-->

Langkah – Langkah Pembelajaran Mata Pelajaran Life Skill 2 Kelas 1 SD MI Semester 1(satu) Tema Kegiatanku mengidentifikasi sifat-sifat benda

Langkah – Langkah Pembelajaran

Mata Pelajaran        :           Life Skill 2
Kelas/Semester         :           I / 1(satu)
Alokasi Waktu          :           2 X 30 menit
Minggu Ke                :           I (pertama) bulan Oktober
                                  
Tema             :           Kegiatanku (mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi
benda padat,dan cair secara mendasar)
Indikator      :           Siswa mengelompokkan benda-benda yang dikenal  di sekitar lingkungan rumah
dan sekolah sebagai benda padat,cair berdasarkan hasil praktek dan pengamatan.
                                 .          
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
Kegiatan
Pendahuluan
(10 Menit)
1.      Salam pembuka, bertanya kabar, menyanyikan lagu bersama – sama yang berkaitan dengan sifat-sifat benda.
2.      Guru memberikan Apersepsi tentang pelajaran pada pertemuan sebelumnya
3.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa   dalam pembelajaran.
Inti
(30 Menit)
1.      Guru menunjukkan beberapa contoh benda padat dan cair kepada siswa,
2.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan
3.      Guru meminta siswa memilih benda sesuai instruksi yang diberikan
4.      Guru bersama siswa membahas perbedaan sifat-sifat benda padat dan benda cair
5.      Siswa mencatat hasil pembahasan 
Evaluasi
(10 Menit)
1.      Guru mengajak siswa keluar kelas untuk mencari contoh benda padat dan cair di sekitar lingkungan sekolah
2.      Siswa mengerjakan secara kelompok
Penutup
(10 Menit)
1.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.      Guru bersama siswa menyimpulkan kembali tentang materi yang sudah disampaikan kepada siswa
3.      Salam penutup

Media              :           Lembar Kerja Kelompok, Pensil, Buku, air, kecap, susu.   
                                                                                                                               
...................,             Oktober   ..........
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2                                                               Guru kelas 1

     ( .....................................)                                                                   (                                          )
                                                            Mengetahui,
                                                            KepalaSekolah


                                                (...........................................)





Lembar Kerja Siswa
Kelompok       :
Nama Anggota           : 1.                                                                   4.
                          2.                                                                   5.
                          3.                                                                   6.
TEMPAT
CONTOH
BENDA PADAT
CONTOH
BENDA CAIR
Kelas


Halaman


Kantin




LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
Sifat-Sifat Benda Padat dan Benda Cair

Kelompok:
Nama anggota:  1.                                                          
                            2.
                            3.
                            4.
                            5.
                            6.                                                          
A.    Alat dan bahan
-    Teh                  - Gelas                 - Pensil                                -Penggaris
-    Air                   - Botol                 - Penghapus                         - Piring
B.     Langkah-langkah kegiatan
1.      Letakkan pensil, penghapus, penggaris di atas piring! Amati benda-benda tersebut! Apakah
      mengalami perubahan? ……………………………………………………………………….
2.      Masukkan pensil, penghapus, penggaris ke dalam gelas! Amati benda-benda tersebut! Apakah
      mengalami perubahan? ..............................................................................................................
3.      Tuang air ke dalam gelas! Amati  air tersebut! Apakah mengalami perubahan?
      …………………………………………………………………………………………………
4.      Tuang air ke dalam botol! Amati air tersebut! Apakah mengalami perubahan?
      …………………………………………………………………………………………………
5.   Tuang teh ke dalam gelas! Amati teh tersebut! Apakah mengalami perubahan?
      ...................................................................................................................................................
 6.  Tuang teh dalam botol! Amati teh tersebut! Apakah mengalami perubahan?
       ..................................................................................................................................................
C.    Kesimpulan
1.      Yang termasuk benda padat adalah………………………………………………...........
2.      Yang termasuk benda cair adalah………………………………………………..............
3.      Sifat benda padat adalah…………………………………………………………………
4.      Sifat benda cair adalah…………………………………………………………………..
D.    Perluasan
·         Apakah es batu termasuk benda cair atau benda padat?
      ……………………………………………………………………………………………….
·         Sebutkan benda lain yang termasuk benda padat di sekitar kalian!
            ………………………………………………………………………………………………
·         Sebutkan benda lain yang termasuk benda cair di sekitar kalian!
      ………………………………………………………………………………………………


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar