-->
RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Numbers
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
8.01 Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda  baca yang benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
5.2.4 Mendengarkan kata-kata tentang angka.
8.1.4 Menuliskan kata-kata tentang angka

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat memahami penggolongan angka dengan benar dSan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kembali kata-kata yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

Numbers

  1. Cardinal Number : angka biasa
One, two, three, four, etc…
  1. Ordinal Number  : angka bertingkat
1st        : first
2nd        : second
3rd        : third
4th        : fourth
      3. Math signs:  +    (Plus)
           -    ( Minus)
                X   ( Multiplied by / times)
                 :    ( Divided by)
                 =   (Equals / is)


Pertemuan 2
Penggunaaan Angka

Cardinal number / angka biasa dipakai untuk menyatakan jumlah atau umur.
Ordinal number / angka bertingkat dipakai untuk :
  1. Penulisan tanggal / date
  2. Penulisan kelas / grade
  3. Juara / winner
  4. Urutan / position
  5. Sesuatu yang bertingkat
 



                                                                                                



E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture
F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kartu angka / Number Cards
Video      
Benda-benda

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Numbers/angka. Guru mengadakan pretest untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat penulisan angka yang pernah mereka pelajari di kelas 3. Guru mengucapkan soal secara cepat dan siswa menuliskan jawabannya dalam Bahasa Inggris. (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang angka adalah siswa dapat lebih memahami penulisan dan pengucapan angka baik cardinal maupaun ordinal secara baik dan benar. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa ada banyak angka yang kita kenal? Serta bagaimana apabila dalam hidup ini kita cuma mengenal beberapa angka saja? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa.
( mengkomunikasikan, bertanya, patuh, percaya diri)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu mengucapkan dan menuliskan kosakata tentang angka biasa atau angka bertingkat dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memimbing siswa membaca Cardinal and Ordinal number pada hal. 19-20 secara bersama-sama. Memberikan pembetulan apabila ada pengucapan siswa yang salah. Kemudian guru menjelaskan tentang perbedaan cardinal dan ordinal number, seperti perubahan-perubahan cara penulisannya, seperti dari 3 ke 13 lalu ke 30 juga angka 4 ke 14 lalu ke 40. Begitu juga pemakaian st, nd, rd dan th pada ordinal numbers. Kemudian guru meminta siswa untuk berlatih menulis beberapa angka baik cardinal maupun ordinal pada buku mereka masing-masing. Kemudian membimbing pembahasannya. Setelah itu, guru meminta siswa untuk mengamati Math Signs atau tanda operasional untuk matematika pada hal. 20. Kemudian guru membimbing siswa untuk mengerjakan latihan counting atau menghitung pada hal. 21. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan.
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang pemaiakan Ordinal Number, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimentaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru mengulangi lagi tentang macam-macam angka dalam berbagai kalimat untuk mengetahui perbedaan pemakaian angka. (mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pemakaian angka adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat tentang angka dengan benar.
·      Guru memutarkan video tentang ordinal number. Siswa diminta untuk memperhatikannya. Setelah menonton video tersebut, guru memberikan pertanyaan terkait dengan isi video. Guru melatih kemampuan dan keberanian siswa untuk menyusu kalimat secara lisan.
(menyajikan, mengkomunikasikan, mencoba, patuh, sopan)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu memilih dan menuliskan angka baik cardinal maupun ordinal. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru menjelaskan tentang pemakaian cardinal number yang hanya dipakai untuk menyatakan jumlah dan umur. Sedangkan ordinal number biasa dipakai untuk penyatakan kelas seperti: I am in the fourth grade. Kemudian untuk penulisan tanggal seperti: Today is January 13th. Berikutnya adalah untuk pemenang atau juara seperti: He is the 1st winner. Juga untuk menyatakan urutan/posisi seperti: She is the 2nd child. Juga untuk gedung bertingkat, seperti: My classroom is in the 2nd floor. Guru membimbing siswa untuk berlatih membuat dan mengartikan kalimat yang berisi berbagai macam angka terutama angka bertingkat. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Guru mengambil nilai mendengarkan atau Listening Test. Guru menuliskan 10 angka dipapan tulis. 5 angka biasa dan 5 angka bertingkat. Siswa diminta untuk menuliskannya pada lembar kerja siswa. Setelah itu siswa diminta untuk memberikan nomor urut sesuai angka yang dibacakan guru. Jadi guru membacakannya secara acak dan tidak urut. Kemudian siswa yang mengurutkannya. Setelah itu, guru mengadakan tes menulis atau Writing Test. Siswa diminta untuk mengubah bentuk angka kedalam bentuk tulisan.
 (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang numbers, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


H. Penilaian
            1. Listening Test         : Tes Tulis
            2. Writing Test            : Test Tulis

Kriteria Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema : Numbers

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit

No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Waktu
Skor
Nilai
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10







Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema Numbers

Kriteria 
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit

No
Name
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kepercayaan diri
Waktu
Skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10










Soal Listening Test

31                                20th
70                                31st
101                              42nd
83                                53rd
52                                11th

Number 1 is seventy
Number 2 is fifty two
Number 3 is thirty one
Number 4 is eighty three
Number 5 is one hundred and one
Number 6 is eleventh
Number 7 is fortysecond
Number 8 is twentieth
Number 9 is fifty third
Number 10 is thirty first

Soal Writing Test
Counting and translate into English!
1. 13 + 15 = ...                                     6. 9 x 5 = ...
2. 48 + 12 = ...                                     7. 80 : 4 = ...
3. 85 – 29 = ...                                     8. 99 : 11 = ...
4. 90 – 31 = ...                                     9. 32 + 67 = ...
5. 7 x 8 = ...                                         10. 78 – 24 = ...

Key Answers:
1. Thirteen plus fifteen equals twenty eight.
2. Forty eight plus twelve equals sixty.
3. Eighty five minus twenty nine is fifty six.
4. Ninety minus thirty one is fifty nine.
5. Seven multiplied by eight is fifty six.
6. Nine times to five is forty five.
7. Eighty divided by four is twenty.
8. Ninety nine divided by eleven equals nine.
9. Thirty two plus sixty seven is ninety nine.
10. Seventy minus twenty four equals fifty four.



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar