RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
pendidikan : SD
Kelas
/ semester : 1 / 1
Tema
/ Sub Tema : KEGEMARANKU /
GEMAR BEROLAHRAGA
Petemuan
ke : 4
Semester : 1
(satu)
Alokasi
waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru sebagai perwujudan nilai dan moral
pancasila
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan disekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
BAHASA
INDONESIA
2.3 Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih saying melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda,
serrta peristiwa silam bahasa IOang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.3.Mengenal teks terima kasih
tentang sikap kasih sayang dehgan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
3.2 Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud san
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
4.3 Menyampaikan
teks terimakasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tertulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan
berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru
selama pembelajaran penjas
4.1 Mempraktikkan
pola gerak dasar lokomotor yamg dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh,
ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
SENI,
BUDAYA, DAN PRAKARYA
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR
PPKn
·
Menjelaskan sikap-sikap baik dalam suatu
permainan olahraga
·
Menunjukkan sikap tertib
BAHASA
INDONESIA
·
Menceritakan pengalaman setelah berolahraga
·
Mempraktikkan cara mengucapkan terimakasih
·
Menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesudah
berolahraga
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
·
Melakukan gerak lokomotor (berlari)
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
·
Menyanyikan lagu “Terimaksih Guruku” dengan
berani dan lancar.
D. TUJUAN
1.
Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan apa yang
dirasakan setelah berolahraga dengan tepat
2.
Dengan kegiatan praktik, siswa mampu menjelaskan
perbedaan tubuh sebelum berolahraga dengan cara memilih gambar yang tepat
3.
Dengan mendengarkan cerita siswa mampu menjelaskan
sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun
4.
Dengan mempraktikkan dan bernyanyi siswa mampu mengucapkan
terimakasih dengan santun
5.
Setelah memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu
menyanyikan lagu “Terimakasih Guruku” dengan berani dan benar.
E. MATERI
PPKn
1.
Menghormati orang lain
2.
Menaati tata tertib / peraturan
3.
Menjaga sopan santun
4.
Mengucapkan terimakasih
BAHASA INDONESIA
1.
Membaca teks deskriptif tentang manfaat olahraga
2.
Mengamati gambar organ tubuh seperti jantung dan
paru-paru yang dihubungkan dengan berbagai kegiatan olahraga
3.
Menceritakan pengalaman berolahraga
4. Mengucapkan
terimakasih
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Berlari mengelilingi lapangan sebanyak 2 kali
2.
Mengamati perbedaan sebelum dan sesudah olahraga
SENI
BUDAYA DAN PRAKARYA
1.
Menyanyikan lagu “Terimakasih Guruku” dengan berani dan
benar
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Examples Non Examples dan Role
Playing
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah,
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan membuat yel yel kelas/yel-yel kelompok
4.
Mengajak Semua Siswa menyanyi “ Terimakasih Guruku”
5.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa harus selalu berterimakasih. Dan kapan harus mengucapkan terimakasih,
bagaimana cara berterimakasih, kepada siapa saja kita harus mengucapkan
terimakasih.
6.
Menginformasikan Sub
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “OLAHRAGA
KEGEMARANKU”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya siapa yang hari ini sudah melakukan olahraga,
jenis olahraga apa dan apa yang dirasakan setelah melakukan olahraga (eksplorasi, menyimak, menalar, menjawab
dan menanya)
a. Mendengarkan
jawaban siswa
b. Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
c. Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
d. Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
|
150 Menit
|
Mengamati keberanian siswa dalam menjawab dan sikap
siswa dalam memberikan klarifikasi
tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
||
2.
Siswa diminta mendiskusikan jawaban-jawaban yang
diungkapkan dengan bimbingan guru
3.
Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang olahraga kegemaranku ; buku siswa tema 2
kegemaranku halaman 14.(membaca,
mendengar))
a. Diawali
dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya,
dan kata-kata yang dibaca (mengamati/
mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
b. Selanjutnya
menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
(penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa membaca sekaligus menilai keberanian dan
kebenaran dalam membaca)
c. Jika
ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum
dilanjutkan kepada siswa yang lain
d. Bertanya
jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
4.
Guru memberikan penjelasan bagaimana olahraga membuat
tubuh kita sehat.
5.
Siswa diminta melakukan percobaan sederhana dengan
memegang dada sebelah kiri tempat jantung berada dan mengamati napasnya
masing-masing.
6.
Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan /amati
(mengamati)
|
||
7.
Guru mengajak siswa keluar kelas dan meminta siswa
untuk berlari keliling lapangan sebanyak 2 kali.
8.
Setelah kembali ke kelas siswa diminta untuk memegang
dada sebelah kiri dan mengamati perbedaannya sebelum dan sesudah berlari
serta mengamati perbedaan pada hembusan nafasnya sendiri (dikaitkan dengan
bersyukur/berterimakasih pada Allah karena telah diberi kesehatan dst) (melakukan)
9.
Guru meminta siswa untuk menceritakan perbandingan
hasil pengamatan sebelum dan sesudah berlari secara bergantian.
10. Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya
dengan bimbingan guru.
11. Siswa
menyimpulkan kaitan antara olahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita
supaya kuat. Jantung mempunyai fungsi yang penting yaitu untuk memompa darah.(menyimpulkan)
12. Guru
meminta siswa untuk mengerjakan lembar kerja pengamatan (buku siswa halaman
16)
13. Guru
memotivasi siswa dengan memberi mereka ice breaking dengan gerakan-gerakan
ringan
14. Guru
membagi siswa menjadi 6 kelompok
15. Guru
membacakan teks pendek (buku siswa halaman 17)
16. Guru
memancing siswa dalam kelompok untuk bertanya tentang sikap-sikap yang
diperlukan saat barmain bulu tangkis bersama
17. Guru
meminta kelompok mendiskusikan jawaban yang tepat
18. Guru
meminta kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya.
19. Guru
bersama dengan siswa menyimpulkan sikap-sikap yang diperlukan saat barmain
bulu tangkis : (menaati peraturan, menjaga sopan santun, menghormati orang
lain, tidak curang, dll) dilanjutkan dengan menjelaskan sikap yang seharusnya
dilakukan saat kita mendapatkan sesuatu (prestasi, bantuan, ucapan selamat,
pujian dsb) dengan mengucapkan terimakasih
20. Guru
meminta siswa secara berpasangan untuk memerankan situasi tertentu (contoh: satu orang sebagai juara bulu
tangkis) dan lainnya memberikan ucapan selamat.
21. Guru
meminta pasangan lainnya secara bergantian untuk bermain peran berdasarkan
situasi tertentu yang telah tentukan oleh keduanya.
22. Siswa
diminta untuk mengamati gambar sikap yang baik saat berolahraga (buku siswa
halaman 17)
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) dilanjutkan dengan menyanyikan
kembali lagu :Terimakasih Guruku” secara bersama-sama
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
||
·
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang
sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
SUMBER DAN
MEDIA
1. Diri
anak
2. Lingkungan
keluarga
3. Lingkungan
sekolah
4. Buku
Tematik Kelas I
PENILAIAN
Prosedur
Penilaian
1. Penilain
Proses/kinerja
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
2. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
Instrumen
Penilaian (terlampir)
Mengetahui Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................. .................................................
Nip.
............................................. Nip.
........................................
Lampiran
INSTRUMEN
PENILAIAN (ASSESSMENT AUTENTIC)
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja
dalam Melakukan kegiatan berlari dan menceritakan hasil pengamatan
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Kriteria
|
|||
1. Partisipasi siswa mengikuti kegiatan berlari
|
2.
Kemampuan siswa
menceritakan hasil pengamatan
|
||||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
2. Penilaian
Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok dan presentasi
No
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Penguasaan materi
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
Keterangan Skor :
Penguasaan materi: Kerjasama
:
1 = Kurang
menguasai 1=
Kerjasama kurang
2 = Cukup
menguasai 2=
Kerjasama cukup
3 = Menguasai
dengan baik 3=
Kerjasama baik
4 = Menguasai
dengan sangat baik 4=
Kerjasama sangat baik
Keberanian: Keaktifan:
1 = Tidak ada
keberanian 1=
Kurang aktif
2 = Kurang berani 2=
Cukup aktif
3 = Berani 3=
Aktif
4 = Sangat berani 4=
Sangat aktif
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi
kurang kontrol
4 = Antusias dan
terkontrol
Skor maksimal=20
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
B. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Penilaian tulis (buku siswa halaman 16 dan 17)
2.
Penilaian lisan (kapan dan cara mengucapkan terimakasih dari kegiatan bermain
peran)
LAMPIRAN DINAMIKA
- LAGU
TERIMAKASIH GURUKU
- YEL
YEL KELOMPOK
GURU
MENYEBUT : KELOMPOK 1 (Bulu Tangkis), JAWAB KLPK
1 : Sehat
KELOMPOK 2 (Basket) 2 : Kuat
KELOMPOK 4 (Bersepeda) 4 : Oyee
KELOMPOK 5 (Sepak
Bola) 5
: Jaya
KELAS..............(sesuai nama kelas).....LUAR BIASA.