RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Tema / topik : My House
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi
sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta / memberi jasa / barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan
yang tepat yang melibatkan kata frase, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.4 Mendengarkan dan
menuliskan kembali
2.2.4 Menyebutkan benda-benda dirumah sesuai gambar
3.1.4 Membaca
bacaan tentang benda-benda dirumah
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengetahui macam-macam ruangan dan benda dirumah dengan percaya
diri
2. Dengan penjelasan dari
guru, siswa dapat menuliskan kalimat sederhana tentang ruangan-ruangan beserta
benda-bendanya di rumah dengan percaya diri
3. Dengan
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membaca dengan benar dan penuh percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Verb (Kata kerja)
1. Membaca : read
2. Menulis : write
3. Makan : eat
4. Memasak : cook
5. Mendengarkan : listen
6. Menonton : watch
7. Mencuci : wash
8. Minum : drink
9. Menyapu : sweep
10. Tidur : sleep
11. Belajar : study
12. Mandi : take a bath
13. Menggosok gigi : brush teeth
Pertemuan 2
Simple Present Continuous
(+) Subject
+ to be + Verb + ing
(-) Subject
+ to be + not + Verb + ing.
(?) To be +
Subject + Verb +ing ?
|
||
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar benda-benda dirumah
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel
kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna
belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk
yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan
khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan terkait
dengan “rumah” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena memiliki rumah
yang layak.
•
Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru mengingatkan lagi tentang
bagian-bagian dari rumah beserta benda-benda didalamnya, sebagai awal kegiatan.
2. Setelah siswa mengingatnya,
guru memberikan pertanyaan:.
• Apa saja kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di rumah?
Guru memberikan kesempatan siswa untuk
berpendapat.
(mencoba,
percaya diri)
3. Guru menyampaikan
bahwa pertemuan kali ini akan mempelajari tentang Verb atau kata kerja. Guru
menyalin beberapa kata kerja yang sudah disebutkan oleh siswa seperti; study,
sleep, sweep, read, listen, watch, etc. Guru juga menyinggung tentang kalimat
Simple Present Continuous. Rumusnya adalah Subject + to be + Verb + ing.
Beserta rumus kalimat negative dan interrogative. Guru memberikan beberapa
contoh serta mencoba pemahaman siswa dengan kata-kata yang berhubungan dengan
rumah seperti; I am studying in the bedroom. Atau; My mother is cooking in
the kitchen.
(mencoba, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan, elaborasi, percaya
diri)
4. Siswa menyalin
pada buku catatan mereka masing-masing.
5. Siswa dengan
bimbingan guru mengulang lagi bermacam-macam verb atau kata kerja. Guru
bertanya secara klasikal dan acak, memastikan bahwa siswa bisa memahami
materi. Setelah itu, guru memberitahukan kalau akan mengadakan Evaluasi Mendengarkan
/ Listening Test. Mekanismenya adalah guru akan mengucapakan sebuah kalimat,
siswa diminta untuk menuliskannya kembali. (mencoba, patuh, percaya diri).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal
perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
•
Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam
kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajukan pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya
selalu rajin belajar di rumah.
•
Mengajak siswa
untuk bermain kosakata. Guru membagi siswa secara berkelompok. Dari tiap
kelompok itu diminta menuliskan macam-macam kosakata tentang benda-benda di
rumah sebanyak-banyaknya. Kelompok dengan kosakata terbanyak, dialah yang
menjadi pemenang.
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru
memberitahukan dengan begitu, siswa sudah mengingat-ingat macam-macam benda
di rumah. Guru juga
membahas apabila ada penulisan yang kurang tepat. Sekaligus mengingat artinya
pula. (mengamati, mencoba, percaya diri)
2. Guru memberitahukan
bahwa pertemuan kali ini akan mengadakan Evaluasi Membaca / Reading Test. Siswa
yang belum mendapat giliran akan berlatih mengubah bentuk kalimat Simple
Present Continuous. Guru mengulas lagi tentang perubahannya dari kalimat
positif, kalimat negative dan kalimat interrogative. Guru mencoba praktek
secara lisan. (mengkomunikasikan, elaborasi, mencoba, konfirmasi, percaya diri)
3. Guru memberikan kesempatan
bagi siswa yang ingin bertanya.
4. Guru meminta siswa membuka buku paket
halaman 14. Bacaan dengan Judul Suneo’s Life yang akan dijadikan untuk
penilaian Evaluasi Membaca. Guru memberikan contoh dengan membacakannya
terlebih dahulu. Setelah itu guru membaca dan siswa menirukan. Guru sekaligus
memantau pelafalan siswa, apabila ada yang kurang sesuai guru memberitahukan
pelafalan yang benar. Lalu guru membimbing siswa untuk menterjemahkannya.
Soal yang ada juga dikerjakan oleh siswa yang belum dipanggil. (mengkomunikasikan)
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru memberitahuakan pertemuan berikutnya akan belajar
macam-macam kata kerja.
• Guru memberitahukan juga bahwa pertemuan berikutnya akan mengambil
nilai membaca dan berbicara.
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H. PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
- Keterampilan Mendengarkan : Tes Tulis
- Keterampilan Membaca : Tes Lisan
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Kriteria
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema
: My House
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian
tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Keterampilan
Membaca
Bahasa Inggris
Tema
: My House
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau lebih
dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah
isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama
sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks
dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih
isi teks dibaca lancar
|
Kurang dari setengah
isi teks dibaca lancar
|
Belum dapat membaca
lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan tidak
sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Soal Listening Test:
1. The television is in the livingroom.
2.The blanket is on the bed.
3. I am brushing teeth in the bathroom.
4. The doormat is in front of the door.
5. My father is drinking a cup of tea.
6. I am studying in the bedroom.
7. The frying pan is on the stove.
8. She is eating a bowl of noodle.
9. There are six plates and six spoons on the table.
10. There are two pillows and a bolster on the bed.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Ummul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy Sudarmono, ST
NIP