RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 4/1
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Things at school
Pertemuan : 5-6
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas.
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi
secara berterima dalam konteks kelas
2.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/ memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
C. Indikator
1.1.2 Menuliskan kembali kalimat yang
diucapkan oleh guru
2.2.1
Bertanya jawab untuk menanyakan barang yang dimiliki
teman dan cara meminjamnya.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kembali kalimat yang
berisi kosakata benda-benda di kelas dan di sekolah dengan percaya diri
2. Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu bertanya dan menjawab pertanyaan tentang benda-benda yang dimiliki dan cara
meminjamnya dengan percaya diri
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan
1
Listening Test:
Guru
mengucapkan sebuah kalimat
Siswa
menuliskannya kembali apa yang didengar
Guru
menyediakan 10 kalimat
Pertemuan
2
Speaking Test:
Do you have
a ... ?
Yes, I have
No, I don’t have
May I borrow
your ... ?
Yes, you may
No, you may not
|
|
F. Pendekatan
& Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
G. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Benda-benda dikelas dan disekolah
H. Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
·
Guru menanyakan siapa yang sudah terbiasa bertanggung jawab terhadap
barang yang dimiliki. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta
bertanggung jawab terhadap apa yang dia punyai atau dia bawa.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa secara
klasikal untuk mengingat macam-macam benda-benda di kelas maupun disekolah (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Memasukkan macam-macam kosakata tersebut kedalam
kalimat dengan kata tunjuk “ini” baik jumlah benda tunggal maupun jamak (elaborasi,
menanya)
· Menginformasikan bahwa guru akan mengadakan Evaluasi Mendengar
atau Listening Test. Mekanisme adalah guru akan mengucapkan beberapa kalimat
dan siswa menuliskan kembali kalimat tersebut. Sebelum memulai mengadakan
evaluasi, guru mengulas tentang perubahan kalimat positif menjadi negatif dan
menjadi kalimat pertanyaan. Guru menyajikan dua kalimat dalam Bahasa
Indonesia, kemudian siswa secara bergantian mengubahnya kedalam Bahasa
Inggris bentuk positif, negatif dan interogatif. Kemudian mengartikannya pula
bersama-sama. (elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Siswa mengerjakan Evaluasi Mendengar.
(mencoba, melakukan, percaya diri)
·
Guru memberikan latihan soal sebagai pengayaan.
·
Guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk tolak ukur sejauh mana
pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja dikenalkan.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
·
Memberitahukan pertemuan selanjutnya adalan Speaking Test
·
Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
· Bersama-sama
membaca hamdalah.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
·
Guru memotivasi semua siswa untuk selalu hormat kepada siapapun. Selalu
mengucapkan salam dan salim kepada orang yang lebih tua yang ditemuinya.
Serta menyayangi adik-adik kelasnya.
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru mengajak siswa secara
klasikal untuk mengingat macam-macam benda dikelas dengan cara siswa secara
bergantian menuliskannya dipapan tulis nama-nama benda yang ada dikelas yang
bisa dimiliki secara perorangan, seperti: buku, pensil,...., dll dalam Bahasa
Indonesia. Setelah terdaftar
sejumlah siswa atau minimal 20 kata, siswa mengucapkannya dalam pelafalan
Bahasa Inggris.
(mencoba, melakukan, percaya diri)
· Menginformasikan bahwa guru akan mengadakan evaluasi berbicara
atau Speaking Test. Sebelumnya guru mengenalkan kalimat Do you have ...? dan
May I borrow your ...? Beserta cara menjawabnya. Guru memberitahukan mekanismenya.
Siswa yang ditunjuk pertama, dipersilakan mengucapkan kalimat Do you have a
... Guru yang memilihkan nama benda secara acak dari daftar yang ada dipapan
tulis. Siswa kedua yang menjawab. Setelah itu, siswa kedua ganti bertanya,
May I borrow your ...? Siswa pertama yang ganti menjawab.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
· Guru memberikan latihan
soal untuk persiapan PH2
. (percaya diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari, untuk menekankan
materi hari ini adalah tentang Do you have dan May I borrow
·
Memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar
· Bersama-sama
membaca hamdalah.
|
5 menit
|
I. SUMBER DAN MEDIA
•
Lingkungan kelas
•
Diri siswa
•
Guru
•
Disajikan benda
dan kosakata tentang Things at school
(buku Let’s Speak English Easily halaman 7-8).
J. PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
- Keterampilan Mendengarkan: Tes tulis
- Keterampilan Berbicara: Tes lisan
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Tanggung jawab
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Keterampilan Mendengarkan Bahasa
Inggris
Tema : Things
at school
No
|
Nama
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan
Diri
|
Waktu
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
Rubrik
Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris
Tema
: Things at school
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua jawaban
benar
|
Jawaban salah
1-3 nomor
|
Jawaban salah
3-6 nomor
|
Lebih dari 6
soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal
dikerjakan secara mandiri
|
1-3 soal
dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6 soal
dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua soal
dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua jawaban
tanpa bekas hapusan
|
1-3 soal ada
bekas hapusan
|
3-6 soal ada
bekas hapusan
|
Lebih dari 6
soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Kriteria
Penilaian Keterampilan Berbicara
Tema
: Things at school
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Things at school
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau lebih
dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah
isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama
sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh kalimat
diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat dibaca
dengan lancar
|
4-5 kalimat dibaca
dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan 3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan tidak
sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Soal
Listening Tes:
1. This is an eraser.
2. Is this a sharpener?
3. These are twenty school bag.
4. I have a protractor.
5. The clock is on the wall.
6. Where is the hall?
7. How many pencils do you have?
8. There is a map in my classroom.
9. How many white board on your classroom?
10. Do you have a scissors?
Speaking
Test
Vocabulary
list of things at school :
1. Buku 11.
pensil
2. Bolpen 12.
penggaris
3. Penghapus karet 13.
penghapus papan
4. Rautan 14.
busur
5. Kotak pensil 15.
tas
6. Pensil warna 16.
krayon
7. Lem 17.
gunting
8. Spidol papan 18.
sepatu
9. Kaos kaki 19.
topi
10. Flash disk 20.
botol minum
11. kamus 21.
binder
Mengetahui
Waka Kurikulum
Umul Latifah, S.Pd
NIP
|
Guru Kelas 4,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Andhy
Sudarmono, S.T