-->
TEMA 2 RKM 1 PMB 5

TEMA 2 RKM 1 PMB 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  1 / 1
Tema / Sub tema             :  2 Kegemaranku / 1. Gemar Berolahraga
Petemuan ke                     :  5
Semester                            :  1   (satu)
Alokasi waktu                   :  1 Hari


A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR

   BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra , wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah  untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah  untuk membantu penyajian

     MATEMATIKA
3.5 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)

     PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

     SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
4.7   Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu


C.      INDIKATOR

BAHASA INDONESIA
1.       Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian
2.       Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dipelajari
3.       Menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri

MATEMATIKA
1.       Mengukur jarak lompatan dengan melaksanakan alat ukur tidak baku
2.       Membandingkan jarak yang lebih panjang >< lebih pendek






PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Melakukan gerak lompat jauh dengan teknik yang benar

mengenal makanan sehat (mmSENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.       Menyanyikan lagu bertema olahraga dengan lancer dan percaya diri sesuai

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Dengan praktik langsung siswa mampu melakukan lompat jauh dengan teknik yang benar
2.       Dengan menggunakan alat ukur tidak baku  siswa mampu mengukur dan membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya
3.       Setelah mengukur siswa mampu membuat table data hasil pengamatan kegiatan
4.       Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyajikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri dan lancer sesuai ketrentuan
5.       Dengan bermain sambil bernyanyi siswa mampu mengikuti arahan atau petunjuk guru dengan benar


E.       MATERI

BAHASA INDONESIA
1.       Bacaan berupa teks deeskriptif “Berolahraga sambil Belajar Mengukur”

MATEMATIKA
1.       Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan alat ukur yang tidak baku
2.       Membandingkan jarak yang lebih panjang >< pendek

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Praktik gerak lompat jauh dengan tekhnik yang benar

mengenal makanan sehat (mmSENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.       Lagu bertema olahraga

F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Memberikan salam pembuka
2.       Menyapa dan menanyakan kabar
3.       Mengajak semua siswa berdo’a
4.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
5.       Mengajak siswa meneriakkan yel-yel
6.       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang kegiatan dalam berolahraga
7.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“PENGUKURAN DENGAN LOMPAT JAUH”
10 menit
Inti
1.       Menayangkan gambar tentang anak yang sedang melompat
2.       Siswa mengamati gambar  (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
3.       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati dan diberi kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjawab



4.       Siswa membuka buku paket halaman 19 tentang “Berolahraga sambil Belajar Mengukur”
5.       Siswa mendengarkan (menyimak) setiap kata yang dibacakan dengan baik
6.       Siswa menjawab pertanyaan  terkait dengan bacaan “Berolahraga sambil Mengukur”
7.       Siswa bersama-sama ke halaman / lapangan sekolah dan siswa diminta membawa buku siswa dan alat tulis
8.       Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok
9.       Siswa mendengarkan penjelasan kegiatan yang akan dilakukan yaitu melompat :
-          Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan
-          Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa melompat (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam melompat)
·         Jika ada siswa yang salah dalam melompat langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain

10.   Siswa  mengamati siswa lain dalam satu kelompoknya yang sedang melompat :
-          Setiap siswa yang melompat diamati oleh teman yang lain
-          Jika selesai melompat langsung diberi tanda silang dengan menggunakan kapur tulis
-          Semua siswa membandingkan hasil lompatannya dengan teman lain dalam satu kelompok
-          Hasil pengamatan ditulis di dalam buku siswa
-          Jika satu kelompok semua sudah melompat akan dilakukan kegiatan melompat satu kali lagi
Masing-masing siswa diminta untuk  mencatat hasil identifikasi (panjang lompatan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
-           
11.   Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh
12.   Siswa diminta berbaris rapi dan masuk ke dalam kelas
13.   Siswa mendengarkan pertanyaan yang dibacakan dari buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya
14.   Siswa diminta untuk menceritakan hasil jawabannya kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
15.   Siswa memperhatikan buku siswa halaman 21  teks lagu “ Basri Jago Kasti”
16.   Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Basri Jago kasti”
17.   Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Basri Jago Kasti”
18.   Siswa diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu “Basri Jago Kasti” secara berkelompok
150 menit
Penutup
1.       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar selama 1 hari
2.       Melakukan penilaian hasil belajar
3.       Mengajak semua siswa berdoa
4.       Memberika pesan untuk selalu rajin belajar
5.       Salam penutup

15 menit








H.                 SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan sekolah
·         Buku TematikKelas I
·         Gambar tentang anak yang sedang melompat


I.          PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja
2)    Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                                                       Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                                              




....................................................                                                           ...............................................                                                
NIP .............................................                                                            NIP  ........................................














RUBRIK PENILAIAN KEGIATAN MELOMPAT
NO
NAMA SISWA
KRITERIA
TOTAL
4
3
2
1















Ket :
Nilai 4    : Bila siswa dapat melakukan kegiatan melompat dengan sikap yang benar dan jarak terjauh
Nilai 3    : Bila siswa dapat melakukan kegiatan melompat dengan sikap yang benar dan jarak kurang jauh
Nilai 2    : Bila siswa dapat melakukan kegiatan melompat dengan sikap yang kurang benar dan jarak kurang jauh
Nilai 1    : Bila siswa dalam melakukan kegiatan melompat dengan sikap yang tidak benar dan jarak yang tidak jauh

NA : Total Skor x 100
                4

RUBRIK PENILAIAN DALAM KELOMPOK MENYANYI
NO
NAMA   KELOMPOK
KRITERIA
TOTAL
4
3
2
1















Ket :
Nilai 4    : Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
Nilai 3    : Setengah / lebih dari anggota kelompok berpartisipasi akti
Nilai 2    : Kurang dari setengah dari anggota kelompok berpartisipasi aktif
Nilai 1    : Semua anggota kelompok pasif

NA : Total Skor x 100
                4




LKS 1

Siswa harus melompat secara bergiliran dalam satu kelompok.
Lompatan pertama
Siswa yang melompat paling jauh
Siswa yang melompat paling dekat
Urutan melompat dari yang paling jauh
Urutan melompat dari yang paling dekat

















Lompatan kedua
Siswa yang melompat paling jauh
Siswa yang melompat paling dekat
Urutan melompat dari yang paling jauh
Urutan melompat dari yang paling dekat





















LKS 2

Siswa menyanyikan lagu “ Basri Jago Kasti “  secara berkelompok

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar