-->
RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 1 PMB 3 KELAS 1 SD MI

RPP TEMATIK TEMA 3 RKM 1 PMB 3 KELAS 1 SD MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDI Sabilillah
Kelas / semester         :  1 / 1
Tema / topik               :  Kegiatanku
Petemuan ke              :  3
Semester                     :  1  (satu)
Alokasi waktu            :  1 hari ( 4X35 menit)


·         KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

·         KOMPETENSI DASAR
P P K n
3.2   Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2   melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

MATEMATIKA
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat  bermain serta memeriksa kebenarannya.

·         TUJUAN
-          Disajikan teks bacaan “Jam Istirahat” (buku pembelajaran tematik halaman 109), siswa dapat:
-          Membaca lancar setiap kosakata dengan benar
-          Tanya jawab isi teks bacaan
-          Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan ketika istirahat
-          Belajar kelompok untuk diskusi tentang tata tertib pada saat istirahat
-          Presentasi tentang hasil diskusi kelompok secara bergantian
-          Dengan disajikan gambar tentang “pengurangan dan penjumlahan” (buku pembelajaran tematik halaman 110), siswa dapat:
-          Mengamati gambar dengan teliti
-          Menentukan jumlah gambar dengan benar
-          Menyebutkan bilangan asli sampai dengan 99 dengan benar
-          Menyelesaikan masalah tentang pengurangan dan penjumlahan terkait dengan aktivitas sehari-hari (dipisah, diberikan, hilang, pecah, dll) dengan cermat

·         MATERI
P P K n
-          Tata tertib di sekolah, khusunya pada saat istirahat (makan bekal dan bermain)
-          Hidup saling berbagi di sekolah (berbagi bekal)

  MATEMATIKA
-          Bilangan asli sampai dengan 99
-          Pengurangan terkait dengan aktivitas anak sehari-hari

·           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Direct Learning
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


·           KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-          Menyanyikan yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-          Bertanya tentang materi yang telah dipelajari
-          Menyanyikan lagu “aku anak sehat”
-          Tanya jawab tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
-          Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang “kegiatanku” dan sub tema “kegiatan di sekolah”
10 menit
Inti
-          Guru bersama siswa mensyukuri nikmat dari Tuhan berupa kesehatan
-          Perwakilan beberapa siswa membaca teks bacaan “jam istirahat” dengan suara yang nyaring dan intonasi yang benar
-          Menyimak pembacaan teks yang dibaca oleh temannya (menyimak)
-          Mengidentifikasi isi bacaan (tata tertib di sekolah) dengan teliti, khususnya pada waktu istirahat. (eskplorasi)
-          Guru bertanya tentang kegiatan yang dilakukan siswa ketika istirahat (misalnya makan bekal dan bermain).
-          Siswa secara berkelompok menyebutkan tata tertib ketika makan bekal dan bermain dengan benar. Terlampir LKS 1
-          Presentasi hasil kelompok pada LKS 1
-          Melalui kegiatan tersebut, guru menerapkan konsep tentang pengurangan (diambil, dimakan, diberikan)
-          Siswa menyanyikan lagu ”Tek Kotek Kotek” bersama guru dan mendiskusikan isi lagu bersama guru.
-          Membagi siswa menjadi  6 kelompok dengan masing-masing kelompok menyediakan makanan ringan sebagai media materi pengurangan (guru memberi contoh pengurangan di papan tulis)
-          Setiap kelompok mengerjakan tugas kelompok yang telah disediakan. Terlampir LKS 2
-          Presentasi hasil kelompok pada LKS 2
-          Apabila tugas tersebut sudah selesai, maka setiap kelompok
mengerjakan latihan membuat contoh operasi pengurangan dengan hasil yang sudah ditentukan oleh kelompok masing-masing. Terlampir LKS 3
-          Pengumpulan tugas LKS 3 untuk dinilai oleh guru
100 menit
Penutup
-          Mengerjakan buku pendamping matematika halaman 32 “melengkapi kalender”
-          Siswa menyimpulkan pelajaran pada hari ini
-          Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti
-          Mengajak siswa berdo’a
10 menit


·                    SUMBER DAN  MEDIA
-          Lingkungan sekolah
-          Teks bacaan
-          Lagu “tek kotek anak ayam”
-          Makanan ringan untuk penerapan konsep pengurangan

·                    PENILAIAN
-          Sikap setiap individu dalam belajar kelompok
-          Pengetahuan melalui tes tulis
-          Unjuk kerja (mempresentasikan tugas kelompok di depan kelas secara bergantian)




Mengetahui,
Kepala Sekolah




 

NIP: ………………..







Guru Kelas 1






NIP: ………………..













Lembar Kerja Siswa 1
 


Kelompok       :
Anggota kelompok :  1. …………..   3. …………    5. ……………
                                   2. …………..   4. …………    6. ……………
Ketika bel istirahat berbunyi, semua siswa kelas 1-C beristirahat, sebagian dari mereka ada yang makan bekal dan bermain. Sebutkan beberapa tata tertib ketika mereka sedang makan bekal dan bermain!
Tata tertib makan bekal, antara lain:
1.       ………………………………………………………………………
2.      ………………………………………………………………………
3.      ………………………………………………………………………
4.      ……………………………………………………………………….
5.      ……………………………………………………………………….

Tata tertib bermain, antara lain:
1.      ……………………………………………………………………….
2.      ………………………………………………………………………..
3.      ………………………………………………………………………..
4.      ………………………………………………………………………..
5.      …………………………………………………………………………

Lembar Kerja Siswa 1
 


Kelompok       :
Anggota kelompok :  1. …………..   3. …………    5. ……………
                                   2. …………..   4. …………    6. ……………
Ketika bel istirahat berbunyi, semua siswa kelas 1-C beristirahat, sebagian dari mereka ada yang makan bekal dan bermain. Sebutkan beberapa tata tertib ketika mereka sedang makan bekal dan bermain!
Tata tertib makan bekal, antara lain:
1.       ………………………………………………………………………
2.      ………………………………………………………………………
3.      ………………………………………………………………………
4.      ……………………………………………………………………….
5.      ……………………………………………………………………….

Tata tertib bermain, antara lain:
1.      ……………………………………………………………………….
2.      ………………………………………………………………………..
3.      ………………………………………………………………………..
4.      ………………………………………………………………………..

5.      …………………………………………………………………………




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar