Langkah – Langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran : Life
Skill 2
Kelas/Semester : I
/ 1(satu)
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
Minggu Ke : I (pertama) bulan Oktober
Tema : Kegiatanku
(mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi
benda
padat,dan cair secara mendasar)
Indikator : Siswa
mengelompokkan benda-benda yang dikenal
di sekitar lingkungan rumah
dan
sekolah sebagai benda padat,cair berdasarkan hasil praktek dan pengamatan.
.
LangkahPembelajaran
Kegiatan
(waktu)
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
(10 Menit)
|
1.
Salam pembuka, bertanya kabar, menyanyikan lagu bersama – sama
yang berkaitan dengan sifat-sifat benda.
2.
Guru memberikan Apersepsi tentang pelajaran pada pertemuan sebelumnya
3.
Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
siswa dalam pembelajaran.
|
Inti
(30 Menit)
|
1.
Guru menunjukkan beberapa contoh benda padat dan cair kepada siswa,
2.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan
3.
Guru meminta siswa memilih benda sesuai instruksi yang diberikan
4.
Guru bersama siswa membahas perbedaan sifat-sifat benda padat dan benda cair
5.
Siswa mencatat hasil pembahasan
|
Evaluasi
(10 Menit)
|
1.
Guru mengajak siswa keluar kelas untuk mencari
contoh benda padat dan cair di sekitar lingkungan sekolah
2.
Siswa mengerjakan secara kelompok
|
Penutup
(10 Menit)
|
1.
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
2.
Guru bersama siswa menyimpulkan kembali tentang materi yang sudah
disampaikan kepada siswa
3.
Salam penutup
|
Media : Lembar Kerja Kelompok, Pensil, Buku,
air, kecap, susu.
..................., Oktober ..........
Koordinator Jenjang Kelas 1 dan 2 Guru kelas 1
( .....................................) ( )
Mengetahui,
KepalaSekolah
(...........................................)
Lembar Kerja Siswa
Kelompok :
Nama Anggota : 1. 4.
2. 5.
3. 6.
TEMPAT
|
CONTOH
BENDA
PADAT
|
CONTOH
BENDA CAIR
|
Kelas
|
||
Halaman
|
||
Kantin
|
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 1
Sifat-Sifat
Benda Padat dan Benda Cair
Kelompok:
Nama anggota: 1.
2.
3.
4.
5.
6.
A.
Alat
dan bahan
-
Teh - Gelas - Pensil -Penggaris
-
Air - Botol
- Penghapus -
Piring
B.
Langkah-langkah
kegiatan
1.
Letakkan
pensil, penghapus, penggaris di atas piring! Amati benda-benda tersebut! Apakah
mengalami perubahan?
……………………………………………………………………….
2. Masukkan pensil, penghapus,
penggaris ke dalam gelas! Amati benda-benda tersebut! Apakah
mengalami
perubahan?
..............................................................................................................
3.
Tuang air ke dalam gelas! Amati air tersebut! Apakah mengalami perubahan?
…………………………………………………………………………………………………
4.
Tuang air ke dalam botol! Amati air
tersebut! Apakah mengalami perubahan?
…………………………………………………………………………………………………
5. Tuang teh ke dalam gelas! Amati teh tersebut!
Apakah mengalami perubahan?
...................................................................................................................................................
6. Tuang
teh dalam botol! Amati teh tersebut! Apakah mengalami perubahan?
..................................................................................................................................................
C.
Kesimpulan
1. Yang termasuk benda padat
adalah………………………………………………...........
2. Yang termasuk benda cair adalah………………………………………………..............
3. Sifat benda padat adalah…………………………………………………………………
4. Sifat benda cair adalah…………………………………………………………………..
D.
Perluasan
·
Apakah es batu
termasuk benda cair atau benda padat?
……………………………………………………………………………………………….
·
Sebutkan benda
lain yang termasuk benda padat di sekitar kalian!
………………………………………………………………………………………………
·
Sebutkan benda
lain yang termasuk benda cair di sekitar kalian!
………………………………………………………………………………………………