RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Days
Alokasi waktu : 2 Hari ( 4 x 35 menit )
Hari/Tanggal : Minggu ke 2 bulan
April 2014
A. STANDAR KOMPETENSI
6.
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
B. KOMPETENSI
DASAR
6.1
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak
tutur : melakukan perintah
C. INDIKATOR
6.1.1
Bertanya dan menjawab tentang nama-nama hari
TUJUAN
•
Disajikan wacana What day is
it today? Dan What day is it tomorrow?, siswa dapat:
• Menjawab
nama hari yang dimaksud
MATERI
What
day is it today? ( Hari apa hari ini? )
Today
is … ( Hari ini adalah hari
… )
What
day is it tomorrow? ( Hari apa besok? )
Tomorrow
is … ( Besok adalah hari … )
What
day was it yesterday? ( Hari apa kemarin ? )
Yesterday
was … ( Kemarin adalah
hari … )
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan hari apa hari ini? dalam bahasa Inggris. Selain
untuk menyapa, hal tersebut untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang
akan mereka pelajari hari ini.
· Guru mengajak siswa secara bersama-sama
menyanyikan lagu Days supaya siswa lebih ingat dan lancar mengucapkannya.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa secara lisan bertanya
dan menjawab tentang today, tomorrow dan yesterday. (mencoba,
melakukan, percaya diri)
· Guru membimbing siswa
mengerjakan paket hal 104 untuk melatih siswa supaya lebih lancar sebelum
diadakan evaluasi berbicara (elaborasi, menanya)
· Memberikan apresiasi untuk siswa yang sudah paham
dan memotivasi siswa yang perlu banyak bimbingan.
· Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi
berbicara untuk menanyakan hari. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan)
· Siswa maju secara berpasangan, kemudian keduanya
mengambil potongan kertas yang berisikan tulisan hari yang berbeda dalam
bahasa Indonesia. Siswa pertama bertanya What day is it
today? Siswa kedua menjawab sesuai nama hari di kertas yang dia pegang. Siswa
pertama bertanya lagi What day is it tomorrow? Siswa kedua menjawabnya.
Begitu sebaliknya adan seterusnya. (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa yang lain mengerjakan latihan di LKS hal 56 – 57.
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia supaya hari-hari mereka selalu lebih baik
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah
terbiasa menyiapkan belajar sendiri tanpa disuruh.
Memotivasi siswa supaya mengisi hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru meminta siswa menyiapkan alat tulis dan memotivasi supaya selalu
percaya pada jawaban diri sendiri.
·
Guru membagikan soal UH
tema 7 dan mengajak membaca basmallah sebelum mengerjakannya. Guru membacakan
soal dan siswa menjawab pada naskah soal
(percaya diri, tanggung jawab,
patuh)
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang days
secara lisan
(pertemuan ke 1)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Berbicara
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru
Bahasa Inggris kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
DAFTAR NILAI KETRAMPILAN MEMBACA & BERBICARA SISWA
MUATAN BAHASA INGGRIS
KELAS 1A SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan : membaca teks percakapan dan berbicara
no
|
nama
|
Days page 102
|
Total
|
Nilai
|
What day is it … ?
|
Total
|
Nilai
| ||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
| ||||||
1
|
Ade
| ||||||||||
2
|
Dodo
| ||||||||||
3
|
Putri
| ||||||||||
4
|
Rado
| ||||||||||
5
|
Zahra
| ||||||||||
6
|
Ian
| ||||||||||
7
|
Chalista
| ||||||||||
8
|
Mahen
| ||||||||||
9
|
Dimas
| ||||||||||
10
|
Esti
| ||||||||||
11
|
Azka
| ||||||||||
12
|
Felda
| ||||||||||
13
|
Akbar
| ||||||||||
14
|
Intan
| ||||||||||
15
|
Hanum
| ||||||||||
16
|
Iyyak
| ||||||||||
17
|
Fira
| ||||||||||
18
|
Lani
| ||||||||||
19
|
Farrel
| ||||||||||
20
|
Daffa
| ||||||||||
21
|
Hafizh
| ||||||||||
22
|
Nabila
| ||||||||||
23
|
Nadin
| ||||||||||
24
|
Nauval
| ||||||||||
25
|
Vala
| ||||||||||
26
|
Rafi
| ||||||||||
27
|
Azan
| ||||||||||
28
|
Nana
| ||||||||||
29
|
Talitha
| ||||||||||
30
|
Ata
| ||||||||||
31
|
Zaki
| ||||||||||
32
|
Zephy
| ||||||||||
33
|
Amel
| ||||||||||
34
|
Najwa
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1
DAFTAR NILAI KETRAMPILAN MEMBACA & BERBICARA SISWA
MUATAN BAHASA INGGRIS
KELAS 1B SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan : membaca teks percakapan dan berbicara
no
|
nama
|
Days page 102
|
Total
|
Nilai
|
What day is it … ?
|
Total
|
Nilai
| ||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
| ||||||
1
|
Abbie
| ||||||||||
2
|
Rama
| ||||||||||
3
|
Wulan
| ||||||||||
4
|
Angel
| ||||||||||
5
|
Chika
| ||||||||||
6
|
Dinda
| ||||||||||
7
|
Emma
| ||||||||||
8
|
Tia
| ||||||||||
9
|
Aya
| ||||||||||
10
|
Chacha
| ||||||||||
11
|
Dela
| ||||||||||
12
|
Fiona
| ||||||||||
13
|
Baim
| ||||||||||
14
|
Ivan
| ||||||||||
15
|
Lintang
| ||||||||||
16
|
Reza
| ||||||||||
17
|
Lina
| ||||||||||
18
|
Daffa
| ||||||||||
19
|
Fachri
| ||||||||||
20
|
Firhan
| ||||||||||
21
|
Haris
| ||||||||||
22
|
Haykal
| ||||||||||
23
|
Nadhif
| ||||||||||
24
|
Raffi
| ||||||||||
25
|
Naya
| ||||||||||
26
|
Syasa
| ||||||||||
27
|
rasyid
| ||||||||||
28
|
Rayhan
| ||||||||||
29
|
Rena
| ||||||||||
30
|
Silvia
| ||||||||||
31
|
Yuda
| ||||||||||
32
|
Yudhit
| ||||||||||
33
|
Filla
| ||||||||||
34
|
Zaki
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1
DAFTAR NILAI KETRAMPILAN MEMBACA & BERBICARA SISWA
MUATAN BAHASA INGGRIS
KELAS 1C SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kegiatan : membaca teks percakapan dan berbicara
no
|
nama
|
Days page 102
|
Total
|
Nilai
|
What day is it … ?
|
Total
|
Nilai
| ||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
| ||||||
1
| |||||||||||
2
| |||||||||||
3
| |||||||||||
4
| |||||||||||
5
| |||||||||||
6
| |||||||||||
7
| |||||||||||
8
| |||||||||||
9
| |||||||||||
10
| |||||||||||
11
| |||||||||||
12
| |||||||||||
13
| |||||||||||
14
| |||||||||||
15
| |||||||||||
16
| |||||||||||
17
| |||||||||||
18
| |||||||||||
19
| |||||||||||
20
| |||||||||||
21
| |||||||||||
22
| |||||||||||
23
| |||||||||||
24
| |||||||||||
25
| |||||||||||
26
| |||||||||||
27
| |||||||||||
28
| |||||||||||
29
| |||||||||||
30
| |||||||||||
31
| |||||||||||
32
| |||||||||||
33
| |||||||||||
34
|
Kriteria :
Pronounciation / ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation / tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency / lancar : 4, 3, 2, 1