-->
RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Food and Drink 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Food and Drink
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 1
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
7.01 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
5.2.7 Memahami penggolongan macam-macam makanan dan minuman.
7.1.7 Membaca macam-macam makanan dan minuman.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat mengetahui macam-macam makanan dan minuman dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membaca dan mengucapkan macam-macam makanan dan minuman dengan benar dan dengan penuh percaya diri.


D.    Materi Pembelajaran
















 

Pertemuan 2

What food/fruit/vegetable/snack/drink do you like?
I like...

What is your favorite food/fruit/vegetable/snack/drink?
My favorite food/fruit/vegetable/snack/drink is....

Do you like ... ?
Yes, I do / No, I do not.




 






E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kartu gambar tentang makanan/buah/sayur/minuman   
           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti makanan yang kita temui. Jangan menilai makanan hanya dari harganya tapi lihat dari halal serta nilai gizinya.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan tentang materi tema 7 yaitu Food and Drink. Guru menanyakan apakah siswa sudah pernah mempelajari materi ini sebelumnya. Guru meminta siswa untuk mengerjakan Let’s play game di buku paket halaman 25 sebagai pretest. Setelah itu guru juga menanyakan artinya pula. Guru memberikan beberapa soal secara lisan untuk membangkitkan ingatan siswa.
 (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang food and drink adalah siswa dapat mengetahui dan memahami macam-macam makanan dan minuman beserta pengelompokannya. Serta tujuannya adalah siswa mampu mengetahui, mengingat, menyebutkan, serta menuliskan macam-macam makanan dan minuman yang ada disekitar kita. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa kita harus menghargai setiap makanan yang kita punyai? Serta bagaimana kalau manusia menyepelekan makanan yang ada? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu menyebutkan dan mengelompokkan macam-macam makanan dan minuman. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru membimbing siswa dalam membaca kosakata pada buku paket halaman 22-23. Kemudian siswa mencoba untuk mengklasifikasikannya sesuai kelompoknya. Setelah itu guru menjelaskan bahwa food dikelompokkan kedalam food (makanan pokok), snack (makanan ringan), vegetable (sayur-mayur), fruit (buah-buahan), serta drink(minuman). Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan macam-macamnya. Guru menuliskan jawaban siswa dipapan tulis kedalam kelompoknya masing-masing. Setelah menuliskan semua kosakatanya, siswa diminta untuk menyalinnya dibuku tulis. Setelah itu, guru meminta siswa untuk mengartikannya. Guru membimbing bilamana ada kata-kata yang belum diketahui artinya oleh siswa. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
·        Guru memberikan soal secara tertulis.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang menanyakan apakah makanan/minuman yang disukai seseorang, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit



Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti menghargai makanan atau apapun yang diberikan Alloh kepada kita sebagai sebuah anugrah.
·      Guru mengadakan tanya jawab tentang macam-macam food/snack/vegetable/fruit/drink. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Food and Drink. Guru merefresh materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya tentang pengelompokan macam-macam makanan dan minuman. Guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan dipelajari tentang cara bertanya tentang kesukaan serta makanan yang disukai seseorang. (menyajikan, mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar bagaimana bertanya dan menjawab tentang makanan/minuman kesukaannya. Serta tujuannya adalah siswa mampu membuat kalimat secara lisan sekaligus bertanya dan menjawab tentang makana/minuman kesukaannya. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa berbicara atau bertanya saja harus memiliki aturan atau cara? Serta bagaimana kalau berbicara kepada orang dengan semaunya sendiri? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa secara mandiri/individu mampu berbicara yaitu bertanya dan menjawab pertanyaan tentang makanan kesukaannya dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru menjelaskan bagaimana cara menanyakan makanan kesukaan seseorang. “What food/snack/vegetable/fruit/drink do you like? I like...” yang artinya Apa ... yang kamu suka? Kemudian “What is your favorite food/snack/vegetable/fruit/drink? My favorite food/ snack/ vegetable/ fruit/ drink is ...” Serta “Do you like ...? Yes, I do atau No, I do not.” “Does he/she like ...? Yes, he/she does. Atau No, he/she does not.” Guru mencoba beberapa siswa untuk praktek bertanya dan menjawab untuk mengukur pemahaman siswa. Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberitahukan kepada siswa kalau akan mengadakan Speaking Test/ Evaluasi Keterampilan Berbicara. Mekanismenya adalah setiap anak secara berpasangan dan bergantian saling bertanya dan menjawab dengan 3 kalimat pertanyaan tadi yaitu: What ... do you like? What is your favorite....? dan Do you like...? Aspek yang dinilai adalah kelancaran, suara yang lantang, pengucapan, intonasi dan sikap. Siswa yang belum mendapat giliran, diminta mengerjakan latihan soal untuk memperdalam pemahaman siswa tentang macam-macam makanan/minuman.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

H. Penilaian

            PENILAIAN
·                           Tes Keterampilan Berbicara      : Lisan
·                           Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)

Kriteria Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : Food and Drink
Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
Setengah atau lebih kalimat diucapkan dengan lancar
Kurang dari setengah kalimat diucapkan dengan lancar
Belum dapat mengucapkan kalimat dengan  lancar
Kepercayaan diri
Mengucapkan tanpa diulang
Mengucapkan dengan diulang-ulang
Mengucapkan dengan terbata-bata
Mengucapkan beberapa kata saja
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


No
Name
Suara
Kelancaran
PD
Intonasi
Pelafalan
Skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10










           Format penilaian


No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Tanggung jawab
Percaya Diri

1






2







          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T




Soal Latihan Pertemuan 2
1. Mention 5 vegetables which are green!
2. Mention 5 fruits which are big!
3. Mention 5 fruits which have many seeds!
4. Mention 4 vegetables which are white!
5. Mention 5 snacks which are sweet!

Key Answer:
1. spinach, longbean, bean, cucumber, broccoli
2. watermelon, jackfruit, honeydew, papaya, coconut.
3. watermelon, guava, soursoup, strawberry, papaya
4. garlic, cauliflower, mushroom, cabbage
5. candy, cake, bread, doughnut, popcorn





Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar