RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah
Sidoarjo
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Days
Hari/Tanggal : Minggu ke 1 April
2014
A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami kata bahasa
Inggris sederhana yang diucapkan orang lain
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
7. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
•
B. KOMPETENSI
DASAR
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
8.1 Mengeja
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
7.1 Membaca nyaring dengan
ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana.
C. INDIKATOR
5.1.1 Mendengarkan kosakata
yang diucapkan guru
8.1.1 Menuliskan kosakata
dengan tepat
7.1.1 Membaca dengan
nyaring dan tepat
TUJUAN
•
Disajikan teks lagu tentang
days
, siswa dapat:
• Menyimak
pembacaan dan menirukan teks lagu yang dibacakan guru
MATERI
Days
( Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday )
•
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan apakah liburan mereka diisi
dengan kegiatan yang bermanfaat. Memotivasi siswa supaya selalu melakukan
hal-hal terbaik setiap hari sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
mengajak siswa secara berkalompok
untuk menyusun huruf-huruf acak menjadi sebuah kata. (mencoba, melakukan, percaya diri)
· Presentasi dan tanya jawab tentang jawaban perkelompok
apakah sudah sesuai (elaborasi,
menanya)
· Memberikan apresiasi untuk kelompok yang paling
cepat selesai atau jawaban benar semua.
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang “Days”
· Guru
mengenalkan macam-macam kosakata tentang Days, melalui lagu dengan nada lagu Sayang
Semua. (elaborasi, konfirmasi,
menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya
diri, tanggung jawab, santun)
· Siswa
menirukan dan menyanyikan teks lagu
dengan intonasi dan lafal yang tepat (santun, percaya diri)
·
Siswa menyalin pada buku catatan siswa
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama
manusia supaya hari-hari mereka selalu lebih baik
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta
melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah
terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya mengisi
hari-hari mereka dengan selalu rajin belajar.
· Guru mengingatkan anak-anak untuk menyanyikan
lagu days
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru meminta siswa mengambil buku paket dan membuka hal 102. Guru
memberi contoh membacanya sesuai pengucapan yang benar. Siswa menirukannya. (mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru mengadakan evaluasi ketrampilan membaca
dengan siswa maju berpasangan dan membacanya
secara bergantian (percaya diri, tanggung jawab, patuh)
·
Siswa yang lain mengerjakan latihan persiapan
UH
|
40
menit
|
Penutup
|
•
Membangun motivasi siswa untuk selalu
selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
•
Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10
menit
|
•
SUMBER
DAN MEDIA
•
Disajikan teks lagu tentang days
secara tertulis
(pertemuan ke 1)
•
Disajikan teks bacaan di buku paket hal 102 (pertemuan
ke 2)
•
PENILAIAN
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung
jawab,)
•
Ketrampilan Membaca
Teks lagu days
Sunday
minggu
Monday itu
senin
Tuesday
selasa
Wednesday
itu rabu
Thursday kamis
Friday itu jumat
Saturday sabtu
Itu nama hari
Koordinator
jenjang kelas 1,2
Guru Bahasa Inggris
kelas 1
(Siti Annisatun
Nadziroh, S.E) (Meinar Arika Prihanani, S.S)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(Dra. Nurul Choirul Niswatin )
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|
M
|
O
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
S
|
U
|
N
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
U
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
W
|
E
|
D
|
N
|
E
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
T
|
H
|
U
|
R
|
S
|
D
|
A
|
Y
|
F
|
R
|
I
|
|
A
|
Y
|
S
|
A
|
T
|
U
|
R
|
D
|
A
|
Y
|