RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Animal
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
secara berterima
7.1
Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang
melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2 Memahami
kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
Indikator:
6.1.3 Bertanya dan menjawab tentang nama-nama binatang
7.1.3 Membaca bacaan tentang nama-nama binatang
7.2.3 Memahami isi bacaan tentang nama-nama binatang
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengucapkan kosakata nama-nama binatang dengan
percaya diri
2. Dengan
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama binatang dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
At the zoo
Today is Sunday. Teddy and his family go to
the zoo. They go to Surabaya Zoo. They go by car.
At the zoo,
they can see many animals. There are many big animals. Such as camels, bears, crocodiles,
elephants and etc. Teddy can ride elephant. There are also many small animal.
Such as birds, and fishes.
Teddy and
his family are very happy because they can enjoy their holiday. They want to
visit the zoo next time.
1. What day is it today?
2. Where do Teddy and his
family go?
3. How do they go?
4. What animal can Teddy ride?
5. Why are Teddy and his
family very happy?
Pertemuan 2
-
What
animal is it?
( Hewan apakah ini? )
-
What
does it eat?
( Apa yang dia makan? )
-
Where
does it live?
( Dimana dia tinggal?)
Makanan hewan :
-
Rumput
: grass
-
Daun : leaf
-
Buah : fruit
-
Sayur : vegetable
-
Biji : seed
-
Ikan : fish
-
Daging : meat
-
Cacing : worm
Tempat hidup hewan :
-
Tanah : ground
-
Air : water
-
Rumah : house
-
Pohon : tree
-
Hutan : jungle
-
Peternakan
: farm
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
Buku
siswa
Gambar-gambar
Gambar-gambar di slide
Boneka binatang
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan hewan yang ada
disekitar kita
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis makhluk hidup.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak mengingat kembali
macam-macam binatang dari gambar. Siswa juga mengingat kembali macam-macam
hewan jinak maupun buas/liar.
(mengamati)
2.
Guru menstimulus
siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang binatang, kenapa selalu ada binatang disekitar manusia (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru
menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca. Guru memberikan contoh
cara membaca dengan pengucapan yang benar. Siswa menirukan secara klasikal. (mengkomunikasikan)
5. Siswa satu persatu membaca ke depan. (mengcoba)
6. Siswa yang belum mendapatkan giliran maju, diminta menulis
bacaan di buku tulis mereka masing-masing kemudian menjawab beberapa
pertanyaan yang ada. (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bercakap-cakap tentang binatang.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan pertanyaan
terkait dengan “hewan kesayangan” untuk
memotivasi siswa selalu menyayangi mahkluk
hidup selain manusia karena semua mahkluk Tuhan pasti mempunyai manfaat bagi
mahkluk lainnya..
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa
diajak bermain tebak
binatang dengan beberapa boneka binatang. (mengamati)
2. Guru menstimulus siswa untuk bertanya dari gambar yang ditunjukkan
guru. Guru mengarahkan supaya siswa mampu membuat kalimat pertanyaan yang
baik. Guru memberikan reward bagi siswa yang mampu bertanya dan memotivasi
siswa yang belum berani. (menanya).
3. Guru
mengulang lagi tentang bagaimana cara menanyakan suatu benda setelah itu
mengarahkan tentang cara menanyakan hewan dengan What animal is it?, beserta
makanannya dengan What does it eat? dan tempat tinggalnya Where does it live?.
Guru juga memberikan catatan tentang makanan-makanan hewan (seperti daun,
ikan, dll) dan tempat tinggalnya (seperti di rumah, di peternakan, di hutan,
di pohon, dll). (mengkomunikasikan)
4. Guru
mengajak siswa secara acak untuk berlatih bertanya dan menjawab dengan ketiga
pertanyaan tersebut secara lisan maupun secara tertulis. (mencoba)
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya masih akan melanjutkan materi tentang binatang.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Text for
reading test Animal
At the zoo
Today is
Sunday.
Teddy and
his family go to the zoo.
They go to
Surabaya Zoo.
They go by
car.
At the zoo,
they can see many animals.
There are many big animals.
Such as camels, bears, crocodiles,
elephants and etc.
Teddy can ride elephant.
There are also many small animal. Such as
birds, and fishes.
Teddy and
his family are very happy because they can enjoy their holiday.
They want to
visit the zoo next time.
Rubrik Penilaian Keterampilan Membaca Bahasa
Inggris
Tema : Animal
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : Animal
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat
mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Dialog
untuk percakapan :
A : What
animal is it?
B : It is a
...
A : What
does it eat?
B : The ...
eats ...
A : Where
does it live?
B : The ...
lives at the ...
Latihan soal:
1.
What
animal is it?
What does
it eat?
Where does it
live?
2.
What animal is it?
What does
it eat?
Where does
it live?
3.
What
animal is it?
What does
it eat?
Where
does it live?
4.
What animal is it?
What does
it eat?
Where does it
live?
5. What animal
is it?
What
does it eat?
Where
does it live?
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE