-->
TEMA 2 RKM 1 PMB4

TEMA 2 RKM 1 PMB4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan          :  SD
Kelas / semester               :  1 / 1
Tema / Sub Tema             :  KEGEMARANKU /
                                           GEMAR BEROLAHRAGA
Petemuan ke                    :  4
Semester                          :  1   (satu)
Alokasi waktu                 :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR

PPKn
2.1  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru sebagai perwujudan nilai dan moral pancasila
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada  tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2  Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan disekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih saying melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serrta peristiwa silam bahasa IOang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3.Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dehgan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud san sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.3  Menyampaikan teks terimakasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah  untuk membantu penyajian.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
1.2  Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.2  Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yamg dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
 PPKn
·        Menjelaskan sikap-sikap baik dalam suatu permainan olahraga
·        Menunjukkan sikap tertib

BAHASA INDONESIA
·        Menceritakan pengalaman setelah berolahraga
·        Mempraktikkan cara mengucapkan terimakasih
·        Menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesudah berolahraga

  PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
·        Melakukan gerak lokomotor (berlari)

   SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
·        Menyanyikan lagu “Terimaksih Guruku” dengan berani dan lancar.

D.    TUJUAN
1.      Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan apa yang dirasakan setelah berolahraga dengan tepat
2.      Dengan kegiatan praktik, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum berolahraga dengan cara memilih gambar yang tepat
3.      Dengan mendengarkan cerita siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun
4.      Dengan mempraktikkan dan bernyanyi siswa mampu mengucapkan terimakasih dengan santun
5.      Setelah memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terimakasih Guruku” dengan berani dan benar.

E.     MATERI

PPKn 

1.      Menghormati orang lain
2.      Menaati tata tertib / peraturan
3.      Menjaga sopan santun
4.      Mengucapkan terimakasih



BAHASA INDONESIA
1.      Membaca teks deskriptif  tentang manfaat olahraga
2.      Mengamati gambar organ tubuh seperti jantung dan paru-paru yang dihubungkan dengan berbagai kegiatan olahraga
3.      Menceritakan pengalaman berolahraga
4.      Mengucapkan terimakasih

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.      Berlari mengelilingi lapangan sebanyak 2 kali
2.      Mengamati perbedaan sebelum dan sesudah olahraga

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
1.      Menyanyikan lagu “Terimakasih Guruku” dengan berani dan benar

F.     PENDEKATAN & METODE

Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Examples Non Examples dan Role Playing
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah,

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.        Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.        Mengajak berdinamika dengan membuat yel yel kelas/yel-yel kelompok
4.        Mengajak Semua Siswa menyanyi  “ Terimakasih Guruku
5.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa harus selalu berterimakasih. Dan kapan harus mengucapkan terimakasih, bagaimana cara berterimakasih, kepada siapa saja kita harus mengucapkan terimakasih.
6.        Menginformasikan Sub  Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang  “OLAHRAGA KEGEMARANKU”
10 menit
Inti
1.       Guru bertanya siapa yang hari ini sudah melakukan olahraga, jenis olahraga apa dan apa yang dirasakan setelah melakukan olahraga (eksplorasi, menyimak, menalar, menjawab dan menanya)
a.       Mendengarkan jawaban siswa
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
c.       Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
d.      Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.

150 Menit

Mengamati  keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan tidaknya jawaban.



2.      Siswa diminta mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru
3.      Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang  olahraga kegemaranku ; buku siswa tema 2 kegemaranku halaman 14.(membaca, mendengar))
a.       Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
b.      Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
(penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
c.       Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
d.      Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar )
4.      Guru memberikan penjelasan bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat.
5.      Siswa diminta melakukan percobaan sederhana dengan memegang dada sebelah kiri tempat jantung berada dan mengamati napasnya masing-masing.
6.      Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan /amati (mengamati)


7.      Guru mengajak siswa keluar kelas dan meminta siswa untuk berlari keliling lapangan sebanyak 2 kali.
8.      Setelah kembali ke kelas siswa diminta untuk memegang dada sebelah kiri dan mengamati perbedaannya sebelum dan sesudah berlari serta mengamati perbedaan pada hembusan nafasnya sendiri (dikaitkan dengan bersyukur/berterimakasih pada Allah karena telah diberi kesehatan dst) (melakukan)
9.      Guru meminta siswa untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan sesudah berlari secara bergantian.
10.  Siswa  mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
11.  Siswa menyimpulkan kaitan antara olahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung mempunyai fungsi yang penting yaitu untuk memompa darah.(menyimpulkan)
12.  Guru meminta siswa untuk mengerjakan lembar kerja pengamatan (buku siswa halaman 16)
13.  Guru memotivasi siswa dengan memberi mereka ice breaking dengan gerakan-gerakan ringan
14.  Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
15.  Guru membacakan teks pendek (buku siswa halaman 17)
16.  Guru memancing siswa dalam kelompok untuk bertanya tentang sikap-sikap yang diperlukan saat barmain bulu tangkis bersama
17.  Guru meminta kelompok mendiskusikan jawaban yang tepat
18.  Guru meminta kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
19.  Guru bersama dengan siswa menyimpulkan sikap-sikap yang diperlukan saat barmain bulu tangkis : (menaati peraturan, menjaga sopan santun, menghormati orang lain, tidak curang, dll) dilanjutkan dengan menjelaskan sikap yang seharusnya dilakukan saat kita mendapatkan sesuatu (prestasi, bantuan, ucapan selamat, pujian dsb) dengan mengucapkan terimakasih
20.  Guru meminta siswa secara berpasangan untuk memerankan situasi tertentu  (contoh: satu orang sebagai juara bulu tangkis) dan lainnya memberikan ucapan selamat.
21.  Guru meminta pasangan lainnya secara bergantian untuk bermain peran berdasarkan situasi tertentu yang telah tentukan oleh keduanya.
22.  Siswa diminta untuk mengamati gambar sikap yang baik saat berolahraga (buku siswa halaman 17)

Penutup
1.        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit

2.        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) dilanjutkan dengan menyanyikan kembali lagu :Terimakasih Guruku” secara bersama-sama
3.        Melakukan penilaian hasil belajar

4.        Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


·         Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·         Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan

SUMBER DAN  MEDIA
1. Diri anak
2. Lingkungan keluarga
3. Lingkungan sekolah
4. Buku Tematik Kelas I

PENILAIAN
        Prosedur Penilaian
1. Penilain Proses/kinerja
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

2. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
         Instrumen Penilaian (terlampir)


                                  Mengetahui                                         Guru Kelas 1
                                  Kepala Sekolah,                                                         

..................................................                      .................................................
Nip. .............................................                   Nip.  ........................................


Lampiran
INSTRUMEN PENILAIAN (ASSESSMENT AUTENTIC)
PENILAIAN NON TES:
A.        Penilaian Kinerja
1.         Kinerja dalam Melakukan kegiatan berlari dan menceritakan hasil pengamatan
No.
Nama Peserta Didik
Kriteria
1.      Partisipasi siswa mengikuti kegiatan berlari
2.      Kemampuan siswa menceritakan hasil pengamatan
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
1





2





3





4





5






2.         Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok dan presentasi
No
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Penguasaan materi
Kerjasama
Keaktifan
Keberanian
Antusias





















Keterangan Skor :                           
Penguasaan materi:                                                                 Kerjasama :                                        
1 = Kurang menguasai                                                            1= Kerjasama kurang                         
2 = Cukup menguasai                                                             2= Kerjasama cukup      
3 = Menguasai dengan baik                                                    3= Kerjasama baik     
4 = Menguasai dengan sangat baik                                         4= Kerjasama sangat baik                                                      

Keberanian:                                                                             Keaktifan:
1 = Tidak ada keberanian                                                        1= Kurang aktif
2 = Kurang berani                                                                   2= Cukup aktif
3 = Berani                                                                               3= Aktif
4 = Sangat berani                                                                    4= Sangat aktif
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol

Skor maksimal=20

                        Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                        Skor Maksimal
B.        Penilaian Hasil Belajar
            1. Penilaian tulis (buku siswa halaman 16 dan 17)
            2. Penilaian lisan (kapan dan cara mengucapkan terimakasih dari kegiatan bermain peran)
LAMPIRAN DINAMIKA
  1. LAGU TERIMAKASIH GURUKU
  2. YEL YEL KELOMPOK
GURU MENYEBUT :           KELOMPOK  1 (Bulu Tangkis),    JAWAB KLPK  1 : Sehat         
                                                KELOMPOK  2 (Basket)                                           2 : Kuat
                                                KELOMPOK 3 (Lari pagi)                                         3 : Semangat
                                                KELOMPOK  4 (Bersepeda)                                     4 : Oyee          
KELOMPOK  5 (Sepak Bola)                                    5 : Jaya

KELAS..............(sesuai nama kelas).....LUAR BIASA.





Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar