-->
RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 2nd week Kelas 4 SD MI Semester 2


     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Numbers
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 3
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)



A.    Standar Kompetensi

6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

6.01 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima.
7.01 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
6.1.4 Mengucapkan kata-kata tentang angka Cardinal maupun Ordinal.
7.1.4 Membaca bacaan tentang angka.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat mengucapkan angka baik Cardinal maupun Ordinal dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membaca teks  bacaan dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran

 Pertemuan 1

Reading Test
My Name is Firman
            I am Firman. I am twelve years old. I am in the sixth grade student. I live in Candi Permai. My home number is 87. I live with my father, my mother and one sister. I am the second child.
            In my class, there are thirty students, two teachers, thirty two chairs, sixteen tables, one whiteboard, one clock and many pictures.

Answer the questions!
1. Is Firman in the fourth grade?
2. How old is he?
3. What is Firman home number?
4. How many brother does he have?
5. How many sister does he have?
6. Is Firman the first child?
7. How many students are there in Firman’s class?
8. Are there three teachers in Firman classtoom?
9. How many chairs are there in Firman’s classroom?

10. Is there one clock in Firman’s classroom?

                                                                                                
E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kartu Angka / Number cards
Benda-benda di kelas

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimenaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi masih tentang Numbers/angka. Guru mengulangi atau mereview materi sebelumnya tentang kegunaan pemakaian Cardinal dan Ordinal Number. Guru memberikan pertanyaan secara acak dan memberikan reward dan motivasi kepada siswa yang sudah memahami maupun yang belum.  (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang angka adalah siswa dapat membedakan pemakaian Cardinal / Angka biasa maupun Ordinal / Angka bertingkat. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa manusia perlu mengenal angka? Serta bagaimana apabila dalam hidup ini kita tidak mengenal angka? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa.
( mengkomunikasikan, bertanya, patuh, percaya diri)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu membaca kalimat tentang angka biasa atau angka bertingkat dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memimbing siswa untuk mengingat macam-macam kata tanya yang berhubungan dengan angka seperti How many, dan How old. Guru memberitahukan akan mengadakan Reading Test. Kemudian guru menuliskan teks bacaan di papan tulis. Setalah itu, guru membimbing untuk membaca teks tersebut dengan pengucapan yang benar. Setelah itu, guru membimbing siswa untuk memahami isi teks bacaan dengan mengartikan kata per kata maupun kalimat per kalimat. Kemudian, guru menuliskan pertanyaannya. Siswa turut menuliskan bacaan dan pertanyaan pada buku mereka masing-masing. Kemudian guru meminta siswa satu persatu untu membacanya secara lantang dan dengan pelafalan yang benar. Siswa yang belum mendapatkan giliran membaca, diberikan waktu untuk mengerjakannya latihan soal untuk menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut secara mandiri.  (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan, patuh, percaya diri)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah pengambilan nilai berbicara / Speaking Test, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti ketika disekolah wajib dimentaati peraturan sekolah dengan memakai seragam lengkap sesuai harinya.
·      Guru mengadakan games “Guest the number”. Guru mendeskripsikan ciri-ciri angka yang dimaksud dengan beberapa petunjuk. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu menebaknya. Guru memberikan beberapa pertanyaan.
10 menit
Inti

·        Guru mengulangi lagi tentang macam-macam angka dalam berbagai kalimat untuk mengetahui perbedaan pemakaian angka. Guru membahas latihan soal pada pertemuaan sebelumnya.  (mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang pemakaian angka adalah siswa dapat membuat atau mengucapkan kalimat tentang angka dengan benar.
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu mengucapkan angka baik cardinal maupun ordinal dengan baik dan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru mengulas sedikit tentang Ordinal Number atau Angka Bertingkat. Yang perlu diingat siswa adalah 1st, 21st, 31st, etc diikuti first kecuali 11th. Lalu untuk 2nd, 22nd, 32nd, etc kecuali 12th. Juga untuk 3rd, 23rd, 33rd, etc kecuali 13th. Untuk 4th – 20th serta 24th – 30th. Guru mencoba melatih siswa untuk mengucapkannya secara acak serta dengan cepat. Guru ingin mengukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Guru mengambil nilai berbicara atau Speaking Test. Guru akan menunjukkan sebuah angka, siswa kemudian mengucapkan It is a cardinal number / It is an ordinal number. Setelah itu menyebutkan angka yang dimaksud secara benar pengucapannya. Siswa yang belum mendapat giliran, mengerjakan latihan soal.
 (mencoba,  patuh, percaya diri, tanggung jawab, santun)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang numbers, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

H. Penilaian
            1. Reading Test           : Tes Tulis
            2. Speaking Test          : Tes Lisan



Kriteria Keterampilan Membaca dan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : Numbers
Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh kalimat diucapkan dengan lancar
Setengah atau lebih kalimat diucapkan dengan lancar
Kurang dari setengah kalimat diucapkan dengan lancar
Belum dapat mengucapkan kalimat dengan  lancar
Kepercayaan diri
Mengucapkan tanpa diulang
Mengucapkan dengan diulang-ulang
Mengucapkan dengan terbata-bata
Mengucapkan beberapa kata saja
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


No
Name
Suara
Kelancaran
PD
Intonasi
Pelafalan
Skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10











Latihan soal:

A. Answer the questions completely!
1. How many fingers do you have?
2. How many hours in a day?
3. How many days in a week?
4. How many days in a month?
5. How many months in a year?

B. Answer based on the text!
1. These are Math score in 4A. Hima 87, Reza, 99, Shifa 91, Zefa 85, and Lina 90.
    Who is the 2nd position?
2. They are Mr. and Mrs. Dante’s children.
    They are Dani, Danu, Danar, Dina, Dini, and Dinar.
    Who are the 1st and the 4th child?
3. Raisya has 24 stickers. She will give to Niha, Kayla, Kania, Indy, Firza and Shofi.
    How many stickers does every girl get?
4. Izzi has 15 cards. Daffa has 10 cards. Zaki only has 5 cards. They are playing cards together.
    How many cards are there?
5. Mother gives Tia 5 books. Her aunt gives Tia 8 books.
    Then, Teddy asks 4 books from Tia.
    How many books does Tia have?

Key answer:
A. 1. I have ten fingers.
     2. There are twenty four hours in a day.
     3. There are seven days in a week.
     4. There are thirty or thirty one days in a month.
     5. There are twelve months in a year.

B. 1. The 2nd position is Lina.
     2. The 1st child is Dani and the 4th child is Dina.
     3. Every girls get four stickers.
     4. There are thirty cards.
     5. Tia has nine books.

Latihan Soal untuk Reading:
1. Is Firman in the fourth grade?
2. How old is he?
3. What is Firman home number?
4. How many brother does he have?
5. How many sister does he have?
6. Is Firman the first child?
7. How many students are there in Firman’s class?
8. Are there three teachers in Firman classtoom?
9. How many chairs are there in Firman’s classroom?
10. Is there one clock in Firman’s classroom?

Key answer for Reading Excercise!
1. No, he is not.
2. He is twelve years old.
3. Firman’s home number is 87.
4. He does not have brother.
5. He has one sister.
6. No, he is not. He is in the sixth grade student.
7. There are thirty students in Firman’s calssroom.
8. No, there are not.
9. There are thirty two chairs in Firman’s classroom.
10. Yes, there is.









Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T



 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar