RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Fruit and vegetable
Pertemuan ke / minggu : 5-6 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
5. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
5.2 Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
6.3 Bercakap-cakap
dengan menggunakan ungkapan : Do you like...?
Indikator:
5.2.2 Mengucapkan nama buah atau sayur yang disukai
6.3.2 Bertanya dan menjawab nama buah atau sayur
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama buah dan sayur
mayur
dengan percaya diri
2. Dengan
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat bercakap-cakap tentang buah dan
sayur dengan pelafalan yang benar dan rasa percaya
diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Do you like ... ? Yes, I do / No, I do not
Apakah kamu suka ...? Ya /Tidak
Does he like...? Yes, he does / No, he does not
Apakah dia laki-laki suka ...?
Ya / Tidak
What fruit do you like? I like ...
Buah apa yang kamun suka? Saya
suka ...
What vegetable do you like? I like ...
Sayur apa yang kamu suka? Saya
suka ...
What is your favourite fruit/ vegetable?
Apa buah / sayur kesukaanmu?
My favourite fruit / vegetable
is ...
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Gambar-gambar buah dan sayur
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “buah dan sayur” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam buah dan sayur yang sehat dan bermanfaat
untuk tubuh kita.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa diajak untuk
menyanyikan lagu fruit untuk mengingat lagi kosakata tentang buah-buahan.
Serta mengingat juga beberapa sayur mayur yang sudah dipelajari dengan mempergunakan beberpa gambar
yang ada (mengamati)
2.
Guru secara acak bertanya kepada beberapa siswa tentang
buah atau sayur kesukaan mereka. Sambil mereview apakah siswa masih mengingat
bagaimana cara bertanya dan menjawab sesuatu yang disukai. (mencoba).
3. Guru
memberikan penjelasan tentang Do you like...? / Does he/she like...?. Selain
itu juga What fruit do you like atau What vegetable do you like? Serta What
is your favourite fruit? Atau What is your favourite vegetable? (mengkomunikasikan)
5. Siswa menuliskan penjelasan tadi
pada buku catatan
mereka masing-masing.
6. Guru memberitahukan kepada siswa
kakau akan
mengadakan evaluasi berbicara. Siswa secara berpasangan dan bergatian diminta
bercakap-cakap dengan tiga kalimat pertanyaan yaitu Do you like...?
(pertanyaan sesuai gambar yang diambil) What vegetable do you like? What is
your favourite fruit?.
(mencoba).
7. Siswa yang
belum mendapat giliran maju, mengerjakan latihan di buku paket hal 65-79
(latihan yang belum dikerjakan)
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberikan reward kepada siswa yang tepat waktu dalam
menyelesaikan soal dan tepat jawabannya.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan tentang buah dan sayur untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa tentang materi
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak menyanyikan lagu fruit untuk membangkitkan ingatan mereka
tentang materi. Setelah itu mengingat sayur mayur yang
sudah diketahui. (mengamati)
2. Guru memberikan
beberapa pertanyan kepada siswa secara acak tentang buah dan sayur.
Mengingatkan kembali pemakaian kalimat pertanyaan Do you like...? Does he/she
like...? (mengkomunikasikan).
3. Guru memberikan
beberapa
latihan soal dengan menggunakan tabel. Siswa diminta untuk menjawab soal like
/ not like.. (mencoba)
4. Guru bersama siswa membahas latihan soal tersebut.
(mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan melanjutkan materi tentang bentu jamak dari this /
that.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Penilaian
Pertemuan 1
Dialogue :
A : Do you like ... ? (sesuai gambar yang
diambil)
B : I like ...
A : What vegetable do you like?
B : I like ...
A : What is your favourite fruit?
B : My favourite fruit is ...
Percakapan
dilakukan secara bergantian.
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : …………………………….
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar