-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FRUIT AND VEGETABLE 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FRUIT AND VEGETABLE 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan pendidikan    :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang study             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester         :  2/II
Tema/Topik               :  Fruit and vegetable
Pertemuan ke                        :  7-8
Alokasi waktu            :  2x pertemuan (4x35 menit)


A.      Kompetensi Inti
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

C.      Indikator
5.2.2    Menyebutkan nama buah dan sayur
8.2.2    Memahami pemakaian “These” dan “Those”

D.      Tujuan
1.    Dengan menyimak penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan nama buah dan sayur dengan percaya diri
2.    Setelah menyimak dan memahami penjelasan dari gruru, siswa mampu menuliskan kalimat yang menggunakan  “These” dan “Those” dengan percaya diri

E.       Materi Pembelajaran
1.    These dan Those
These adalah bentuk jamak dari This
Those adalah bentuk jamak dari That
Bentuk negatif                        : These are not ... / Those are not ...
Bentuk pertanyaan      : Are these ...  ?    / Are those ...  ?

2.    Latihan soal
Ø What is it? It is a / an ...
Ø Is it a ... ? Yes, it is / No, it is not
Ø Do you like ... ? Yes, I do / No, I do not
Ø What is your favourite fruit / vegetable? My favourite fruit / vegetable is ...
Ø What fruit / vegetable do you like? I like ...

F.       Metode Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                :   Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi
Strategi                :   Cooperative Learning
Pendekatan  : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan)

G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media              : gambar hewan
2.    Sumber belajar : Buku paket dan LKS


H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.     Guru meminta siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.     Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melakukan pembelajaran inti.
4.     Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan.
5.     Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
15 menit
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu fruit dan mengingat nama-nama sayur yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru mengajak siswa bermain tebak benda. Guru mempersiapkan beberapa benda. Siswa boleh bertanya tapi dengan pertanyaan yang jawabannya ya/tidak. Guru hanya boleh menjawab pertanyaan dengan ya/tidak. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak benda apa yang dimaksud. Guru juga memberikan motivasi agar selalu rajin belajar kepada siswa yang belum dapat menebak. (mencoba)
3.Setelah mereview semua nama buah dan sayur, guru memberitahukan akan mengadakan evaluasi mendengar dan menulis. Untuk evaluasi menulis diambil dari soal di LKS halaman 17, sedangkan evaluasi mendengarnya adalah soal mandiri dari guru.
4. Setalah mengadakan evaluasi, guru mengingatkan kembali tentang pemakaian kata This dan That. Kemudian memberikan menjelaskan tentang perubahan kata This menjadi These dan kata That menjadi Those. Guru juga menjelaskan bentuk kalimat negatif dan pertanyaan dari kata These dan Those tersebut. (mengkomunikasikan)
5. Guru mencoba pemahaman siswa dengan mempraktekkan langsung penggunaan dan perubahan This – These dan That – Those dengan buah dan sayur yang ada. (mencoba)
6. Siswa mencatat materi pada buku catatan mereka masing-masing.
7. Guru memberikan lathan soal untuk memperdalam pemahaman materi siswa. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya maupun berpendapat.

40 menit
Penutup
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami. Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
  1. Guru membangun motivasi siswa untuk menyukai dan selalu mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari
  2. Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar, terutama menjelang diadakannya UH.
4.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa

15 menit


Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru meminta siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melakukan pembelajaran inti.
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
15 menit
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu fruit dan mengingat nama-nama sayur yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru mengajak siswa bermain tebak benda. Guru menyebutkan ciri-ciri beberapa buah dan sayur. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak benda apa yang dimaksud. Guru juga memberikan motivasi agar selalu rajin belajar kepada siswa yang belum dapat menebak. (mengumpulkan informasi)
4. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah pernah dijelaskan. Tentang what is your favourite fruit / vegetable?, what fruit / vegetable do you like?, do you like a ... ?, what is it? is it a ... ? pemakaian kata like/likes, eat/ eats, a/an, This/That, serta These/Those. (mengkomunikasikan)
5. Guru mencoba pemahaman siswa dengan membahas langsung soal-soal yang ada di LKS. (mencoba)
6. Guru memberikan latihan soal untuk memperdalam pemahaman materi siswa sekaligus persiapan UH tema fruit and vegetable.. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya maupun berpendapat.

40 menit
Penutup
1. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami. Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
2.    Guru membangun motivasi siswa untuk menyukai dan selalu mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari
3.    Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
4.  Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa

15 menit




I.         Penilaian
1. Teknik penilaian
a.    Penilaian sikap             : observasi percaya diri, disiplin, bekerja sama
b.   Penilaian keterampilan :
-      Keterampilan mendengar
-      Keterampilan menulis




Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris Tema : ………………………….
-            
No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kepercayaan diri
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34







Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit




Keterampilan Menulis Bahasa Inggris   Tema :  ………………….
No
Nama
Ketepatan jawaban
Kemandirian
Kerapian tulisan
Waktu
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15







16







17







18







19







20







21







22







23







24







25







26







27







28







29







30







31







32







33







34
















Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit










2. Bentuk instrument penilaian
a.   Penilaian sikap
 Teknik : Observasi
 Bentuk : Pengamatan sikap percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM










































Keterangan :
BT  : Belum terlihat
MT : Mulai terlihat
MB : Mulai berkembang
SM : Sudah membudaya
Berilah centang (V) pada kolom yang sesuai

b.   Penilaian Keterampilan Mendengar dan Mendengar
Bentuk soal terlampir


Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP



                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE























Soal Listening Test Fruit and vegetable
1. My mother buy a kilos of mangosteen in the market.                
2. Do you like a pineapple?                                                                        
3. I like an orange because it is fresh and sour.                                  
4. Please eat spinach because it is healthy.                                         
5. Please try this jackfruit because it is very sweet.                         
6. The cucumber is good for our healthy.                                             
7. Please cut the  cabbage for making a soup.                                    
8. Be careful, this pumpkin is very big.                                                   
9. My sister’s favourite fruit is a purple grape.                                   
10. Excuse me, I need a kilo of onion.                                                    

LISTENING TEST “FRUIT AND VEGETABLE”
Name    :                                               Class      :                                               Absent :

1.            a. mango                             b. mangosteen                                 c. mushroom
2.            a. apple                                                b. pineapple                                       c. papaya
3.            a. onion                                b. pear                                                  c. orange
4.            a. spinach                            b. chili                                                   c. cherry
5.            a. eggplant                          b. starfruit                                           c. jackfruit
6.            a. cucumber                       b. carrot                                               c. celery
7.            a. celery                               b. carrot                                               c. cabbage
8.            a. potato                              b. pumpkin                                         c. papaya
9.            a. garlic                                 b. broccoli                                           c. grape
10.          a. apple                                                b. onion                                               c. orange

Kunci jawaban :
1. b                  6. a
2. b                  7. c
3. c                  8. b
4. a                  9. c
5. c                  10. B

Soal Evaluasi Menulis dari LKS halaman 17



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar