-->
RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 1st week Kelas 4 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Clothes and colours 1st week Kelas 4 SD MI Semester 1


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  Clothes and colours
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 1
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
4. Mengeja dan menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

1.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
4.01 Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda  baca yang benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
1.2.4 Mendengarkan kalimat tentang pakaian dengan seksama.
4.1.4 Menuliskan kembali kalimat yang didengarkan.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat memahami kalimat dengan benar dengan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kembali kalimat yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

New Clothes Vocabulary
1. Fez               : kopyah
2. Vest             : rompi
3. Raincoat      : jas hujan
4. Pants            : celana panjang
5. Pajamas       : piyama
6. Watch          : jam tangan
7. Ring             : cincin
8. Necklace      : kalung
9. Bracelet       : gelang
10. Earring       anting-anting


Pertemuan 2
Menjawab pertanyaan dari bacaan

Novi walks a long the street. She goes to school. She is an Elemantary School student. Her uniform are red and white. Her shirt is white and her skirt is red. She also wears a white veil, a black belt, white socks and black shoes. Some students are behind her. Every students must wear complete uniform.
 



                                                                                              

E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Video      
Benda-benda

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.

10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Clothes/pakaian. Guru mengadakan pretest untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat macam-macam pakaian yang pernah mereka pelajari di kelas 3. Guru mengucapkan soal secara cepat dan siswa menuliskan jawabannya dalam Bahasa Inggris. (mencoba, percaya diri, patuh)
·        Guru memutarkan video tentang clothes. (menyajikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pakaian adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam pakaian baik yang sering mereka kenakan ataupun tidak. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa manusia menciptakan pakaian? Serta bagaimana pakaian tersebut berubah? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu mengucapkan dengan cara menirukan kosakata atau kalimat tentang pakaian dengan pengucapan yang benar dan lantang. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memberikan contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Guru mengucapkan; I wear a watch. Guru meminta siswa untuk menirukan dengan kalimat yang sama yaitu I wear a watch. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·      Guru memberikan beberapa kosakata tambahan tentang macam-macam pakaian. Diantaranya adalah fez, vest, pants, raincoat, pajamas, watch, ring, necklace, bracelet, dan earring. Guru menjelaskan tentang pakaian-pakaian tersebut serta memberikan kesempatan siswa untuk bertanya apabila kurang jelas. Guru menjelaskan kalimat I wear a watch memakai rumus kalimat Simple Present, dengan rumus Subject+Verb 1. Guru menjelaskan perbedaan untuk perubahan verb atau kata kerja yang mengikuti Subject yang berbeda. Untuk Subject I/You/They/We diikuti verb saja. Sedangkan untuk Subject He/She diikuti verb+s. Guru memberikan contoh perbedaannya. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Listening Test/Evaluasi Mendengarkan. Mekanismenya siswa hanya menirukan kalimat yang diucapkan guru dengan pengucapan yang benar dan lantang. (konfirmasi, mengkomunikasikan) (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
·        Siswa yang belum mendapatkan giliran, harus mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru.
(mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.

10 menit
Inti

·        Guru membahas macam-macam pakaian.(mengkomunikasikan)
·        Guru mengingatkan prase clothes and colours (menyajikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pakaian dan warnanya adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat tentang pakaian dan warnanya.
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu mengucapkan serta membuat kalimat tentang pakaian dan warnanya. Siswa juga akan bisa memjawab pertanyaaan dari bacaan.(mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memberikan contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Guru mengucapkan; I wear a watch. Guru meminta siswa untuk menirukan dengan kalimat yang sama yaitu I wear a watch. My watch is black. Kalimat yang sudah beserta prasenya adalah I wear a black watch.  (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Guru menuliskan teks pendek. Kemudian guru dan siswa membacanya. Setelah itu guru memberikan siswa untuk mencoba menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut. Setelah cukup waktu guru membimbing pembahasannya.
 (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

H. Penilaian
            1. Listening Test         : Tes Tulis
            2. Writing Test            : Tes Tulis

Kriteria Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10








Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Clothes and colours

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Waktu
Skor
Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10
















Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T





Soal Latihan:
Change according to the pattern!
1. (+) You wear uniform.
    (-)  ..................................
2. (+) They wear shoes.
    (?) .................................
3. (+) ................................
    (-)  I do not wear a fez.
4. (+) She wears a veil.
    (-)  ...............................
5. (+) ...............................
    (?)  Does he wear pants?

Translate into English!
1. Ayah memakai sebuah jas.
2. Kami memakai rok.
3. Tita memakai jam tangan.
4. Kamu memakai kemeja.
5. Mereka memakai rompi.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar