RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema / topik : Numbers
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan
menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas.
8.01
Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima kasih dengan tanda baca yang
benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
5.2.4
Mendengarkan kata-kata tentang angka.
8.1.4
Menuliskan kata-kata tentang angka
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
memahami penggolongan
angka dengan benar dSan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu menuliskan kembali kata-kata
yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Numbers
One, two, three, four, etc…
1st : first
2nd : second
3rd : third
4th : fourth
3. Math signs: +
(Plus)
-
( Minus)
X ( Multiplied by / times)
: ( Divided by)
=
(Equals / is)
Pertemuan
2
Penggunaaan
Angka
Cardinal number / angka biasa dipakai untuk menyatakan jumlah atau umur.
Ordinal number / angka bertingkat dipakai untuk :
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kartu
angka / Number Cards
Video
Benda-benda
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati
peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·
Guru mengadakan games
“Guest the number”.
Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk.
Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan
beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi tentang Numbers/angka.
Guru mengadakan pretest untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat penulisan angka
yang pernah mereka pelajari di kelas 3. Guru mengucapkan soal secara cepat
dan siswa menuliskan jawabannya dalam Bahasa Inggris. (mencoba, percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang angka adalah siswa dapat
lebih memahami penulisan dan
pengucapan angka baik cardinal maupaun ordinal secara baik dan benar.
Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa ada banyak angka yang kita kenal?
Serta bagaimana apabila dalam hidup ini kita cuma mengenal beberapa
angka saja? Guru memberikan kesempatan siswa
untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa.
(
mengkomunikasikan, bertanya, patuh, percaya diri)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu mengucapkan dan menuliskan kosakata tentang angka biasa atau angka bertingkat dengan benar.
(mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru memimbing siswa membaca Cardinal and Ordinal number pada
hal. 19-20 secara bersama-sama. Memberikan pembetulan apabila ada pengucapan
siswa yang salah. Kemudian guru menjelaskan tentang perbedaan cardinal dan
ordinal number, seperti perubahan-perubahan cara penulisannya, seperti dari 3 ke 13 lalu ke 30 juga angka 4 ke 14
lalu ke 40. Begitu juga pemakaian st, nd, rd dan th pada ordinal numbers.
Kemudian guru meminta siswa untuk berlatih menulis beberapa angka baik
cardinal maupun ordinal pada buku mereka masing-masing. Kemudian membimbing
pembahasannya. Setelah itu, guru meminta siswa untuk
mengamati Math Signs atau tanda operasional untuk matematika pada hal. 20.
Kemudian guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan counting atau
menghitung pada hal. 21. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
tentang pemaiakan Ordinal Number, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha
untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimentaati peraturan sekolah dengan memakai
seragam lengkap sesuai harinya.
·
Guru mengadakan games
“Guest the number”.
Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk.
Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan
beberapa pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulangi lagi tentang macam-macam angka dalam berbagai kalimat untuk mengetahui
perbedaan pemakaian angka. (mengkomunikasikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pemakaian angka
adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat tentang angka dengan benar.
·
Guru memutarkan video
tentang ordinal number. Siswa diminta untuk memperhatikannya. Setelah
menonton video tersebut, guru memberikan pertanyaan terkait dengan isi video.
Guru melatih kemampuan dan keberanian siswa untuk menyusu kalimat secara
lisan.
(menyajikan,
mengkomunikasikan, mencoba, patuh, sopan)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu memilih dan
menuliskan angka baik cardinal maupun ordinal. (mengkomunikasikan,
elaborasi)
·
Guru menjelaskan tentang pemakaian cardinal number yang
hanya dipakai untuk menyatakan jumlah dan umur. Sedangkan ordinal number biasa dipakai untuk
penyatakan kelas seperti: I am in the fourth grade. Kemudian untuk penulisan
tanggal seperti: Today is January 13th. Berikutnya adalah untuk
pemenang atau juara seperti: He is the 1st winner. Juga untuk
menyatakan urutan/posisi seperti: She is the 2nd child. Juga untuk
gedung bertingkat, seperti: My classroom is in the 2nd floor. Guru
membimbing siswa untuk berlatih membuat dan mengartikan kalimat yang berisi
berbagai macam angka terutama angka bertingkat. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Guru mengambil nilai mendengarkan atau Listening Test. Guru menuliskan 10 angka dipapan
tulis. 5 angka biasa dan 5 angka bertingkat. Siswa diminta untuk
menuliskannya pada lembar kerja siswa. Setelah itu siswa diminta untuk
memberikan nomor urut sesuai angka yang dibacakan guru. Jadi guru
membacakannya secara acak dan tidak urut. Kemudian siswa yang mengurutkannya.
Setelah
itu, guru mengadakan tes menulis atau Writing Test. Siswa diminta untuk
mengubah bentuk angka kedalam bentuk tulisan.
(mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang numbers, memotivasi siswa supaya rajin
belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Listening Test : Tes Tulis
2.
Writing Test : Test Tulis
Kriteria
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema : Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Soal Listening
Test
31 20th
70 31st
101 42nd
83 53rd
52 11th
Number 1 is seventy
Number 2 is fifty two
Number 3 is thirty one
Number 4 is eighty three
Number 5 is one hundred and one
Number 6 is eleventh
Number 7 is fortysecond
Number 8 is twentieth
Number 9 is fifty third
Number 10 is thirty first
Soal Writing
Test
Counting and
translate into English!
1.
13 + 15 = ... 6.
9 x 5 = ...
2.
48 + 12 = ... 7.
80 : 4 = ...
3.
85 – 29 = ... 8.
99 : 11 = ...
4.
90 – 31 = ... 9.
32 + 67 = ...
5.
7 x 8 = ... 10.
78 – 24 = ...
Key Answers:
1.
Thirteen plus fifteen equals twenty eight.
2.
Forty eight plus twelve equals sixty.
3.
Eighty five minus twenty nine is fifty six.
4.
Ninety minus thirty one is fifty nine.
5.
Seven multiplied by eight is fifty six.
6.
Nine times to five is forty five.
7.
Eighty divided by four is twenty.
8.
Ninety nine divided by eleven equals nine.
9.
Thirty two plus sixty seven is ninety nine.
10.
Seventy minus twenty four equals fifty four.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T