RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema : Bedroom
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas.
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan
berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
Indikator:
3.1.2 Membaca teks
bacaan tentang benda-benda di kamar tidur.
3.2.2 Memahami
pemakaian “a/an ...” disertai “in/on/under”
3.2.3 Memahami pemakaian “Is there a .... ?” atau “Are
there ... ?”
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan contoh guru, siswa
dapat membaca teks bacaan
tentang kosakata benda-benda
di kamar tidur dengan
percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan
dari guru, siswa dapat mengartikan pemakaian “a/an ...” disertai “in/on/under” dengan
percaya diri
3. Dengan mendengarkan penjelasan
dari guru, siswa dapat mengartikan pemakaian “Is there a .... ?” atau “Are there ... ?” dengan
percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
My Bedroom
This is my bedroom.
My bedroom is very clean.
There is a bed in my bedroom.
There are four pillows and
two bolsters on my bed.
A blanket is on my bed. A
mirror is on my table.
There is a doll on my bed.
There are ten hangers in my
wardrobe.
I like to stay in my bedroom.
A / an = sebuah / satu
“A” diikuti kosakata benda
berawalan huruf konsonan.
Contoh = a bed, a pillow, a
mirror
“An” diikuti kosakata benda
berawalan huruf vokal.
Contoh = an ashtray, an
aquarium, an AC.
In = di/didalam, On = diatas, Under = dibawah
Contoh = A bed is in the bedroom ( sebuah tempat
tidur ada di kamar tidur )
A pillow is
on the bed ( sebuah bantal ada diatas
tempat tidur )
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “kamar tidur” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada
Tuhan karena
memiliki rumah yang layak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Bedroom sebagai awal kegiatan.
(mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
·
Apa saja
benda-benda di kamar tidur yang mereka ketahui?
·
A / An yang digunakan untuk benda-benda tersebut?
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
(mengumpulkan informasi)
4.Siswa bersama guru menganalisa
pemakaian A/An didepan
benda-benda di kamar tidur beserta
artinya. Kemudian guru
menghubungkannya dengan pemakaian in =
di/didalam, on = diatas, under = dibawah di dalam sebuah
kalimat. Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca. Siswa yang
belum dipanggil, mengartikan teks bacaan untuk memperdalam pemahaman tentang
a/an disertai in/on/under. (mengkomunikasikan, mencoba)
5. Siswa menyalin catatan dan mengerjakan tugas mengartikan pada
buku catatan mereka.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “benda-benda dikamar tidur”
untuk pembiasaan siswa terhadap pemakaian a/an.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu Bedroom sebagai awal kegiatan.
(mengamati)
2.Siswa menjawab pertanyaan guru sebagai stimulus untuk mengingat pemakaian There is a ... /
There are .... berdasarkan teks bacaan yang dsajikan guru.
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
(mengumpulkan informasi)
4.Siswa bersama guru menganalisa cara
menjawab pertanyaan Is there a ... atau Are there .... ? di dalam sebuah
kalimat pertanyaan beserta artinya. Guru mengingatkan lagi kalau ada kalimat
pertanyaan diawali Is/Are ... ? jawabannya cuma Yes, ... is atau No, ... is
not. Guru menginformasikan akan melanjutkan evaluasi membaca bagi siswa yang
belum pada pertemuan sebelumnya. Siswa yang sudah dipanggil, mengerjakan soal
untuk memperdalam pemahaman tentang cara menjawab Is there a ... atau Are
there .... ? dari gambar yang telah disiapkan guru. (mengkomunikasikan, mencoba)
5. Siswa menyalin catatan dan mengerjakan tugas menjawab Is there
... ? / Are there ... ? pada buku catatan mereka.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
•
Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan
aktif selama pembelajaran berlangsung
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 1,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
DAFTAR
NILAI KETRAMPILAN MEMBACA &
BERBICARA SISWA
MUATAN
BAHASA INGGRIS
KELAS
2 ... SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
Kegiatan : membaca teks bacaan dan
berbicara
no
|
nama
|
bedroom
|
Total
|
Nilai
|
What is it … ?
|
Total
|
Nilai
|
||||
P
|
I
|
F
|
P
|
I
|
F
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
11
|
|||||||||||
12
|
|||||||||||
13
|
|||||||||||
14
|
|||||||||||
15
|
|||||||||||
16
|
|||||||||||
17
|
|||||||||||
18
|
|||||||||||
19
|
|||||||||||
20
|
|||||||||||
21
|
|||||||||||
22
|
|||||||||||
23
|
|||||||||||
24
|
|||||||||||
25
|
|||||||||||
26
|
|||||||||||
27
|
|||||||||||
28
|
|||||||||||
29
|
|||||||||||
30
|
|||||||||||
31
|
|||||||||||
32
|
|||||||||||
33
|
|||||||||||
34
|
Kriteria
:
Pronounciation
/ ucapan : 4 = bagus, 3 = cukup, 2 = sedang, 1 = kurang
Intonation
/ tinggi rendah : 4, 3, 2, 1
Fluency
/ lancar : 4, 3, 2, 1
Soal latihan berdasarkan gambar:
1. Is there a pillow in the bedroom?
2. Is there a telephone in the bedroom?
3. Is there a picture in the bedroom?
4. Are there two chairs in the bedroom?
5. Is there a sofa in the bedroom?
7. Is there a basket in the bedroom?
8. Is there a wardrobe in the bedroom?
9. Is there a calendar in the bedroom?
10. Is there a bolster in the bedroom?
Key answer :
1. Yes, there is
2. No, there is not
3. Yes, there is
4. Yes, there are
5. No, there is not.
6. Yes, there are.
7. Yes, there is.
8. Yes, there is.
9. No, there is not.
10. No, there is not.