RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 4 (Empat) / 2 (Dua)
Tema / topik : Our Body
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan
menyalin bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
5.02 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal dalam konteks kelas.
8.01
Mengeja ujaran ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima kasih dengan tanda baca yang
benar, yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
5.2.5
Mendengarkan nama-nama anggota tubuh.
8.1.5
Menuliskan nama-nama anggota tubuh
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru, siswa dapat
memahami penggolongan
angggota tubuh dengan benar dan penuh percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mampu menuliskan nama-nama anggota tubuh yang diucapkan guru dengan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Our Body
Brain, kidney, heart, lungs,
liver, stomach
-
Head
Hair, forehead, eye, ear, nose,
mouth, teeth, tongue, cheek, chin
-
Body
Neck, shoulder, arm, chest,
elbow, hand, finger, stomach
-
Leg
Knee, ankle, foot, toe
(On page 26)
Pertemuan
2
The Function of Our Body
1. Eyes are
for seeing, looking, watching
2. Hair are
for protecting our head
3. Ears are
for listening or hearing
4. Nose is
for breathing or smelling
5. Mouth is
for eating, drinking, speaking
6. Tongue
is for tasting
7. Teeth
are for biting and crushing
8. Brain is
for thinking
9. Fingers
are for grabbing, catching
10. Hands
are for holding
11. Foot is
for walking or kicking
(On page
27)
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kartu
kata / Body’s Cards
Benda-benda
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, sebagai bukti bahwa manusia adalah mahkluk
paling mulia yang diciptakan paling sempurna oleh Alloh SWT. Kita harus
mensyukuri semua karunia dari Alloh terutama berupa anggota tubuh manusia
yang paling lengkap dibandingkan dengan mahkluk hidup yang lain.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan
materi tentang Our Body/Anggota Tubuh. Guru mengadakan pretest untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam mengingat penulisan angka yang pernah mereka
pelajari di kelas 2. Guru mengucapkan soal secara cepat dan siswa menuliskan
jawabannya dalam Bahasa Inggris tentang nama anggota tubuh yang paling
penting bagi manusia.. (mencoba,
percaya diri, patuh)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang anggota
tubuh adalah siswa dapat lebih memahami penggolongan anggota tubuh baik yang
ada dibagian luar maupun dalam. Guru mengorek kemampuan siswa untuk berpikir
dengan menanyakan mengapa Alloh
menciptakan makhluknya berbeda-beda? Serta bagaimana apabila semua
mahkluk hidup diciptakan dalam bentuk yang sama? Guru memberikan kesempatan
siswa untuk berpendapat dan guru menampung jawaban siswa. ( mengkomunikasikan, bertanya, patuh,
percaya diri)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu mengucapkan dan menuliskan kosakata tentang anggota tubuh dengan benar. (mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru memimbing siswa membaca, memahami dan mengartikan Inner
Body dan Outer Body yang ada pada hal 26. Setelah itu, guru meminta siswa untuk menuliskan
macam-macam outer body pada buku tulis siswa. Kemudian guru membimbing siswa
untuk sekaligus mengartikannya, berikut membacanya dengan pelafalan yang
benar. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa apabila ada yang akan
ditanyakan. Guru juga mengadakan tanya jawab secara lisan untuk melihat
tingkat pemahaman siswa.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya adalah
tentang kegunaan anggota tubuh dan memotivasi siswa supaya rajin belajar
sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji, seperti merawat anggota tubuh yang kita
punya.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulangi lagi tentang penggolongan
anggota tubuh beserta macamnya. Guru juga bertanya secara acak macam-macam
nama bagian angota tubuh. (mengkomunikasikan)
·
Guru menyampaikan manfaat siswa belajar materi tentang Fuction
of Our Body adalah siswa dapat mengetahui macam-macam kegunaan anggota tubuh.
(mengkomunikasikan)
·
Guru menyampaikan kemampuan yang akan mereka capai
adalah siswa mampu menulis dan mengucapkan macam-macam kegunaan
anggota tubuh. (mengkomunikasikan, elaborasi)
·
Guru meminta siswa
untuk membuka hal 27. Guru membacakannya dan siswa menyimaknya. Kemudian
siswa secara acak satu persatu untuk membacanya. Setelah itu dengan bimbingan
guru, siswa mencoba mengartikannya serta menuliskan artinya dibuku. Guru
mengadakan tanya jawab sekilas tentang kegunaan anggota tubuh. Setelah itu, siswa
mengerjakan latihan soal pada hal27. Guru juga mengulas tentang kata-kata
sifat seperti: tinggi, pendek, gemuk, kurus, rambut lurus, rambut keriting,
rambut pirang, botak, kumis, dll. Guru juga meminta siswa untuk mengerjakan
latihan soal untuk menyusun kalimat pada hal. 28. (menyajikan, elaborasi, konfirmasi,
menyajikan, mengkomunikasikan)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya masih tentang our body, memotivasi siswa
supaya rajin belajar sebagai satu usaha untuk berbakti kepada orang tua.
·
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung
jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
=
91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Soal
latihan!
State True or
False! (On page 27)
1.
I have seven fingers. ( ..... )
2.
I have one head. ( .....
)
3.
I have ten toes. (
..... )
4.
I have one hand. ( ..... )
5.
I have two neck. ( ..... )
6.
I have two knees. ( ..... )
7.
I have ten feet. (
..... )
8.
I have five teeth. ( .....
)
9.
I have one forehead. ( ..... )
10.
I have one nose. ( ..... )
Translate these
sentences into English! (On page 28)
1.
Dia laki-laki mempunyai dua mata yang besar.
..............................................................................
2.
Dia perempuan mempunyai rmbut keriting.
..............................................................................
3.
Dial laki-laki mempunyai badan yang gemuk.
..............................................................................
4.
Aku mempunyai badan yang kurus.
..............................................................................
5.
Dia perempuan mempunyai rambut pirang.
..............................................................................
6.
Ibuku mempunyai rambut lurus yang hitam.
..............................................................................
7.
Pamanku berkumis.
..............................................................................
8.
Tanteku mempunyai badan yang sangat langsing.
..............................................................................
9.
Ayahku botak dan berjenggot.
..............................................................................
10.
Saudara perempuanku gmuk dan berambut keriting.
..............................................................................
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 4,
Meinar
Arika Prihanani, S.S
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T