-->
RPP Bahasa Inggris Tema Our Body 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Our Body 1st week Kelas 4 SD MI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  4 (Empat) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Our Body
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
8.01 Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih dengan tanda  baca yang benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Indikator:
5.2.5 Mendengarkan nama-nama anggota tubuh.
8.1.5 Menuliskan nama-nama anggota tubuh

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat memahami penggolongan angggota tubuh dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan nama-nama anggota tubuh yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

Our Body

  1. Inner body (tubuh bagian dalam)
Brain, kidney, heart, lungs, liver, stomach
  1. Outer body (tubuh bagian luar)
-          Head
Hair, forehead, eye, ear, nose, mouth, teeth, tongue, cheek, chin
-          Body
Neck, shoulder, arm, chest, elbow, hand, finger, stomach
-          Leg
Knee, ankle, foot, toe
(On page 26)


Pertemuan 2
The Function of Our Body

1. Eyes are for seeing, looking, watching
2. Hair are for protecting our head
3. Ears are for listening or hearing
4. Nose is for breathing or smelling
5. Mouth is for eating, drinking, speaking
6. Tongue is for tasting
7. Teeth are for biting and crushing
8. Brain is for thinking
9. Fingers are for grabbing, catching
10. Hands are for holding
11. Foot is for walking or kicking
(On page 27)
 



                                                                                                



E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture
F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kartu kata / Body’s Cards
Benda-benda

           
G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, sebagai bukti bahwa manusia adalah mahkluk paling mulia yang diciptakan paling sempurna oleh Alloh SWT. Kita harus mensyukuri semua karunia dari Alloh terutama berupa anggota tubuh manusia yang paling lengkap dibandingkan dengan mahkluk hidup yang lain.
10 menit
Inti

·        Guru memberitahukan materi tentang Our Body/Anggota Tubuh. Guru mengadakan pretest untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat penulisan angka yang pernah mereka pelajari di kelas 2. Guru mengucapkan soal secara cepat dan siswa menuliskan jawabannya dalam Bahasa Inggris tentang nama anggota tubuh yang paling penting bagi manusia.. (mencoba, percaya diri, patuh)
·      Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang anggota tubuh adalah siswa dapat lebih memahami penggolongan anggota tubuh baik yang ada dibagian luar maupun dalam. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir dengan menanyakan mengapa Alloh menciptakan makhluknya berbeda-beda? Serta bagaimana apabila semua mahkluk hidup diciptakan dalam bentuk yang sama? Guru memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya, patuh, percaya diri)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu mengucapkan dan menuliskan kosakata tentang anggota tubuh dengan benar. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru memimbing siswa membaca, memahami dan mengartikan Inner Body dan Outer Body yang ada pada hal 26. Setelah itu, guru meminta siswa untuk menuliskan macam-macam outer body pada buku tulis siswa. Kemudian guru membimbing siswa untuk sekaligus mengartikannya, berikut membacanya dengan pelafalan yang benar. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·        Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan ditanyakan. Guru juga mengadakan tanya jawab secara lisan untuk melihat tingkat pemahaman siswa.
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah tentang kegunaan anggota tubuh dan  memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji, seperti merawat anggota tubuh yang kita punya.
10 menit
Inti

·        Guru mengulangi lagi tentang penggolongan anggota tubuh beserta macamnya. Guru juga bertanya secara acak macam-macam nama bagian angota tubuh. (mengkomunikasikan)
·        Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang Fuction of Our Body adalah siswa dapat mengetahui macam-macam kegunaan anggota tubuh. (mengkomunikasikan)
·      Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai adalah siswa mampu menulis dan mengucapkan macam-macam kegunaan anggota tubuh. (mengkomunikasikan,  elaborasi)
·      Guru meminta siswa untuk membuka hal 27. Guru membacakannya dan siswa menyimaknya. Kemudian siswa secara acak satu persatu untuk membacanya. Setelah itu dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengartikannya serta menuliskan artinya dibuku. Guru mengadakan tanya jawab sekilas tentang kegunaan anggota tubuh. Setelah itu, siswa mengerjakan latihan soal pada hal27. Guru juga mengulas tentang kata-kata sifat seperti: tinggi, pendek, gemuk, kurus, rambut lurus, rambut keriting, rambut pirang, botak, kumis, dll. Guru juga meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal untuk menyusun kalimat pada hal. 28. (menyajikan, elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
40 menit
Penutup
·           Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang our body, memotivasi siswa supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit


H. Penilaian
           Format penilaian

No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Tanggung jawab
Percaya Diri

1






2







          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri



Soal latihan!
State True or False! (On page 27)
1. I have seven fingers.           ( ..... )
2. I have one head.                  ( ..... )
3. I have ten toes.                    ( ..... )
4. I have one hand.                 ( ..... )
5. I have two neck.                 ( ..... )
6. I have two knees.                ( ..... )
7. I have ten feet.                    ( ..... )
8. I have five teeth.                 ( ..... )
9. I have one forehead.           ( ..... )
10. I have one nose.                ( ..... )

Translate these sentences into English! (On page 28)
1. Dia laki-laki mempunyai dua mata yang besar.
     ..............................................................................
2. Dia perempuan mempunyai rmbut keriting.
     ..............................................................................
3. Dial laki-laki mempunyai badan yang gemuk.
     ..............................................................................
4. Aku mempunyai badan yang kurus.
     ..............................................................................
5. Dia perempuan mempunyai rambut pirang.
     ..............................................................................

6. Ibuku mempunyai rambut lurus yang hitam.
     ..............................................................................
7. Pamanku berkumis.
     ..............................................................................
8. Tanteku mempunyai badan yang sangat langsing.
     ..............................................................................
9. Ayahku botak dan berjenggot.
     ..............................................................................
10. Saudara perempuanku gmuk dan berambut keriting.
     ..............................................................................










Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 4,


Meinar Arika Prihanani, S.S
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Andhy Sudarmono, S.T



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar