RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Bidang
study : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 2/II
Tema/Topik : Fruit and
vegetable
Pertemuan ke : 7-8
Alokasi
waktu : 2x
pertemuan (4x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima
C.
Indikator
5.2.2 Menyebutkan
nama buah dan sayur
8.2.2 Memahami
pemakaian “These” dan “Those”
D. Tujuan
1.
Dengan menyimak
penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan nama buah dan
sayur dengan percaya diri
2.
Setelah menyimak dan memahami penjelasan dari gruru, siswa mampu menuliskan
kalimat yang menggunakan “These” dan
“Those” dengan percaya diri
E.
Materi Pembelajaran
1.
These dan Those
These adalah bentuk
jamak dari This
Those adalah bentuk
jamak dari That
Bentuk negatif : These are not ... /
Those are not ...
Bentuk pertanyaan : Are these ... ? /
Are those ... ?
2.
Latihan soal
Ø What is it? It is a
/ an ...
Ø Is it a ... ? Yes, it is / No, it is not
Ø Do you like ... ?
Yes, I do / No, I do not
Ø What is your
favourite fruit / vegetable? My favourite fruit / vegetable is ...
Ø What fruit /
vegetable do you like? I like ...
F.
Metode Pembelajaran dan
Pendekatan Pembelajaran
Metode :
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, demonstrasi
Strategi : Cooperative Learning
Pendekatan : Scientific (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan)
G.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media : gambar hewan
2.
Sumber
belajar : Buku paket dan LKS
H.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan
menanyakan kabar mereka.
2.
Guru meminta siswa untuk berdoa dan meminta salah
seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi
guru sebelum melakukan pembelajaran inti.
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan
yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan
tersebut.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu
fruit dan mengingat nama-nama sayur yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru
mengajak siswa bermain tebak benda. Guru mempersiapkan beberapa benda. Siswa
boleh bertanya tapi dengan pertanyaan yang jawabannya ya/tidak. Guru hanya
boleh menjawab pertanyaan dengan ya/tidak. Guru memberikan reward kepada
siswa yang mampu menebak benda apa yang dimaksud. Guru juga memberikan
motivasi agar selalu rajin belajar kepada siswa yang belum dapat menebak. (mencoba)
3.Setelah mereview semua nama buah dan sayur, guru
memberitahukan akan mengadakan evaluasi mendengar dan menulis. Untuk evaluasi
menulis diambil dari soal di LKS halaman 17, sedangkan evaluasi mendengarnya
adalah soal mandiri dari guru.
4. Setalah
mengadakan evaluasi, guru mengingatkan kembali tentang pemakaian kata This
dan That. Kemudian memberikan menjelaskan tentang perubahan kata This menjadi
These dan kata That menjadi Those. Guru juga menjelaskan bentuk kalimat
negatif dan pertanyaan dari kata These dan Those tersebut. (mengkomunikasikan)
5. Guru mencoba pemahaman siswa dengan mempraktekkan
langsung penggunaan dan perubahan This – These dan That – Those dengan buah
dan sayur yang ada. (mencoba)
6. Siswa mencatat materi pada buku catatan mereka
masing-masing.
7. Guru memberikan lathan soal untuk memperdalam
pemahaman materi siswa. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
maupun berpendapat.
|
40
menit
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang
belum dipahami. Dengan arahan guru, siswa
melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
4.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri
pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
|
15 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru meminta siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melakukan pembelajaran inti.
4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-langkah kegiatan:
1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu fruit dan mengingat nama-nama sayur yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya sebagai awal kegiatan. ( mengamati)
2. Guru mengajak siswa bermain tebak benda. Guru menyebutkan ciri-ciri beberapa buah dan sayur. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menebak benda apa yang dimaksud. Guru juga memberikan motivasi agar selalu rajin belajar kepada siswa yang belum dapat menebak. (mengumpulkan informasi)
4. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang sudah pernah dijelaskan. Tentang what is your favourite fruit / vegetable?, what fruit / vegetable do you like?, do you like a ... ?, what is it? is it a ... ? pemakaian kata like/likes, eat/ eats, a/an, This/That, serta These/Those. (mengkomunikasikan)
5. Guru mencoba pemahaman siswa dengan membahas langsung soal-soal yang ada di LKS. (mencoba)
6. Guru memberikan latihan soal untuk memperdalam pemahaman materi siswa sekaligus persiapan UH tema fruit and vegetable.. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk bertanya maupun berpendapat.
|
40 menit
|
Penutup
|
1. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami. Dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
2. Guru membangun motivasi siswa untuk menyukai dan selalu mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari
3. Guru membangun motivasi siswa untuk selalu rajin belajar.
4. Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
|
15 menit
|
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : observasi percaya diri, disiplin, bekerja sama
b. Penilaian keterampilan :
- Keterampilan mendengar
- Keterampilan menulis
Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris Tema : ………………………….
-
No
|
Nama
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
| |||||||
2
| |||||||
3
| |||||||
4
| |||||||
5
| |||||||
6
| |||||||
7
| |||||||
8
| |||||||
9
| |||||||
10
| |||||||
11
| |||||||
12
| |||||||
13
| |||||||
14
| |||||||
15
| |||||||
16
| |||||||
17
| |||||||
18
| |||||||
19
| |||||||
20
| |||||||
21
| |||||||
22
| |||||||
23
| |||||||
24
| |||||||
25
| |||||||
26
| |||||||
27
| |||||||
28
| |||||||
29
| |||||||
30
| |||||||
31
| |||||||
32
| |||||||
33
| |||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan diri
|
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3 soal ada bekas hapusan
|
3-6 soal ada bekas hapusan
|
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Tema : ………………….
No
|
Nama
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
| |||||||
2
| |||||||
3
| |||||||
4
| |||||||
5
| |||||||
6
| |||||||
7
| |||||||
8
| |||||||
9
| |||||||
10
| |||||||
11
| |||||||
12
| |||||||
13
| |||||||
14
| |||||||
15
| |||||||
16
| |||||||
17
| |||||||
18
| |||||||
19
| |||||||
20
| |||||||
21
| |||||||
22
| |||||||
23
| |||||||
24
| |||||||
25
| |||||||
26
| |||||||
27
| |||||||
28
| |||||||
29
| |||||||
30
| |||||||
31
| |||||||
32
| |||||||
33
| |||||||
34
| |||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
2. Bentuk instrument penilaian
a. Penilaian sikap
Teknik : Observasi
Bentuk : Pengamatan sikap percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
| |||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
| ||
Keterangan :
BT : Belum terlihat
MT : Mulai terlihat
MB : Mulai berkembang
SM : Sudah membudaya
Berilah centang (V) pada kolom yang sesuai
|
b. Penilaian Keterampilan Mendengar dan Mendengar
Bentuk soal terlampir
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Listening Test Fruit and vegetable
1. My mother buy a kilos of mangosteen in the market.
2. Do you like a pineapple?
3. I like an orange because it is fresh and sour.
4. Please eat spinach because it is healthy.
5. Please try this jackfruit because it is very sweet.
6. The cucumber is good for our healthy.
7. Please cut the cabbage for making a soup.
8. Be careful, this pumpkin is very big.
9. My sister’s favourite fruit is a purple grape.
10. Excuse me, I need a kilo of onion.
LISTENING TEST “FRUIT AND VEGETABLE”
Name : Class : Absent :
1. a. mango b. mangosteen c. mushroom
2. a. apple b. pineapple c. papaya
3. a. onion b. pear c. orange
4. a. spinach b. chili c. cherry
5. a. eggplant b. starfruit c. jackfruit
6. a. cucumber b. carrot c. celery
8. a. potato b. pumpkin c. papaya
9. a. garlic b. broccoli c. grape
10. a. apple b. onion c. orange
Kunci jawaban :
1. b 6. a
2. b 7. c
3. c 8. b
4. a 9. c
5. c 10. B
Soal Evaluasi Menulis dari LKS halaman 17
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar