RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : Bedroom
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
1.2.2 Mengetahui
benda-benda di kamar tidur
4.1.2 Menyebutkan
benda-benda di kamar tidur
4.1.3
Menuliskan benda-benda
di kamar tidur
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata benda-benda di kamar tidur
dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan lagu dari guru, siswa dapat menyebutkan
kosakata benda-benda di kamar tidur
dengan percaya diri
3. Dengan menyimak lagu dari guru, siswa dapat menuliskan
kosakata benda-benda di kamar tidur
dengan tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Kosakata
ruangan-ruangan di rumah (Enjoy and Easy
English
halaman 25)
Pertemuan 1
Lagu Bedroom
Nada lagu : Pada Hari Minggu
Bedroom kamar tidur dan bed
tempat tidur
Pillow itu bantal dan bolster
itu guling
Blanket itu selimut dan
mirror itu cermin
Wardrobe lemari baju dan
hanger gantungannya
Hei.................
Doll itu boneka, matress
kasur, comb itu sisir
Chair itu kursi, table meja, clock jam dinding
There = ada
There is a .......
Untuk jumlah benda hanya 1
There are .....
Untuk jumlah benda lebih dari
1
Contoh:
There is a pillow
There are two pillows
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
UH
Tema House and Livingroom
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “kamar tidur” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada
Tuhan karena
memiliki rumah yang layak.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My
House sebagai awal kegiatan. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa saja benda-benda
di kamar tidur yang mereka ketahui?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa bersama guru membahas benda-benda
di kamar tidur beserta artinya dan merangkum kosakatanya kedalam lagu my
bedroom. Kemudian guru
menghubungkan materi benda-benda di kamar tidur dengan “There” yang artinya
ada. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin lagu My Bedroom pada buku
catatan mereka.
6. Siswa diminta menyanyikannya secara berkelompok (mencoba).
7. Siswa dengan
bimbingan guru mengerjakan soal tentang kalimat There is a ...... atau There are ......
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Soal latihan :
Fill
in the blank using “is / are” then translate into Indonesia
1. There ... three chairs.
2. There ... a
bed.
3. There ... four
bolsters.
4. There ... ten
hangers.
5. There ... a
blanket.
Key
answer :
1. are Ada
tiga kursi.
2. is Ada
sebuah tempat tidur.
3. are Ada
empat guling.
4. are Ada
sepuluh gantungan.
5. is Ada
sebuah selimut.
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 1,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE