RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema / topik : Clothes and colours
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
2.02
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
4.01
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih
dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana.
Indikator:
2.2.5 Bertanya
dan menjawab macam pakaian dan warnanya.
4.1.5 Menuliskan
kalimat Simple Present.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat bertanya dan menjawab macam pakaian dan warnanya dengan benar dan
suara lantang dengan penuh percaya diri
2. Dengan memahami penjelasan guru,
siswa dapat menuliskan perubahan kalimat Simple Present dengan penuh percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Simple Present
(+) Subject + Verb + Noun
I/You/They/We + Verb + Noun
He/She + Verb+s + Noun
(-) Subject + do/does not + Verb + Noun
I/You/They/We + do not + Verb + Noun
He/She + does not + Verb + Noun
(?) Do/Does +
Subject + Verb + Noun?
Do you/they/we + Verb + Noun?
Does he/she + Verb + Noun?
Question Sentence
Kalimat pertanyaan apakah pakaian yang dipakai:
Do/Does +
Subject + Verb + Noun?
Kalimat menanyakan warna:
What color
is + possesive pronoun + clothes?
Pertemuan
2
Question Sentence
Kalimat pertanyaan tentang pakaian:
What cloth
do you/they/we wear?
Apa pakaian
yang kamu/mereka/kami pakai?
What cloth
does he/she wear?
Apa pakaian
yang dia pakai?
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar
macam-macam pakaian
Pakaian
yang dipakai siswa dan guru
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati
peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
· Guru mengadakan
games “Write New Word”. Guru menuliskan sebuah kata tentang clothes kemudian
siswa yang ditunjuk menuliskan kosakata baru dari huruf terakhir yang ada.
Begitu seterusnya sampai kosakata clothes/colors habis.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan materi tentang
Clothes/pakaian. Guru menanyakan rumus kalimat Simple Present. Secara acak
dan bergantian, siswa memberikan pendapatnya. Guru memberikan reward sekaligus
memberikan koreksi apabila ada yang kurang sesuai. (mencoba, percaya diri, patuh)
·
Guru memilih siswa secara bergantian
sebagai peraga sesuai dengan kelengkapan pakaian yang dikenakan siswa.
Seperti ada siswa yang memakai kacamata; Lita memakai sepasang kacamata.
Siswa diminta mengubahnya kedalam Bahasa Inggris dalam bentuk kalimat positive,
negative dan interogative secara lisan. Dengan begitu diharapkan siswa lebih
mudah memahaminya.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
· Guru menyampaikan
manfaat siswa belajar materi
tentang perubahan kalimat Simple Present adalah siswa dapat membuat serta
mengubah kalimat dalam Bahasa Inggris. (
mengkomunikasikan)
· Guru menyampaikan
kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu menyusun/menuliskan serta mengucapkan kalimat Simple
Present beserta perubahannya. (mengkomunikasikan,
elaborasi)
·
Guru memberikan
beberapa soal dalam Bahasa Indonesia kemudian siswa diminta siswa untuk
mengubahnya namun kali ini siswa mencoba berlatih untuk menyusun kalimatnya
secara tertulis. Guru membimbing siswa untuk membahasnya. Guru memberikan kesempatan kepada
siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
mengulas bahwa dari kalimat Simple Present yang interogative adalah kalimat
pertanyaan yang menanyakan apa pakaian yang sedang dikenakan oleh seseorang. Seperti;
Apakah kamu memakai sebuah topi? Menjadi Do you wear a cap? Jawabannya Yes, I
do/No, I do not. Setelah menanyakan pakaian yang dikenakan, maka menanyakan
warnanya. Seperti; Apa warna topimu? Menjadi What color is your cap? My cap
is red/blue/etc. Guru memberikan latihan secara lisan untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa. Siswa diberikan kesempatan berpendapat serta bertanya. (konfirmasi, mengkomunikasikan) (mencoba,
patuh, percaya diri)
·
Guru memberitahukan bahwa pertemuan
kedua akan mengadakan Evaluasi Berbicara/Speaking Test mekanismenya adalah
saling bertanya dan menjawab macam pakaian dan warnanya.
(mengkomunikasikan)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
colour serta Speaking Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai
satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel mapel, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk menghargai
perbedaan diantara teman sekelas. Seperti ada yang memakai kacamata, atau ada
yang memakai jam tangan. Hal tersebut untuk mensyukuri bahwa Alloh Swt memang
hebat, mampu menciptakan berbagai macam bentuk dan sifat manusia, sehingga
manusia mempunyai ciri yang berbeda satu sama lainnya.
· Guru mengadakan
games “Guess the color”. Guru mengingatkan macam-macam warna yang sudah
dikenal siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan materi tentang
Clothes/pakaian and colors. Guru merefresh apakah siswa masih mengingat
tentang frase clothes and color. Guru memberikan contoh dari pakaian yang
dikenakan siswa atau guru. Guru juga menanyakan pula mengapa ada
bermacam-macam warna serta bagaimana jikalau kita cuma bisa melihat satu
warna saja. Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat. (menanya, mencoba, percaya diri, patuh)
· Guru
mengajak siswa mengingat lagi macam-macam pakaian dari gambar yang ada.
· Guru menyampaikan
manfaat dan kemampuan yang akan siswa capai dari belajar materi hari ini
adalah berlatih bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya dalam Bahasa Inggris.
(
mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru mengulas lagi
tentang kalimat-kalimat pertanyaan yang menanyakan tentang pakaian dan
warnanya. Apa pakaian yang dipakai: What cloth do/does you/they/we/he/she
wear? Cara menjawabnya; I wear... Apa warna pakaianmu? What color is your
cloth? Cara menjawabnya; My ... (clothes) is ... (color). Guru memberikan
contoh dari pakaian yang dikenakan siswa maupun guru.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa menyalin catatan di buku
tulisnya.
·
Guru
menyampaikan akan mengadakan Evaluasi Berbicara atau Speaking Test. Guru akan
membagikan gambar yang berbeda kepada setiap siswa. Siswa yang pertama
bertanya What cloth do you wear? Dijawab I wear ... Siswa pertama bertanya
lagi What color is your ...? Siswa yang sudah menjawab, ganti bertanya tapi
dengan siswa yang lain. Begitu seterusnya. (konfirmasi, mengkomunikasikan) (mencoba, patuh, percaya diri)
·
Siswa yang belum mendapat giliran, diminta
mengerjakan latihan pada buku paket halaman 17-18.
(mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
colour serta Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu
usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Speaking : Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Kepercayaan
diri
|
Mengucapkan
tanpa diulang
|
Mengucapkan
dengan diulang-ulang
|
Mengucapkan
dengan terbata-bata
|
Mengucapkan
beberapa kata saja
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
PD
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T