-->
RPP GARUDA : Langkah – Langkah Pembelajaran Mata Pelajaran Life Skill 2 Kelas 1 SD , MI Semester 2(dua)

RPP GARUDA : Langkah – Langkah Pembelajaran Mata Pelajaran Life Skill 2 Kelas 1 SD , MI Semester 2(dua)

Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :Life Skill 2
Kelas/Semester         :I / 2(dua)
Alokasi Waktu          :2 X 30 menit
Minggu Ke                :III (tiga) bulan Januari        
Tema                         :Pengalamanku (terampil menyusun dan mengenal bagian-bagian tubuh  
Lambang Negara: Burung Garuda Pancasila)
Indikator                   :Siswa mampu menyusun dan mengenal bagian-bagian tubuh Lambang
Negara: Burung Garuda Pancasila, (contoh:jumlah bulu pada leher,ekor,sayap     dan kaki, serta lambang pancasila di bagian dada)berdasarkan hasil praktek dan pengamatan.
   Materi                      : Lambang Negara Indonesia “Burung Garuda”
   Pendekatan & Metode
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Make a Match
Metode                : Penugasan, Praktek, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah   
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Salam pembuka, bertanya kabar, menyanyikan lagu Garuda Pancasila  bersama – sama.
2.      Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi tematik tentang lambing Negara Indonesia: “Burung Garuda” (Apa lambang Negara Indonesia?, mengapa lambang Negara kita burung garuda?
3.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(20 Menit)
1.      Guru menyuruh siswa mengamati gambar burung garuda di kelas.
2.      Guru bertanya pada siswa “apakah sama jumlah bulu di sayap, leher, ekor, dan pangkal ekor?”
3.      Guru bertanya: “anak-anak, siapa yang tahu tanggal berapa Negara Indonesia merdeka?” kemudian guru mengkaitkan tanggal kemerdekaan Indonesia dengan jumlah bulu yang ada  pada burung garuda.
4.      Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
5.      Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang sudah diberikan
Evaluasi
(20 Menit)
  1. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi.
       2. Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil    LKS di depan kelas.
       3. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.      Salam penutup

Media              :           Lembar Kerja Kelompok,, puzzle “ Burung Garuda Pancasila”
.............,             Januari  ........
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1

     ( ..............................)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah



                                                (........................................)




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar