-->

RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 2 PMB 2 KELAS 1 SD MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan                      :  ..............................................
Kelas / semester                   : 1 / 1
Tema / topik                             :  Kegiatanku (Kegiatanku Di Rumah)
Petemuan ke                            :  2
Alokasi waktu                           :  1 Hari (35 menit x 5 jp)

          KOMPETENSI INTI
          Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya s
          Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

          KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubh dan panca indra, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 MATEMATIKA
                   3.9 Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu.

          TUJUAN
          Disajikan teks bacaan “Kegiatan Pagi Hari”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 118), siswa dapat:
        Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman
        Tanya jawab isi teks bacaan
        Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat
        Bersama teman kelompok, diskusi untuk mengidentifikasi kegiatan pagi hari di rumah.
        Presentasi di depan kelas bersama teman kelompok dengan menceritakan kegiatan pagi hari dirumah. kelompok lain menyimak dan menanggapinya.
        Menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan setelah bangun tidur  pagi hari di rumah
       Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap kebiasaan bangun pagi di rumah, merapikan tempat tidur, mandi, gosok gigi dan kegiatan  pagi hari lain .
        Menuliskan kegiatan pagi hari dirumah pada tabel kegiatan
        Bersama teman kelompok melakukan percakapan untuk menceritakan kegiatan pagi haridi rumah
·         Disajikan gambar bagian-bagian tubuh Adi (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 119), siswa dapat:
·       Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap kebiasaan bangun pagi, merapikan tempat tidur, dan kegiatan pagi hari di rumah yang lain
·       Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap cara merawat anggota tubuh pada kegiatan pagi hari sebelum berangkat  ke sekolah di rumah.
·       Bersama teman kelompok, mengisi nama bagian-bagian tubuh Adi sesuai  gambar.
·       Menyebutkan nama bagian-bagian tubuhAdi , menceritakan kegiatan di pagi hari dirumah yang menunjukkan mengenal waktu, secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana
·         Disajikan permasalahan tentang benda bergerak karena ada tarikan dan dorongan (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 120), siswa dapat:
·  Mengamati gambar dengan teliti
·  Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap benda bergerak karena adanya tarikan dan dorongan, mengaitkan dengan kegiatan siswa pagi hari sebelum berangkat ke sekolah dengan  menggunakan alat transportasi : mobil, sepeda, dan sepeda motor
        Membedakan gambar yang melakukan kegiatan menarik dan mendorong benda secara tertulis dengan kalimat sederhana
        Menceritakan kembali gambar-gambar di depan kelas dengan penuh percaya diri
        Menyampaikan pendapat penyebab benda bergeraj karena ada tarikan dan dorongan menggunakan bahasa yang baik dan benar
·  Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap benda bergerak karena adanya tarikan dan dorongan, memberi contoh konkrit mendorong meja,  kursi dan tas sekolah serta kegiatan tarikan dan dorongan lain .
·  Bersama teman kelompok, diskusi untuk mengidentifikasi penyebab benda bergerak  yang berkaitan dengan kegiatan persiapannya ke sekolah pada pagi hari di rumah
          Disajikan teks lagu anak “Setiap Hari Aku Bangun  Pagi”, siswa dapat: :
        mendengarkan contoh guru membawakan lagu tersebut
        mengamati contoh guru dalam melakukan gerak berirama sambil menyanyikan lagu tersebut
        bersikap santun kepada  guru dan teman selama pembelajaran menyanyi dan melakukan gerak berirama
        menyanyikan lagu anak dengan ekspresi dan lafal yang jelas
        mempraktikkan gerak berirama tanpa menggunakan musik
          MATERI
BAHASA INDONESIA
   Membaca teks bacaan dengan intonasi yang benar
   Menceritakan kembali isi teks bacaan (lisan/tertulis)
   Menulis kata/ kalimat sederhana kegiatan pagi hari di rumah
   Menceritakan kembali kegaiatan pagi hari dirumah  ( lisan/tulis)
   Mengidentifkasi penyebab benda bergerak karena ada tarikan dan dorongan
   Menulis kata/ kalimat sederhana hasil pengamatan penyebab benda bergerak
MATEMATIKA
        Patuh pada aturan dalam melakukan mengenal waktu sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan kegiatan dengan waktu pagi, siang, sore dan malam saat kegiatan di rumah
        Mengidentifikasi kegiatandengan waktu yang sesuai
        Menulis kata/ kalimat sederhana kegiatan dengan waktu yang sesuai

            PENDEKATAN & METODE
Pendekatan                  : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : Picture and picture
Metode                          : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

             KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucap salam sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
          Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar dengan menyanyi lagu (Tangan Ke Atas: tangan ke atas tangan ke samping tangan ke depan duduklah yang manis) lalu mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
          Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi”
          Tanya jawab kegiatan pagi hari di rumah dan persiapan sebelum berangkat  sekolah
          Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Kegiatanku” dan sub tema “Kegiatan Pagi Hari”.
10 menit
Inti

         Guru mengajak siswa mensykuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa mengikuti kegiatan belajardi sekolah dengan penuh semangat dan suka cita
         Siswa membaca teks bacaan “Kegiatan Pagi Hari”  (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 118), kegiatan pengembangan makna belajar yang dapat dilakukan siswa adalah:
        Menyimak pembacaan teks bacaan yang dibacakan teman (elaborasi, menyimak) (disiplin, tanggung jawab)
        Tanya jawab isi teks bacaan (elaborasi, menanya) (percaya diri, santun, peduli)
        Siswa dibagi dalam kelompok belajar berpasangan. Bersama teman pasangannya mengidentifikasi dan menyebutkankegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat  sekolah (eksplorasi, elaborasi, menalar, mencoba) (santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
        Seorang dari pasangan menceriterakan hasil mengidentifikasi dan menyebutkan kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat  sekolah, pasangannya mendengarkan, kemudian berganti peran. (elaborasi, menalar, mencoba) (santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
        Menyimak konfirmasi dari guru hasil belajar berpasangan tentang kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat  sekolah. (konfirmasi,  menyimak, menanya) (santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
        Membaca teks bacaan dengan intonasi dan lafal yang tepat (elaborasi, mencoba) (patuh, percaya diri)
        bersama teman kelompok, diskusi untuk mengidentifikasi kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat ke sekolah (elaborasi, eksplorasi, menalar, menganalisis) (percaya diri, disiplin, santun)
        Menuliskan kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat   sekolah pada tabel kegiatan bersama teman kelompok melakukan percakapan untuk menceritakan kegiatan pagi hari sebelum berangkat  sekolah (elaborasi, mencoba, menyajikan, menyimpulkan, membuat jejaring)
        Siswa mengamati gambar kegiatan Adi sebelum berangkat sekolah, kegiatan mengembangkan pemahaman yang dapat dilakukan siswa:
            Guru membagi kelas menjadi enam kelompok
            Masing-masing kelompok diberikan satu set gambar/ benda  yang menunjukkan kegiatan Adipagi hari di rumah sebelum berangkat sekolah yang berkaitan dengan penyebab benda bergerak
            Mengamati gambar kegiatan Adi pagi hari sebelum berangkat sekolah( eksplorasi, mengamati, patuh)
            Bersama teman kelompok, mengidentifikasi gambar/ benda sekitar siswa kegiatandi pagi hari sebelum berangkat sekolah( eksplorasi, elaborasi, menalar, mencoba) ( disiplin, tanggung jawab, patuh )
            Selesai kegiatan masing-masing perwakilan kelompok menceritakan sesuai hasil mengidentifikasi gambar/ benda  tentang kegiatanpagi hari sebelum bernagkat  sekolah secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana di depan kelas. Kelompok lain menyimak dan menanggapinya. (Elaborasi, konfirmasi, mencoba, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
            Guru membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat sekolah. ( eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, membentuk jejaring)
( Guru mengadakan penilaian unjuk kerja siswa)
150 menit
Penutup
        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (elaborasi, konfirmasi, menanya, jejaring)
15 menit
          Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) (elaborasi, konfirmasi, menanya)
        Melakukan penilaian hasil belajar
          Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
          Menjadi anak yang patuh pada tata tertib, merupakan cerminan anak yang berkarakter dan harus dipupuk setiap hari melalui kegiatan-kegiatan yang baik.
          Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
          Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
        Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dan mengingatkan agar selalu belajar di rumah.


            SUMBER DAN  MEDIA
          Diri siswa
          Guru
          Lingkungan keluarga/rumah
          Lingkungan sekolah/kelas
          Disajikan teks bacaan tentang Kegiatan Pagi Hari, (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 118).
          Gambar kegiatanAdipagi hari
          Disajikan teks bacaan tentang Penyebab Benda Bergerak, (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 120).
          Benda : mobil mainan (ukuran kecil),meja, kursi, pintu, dan benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
          Teks lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi” (tertulis pada kertas manila/ papan tulis)

            PENILAIAN
          Prosedur Penilaian
          Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
          Penilaian unjuk kerja
Menggunakan irubrik mengidentifikasi gambar/ benda, dan bercerita kegiatan pagi hari


No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan mengidentifikasi penyebab benda bergerak sesuai gambar/ benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
Siswa mampu mengidentifikasi 4 gambar/ benda atau lebih
Siswa mampu mengidentifikasi 3 gambar/ benda
Siswa mampu mengidentifikasi 2 gambar/ benda
Siswa belum mampu mengidentifikasi gambar/ benda
2.
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar/benda sekitar lingkungan sekolah/ kelas
Siswa mampu menceritakan urutan gambar/ benda dengan memenuhi 3 kriteria (lancar, berurutan dan percaya diri)
Memenuhi 2 dari 3 kriteria
Memenuhi 1 dari 3 kriteria
Belum mampu menceritakan urutan gambar/ benda


          Instrumen Penilaian
          Obyektif Tes (terlampir dan pada asesmen otentik)
        Daftar cek
        Isian singkat
          Subyektif  Tes (asesmen otentik)
        Esai atau uraian (LKS)



Mengetahui
Kepala Sekolah








__________________________
           NIP
Guru Kelas 1,









__________________________
               NIP



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar