi Mendengar. Mekanismenya adalah siswa menuliskan kembali kalimat yang diucapkan oleh guru.
·        Kemudian guru memberikan soal secara tertulis untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti mencuci tangan sebelum makan sebagai upaya untuk menjaga kebersihan diri.
·      Guru mengadakan tanya jawab tentang macam-macam food/snack/vegetable/fruit/drink. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi masih tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya tentang This, that, these, dan those. Guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari tentang cara memahami bacaan. (menyajikan, mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar memahami macam-macam kata tanya dalam Bahasa Inggris. Serta tujuannya adalah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan kata tanya-kata tanya tersebut. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa ada beberapa kata tanya? Serta bagaimana apa jadinya kalau cuma ada satu kata tanya dalam hidup kita? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu menjawab pertanyaan dari bacaan. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru mengingatkan kembali macam-macam kata tanya beserta artinya. What artinya apa, When artinya kapan, Where artinya dimana, Do/Does/Is/Are artinya apakah. Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberitahukan kepada siswa kalau akan mengadakan Reading Test/ Evaluasi Keterampilan Membaca. Teks bacaan ada pada halaman 24 berjudul Going to the restaurant. Guru membimbing siswa untuk membaca serta mengartikannya. Kemudian siswa mencoba mengerjakan soal. Setelah itu, kemudian mengerjakan soal evaluasi
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

H. Penilaian

            PENILAIAN
·                           Tes Keterampilan Mendengarkan         : Lisan
·                           Tes Keterampilan Menulis                    : Tulis
·                           Tes Keterampilan Membaca                  : Tulis
·                           Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)









Kriteria Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema : Food and Drink

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10








Kriteria Keterampilan Menulis dan Membaca Bahasa Inggris
Tema : Food and Drink

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Waktu
Skor
Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10








           Format penilaian

No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Tanggung jawab
Percaya Diri

1






2







          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri

Soal Reading Test!
1. When do you and your father go to restaurant?
2. Where do you and your father go?
3. What do you usually order?
4. What does your father order?
5. What food do you like very much?
6. What is your father’s favorite menu?
7. What food does your mother like very much?
8. What food do we buy for our mother?
9. Does our mother go with us?
10. What time do we go home?

Key Answer:
  1. I and my father go to restaurant at Saturday evening
  2. I and my father go to Nikmat Restaurant
  3. I usually order a bowl of meatball, a hamburger and a glass of ice tea.
  4. My father orders a plate of chicken, pizza and a glass of orang ejuice.
  5. I like meatball very much.
  6. My father’s favorite menu is chicken.
  7. My mother likes fried rice and doughnut very much.
  8.  We buy fried rice and doughnuts for my mother.
  9. No, she does not.
  10. We go home at 9.00 p.m.

Soal Listening and Writing Test!
1 This is a cheese.
2. That is a coconut.
3. I like chocolate.
4. These are five roseapples.
5. Those are eight onions.
6. This is not a chicken.
7. That is not a sapodilla.
8. These are not three beans but five longbeans.
9. Those are not two plates of fried rice.
10. My favorite drink is pineapple juice.

Latihan soal Pertemuan 1
1. Ini adalah sebuah delima.
2. Ini bukan 3 jambu biji.
3. Itu adalah sebuah mentimun.
4. Itu adalah 8 salak.
5. Itu bukan sebuah nangka tapi sebuah nanas.
6. Ini adalah setandan pisang.
7. Ini bukan seikat kelengkeng.
8. Itu bukan semangkok bakso tapi semangkok bubur.
9. Ini adalah sepiring mie goreng.
10. Itu adalah 9 gelas teh.

Key answer:
  1. This is a pomegranate.
  2. These are three guavas.
  3. That is a cucumber.
  4. Those are eight zalaccas.
  5. That is not a jackfruit but a pineapple.
  6. This is a bunch of bananas.
  7. This is not a bunch of longans.
  8. That is not a bowl of meatball but a bowl of porridge.
  9. This is a plate of fried noodle.
  10. Those are nine glasses of tea.



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar