RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
..............................................
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Kegiatanku (Kegiatanku Di Rumah)
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari (35 menit x 5 jp)
•
KOMPETENSI
INTI
•
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya s
•
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
•
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
•
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
•
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubh dan panca indra, wujud dan sifat benda
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.1Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan
sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
MATEMATIKA
3.9 Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan
suhu.
•
TUJUAN
•
Disajikan teks bacaan “Kegiatan Pagi Hari” (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 118), siswa dapat:
•
Menyimak pembacaan teks
bacaan yang dibacakan teman
•
Tanya jawab isi teks bacaan
•
Membaca teks bacaan dengan
intonasi dan lafal yang tepat
•
Bersama teman kelompok,
diskusi untuk mengidentifikasi kegiatan pagi hari di rumah.
•
Presentasi di depan kelas
bersama teman kelompok dengan menceritakan kegiatan pagi hari dirumah. kelompok
lain menyimak dan menanggapinya.
•
Menyebutkan kegiatan apa saja
yang dilakukan setelah bangun tidur pagi
hari di rumah
•
Guru membimbing siswa untuk bisa
menyampaikan pendapatnya terhadap kebiasaan bangun pagi di rumah, merapikan
tempat tidur, mandi, gosok gigi dan kegiatan
pagi hari lain .
•
Menuliskan kegiatan pagi
hari dirumah pada tabel kegiatan
•
Bersama teman kelompok
melakukan percakapan untuk menceritakan kegiatan pagi haridi rumah
·
Disajikan gambar
bagian-bagian tubuh Adi (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 119), siswa dapat:
·
Guru membimbing siswa untuk
bisa menyampaikan pendapatnya terhadap kebiasaan bangun pagi, merapikan tempat
tidur, dan kegiatan pagi hari di rumah yang lain
·
Guru membimbing siswa untuk
bisa menyampaikan pendapatnya terhadap cara merawat anggota tubuh pada kegiatan
pagi hari sebelum berangkat ke sekolah
di rumah.
·
Bersama teman kelompok,
mengisi nama bagian-bagian tubuh Adi sesuai
gambar.
·
Menyebutkan nama
bagian-bagian tubuhAdi , menceritakan kegiatan di pagi hari dirumah yang
menunjukkan mengenal waktu, secara tertulis berupa kata/kalimat sederhana
·
Disajikan permasalahan
tentang benda bergerak karena ada tarikan dan dorongan (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 120), siswa dapat:
· Mengamati
gambar dengan teliti
· Guru
membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap benda bergerak
karena adanya tarikan dan dorongan, mengaitkan dengan kegiatan siswa pagi hari
sebelum berangkat ke sekolah dengan
menggunakan alat transportasi : mobil, sepeda, dan sepeda motor
•
Membedakan gambar yang
melakukan kegiatan menarik dan mendorong benda secara tertulis dengan kalimat
sederhana
•
Menceritakan kembali
gambar-gambar di depan kelas dengan penuh percaya diri
•
Menyampaikan pendapat
penyebab benda bergeraj karena ada tarikan dan dorongan menggunakan bahasa yang
baik dan benar
· Guru
membimbing siswa untuk bisa menyampaikan pendapatnya terhadap benda bergerak
karena adanya tarikan dan dorongan, memberi contoh konkrit mendorong meja, kursi dan tas sekolah serta kegiatan tarikan
dan dorongan lain .
· Bersama
teman kelompok, diskusi untuk mengidentifikasi penyebab benda bergerak yang berkaitan dengan kegiatan persiapannya ke
sekolah pada pagi hari di rumah
•
Disajikan teks lagu anak “Setiap Hari Aku Bangun Pagi”, siswa dapat: :
•
mendengarkan contoh guru membawakan
lagu tersebut
•
mengamati contoh guru dalam
melakukan gerak berirama sambil menyanyikan lagu tersebut
•
bersikap santun kepada guru dan teman selama pembelajaran menyanyi
dan melakukan gerak berirama
•
menyanyikan lagu anak
dengan ekspresi dan lafal yang jelas
•
mempraktikkan
gerak berirama tanpa menggunakan musik
•
MATERI
BAHASA INDONESIA
•
Membaca teks bacaan dengan
intonasi yang benar
•
Menceritakan kembali isi
teks bacaan (lisan/tertulis)
•
Menulis kata/ kalimat
sederhana kegiatan pagi hari di rumah
•
Menceritakan kembali
kegaiatan pagi hari dirumah (
lisan/tulis)
•
Mengidentifkasi penyebab
benda bergerak karena ada tarikan dan dorongan
•
Menulis kata/ kalimat
sederhana hasil pengamatan penyebab benda bergerak
MATEMATIKA
•
Patuh pada
aturan dalam melakukan mengenal waktu sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan kegiatan dengan waktu pagi, siang, sore dan malam saat kegiatan
di rumah
•
Mengidentifikasi
kegiatandengan waktu yang sesuai
•
Menulis kata/ kalimat sederhana
kegiatan dengan waktu yang sesuai
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Picture and picture
Metode : Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi Dan Ceramah
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam
sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan
sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar dengan menyanyi lagu (Tangan Ke
Atas: tangan ke atas tangan ke samping tangan ke depan duduklah yang manis)
lalu mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak siswa untuk
berdinamika dengan menyanyikan lagu “Setiap
Hari Aku Bangun Pagi”
•
Tanya jawab kegiatan pagi
hari di rumah dan persiapan sebelum berangkat
sekolah
•
Menginformasikan Tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Kegiatanku” dan
sub tema “Kegiatan Pagi Hari”.
|
10
menit
|
Inti
|
•
Guru mengajak siswa
mensykuri karunia Tuhan telah diberi anggota tubuh yang sehat dan kuat
sehingga bisa mengikuti kegiatan
belajardi sekolah dengan penuh semangat dan suka cita
•
Siswa membaca teks bacaan
“Kegiatan Pagi Hari” (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 118), kegiatan pengembangan makna
belajar yang dapat dilakukan siswa adalah:
•
Menyimak pembacaan teks
bacaan yang dibacakan teman (elaborasi,
menyimak) (disiplin, tanggung jawab)
•
Tanya jawab isi teks
bacaan (elaborasi, menanya) (percaya diri, santun, peduli)
•
Siswa dibagi dalam
kelompok belajar berpasangan. Bersama teman pasangannya mengidentifikasi dan
menyebutkankegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat sekolah (eksplorasi,
elaborasi, menalar, mencoba) (santun,
disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
•
Seorang dari pasangan
menceriterakan hasil mengidentifikasi dan menyebutkan kegiatan pagi hari di
rumah sebelum berangkat sekolah,
pasangannya mendengarkan, kemudian berganti peran. (elaborasi, menalar, mencoba) (santun,
disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
•
Menyimak konfirmasi dari
guru hasil belajar berpasangan tentang kegiatan pagi hari di rumah sebelum
berangkat sekolah. (konfirmasi, menyimak, menanya) (santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri)
•
Membaca teks bacaan
dengan intonasi dan lafal yang tepat (elaborasi,
mencoba) (patuh, percaya diri)
•
bersama teman kelompok,
diskusi untuk mengidentifikasi kegiatan pagi hari di rumah sebelum berangkat
ke sekolah (elaborasi, eksplorasi,
menalar, menganalisis) (percaya diri,
disiplin, santun)
•
Menuliskan kegiatan pagi
hari di rumah sebelum berangkat sekolah pada tabel kegiatan bersama teman
kelompok melakukan percakapan untuk menceritakan kegiatan pagi hari sebelum
berangkat sekolah (elaborasi, mencoba, menyajikan, menyimpulkan, membuat jejaring)
•
Siswa mengamati gambar
kegiatan Adi sebelum berangkat
sekolah, kegiatan mengembangkan pemahaman yang dapat dilakukan siswa:
•
Guru membagi kelas
menjadi enam kelompok
•
Masing-masing kelompok
diberikan satu set gambar/ benda yang
menunjukkan kegiatan Adipagi hari di
rumah sebelum berangkat sekolah yang berkaitan dengan penyebab benda
bergerak
•
Mengamati gambar kegiatan
Adi pagi hari sebelum berangkat
sekolah( eksplorasi, mengamati, patuh)
•
Bersama teman kelompok,
mengidentifikasi gambar/ benda sekitar siswa kegiatandi pagi hari sebelum
berangkat sekolah( eksplorasi, elaborasi, menalar, mencoba) ( disiplin, tanggung
jawab, patuh )
•
Selesai kegiatan
masing-masing perwakilan kelompok menceritakan sesuai hasil mengidentifikasi gambar/
benda tentang kegiatanpagi hari
sebelum bernagkat sekolah secara
tertulis berupa kata/kalimat sederhana di depan kelas. Kelompok lain menyimak
dan menanggapinya. (Elaborasi, konfirmasi, mencoba,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
•
Guru membimbing siswa untuk
bisa menyampaikan pendapatnya terhadap kegiatan pagi hari di rumah sebelum
berangkat sekolah. ( eksplorasi, elaborasi, konfirmasi,
membentuk jejaring)
(
Guru mengadakan penilaian unjuk kerja siswa)
|
150
menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (elaborasi, konfirmasi, menanya,
jejaring)
|
15
menit
|
•
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) (elaborasi, konfirmasi, menanya)
•
Melakukan penilaian hasil
belajar
|
||
•
Membangun motivasi siswa
untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada
sesama manusia.
•
Menjadi anak yang patuh
pada tata tertib, merupakan cerminan anak yang berkarakter dan harus dipupuk
setiap hari melalui kegiatan-kegiatan yang baik.
•
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
•
Guru mengamati sikap
siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
•
Segera memberikan
nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam
berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
•
Guru menyampaikan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dan mengingatkan agar selalu
belajar di rumah.
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Diri siswa
•
Guru
•
Lingkungan keluarga/rumah
•
Lingkungan sekolah/kelas
•
Disajikan teks bacaan
tentang Kegiatan Pagi Hari, (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 118).
•
Gambar kegiatanAdipagi hari
•
Disajikan teks bacaan
tentang Penyebab Benda Bergerak, (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 120).
•
Benda : mobil mainan
(ukuran kecil),meja, kursi, pintu, dan benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
•
Teks lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi” (tertulis pada
kertas manila/ papan tulis)
•
PENILAIAN
•
Prosedur
Penilaian
•
Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
•
Penilaian
unjuk kerja
Menggunakan
irubrik mengidentifikasi gambar/ benda, dan bercerita kegiatan pagi hari
No.
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan mengidentifikasi penyebab
benda bergerak sesuai gambar/ benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
|
Siswa mampu mengidentifikasi 4 gambar/
benda atau lebih
|
Siswa mampu mengidentifikasi 3 gambar/
benda
|
Siswa mampu mengidentifikasi 2 gambar/
benda
|
Siswa belum mampu mengidentifikasi
gambar/ benda
|
2.
|
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar/benda
sekitar lingkungan sekolah/ kelas
|
Siswa mampu menceritakan urutan gambar/
benda dengan memenuhi 3 kriteria (lancar, berurutan dan percaya diri)
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteria
|
Belum mampu menceritakan urutan gambar/
benda
|
•
Instrumen
Penilaian
•
Obyektif
Tes (terlampir dan pada asesmen otentik)
•
Daftar cek
•
Isian singkat
•
Subyektif Tes (asesmen otentik)
•
Esai atau uraian (LKS)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
__________________________
NIP
|
Guru
Kelas 1,
__________________________
NIP
|