-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA FRUIT AND VEGETABLE 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA FRUIT AND VEGETABLE 3rd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 2 (Dua)
                               Tema / topik                    :  Fruit and vegetable
                               Pertemuan ke / minggu  :  5-6 / ke 3
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)

A.    Standar Kompetensi

5. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
6.3  Bercakap-cakap dengan menggunakan ungkapan : Do you like...?

Indikator:
5.2.2   Mengucapkan nama buah atau sayur yang disukai
6.3.2   Bertanya dan menjawab nama buah atau sayur

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama buah dan sayur mayur dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat bercakap-cakap tentang buah dan sayur dengan pelafalan yang benar dan rasa percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

                                                                                                   
Pertemuan 1
Do you like ... ? Yes, I do / No, I do not
Apakah kamu suka ...? Ya /Tidak
Does he like...? Yes, he does / No, he does not
Apakah dia laki-laki suka ...? Ya / Tidak
What fruit do you like? I like ...
Buah apa yang kamun suka? Saya suka ...
What vegetable do you like? I like ...
Sayur apa yang kamu suka? Saya suka ...
What is your favourite fruit/ vegetable?
Apa buah / sayur kesukaanmu?
My favourite fruit / vegetable is ...                                                                                                    


E. Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa
Gambar-gambar buah dan sayur                         
                                        
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “buah dan sayur” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam buah dan sayur yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh kita.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.      Siswa diajak untuk menyanyikan lagu fruit untuk mengingat lagi kosakata tentang buah-buahan. Serta mengingat juga beberapa sayur mayur yang sudah dipelajari dengan mempergunakan beberpa gambar yang ada (mengamati)
2.      Guru secara acak bertanya kepada beberapa siswa tentang buah atau sayur kesukaan mereka. Sambil mereview apakah siswa masih mengingat bagaimana cara bertanya dan menjawab sesuatu yang disukai. (mencoba).
3. Guru memberikan penjelasan tentang Do you like...? / Does he/she like...?. Selain itu juga What fruit do you like atau What vegetable do you like? Serta What is your favourite fruit? Atau What is your favourite vegetable? (mengkomunikasikan)
5. Siswa menuliskan penjelasan tadi pada buku catatan mereka masing-masing.
6. Guru memberitahukan kepada siswa kakau akan mengadakan evaluasi berbicara. Siswa secara berpasangan dan bergatian diminta bercakap-cakap dengan tiga kalimat pertanyaan yaitu Do you like...? (pertanyaan sesuai gambar yang diambil) What vegetable do you like? What is your favourite fruit?. (mencoba).
7. Siswa yang belum mendapat giliran maju, mengerjakan latihan di buku paket hal 65-79 (latihan yang belum dikerjakan)


40 menit
Penutup

    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan soal dan tepat jawabannya.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

10 Menit






Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan tentang buah dan sayur untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1. Siswa diajak menyanyikan lagu fruit untuk  membangkitkan ingatan mereka tentang materi. Setelah itu mengingat sayur mayur yang sudah diketahui.  (mengamati)
2. Guru memberikan beberapa pertanyan kepada siswa secara acak tentang buah dan sayur. Mengingatkan kembali pemakaian kalimat pertanyaan Do you like...? Does he/she like...? (mengkomunikasikan).
3. Guru memberikan beberapa latihan soal dengan menggunakan tabel. Siswa diminta untuk menjawab soal like / not like.. (mencoba)
4. Guru bersama siswa membahas latihan soal  tersebut. (mencoba)

50 menit
Penutup

    Guru memberitahuan pertemuan berikutnya akan melanjutkan materi tentang bentu jamak dari this / that.
    Guru menekankan kepada siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

10 Menit


Penilaian
Pertemuan 1
Dialogue :
A         : Do you like ... ? (sesuai gambar yang diambil)
B         : I like ...
A         : What vegetable do you like?
B         : I like ...
A         : What is your favourite fruit?
B         : My favourite fruit is ...
Percakapan dilakukan secara bergantian.







Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : …………………………….
No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34









Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
Setengah atau lebih isi teks dibaca lancar
Kurang dari setengah isi teks dibaca lancar
Belum dapat membaca lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat






Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE






Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar