RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Animal
Pertemuan ke / minggu : 7 / ke 4
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
6.2 Bercakap-cakap
dengan menggunakan ungkapan : Do you like ...
8.1 Mengeja ujaran bahasa inggris sangat sederhana secara
tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima
Indikator:
6.2.4 Bertanya jawab dengan Do you like...? Do you have ...? What
animal is it?
8.1.4 Menyusun kalimat
8.2.4 Menyusun dan mengartikan nama-nama binatang
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata nama-nama binatang dengan
percaya diri
2. Dengan
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama binatang dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
-
Mengerjakan
paket hal. 82-85
-
Menyusun
huruf acak dan mengartikan
Pertemuan ke 2
-
Mengingat
nama-nama hewan jinak maupun buas
-
Mengingat
pengucapan serta penulisannya
-
Ini :
This, Itu : That, Ini bukan... : This is not... , Itu bukan... : That is not...
-
Seekor
: a/ an ( a bat, a cat, a dog, a giraffe, an ant, an elephant, an owl, an eel,
etc)
-
Jinak
: tame, buas : wild, hewan peliharaan : pet
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Gambar-gambar dalam slide
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makhluk hidup” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis makhluk hidup.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak mengingat kembali
nama-nama binatang dari gambar yang dibawa guru. (mengamati)
2.
Guru menstimulus
siswa untuk selalu
mengingat hewan berdasarkan dia jinak, buas maupun sebagai hewan peliharaan.
3. Guru
mengajak siswa untuk mengamati video tentang hewan. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa diminta menyebutkan hewan apa saja tadi yang ada di video. (mencoba)
5. Siswa bersama guru membahas latihan soal yang ada di buku paket
hal. 82-85. (mengkomunikasikan)
6. Siswa diajak berlatih
menyusun nama-nama binatang secara benar
kemudian mengartikannya kedalam bahasa Indonesia. (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bercakap-cakap tentang binatang.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini. Karena akan
segera diadakan UH Tema 7 maka pertemuan terakhir dipakai untuk refresh
materi animal.
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru
menempel beberapa gambar hewan dipapan tulis. Kemudian guru menunjuk salah
seorang siswa untuk menuliskan nama hewan dibawah gambarnya. Siswa bebas
untuk memilih gambar mana yang akan ditulis namanya. Guru hanya menunjuk anak
pertama, anak kedua dan seterusnya dipilih sendiri oleh siswa yang sudah maju
kedepan. (mengamati dan mencoba)
2. Setelah
semua gambar terjawab, guru membimbing untuk membahas semua tulisan siswa. Guru
memotivasi siswa yang belum benar penulisannya. (mengkomunikasikan).
3. Guru
mengajak siswa untuk berlatih mengubah kalimat bahasa Indonesia kedalam
bahasa Inggris. ( mencoba )
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan melanjutkan materi tentang angka dan bulan.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Latihan pertemuan 1
1. t – a – b – b – i – r
2. t – e – l – u – r – t
3. f – e – r – a – g
– i – f
4. d – o – r – o – l – e – c – c – i
5. n – i – l
– o
6. s – e – g
– o – o
7. b –
e – r – t – u – l – y – f – t
8. g – e – t
– i – r
9. a – g – l – e – e
10. d –
e – n – o – k – y
Key answer :
1. rabbit :
kelinci
2. turtle :
kura-kura
3. giraffe :
jerapah
4. crocodile :
buaya
5. lion :
singa
6. goose :
angsa
7. butterfly :
kupu-kupu
8. tiger :
harimau
9. eagle :
elang
10. donkey :
keledai
Ubahlah kedalam bahasa Inggris!
1. Sapi adalah binatang
jinak.
2. Jerapah tinggal
di hutan.
3. Harimau adalah
seekor binatang buas.
4. Ini bukan seekor
ayam betina.
6. Apakah kamu
punya seekor domba?
8. Jerapah makan
dedaunan.
9. Apakah kamu
punya seekor binatang peliharaan?
10. Itu bukan
seekor kelinci.
Kunci jawaban :
1. The cow is a
tame animal.
2. The giraffe
lives in the jungle.
3. The tiger is a
wild animal.
4. This is not a
hen.
5. That is not a
dolphin.
6. Do you have a
sheep?
7. Crocodile lives
in the zoo.
8. The giraffe
eats leaves.
9. Do you have a
pet?
10. That is not a
rabbit.