RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 4/1
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Things at school
Pertemuan : 3-4
Minggu :
Minggu ke 4
A. Standar Kompetensi
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah.
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih
dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
C. Indikator
4.1.1 Menuliskan tentang benda-benda di
kelas dan di sekolah
3.2.1
Menjawab pertanyaan dari bacaan yang ada
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang berisi kosakata benda-benda di kelas dan di sekolah dengan percaya diri
2. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjawab pertanyaan tentang benda-benda di kelas dan disekolah dengan percaya diri
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan
1
Writing Test:
Guru
menunjukkan sebuah busur
Siswa
menulis: This is a protractor
Guru
menunjukkan 5 pensil
Siswa
menulis: These are five pencils.
Guru
menunjukkan 4 penghapus karet.
Siswa
menulis: These are four rubbers.
Etc.
Pertemuan
2
Reading Test:
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan dari bacaan yang ada di buku paket halaman 7.
Kalimat pertanyaan
yang diawali dengan:
-
Where
-
How many
-
Is/Are
How
|
|||
F. Pendekatan
& Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
G. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Benda-benda dikelas dan disekolah
H. Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang sudah terbiasa bertanggung jawab terhadap barang yang dimiliki.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta bertanggung jawab terhadap apa
yang dia punyai atau dia bawa.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa secara klasikal untuk
mengingat macam-macam benda-benda di kelas maupun disekolah (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Memasukkan macam-macam kosakata tersebut kedalam
kalimat dengan kata tunjuk “ini” baik jumlah benda tunggal maupun jamak (elaborasi,
menanya)
· Menginformasikan bahwa guru akan mengadakan Evaluasi Menulis atau Writing
Test. Mekanisme adalah guru akan menunjukkan beberapa benda-benda secara
bergantian. Ada yang jumlahnya cuma sebuah namun ada beberapa benda yang
jumlahnya lebih dari satu. Setelah mengetahui jumlah dan nama benda yang
ditunjukkan kemudian siswa menuliskan sebuah kalimat dengan pola “Ini adalah
sebuah... “ atau “ini adalah...” (mengkomunikasikan)
· Guru mengenalkan kalimat pertanyaan yang diawali dengan tobe seperti Is
/ Are / Do / Does berarti “Apakah” sehingga jawabannya hanya ada 2
kemungkinan, yaitu Yes or No. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa mengerjakan latihan soal. Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
·
Guru memberikan
pertanyaan secara lisan untuk tolak ukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap
materi yang baru saja dikenalkan.
|
40 menit
|
Penutup
|
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
· Memberitahukan pertemuan selanjutnya adalan Reading
Test
· Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
·
Bersama-sama membaca hamdalah.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru memotivasi
semua siswa untuk selalu hormat kepada siapapun. Selalu mengucapkan salam dan
salim kepada orang yang lebih tua yang ditemuinya. Serta menyayangi adik-adik
kelasnya.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa secara klasikal untuk
mengingat macam-macam benda dikelas maupun disekolah. (mencoba, melakukan, percaya
diri)
· Guru mengajak siswa untuk mengingat lagi kalimat dengan
kata tunjuk ini. Siswa diberi kesempatan memberikan pendapatnya. (elaborasi,
menanya)
· Menginformasikan bahwa guru akan mengadakan evaluasi membaca atau Reading
Test. Guru memberikan contoh cara membacanya terlebih dahulu. Setelah itu,
guru membaca kemudian siswa menirukan. Kemudian siswa secara bergatian yang
membacanya kalimat per kalimat. Hal tersebut melatih konsentrasi siswa. Kemudian
guru memberikan pertanyaan seputar teks bacaan tersebut. Guru mengingatkan
macam-macam kata tanya seperti Where, How many, How old, Are/Is. Mengajak
siswa untuk mengingat artinya serta bagaimana cara untuk menjawab apabila
bertemu pertanyaan semacam itu. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
· Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal secara mandiri. (percaya diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari,
untuk menekankan materi hari ini adalah tentang This is dan These are.
· Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
·
Bersama-sama membaca hamdalah.
|
5 menit
|
I. SUMBER DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan benda
dan kosakata tentang Things at school
(buku Let’s Speak English Easily halaman 7-8).
J. PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
- Keterampilan Menulis dan Membaca: Tes tulis
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Kriteria
Keterampilan Menulis dan Membaca Bahasa
Inggris
Tema
: Things at school
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan
orang lain
|
Kerapian
tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari
45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
A.
Soal Writing Test: Key
answer:
1. 2 penggaris These
are two rulers
2. 1 penghapus papan This
is an eraser / a duster
3. 3 rautan These
are three sharpeners
4. 4 penghapus karet These
are four rubbers
5. 5 pensil These
are five pencils
6. 4 gunting These
are four scissors
7. 1 penggaris busur This is a protractor
8. 2 flash disk These
are two flash disces
9. 4 spidol papan These
are four boardmarkers
10. 36 kursi These
are thirty six chairs
B.
Soal Reading Test
Teks bacaan ada pada halaman 7.
Answer
the questions completely!
1. Where does Toyib study?
2. Are there 2 whiteboards in Toyib’s class?
3. How many chairs in Toyib’s class?
4. How many tables in Toyib’s class?
5. How old is Toyib now?
Key
answer:
1. Toyib studies at Sabilillah Islamic Elementary School.
2. Yes, there are.
3. Chairs in Toyib’s class are sixty two / There are
sixty two chairs
4. Tables in Toyib’s class are thirty two / There are
thirty two tables.
5. Toyib is ten years old now.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T