-->
RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 1


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

2.02 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
4.01 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
2.2.5 Bertanya dan menjawab macam pakaian dan warnanya.
4.1.5 Menuliskan kalimat Simple Present.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat bertanya dan menjawab macam pakaian dan warnanya dengan benar dan suara lantang dengan penuh percaya diri
2. Dengan memahami penjelasan guru, siswa dapat menuliskan perubahan kalimat Simple Present dengan penuh percaya diri

D.    Materi Pembelajaran


 Pertemuan 1

Simple Present

(+) Subject + Verb + Noun
     I/You/They/We + Verb     + Noun
     He/She             + Verb+s  + Noun
(-) Subject + do/does not + Verb     + Noun
     I/You/They/We + do not + Verb + Noun
     He/She             + does not + Verb + Noun
(?) Do/Does  + Subject + Verb + Noun?
     Do you/they/we + Verb + Noun?
     Does he/she       + Verb + Noun?

Question Sentence

Kalimat pertanyaan apakah pakaian yang dipakai:
Do/Does + Subject + Verb + Noun?
Kalimat menanyakan warna:
What color is + possesive pronoun + clothes?


Pertemuan 2
Question Sentence

Kalimat pertanyaan tentang pakaian:
What cloth do you/they/we wear?
Apa pakaian yang kamu/mereka/kami pakai?

What cloth does he/she wear?
Apa pakaian yang dia pakai?



E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Gambar macam-macam pakaian 
Pakaian yang dipakai siswa dan guru

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Write New Word”. Guru menuliskan sebuah kata tentang clothes kemudian siswa yang ditunjuk menuliskan kosakata baru dari huruf terakhir yang ada. Begitu seterusnya sampai kosakata clothes/colors habis.

10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Clothes/pakaian. Guru menanyakan rumus kalimat Simple Present. Secara acak dan bergantian, siswa memberikan pendapatnya. Guru memberikan reward sekaligus memberikan koreksi apabila ada yang kurang sesuai. (mencoba, percaya diri, patuh)
·        Guru memilih siswa secara bergantian sebagai peraga sesuai dengan kelengkapan pakaian yang dikenakan siswa. Seperti ada siswa yang memakai kacamata; Lita memakai sepasang kacamata. Siswa diminta mengubahnya kedalam Bahasa Inggris dalam bentuk kalimat positive, negative dan interogative secara lisan. Dengan begitu diharapkan siswa lebih mudah memahaminya.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang perubahan kalimat Simple Present adalah siswa dapat membuat serta mengubah kalimat dalam Bahasa Inggris. ( mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu menyusun/menuliskan serta mengucapkan kalimat Simple Present beserta perubahannya. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·        Guru memberikan beberapa soal dalam Bahasa Indonesia kemudian siswa diminta siswa untuk mengubahnya namun kali ini siswa mencoba berlatih untuk menyusun kalimatnya secara tertulis. Guru membimbing siswa untuk membahasnya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
     (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru mengulas bahwa dari kalimat Simple Present yang interogative adalah kalimat pertanyaan yang menanyakan apa pakaian yang sedang dikenakan oleh seseorang. Seperti; Apakah kamu memakai sebuah topi? Menjadi Do you wear a cap? Jawabannya Yes, I do/No, I do not. Setelah menanyakan pakaian yang dikenakan, maka menanyakan warnanya. Seperti; Apa warna topimu? Menjadi What color is your cap? My cap is red/blue/etc. Guru memberikan latihan secara lisan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Siswa diberikan kesempatan berpendapat serta bertanya. (konfirmasi, mengkomunikasikan) (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Guru memberitahukan bahwa pertemuan kedua akan mengadakan Evaluasi Berbicara/Speaking Test mekanismenya adalah saling bertanya dan menjawab macam pakaian dan warnanya.
(mengkomunikasikan)

40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and colour serta Speaking Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel mapel, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk menghargai perbedaan diantara teman sekelas. Seperti ada yang memakai kacamata, atau ada yang memakai jam tangan. Hal tersebut untuk mensyukuri bahwa Alloh Swt memang hebat, mampu menciptakan berbagai macam bentuk dan sifat manusia, sehingga manusia mempunyai ciri yang berbeda satu sama lainnya.
·      Guru mengadakan games “Guess the color”. Guru mengingatkan macam-macam warna yang sudah dikenal siswa.

10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Clothes/pakaian and colors. Guru merefresh apakah siswa masih mengingat tentang frase clothes and color. Guru memberikan contoh dari pakaian yang dikenakan siswa atau guru. Guru juga menanyakan pula mengapa ada bermacam-macam warna serta bagaimana jikalau kita cuma bisa melihat satu warna saja. Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat. (menanya, mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru mengajak siswa mengingat lagi macam-macam pakaian dari gambar yang ada.
·      Guru menyampaikan manfaat dan kemampuan yang akan siswa capai dari belajar materi hari ini adalah berlatih bertanya dan menjawab tentang pakaian dan warnanya dalam  Bahasa Inggris.
( mengkomunikasikan, elaborasi)
·        Guru mengulas lagi tentang kalimat-kalimat pertanyaan yang menanyakan tentang pakaian dan warnanya. Apa pakaian yang dipakai: What cloth do/does you/they/we/he/she wear? Cara menjawabnya; I wear... Apa warna pakaianmu? What color is your cloth? Cara menjawabnya; My ... (clothes) is ... (color). Guru memberikan contoh dari pakaian yang dikenakan siswa maupun guru.
     (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Siswa menyalin catatan di buku tulisnya.
·        Guru menyampaikan akan mengadakan Evaluasi Berbicara atau Speaking Test. Guru akan membagikan gambar yang berbeda kepada setiap siswa. Siswa yang pertama bertanya What cloth do you wear? Dijawab I wear ... Siswa pertama bertanya lagi What color is your ...? Siswa yang sudah menjawab, ganti bertanya tapi dengan siswa yang lain. Begitu seterusnya. (konfirmasi, mengkomunikasikan) (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa yang belum mendapat giliran, diminta mengerjakan latihan pada buku paket halaman 17-18.
(mencoba, patuh, percaya diri)

40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and colour serta Reading Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

H. Penilaian
            1. Speaking     : Tes Lisan

Kriteria Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours
Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
Setengah atau lebih kalimat diucapkan dengan lancar
Kurang dari setengah kalimat diucapkan dengan lancar
Belum dapat mengucapkan kalimat dengan  lancar
Kepercayaan diri
Mengucapkan tanpa diulang
Mengucapkan dengan diulang-ulang
Mengucapkan dengan terbata-bata
Mengucapkan beberapa kata saja
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


No
Name
Suara
Kelancaran
PD
Intonasi
Pelafalan
Skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10










Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T




 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar