RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Animal
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 1
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
5. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan
secara berterima dalam konteks sekolah
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara
verbal
6.2 Mengucapkan
kata dalam bahasa Inggris yang sangat sederhana
Indikator:
5.2.3 Mengetahui
nama-nama binatang
5.1.3 Menyebutkan
nama-nama binatang
5.1.4 Menuliskan nama-nama binatang
6.2.3 Mengucapkan nama binatang dengan benar
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata nama-nama binatang dengan
percaya diri
2. Dengan
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata nama-nama binatang dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Kosakata
nama-nama hewan (Enjoy and Easy English halaman 80)
Pertemuan 1
Names of animal
Tame animal :
binatang jinak Wild
animal : binatang buas
1. Rabbit : kelinci 1. Elephant : gajah
2.
Cock : ayam jantan 2. Tiger : harimau
3. Hen : ayam betina 3.
Girrafe : jerapah
4. Bird :
burung 4.
Snake : ular
5. Turtle : kura-kura 5. Lion : singa
6. Fish :
ikan 6.
Shark : ikan hiu
7.
Dolphin : lumba-lumba 7.
Crocodile : buaya
8. Cow :
sapi 8.
Wolf : serigala
9. Monkey : kera 9.
Rhinoceros : badak
10.
Butterfly : kupu-kupu 10. Eagle : elang
11. Cat : kucing 11. Camel : unta
12. Horse : kuda 12. Zebra : zebra
13.
Worm : cacing 13. Owl : burung hantu
14.
Frog : katak 14. Bat : kelelawar
15. Sheep : domba 15.
Bee : lebah
16.
Donkey : rusa 16. Mouse : tikus
17. Duck : bebek 17. Pig : babi
18.
Goose : angsa 18. Whale :
ikan paus
19.
Dog : anjing 19. Scorpion : kalajengking
E. Metode
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Gambar-gambar dalam slide
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makhluk hidup” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis makhluk hidup.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan beberapa lagu tentang binatang seperti Kupu-kupu, Kelinciku, Burung Kakak Tua, Burung Kutilang dan Bapak
Tani untuk membangkitkan ingatan mereka tentang binatang. (mengamati)
2.
Guru menstimulus
siswa untuk menjawab
pertanyaan tentang binatang, kenapa ada binatang yang dekat atau jauh dengan
manusia (menanya).
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Siswa
secara berkelompok diminta mengklasifikasikan macam-macam hewan berdasarkan
golongan jinak atau buas. (mencoba)
5. Siswa bersama guru membahas macam-macam binatang berdasarkan dia
jinak atau buas. (mengkomunikasikan)
6. Siswa diajak berlatih
mengucapkan nama-nama binatang secara benar. (mencoba).
7. Siswa menuliskan lagu tentang kosakata binatang beserta artinya pada buku catatan mereka masing-masing.
6.Siswa mengerjakan beberapa latihan soal untuk memperdalam
penahaman tentang materi. (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah bercakap-cakap tentang binatang.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “makanan dan
minuman sehat”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena mereka dikaruniai berbagai macam makanan dan minuman yang halal dan enak
untuk dikonsumsi.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak menyanyikan lagu Fruit dan mengingat beberapa nama sayur
mayur untuk
membangkitkan ingatan mereka tentang materi. (mengamati)
2. Siswa mencoba menjawab
pertanyaan dari guru. Menstimulus siswa untuk bertanya dan
menjawab (menanya).
3. Siswa mengerjakan UH Fruit and vegetable
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan melanjutkan materi tentang binatang.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE