RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 4/1
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Things at school
Pertemuan : 1-2
Minggu :
Minggu ke 3
A. Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B. Kompetensi Dasar
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
dalam berbagai konteks kelas
4.1 Menyalin
tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
C. Indikator
1.2.1 Mendengar kosakata benda-benda di
kelas dan di sekolah yang diucapkan guru
4.1.1
Menuliskan kosakata benda-benda di kelas dan di sekolah
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengingat
kosakata benda-benda di
sekolah dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui dan
dapat mengucapkan kosakata benda-benda disekolah
dengan percaya diri
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan
1
Things in the classroom:
-
Pencil -
rubber
-
Pen -
chair
-
School bag -
table
-
Book -
desk
-
Binder -
pencil case
-
Sharpener -
map
-
Ruler -
marker
-
Protractor -
calendar
-
Eraser -
bottle
-
duster - flash
disc
-
glue -
whiteboard
-
clock -
lamp
Pertemuan
1
Things at school:
-
classroom
-
principal’s office
-
hall
-
pantry
-
canteen
-
science lab
-
english lab
-
bathroom
-
library
F. Pendekatan
& Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
G. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Benda-benda dikelas dan disekolah
H. Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan keperluan sekolah sendiri.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa dengan bermain tebak
benda. Siswa menebak benda apa yang dipegangnya dengan mata terpejam. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Tanya jawab tentang benda apa saja yang sudah tertebak (elaborasi,
menanya)
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu tentang “Things at
school” yang meliputi bneda-benda dikelas dan ruangan-ruangan yang ada di
sekolah. (mengkomunikasikan)
· Guru mengenalkan macam-macam kosakata tentang Things in the classroom atau benda-benda
yang ada di kelas. Serta Things at school atau
ruangan-ruangan disekolah. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa
mengamati gambar dan membaca kosakata dengan benar (buku Let’s Speak English Easily halaman 5-6) (eksplorasi, elaborasi, menalar, mencoba)
(disiplin, tanggung
jawab, patuh)
·
Siswa menyalin pada buku catatan siswa
·
Siswa mengerjakan latihan soal pada buku paket hal 7.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba, melakukan, percaya diri)
·
Guru memberikan
pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap
materi.
|
40 menit
|
Penutup
|
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
· Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
·
Bersama-sama membaca hamdalah.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan keperluan sekolah sendiri.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa secara klasikal untuk mengingat
macam-macam benda dikelas maupun disekolah. (mencoba, melakukan, percaya
diri)
· Guru mengajak siswa untuk mengingat lagi kalimat dengan
kata tunjuk ini. Siswa diberi kesempatan memberikan pendapatnya. (elaborasi,
menanya)
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari yaitu tentang kalimat
dengan kata tunjuk ini baik untuk benda yang berjumlah satu atau lebih dari
satu. Guru menjelaskan perbedaan This is a/one dengan These are. (mengkomunikasikan)
· Guru mengajak siswa mengartikan kalimat-kalimat yang ada pada halaman 8
tentang this is dan these are. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru memberikan
pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap
materi. Setelah itu memberikan latihan soal secara tertulis. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari, untuk
menekankan materi hari ini adalah tentang This is dan These are.
· Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
·
Bersama-sama membaca hamdalah.
|
5 menit
|
I. SUMBER DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan benda
dan kosakata tentang Things at school
(buku Let’s Speak English Easily halaman 5-6 serta 8).
J. PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab,)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Soal latihan:
Change into
English!
1. Ini
adalah sebuah penghapus karet.
2. Ini
adalah 11 buku.
3. Ini
adalah sebuah ruang kepala sekolah
4. Ini
adalah 34 kursi.
5. Ini
adalah 18 penggaris busur.
6. Ini
adalah sebuah dapur.
7. Ini
adalah 36 kelas.
8. Ini
adalah 20 botol.
9. Ini
adalah 15 gunting.
10. Ini
adalah sebuah laboratorium Bahasa Inggris.
B. Key Answer:
1. This is a
rubber.
2. These are
eleven books.
3. This is a
principal’s office.
4. These are
thirty four chairs.
5. These are
eighteen protractors.
6. This is a
pantry.
7. These are
thirty six classrooms.
8. Thesea
are twenty bottles.
9. These are
fifteen scissors.
10. This is
an English Laboratory.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T