RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema / topik : Clothes and colours
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 1
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
4. Mengeja dan
menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
1.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas.
4.01
Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima kasih dengan tanda baca yang
benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.4
Mendengarkan kalimat tentang pakaian dengan seksama.
4.1.4
Menuliskan kembali kalimat yang didengarkan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
memahami kalimat dengan benar dengan penuh percaya
diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu menuliskan kembali kalimat yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
New Clothes Vocabulary
1. Fez : kopyah
2. Vest : rompi
3. Raincoat : jas hujan
4. Pants : celana panjang
5. Pajamas : piyama
6. Watch : jam tangan
7. Ring : cincin
8. Necklace : kalung
9. Bracelet : gelang
10. Earring anting-anting
Pertemuan
2
Menjawab pertanyaan dari bacaan
Novi
walks a long the street. She goes to school. She is an Elemantary School
student. Her uniform are red and white. Her shirt is white and her skirt is
red. She also wears a white veil, a black belt, white socks and black shoes.
Some students are behind her. Every students must wear complete uniform.
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Video
Benda-benda
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati
peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
· Guru mengadakan
games “Guest the clothes”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri pakaian yang
dimaksud. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru
memberikan beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi tentang Clothes/pakaian. Guru mengadakan pretest untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam mengingat macam-macam pakaian yang pernah mereka
pelajari di kelas 3. Guru mengucapkan soal secara cepat dan siswa menuliskan
jawabannya dalam Bahasa Inggris. (mencoba,
percaya diri, patuh)
·
Guru memutarkan video
tentang clothes. (menyajikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang
pakaian adalah siswa dapat lebih memahami macam-macam pakaian baik yang
sering mereka kenakan ataupun tidak. Guru mengorek kemampuan siswa untuk
berpikir dengan menanyakan mengapa
manusia menciptakan pakaian? Serta bagaimana
pakaian tersebut berubah? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat
dan guru menampung jawaban siswa. (
mengkomunikasikan, bertanya)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu mengucapkan dengan cara menirukan kosakata atau kalimat
tentang pakaian dengan pengucapan yang benar dan lantang. (mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru memberikan
contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Guru mengucapkan; I
wear a watch. Guru meminta siswa untuk menirukan dengan kalimat yang sama yaitu
I wear a watch. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan
beberapa kosakata tambahan tentang macam-macam pakaian. Diantaranya adalah
fez, vest, pants, raincoat, pajamas, watch, ring, necklace, bracelet, dan
earring. Guru menjelaskan tentang pakaian-pakaian tersebut serta memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya apabila kurang jelas. Guru menjelaskan
kalimat I wear a watch memakai rumus kalimat Simple Present, dengan rumus
Subject+Verb 1. Guru menjelaskan perbedaan untuk perubahan verb atau kata
kerja yang mengikuti Subject yang berbeda. Untuk Subject I/You/They/We
diikuti verb saja. Sedangkan untuk Subject He/She diikuti verb+s. Guru
memberikan contoh perbedaannya. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberitahukan akan mengadakan Listening Test/Evaluasi
Mendengarkan. Mekanismenya siswa hanya menirukan kalimat yang diucapkan guru dengan
pengucapan yang benar dan lantang. (konfirmasi,
mengkomunikasikan) (mencoba, patuh, percaya diri)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan.
·
Siswa yang belum
mendapatkan giliran, harus mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk
berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati
peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru membahas
macam-macam pakaian.(mengkomunikasikan)
·
Guru mengingatkan
prase clothes and colours (menyajikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang
pakaian dan warnanya adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat
tentang pakaian dan warnanya.
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu mengucapkan serta membuat kalimat tentang pakaian dan
warnanya. Siswa juga akan bisa memjawab pertanyaaan dari bacaan.(mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru memberikan
contoh dengan menjelaskan pakaian yang sedang dipakainya. Guru mengucapkan; I
wear a watch. Guru meminta siswa untuk menirukan dengan kalimat yang sama
yaitu I wear a watch. My watch is black. Kalimat yang sudah beserta prasenya
adalah I wear a black watch. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Guru menuliskan teks pendek. Kemudian guru dan siswa
membacanya. Setelah itu guru memberikan siswa untuk mencoba menjawab
pertanyaan dari bacaan tersebut. Setelah cukup waktu guru membimbing
pembahasannya.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang frasa clothes and
colour, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk
berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Listening Test : Tes Tulis
2.
Writing Test : Tes Tulis
Kriteria
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Kriteria
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema
: Clothes and colours
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T
Soal Latihan:
Change
according to the pattern!
1. (+) You wear uniform.
(-)
..................................
2. (+) They wear shoes.
(?) .................................
3. (+) ................................
(-) I do not wear a fez.
4. (+) She wears a veil.
(-)
...............................
5. (+) ...............................
(?) Does he wear pants?
Translate
into English!
1. Ayah memakai sebuah jas.
2. Kami memakai rok.
3. Tita memakai jam tangan.
4. Kamu memakai kemeja.
5. Mereka memakai rompi.