Langkah – Langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran :Life Skill 2
Kelas/Semester :I / 2(dua)
Alokasi Waktu :2 X 30 menit
Minggu Ke :III
(tiga) bulan Januari
Tema :Pengalamanku
(terampil menyusun dan mengenal bagian-bagian tubuh
Lambang
Negara: Burung Garuda Pancasila)
Indikator :Siswa mampu menyusun dan mengenal bagian-bagian tubuh
Lambang
Negara: Burung Garuda
Pancasila, (contoh:jumlah bulu pada leher,ekor,sayap dan kaki, serta lambang pancasila di
bagian dada)berdasarkan hasil praktek dan pengamatan.
Materi : Lambang Negara Indonesia
“Burung Garuda”
Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Make a Match
Metode :
Penugasan, Praktek, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
(10 Menit)
|
1.
Salam pembuka, bertanya kabar, menyanyikan lagu Garuda Pancasila bersama – sama.
2.
Guru memberikan Apersepsi tentang mengulas kembali materi
tematik tentang lambing Negara
3.
Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan
dilakukan siswa dalam pembelajaran.
|
Inti
(20 Menit)
|
1.
Guru menyuruh siswa mengamati gambar burung garuda di kelas.
2.
Guru bertanya pada siswa “apakah sama jumlah bulu di sayap,
leher, ekor, dan pangkal ekor?”
3.
Guru bertanya: “anak-anak, siapa yang tahu tanggal berapa Negara
4.
Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok.
5.
Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang sudah diberikan
|
Evaluasi
(20 Menit)
|
1. Guru bersama siswa membahas hasil
diskusi.
2. Guru meminta
perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil LKS di depan kelas.
3. Guru bersama
siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Penutup
(10 Menit)
|
1.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.
Guru menyuruh siswa mencatat kesimpulan.
3.
Salam penutup
|
............., Januari ........
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2 Guru kelas 1
( ..............................) ( )
Mengetahui,
KepalaSekolah
(........................................)