RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema / topik : Numbers
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
6. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
7. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
6.01 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
secara berterima.
7.01
Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
6.1.4
Mengucapkan kata-kata tentang angka Cardinal maupun
Ordinal.
7.1.4 Membaca
bacaan tentang angka.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
mengucapkan angka baik Cardinal maupun Ordinal dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu membaca teks bacaan
dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Reading
Test
My Name is Firman
I am Firman. I am twelve years
old. I am in the sixth grade student. I live in Candi Permai. My home number is
87. I live with my father, my mother and one sister. I am the second child.
In my class, there are thirty students, two teachers,
thirty two chairs, sixteen tables, one whiteboard, one clock and many pictures.
Answer
the questions!
1. Is Firman in the
fourth grade?
2. How old is he?
3. What is Firman home
number?
4. How many brother does
he have?
5. How many sister does
he have?
6. Is Firman the first
child?
7. How many students are
there in Firman’s class?
8. Are there three
teachers in Firman classtoom?
9. How many chairs are
there in Firman’s classroom?
10. Is there one clock in
Firman’s classroom?
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kartu
Angka / Number cards
Benda-benda
di kelas
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati
peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
· Guru mengadakan
games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka
yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru
memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa
pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi masih tentang Numbers/angka.
Guru mengulangi atau mereview materi sebelumnya tentang kegunaan pemakaian
Cardinal dan Ordinal Number. Guru memberikan pertanyaan secara acak dan
memberikan reward dan motivasi kepada siswa yang sudah memahami maupun yang
belum. (mencoba, percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang angka adalah siswa dapat membedakan
pemakaian Cardinal / Angka biasa maupun Ordinal / Angka bertingkat. Guru
mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa manusia perlu mengenal angka?
Serta bagaimana apabila dalam hidup ini kita
tidak mengenal angka? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan
guru menampung jawaban siswa.
(
mengkomunikasikan, bertanya, patuh, percaya diri)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu membaca kalimat tentang angka biasa atau angka bertingkat dengan benar.
(mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru memimbing siswa untuk
mengingat macam-macam kata tanya yang berhubungan dengan angka seperti How
many, dan How old. Guru
memberitahukan akan mengadakan Reading Test. Kemudian guru menuliskan teks bacaan
di papan tulis. Setalah itu, guru membimbing untuk membaca teks tersebut
dengan pengucapan yang benar. Setelah itu, guru membimbing siswa untuk
memahami isi teks bacaan dengan mengartikan kata per kata maupun kalimat per
kalimat. Kemudian, guru menuliskan pertanyaannya. Siswa turut menuliskan bacaan
dan pertanyaan pada buku mereka masing-masing. Kemudian guru meminta siswa
satu persatu untu membacanya secara lantang dan dengan pelafalan yang benar. Siswa
yang belum mendapatkan giliran membaca, diberikan waktu untuk mengerjakannya latihan
soal untuk menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut secara mandiri. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan, patuh,
percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
pengambilan nilai berbicara / Speaking Test, memotivasi siswa supaya rajin
belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimentaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai
harinya.
· Guru mengadakan
games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka
yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru
memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa
pertanyaan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulangi lagi tentang macam-macam angka dalam berbagai kalimat untuk mengetahui
perbedaan pemakaian angka. Guru membahas
latihan soal pada pertemuaan sebelumnya. (mengkomunikasikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pemakaian angka
adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat tentang angka dengan benar.
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu mengucapkan angka baik cardinal maupun ordinal
dengan baik dan benar. (mengkomunikasikan,
elaborasi)
·
Guru mengulas sedikit
tentang Ordinal Number atau Angka Bertingkat. Yang perlu diingat siswa adalah
1st, 21st, 31st, etc diikuti first kecuali
11th.
Lalu untuk 2nd, 22nd, 32nd,
etc kecuali 12th. Juga untuk 3rd, 23rd, 33rd,
etc kecuali 13th. Untuk 4th – 20th serta 24th
– 30th. Guru mencoba melatih siswa untuk
mengucapkannya secara acak serta dengan cepat. Guru ingin mengukur sejauh
mana tingkat pemahaman siswa. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
·
Guru mengambil nilai berbicara atau Speaking Test. Guru akan menunjukkan sebuah angka, siswa kemudian mengucapkan It
is a cardinal number / It is an ordinal number. Setelah itu menyebutkan angka
yang dimaksud secara benar pengucapannya. Siswa yang belum mendapat giliran, mengerjakan
latihan soal.
(mencoba, patuh, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang numbers, memotivasi siswa supaya rajin
belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Reading Test : Tes Tulis
2.
Speaking Test : Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Membaca dan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Kepercayaan
diri
|
Mengucapkan
tanpa diulang
|
Mengucapkan
dengan diulang-ulang
|
Mengucapkan
dengan terbata-bata
|
Mengucapkan
beberapa kata saja
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
PD
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Latihan
soal:
A. Answer the
questions completely!
1.
How many fingers do you have?
2.
How many hours in a day?
3.
How many days in a week?
4.
How many days in a month?
5.
How many months in a year?
B. Answer based
on the text!
1.
These are Math score in 4A. Hima 87, Reza, 99, Shifa 91, Zefa 85, and Lina 90.
Who is the 2nd position?
2.
They are Mr. and Mrs. Dante’s children.
They are Dani, Danu, Danar, Dina, Dini, and
Dinar.
Who are the 1st and the 4th child?
3.
Raisya has 24 stickers. She will give to Niha, Kayla, Kania, Indy, Firza and
Shofi.
How many stickers does every girl get?
4.
Izzi has 15 cards. Daffa has 10 cards. Zaki only has 5 cards. They are playing
cards together.
How many cards are there?
5.
Mother gives Tia 5 books. Her aunt gives Tia 8 books.
Then, Teddy asks 4 books from Tia.
How many books does Tia have?
Key answer:
A.
1. I have ten fingers.
2. There are twenty four hours in a day.
3. There are seven days in a week.
4. There are thirty or thirty one days in
a month.
5. There are twelve months in a year.
B.
1. The 2nd position is Lina.
2. The 1st child is Dani and the 4th child
is Dina.
3. Every girls get four stickers.
4. There are thirty cards.
5. Tia has nine books.
Latihan Soal
untuk Reading:
1. Is
Firman in the fourth grade?
2. How
old is he?
3. What
is Firman home number?
4. How
many brother does he have?
5. How
many sister does he have?
6. Is
Firman the first child?
7. How
many students are there in Firman’s class?
8. Are
there three teachers in Firman classtoom?
9. How
many chairs are there in Firman’s classroom?
10. Is
there one clock in Firman’s classroom?
Key answer for Reading
Excercise!
1.
No, he is not.
2.
He is twelve years old.
3.
Firman’s home number is 87.
4.
He does not have brother.
5.
He has one sister.
6.
No, he is not. He is in the sixth grade student.
7.
There are thirty students in Firman’s calssroom.
8.
No, there are not.
9.
There are thirty two chairs in Firman’s classroom.
10.
Yes, there is.
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar