RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Animal
Pertemuan ke / minggu : 5-6 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
6.2 Bercakap-cakap utuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu dan
memberi aba-aba
8.1
Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat
dan berterima dengan tanda baca yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima
Indikator:
6.2.3 Bertanya dan menjawab tentang nama-nama binatang
8.1.3 Mengeja kata atau kalimat tentang nama-nama binatang
8.2.3 Memahami kalimat tentang nama-nama binatang
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengucapkan kosakata nama-nama binatang dengan
percaya diri
2. Dengan
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama binatang dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Dialog
untuk percakapan :
A : What
animal is it?
B : It is a
...
A : What
does it live?
B : The ...
lives in the ...
A : Where
does it eat?
B : The ...
eats ...
-
Do you
have a ... ?
( apakah
kamu punya ... ? )
-
What
animal do you have?
( hewan apa
yang kamu punya? )
Pertemuan 2
Latihan soal persiapan UTS
-
food
-
drink
-
fruit
-
vegetable
-
What is
your favourite ... ?
-
Do
you like ... ?
-
What
... do you like?
-
Like/
likes, like to / likes to
-
These/those
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Gambar-gambar
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan hewan yang ada
disekitar kita
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis makhluk hidup.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa secara klasikal
diajak mengingat kembali cara bertanya dan
menjawab nama, tempat tinggal dan makanan hewan. (mencoba)
2.
Guru menstimulus
siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang binatang apa yang mereka miliki dirumah? (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Guru
menjelaskan bagaimana bertanya tentang hewan yang dimiliki dengan Do you have
a ... ? atau What animal do you have?
(mengumpulkan informasi)
4. Guru
menginformasikan akan mengadakan evaluasi berbicara. Guru memberikan contoh cara bertanya dan menjawab
dengan What animal is it?, Where does the ... live?, What does the ... eat?.
Siswa menirukan secara klasikal. Kemudian guru mencoba memberikan pertanyaan
kepada siswa secara acak. (mengkomunikasikan)
5. Siswa
dipanggil
secara berpasangan, kemudian mereka mengambil satu gambar hewan secara acak,
kemudian gambar tersebut yang dipakai untuk bercakap-cakap. (mencoba)
6. Siswa yang belum mendapatkan giliran, diminta menulis catatan
tentang Do you have a ... ? dan What animal do you have? di buku tulis mereka
masing-masing kemudian menjawab beberapa latihan soal yang ada. (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bercakap-cakap tentang binatang.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “hewan kesayangan” untuk
memotivasi siswa selalu menyayangi mahkluk
hidup selain manusia karena semua mahkluk Tuhan pasti mempunyai manfaat bagi
mahkluk lainnya..
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak bermain whispering/berbisik. Guru membisikkan kata
perkata secara bergantian kepada setiap anggota kelompok. Anak yang terakhir
menuliskan satu kalimat lengkap
di papan tulis. Guru mencoba
membisikkan 2 kalimat.
(mencoba)
2. Guru menstimulus siswa untuk mengingat
kembali macam-macam hewan, baik hewan jinak maupun hewan liar/buas, macam-macam
cara bertanya tentang nama, tempat tinggal dan makanannya.
3. Guru
menginformasikan akan mengadakan evaluasi mendengar dan menulis. (mengkomunikasikan)
4. Guru
mengajak siswa untuk mengerjakan latihan soal tentang food, drink, fruit,
vegetable untuk persiapan UTS secara tertulis. (mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Penilaian sikap : observasi percaya diri, disiplin, bekerja
sama
b.
Penilaian keterampilan :
-
Keterampilan
berbicara
-
Keterampilan
mendengar
-
Keterampilan
menulis
1. Keterampilan Berbicara
Dialog percakapan :
A : What
animal is it?
B : It is a
...
A : What
does it live?
B : The ...
lives in the ...
A : Where
does it eat?
B : The ...
eats ...
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : Animal
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Tema :
………………….
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit
untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
2. Bentuk
instrument penilaian
a.
Penilaian sikap
Teknik : Observasi
Bentuk : Pengamatan sikap percaya diri,
disiplin, dan bekerja sama
No
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Disiplin
|
Bekerja
Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
Keterangan :
BT :
Belum terlihat
MT : Mulai
terlihat
MB : Mulai
berkembang
SM : Sudah
membudaya
Berilah centang
(V) pada kolom yang sesuai
|
b.
Penilaian Keterampilan Mendengar dan Menulis
Bentuk soal terlampir
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Listening Test Animal
1. Tony likes to ride a horse.
2. Do you like a butterfly?
3. I hate the bat because it eats my mango.
4. Please give corn to the cock.
5. Look at this eagle it
is very big.
6. Look at this red fish it
is very beautifull.
7. Please give the
leaf to the donkey.
8. Be careful, this goose is running after you.
9. My sister’s favourite pet is a green turtle.
10. Excuse me, is it your cat.
LISTENING TEST “ANIMAL”
Name : Class : Absent :
1. a. mouse b. horse c.
goose
2. a. bee b.
bat
c.
butterfly
3. a. bat b.
cat c. bird
4. a. cow b.
cat c. cock
5. a. elephant b. eagle c.
owl
6. a. sheep b. fish c.
girrafe
7. a. donkey b. monkey c.
lion
8. a. mouse b. zebra c.
goose
9. a. diphin b. turtle c.
frog
10. a. camel b.
bat c.
cat
Kunci jawaban :
1. b 6. b
2. c 7. a
3. a 8. c
4. c 9. b
5. b 10. c
Soal Evaluasi Menulis
1. have - ? – Do – a – you –
rabbit
2. is – your – What - ? – pet
3. is – not – an – That –
elephant
4. a – is – wild – Crocodile –
animal
5. jungle – Lion – in – lives – the
6. bird – The – corn – eats
7. cat – pet – My – a – is
8. long – snake – The – is
9. tame – Dolphin – a – is –
animal
10. funny – is – The – very –
fish
Kunci Jawaban :
1. Do you have a rabbit?
2. What is your pet?
4. Crocodile is a wild animal.
5. Lion lives in the jungle.
6. The bird eats corn.
7. My pet is a cat.
8. The snake is long.
9. Dolphin is a tame animal.
10. The fish is very funny.
