RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDI Sabilillah
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : Kegiatanku
Petemuan ke : 3
Semester : 1 (satu)
Alokasi waktu : 1 hari ( 4X35 menit)
·
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
·
KOMPETENSI DASAR
P P K n
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 melaksanakan tata tertib di rumah dan
sekolah
MATEMATIKA
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda
benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya.
·
TUJUAN
-
Disajikan teks bacaan “Jam Istirahat” (buku pembelajaran tematik halaman
109), siswa dapat:
-
Membaca lancar setiap kosakata dengan benar
-
Tanya jawab isi teks bacaan
-
Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan ketika istirahat
-
Belajar kelompok untuk diskusi tentang tata tertib pada saat istirahat
-
Presentasi tentang hasil diskusi kelompok secara bergantian
-
Dengan disajikan gambar tentang “pengurangan dan penjumlahan” (buku
pembelajaran tematik halaman 110), siswa dapat:
-
Mengamati gambar dengan teliti
-
Menentukan jumlah gambar dengan benar
-
Menyebutkan bilangan asli sampai dengan 99 dengan benar
-
Menyelesaikan masalah tentang pengurangan dan penjumlahan terkait dengan
aktivitas sehari-hari (dipisah, diberikan, hilang, pecah, dll) dengan cermat
·
MATERI
P P K n
-
Tata tertib di sekolah, khusunya pada saat istirahat (makan bekal dan
bermain)
-
Hidup saling berbagi di sekolah (berbagi bekal)
MATEMATIKA
-
Bilangan asli sampai dengan 99
-
Pengurangan terkait dengan aktivitas anak sehari-hari
·
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Direct Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi Dan Ceramah
·
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
mengucap salam dan bertanya kabar siswa
-
Menyanyikan
yel-yel kelas untuk menambah semangat siswa dalam belajar
-
Bertanya
tentang materi yang telah dipelajari
-
Menyanyikan
lagu “aku anak sehat”
-
Tanya jawab
tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
-
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari yaitu tentang “kegiatanku” dan sub tema “kegiatan
di sekolah”
|
10 menit
|
Inti
|
-
Guru
bersama siswa mensyukuri nikmat dari Tuhan berupa kesehatan
-
Perwakilan
beberapa siswa membaca teks bacaan “jam istirahat” dengan suara yang nyaring
dan intonasi yang benar
-
Menyimak
pembacaan teks yang dibaca oleh temannya (menyimak)
-
Mengidentifikasi
isi bacaan (tata tertib di sekolah) dengan teliti, khususnya pada waktu
istirahat. (eskplorasi)
-
Guru
bertanya tentang kegiatan yang dilakukan siswa ketika istirahat (misalnya
makan bekal dan bermain).
-
Siswa secara
berkelompok menyebutkan tata tertib ketika makan bekal dan bermain dengan
benar. Terlampir LKS 1
-
Presentasi
hasil kelompok pada LKS 1
-
Melalui
kegiatan tersebut, guru menerapkan konsep tentang pengurangan (diambil,
dimakan, diberikan)
-
Siswa
menyanyikan lagu ”Tek Kotek Kotek” bersama guru dan mendiskusikan isi lagu
bersama guru.
-
Membagi siswa
menjadi 6 kelompok dengan
masing-masing kelompok menyediakan makanan ringan sebagai media materi
pengurangan (guru memberi contoh pengurangan di papan tulis)
-
Setiap
kelompok mengerjakan tugas kelompok yang telah disediakan. Terlampir LKS 2
-
Presentasi
hasil kelompok pada LKS 2
-
Apabila
tugas tersebut sudah selesai, maka setiap kelompok
mengerjakan latihan membuat contoh operasi pengurangan dengan hasil yang
sudah ditentukan oleh kelompok masing-masing. Terlampir LKS 3
-
Pengumpulan
tugas LKS 3 untuk dinilai oleh guru
|
100 menit
|
Penutup
|
-
Mengerjakan
buku pendamping matematika halaman 32 “melengkapi kalender”
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran pada hari ini
-
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti
-
Mengajak
siswa berdo’a
|
10 menit
|
·
SUMBER DAN MEDIA
-
Lingkungan sekolah
-
Teks bacaan
-
Lagu “tek kotek anak ayam”
-
Makanan ringan untuk penerapan konsep pengurangan
·
PENILAIAN
-
Sikap setiap individu dalam belajar kelompok
-
Pengetahuan melalui tes tulis
-
Unjuk kerja (mempresentasikan tugas kelompok di depan kelas secara
bergantian)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP: ………………..
|
Guru Kelas 1
NIP: ………………..
|
Lembar
Kerja Siswa 1
|
Kelompok :
Anggota kelompok : 1. ………….. 3.
………… 5. ……………
2. ………….. 4. ………… 6. ……………
Ketika bel
istirahat berbunyi, semua siswa kelas 1-C beristirahat, sebagian dari mereka
ada yang makan bekal dan bermain. Sebutkan beberapa tata tertib ketika mereka
sedang makan bekal dan bermain!
Tata tertib
makan bekal, antara lain:
1. ………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………
3. ………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………….
5. ……………………………………………………………………….
Tata tertib bermain, antara lain:
1. ……………………………………………………………………….
2. ………………………………………………………………………..
3. ………………………………………………………………………..
4. ………………………………………………………………………..
5. …………………………………………………………………………
Lembar
Kerja Siswa 1
|
Kelompok :
Anggota kelompok : 1. ………….. 3.
………… 5. ……………
2. ………….. 4. ………… 6. ……………
Ketika bel
istirahat berbunyi, semua siswa kelas 1-C beristirahat, sebagian dari mereka
ada yang makan bekal dan bermain. Sebutkan beberapa tata tertib ketika mereka
sedang makan bekal dan bermain!
Tata tertib
makan bekal, antara lain:
1. ………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………
3. ………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………….
5. ……………………………………………………………………….
Tata tertib bermain, antara lain:
1. ……………………………………………………………………….
2. ………………………………………………………………………..
3. ………………………………………………………………………..
5. …………………………………………………………………………