LATIHAN
UJIAN NASIONAL SD/MI
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari :
Tanggal :
Waktu : 07.30 – 09.20 (120
menit)
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) jawaban yang
paling tepat pada lembar jawaban yanw tersedia!
Bacalah
Teks berikut untuk menjawab soal no 1 – 5
Film Jadi
Media Baru Seni Pertunjukan Indonesia
Film merupakan media baru bagi seniman
tari untuk mengeksplorasi karya di luar panggung pertunjukan. Bagi sebagian
seniman, panggung sangat membatasi eksperimen gerak
yang mereka ciptakan. Film sebagai media seni pertunjukan tari dicoba diperkenalkan
dalam
Festival
Tari Indonesia (Indonesian Dance Festival / IDF). Melalui segmen Dance and Film, panitia
memutar beberapa film tari karya dari dalam dan luar negeri.
“Sebagian besar film tari yang ada di
Indonesia masih berbentuk dokumenter. Masih
jarang orang membuat film tari sebagai bagian dari
estetika seni pertunjukan tari itu sendiri,”
kata Adi Wicaksono, Manajer Program Dance and Film di IDF, Selasa (5/6). Dance and Film IDF diisi pemutaran film dokumenter penari Pina Bausch (Jerman), Rasinah
(Cirebon), Bagong Kussudiardja (Yogyakarta), Tari Bedhaya, serta film panjang
seperti Sang Penari, Exodus, Alisa,
Drupadi, Dongeng dari Dirah, dan Opera
Jawa. Pemutaran film diadakan di Institut Kesenian Jakarta.
Penari Sardono W. Kusumo yang memproduksi Dongeng dari Dirah (1974)
mengatakan, di Indonesia media film belum banyak dimanfaatkan oleh seniman
tari. Padahal, fase baru ini berpotensi menciptakan kreativitas baru. Adi
Wicaksono mengatakan, IDF mencoba memperkenalkan film sebagai alternatif baru
untuk menonton tari sekaligus menciptakan karya tari bagi senimannya.
(Kompas, 5 Juni
2012)
|
||
1.
|
Apa yang diperkenalkan dalam Festival Tari Indonesia ?
|
|
a.
|
Pertunjukan tari yang tidak
lagi membutuhkan panggung.
|
|
b.
|
Film yang menyajikan tarian
daerah dan luar negeri.
|
|
c.
|
Film sebagai media
memperkenalkan tarian daerah.
|
|
d.
|
Film sebagai media seni
pertunjukan tari.
|
2.
|
Bagaimana cara memperkenalkan
seni pertunjukan tari bagi seniman tari dalam mengeksplorasi karya di luar
panggung pertunjukan ?
|
|
a.
|
Melalui Film Tari Indonesia.
|
|
b.
|
Pemutaran film dokumenter.
|
|
c.
|
Melalui media film.
|
|
d.
|
Dengan menggelar pertunjukan
di luar panggung.
|
3.
|
Kalimat tanya yang jawabannya
terdapat dalam bacaan di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Di mana Dance and Film IDF
diadakan ?
|
|
b.
|
Mengapa film dokumenter di
Indonesia berkembang pesat ?
|
|
c.
|
Bagaimana musik diperkenalkan
sebagai alternatif baru menonton tari ?
|
|
d.
|
Siapa yang ingin menciptakan
karya tari dengan menggunakan media film ?
|
4.
|
Ide pokok paragraf pertama
adalah . . . .
|
|
a.
|
Panggung sudah tidak mampu
lagi mengeksplorasi tari karena keterbatasan ruang gerak.
|
|
b.
|
Film adalah media baru untuk
mengeksplorasi karya di luar panggung pertunjukan.
|
|
c.
|
Para insan perfilman memilih
tari sebagai pertunjukan baru dalam film.
|
|
d.
|
Tari dalam media film
diperkenalkan dalam Festival Tari Indonesia.
|
5.
|
Kalimat yang sesuai dengan
paragraf ketiga adalah . . . .
|
|
a.
|
Di Indonesia, media film
belum banyak dimanfaatkan oleh para seniman tari.
|
|
b.
|
Festival Tari Indonesia
bertujuan untuk lebih mengeksplorasi seni tari di mata dunia.
|
|
c.
|
Film yang memasukkan unsur
tari sudah banyak dikembangkan oleh para seniman Indonesia.
|
|
d.
|
IDF mencoba memperkenalkan
tari ke seluruh dunia agar lebih banyak diminati.
|
6.
|
Perhatikan petunjuk penggunaan obat berikut !
Anak- anak 3 x
tablet per hari.
Dewasa 3 x 1 tablet per hari.
Ayah Alya sakit flu, Alya
memberikan obat kepada ayahnya.
Takaran obat yang tepat untuk
Ayah Alya adalah . . . .
|
|
a.
|
Sekali minum tiga tablet,
diminum satu kali sehari.
|
|
b.
|
Satu tablet sekali minum satu
kali sehari.
|
|
c.
|
Tiga hari sekali, sekali
minum satu tablet.
|
|
d.
|
Sekali minum satu teblet,
diminum tiga kali sehari.
|
7.
|
Bacalah petunjuk berikut !
Petunjuk penggunaan kompor
listrik
1. Nyalakan kompor dengan memutar tombol kompor.
2. Colokkan kabel ke stop kontak listrik.
3. Letakkan kompor listrik di tempat yang datar dan kering.
4. Letakkan panci di atas kompor.
Urutan petunjuk penggunaan
kompor listrik yang tepat adalah . . . .
|
|
a.
|
4-2-3-1
|
|
b.
|
3-2-4-1
|
|
c.
|
1-3-2-4
|
|
d.
|
3-1-4-2
|
8.
|
Bacalah rubrik surat pembaca berikut !
Kalimat saran untuk rubrik
tersebut adalah . . . .
|
||
a.
|
Para pengelola taman sudah
berusaha menyediakan lahan berjualan.
|
||
b.
|
Sebaiknya, disediakan
restoran cepat saji di Taman Asri.
|
||
c.
|
Makanan yang baik untuk
dijual adalah kudapan.
|
||
d.
|
Pengelola kaki lima dapat
berjualan di lokasi.
|
9.
|
Pengumuman
Dalam rangka menyukseskan program
penghijauan, Sekolah akan mengadakan penanaman
pohon buah-buahan di kebun sekolah. Murid-murid diminta membawa satu bibit
pohon buah.
Isi
pengumuman tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Pengadaan
program penghijauan.
|
|
b.
|
Penanaman
pohon buah-buahan di sekolah.
|
|
c.
|
Informasi
tentang kebersihan lingkungan.
|
|
d.
|
Informasi
untuk murid agar membawa satu bibit pohon buah ke sekolah.
|
Cuplikan teks drama berikut untuk soal nomor 10-12.
|
||||
Arif
|
:
|
“Ayah, aku mau ikut Kak Agus
nonton sepak bola di lapangan.” (Arif keluar
rumah sambil mendorong sepeda motornya).
|
||
Ayah
|
:
|
“Naik apa kesana ?” (Ayah
mengelus-elus kepala Arif).
|
||
Arif
|
:
|
“Naik sepeda motor, Yah.”
|
||
Agus
|
:
|
“Iya, tuh, Yah. Adik
merengek-rengek ingin ikut nonton sepak bola.” (Agus keluar rumah sambil
mendorong sepeda motornya).
|
||
Ayah
|
:
|
“Ya, sudah. Pergilah bersama
Kak Agus.”
|
||
Arif
|
:
|
(Raut muka senang) “Baik,
Yah.”
|
||
Ayah
|
:
|
“Hati-hatilah, patuhi
rambu-rambu lalu lintas, jangan ngebut, dan kenakan
helm !” (Ayah berseru ke arah Agus dan Arif
yang siap berangkat).
|
||
10.
|
Tokoh utama dalam kutipan drama
tersebut adalah . . . .
|
|||
a.
|
Ayah
|
|||
b.
|
Ibu
|
|||
c.
|
Arif
|
|||
d.
|
Agus
|
|||
11.
|
Latar yang tepat berdasarkan
kutipan drama tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
di jalan.
|
|
b.
|
di rumah.
|
|
c.
|
di lapangan.
|
|
d.
|
di kebun.
|
12.
|
Amanat yang terkandung dalam
penggalan drama tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Kita harus menaati perintah
orang tua.
|
|
b.
|
Pengendara sepeda motor harus
mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
|
|
c.
|
Kita harus pamit kepada ayah
setiap ke luar rumah.
|
|
d.
|
Apabila ke luar rumah, harus
memakai sepeda motor.
|
13.
|
Udara di Bogor sangat dingin.
Termometer yang ada di ruang tamu tepat menunjuk pada angka tujuh belas
derajat celcius. Meskipun jam dinding menunjuk pukul sembilan pagi, udara
terasa seperti pukul sembilan malam, matahari juga masih bersembunyi di balik
awan.
Kalimat utama paragraf di
atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Udara di Bogor sangat dingin.
|
|
b.
|
Udara dingin terasa
menusuk-nusuk tulang.
|
|
c.
|
Matahari masih bersembunyi di
balik awan.
|
|
d.
|
Termometer menunjukkan angka
17oC.
|
14
|
Perhatikan percakapan berikut !
|
||||||||||||||||||||||||
|
Simpulan isi percakapan di
atas adalah . . . .
|
||
a.
|
Permainan layang- layang yang
seru.
|
|
b.
|
Memberikan layang- layang
kepada orang lain.
|
|
c.
|
Menemukan layang- layang di
atas pohon.
|
|
d.
|
Memberikan layang- layang
kepada orang lain.
|
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab soal nomor
15- 17
Tanah yang gersang, udara yang
panas. Itulah ciri khas Bojonegoro. Tidak
semua tanaman cocok di daerah semacam itu. Namun, tanaman tembakau justru
sangat menyukainya. Di tanah kering dan udara panas menyengat, tanaman
tembakau justru tumbuh subur.
Sumber :
Majalah Potret Negeriku, Desember 2011
|
||
15.
|
Makna kalimat yang bercetak
miring dalam paragraf tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Keadaan tanah di Bojonegoro
berbeda dengan tanah di daerah lain.
|
|
b.
|
Tidak semua tanaman dapat
hidup seperti tembakau.
|
|
c.
|
Tidak semua tanaman cocok di
daerah gersang dan panas.
|
|
d.
|
Tanah kering dan udara panas
menjadi ciri khas daerah Bojonegoro.
|
16.
|
Tanah yang gersang, udara
yang panas.
Arti kata gersang pada paragraf tersebut adalah
. . . .
|
|
a.
|
hitam.
|
|
b.
|
keras.
|
|
c.
|
gembur.
|
|
d.
|
kering.
|
17.
|
Antonim dari kata panas pada paragraf tersebut adalah .
. . .
|
|
a.
|
Dingin
|
|
b.
|
Segar
|
|
c.
|
Lembab
|
|
d.
|
Basah
|
18.
|
Santosa murid kelas VI. Ia selalu
ingin membeli aneka mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia
sering meminjam uang kepada teman- temannya. Padahal setiap hari ia diberi
saku Rp 5.000,00 oleh ayahnya, sedangkan harga mainan yang ia beli seharga Rp
9.000,00.
Peribahasa yang tepat untuk
menggambarkan ilustrasi di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Besar pasak dari pada tiang.
|
|
b.
|
Tong kosong berbunyi nyaring.
|
|
c.
|
Air tenang menghanyutkan.
|
|
d.
|
Air beriak tanda tak dalam.
|
19.
|
Budi anak dari keluarga yang kaya. Ia
pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa
saja. Sikap Budi tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya.
Ungkapan yang sesuai dengan
ilustrasi di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
besar hati.
|
|
b.
|
rendah hati.
|
|
c.
|
besar kepala.
|
|
d.
|
hati mas.
|
20.
|
Perhatikan pantun berikut !
Buah nangka buah kedondong,
Jangan dimakan di siang terik.
Hai, teman jangan berbohong,
Bohong itu tidak baik.
Pesan yang terkandung dalam
pantun tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Jangan makan buah nangka dan
kedondong pada siang hari.
|
|
b.
|
Sebaiknya makan buah nangka
dan kedondong pada waktu siang hari.
|
|
c.
|
Buah nangka dan kedondong
enak rasanya.
|
|
d.
|
Jangan suka berbohong karena
bohong itu tidak baik.
|
21.
|
Perhatikan dua teks berikut ini !
Teks 1
Beberapa hari terakhir ini hujan
cukup deras, sehingga terjadi banjir di mana- mana. Ibu kota negara juga
dilanda banjir, bahkan sampai ke istana negara. Banjir yang melanda daerah
itu menyebabkan kekhawatiran warga.
Teks 2
Penduduk yang tinggal di daerah
bantaran sungai sangat khawatir jika musim hujan tiba. Aliran air sungai yang
deras dari hulu meluap sampai ke rumah penduduk. Terpaksa para penduduk
mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Persamaan kedua teks tersebut
adalah . . . .
|
|
a.
|
Bencana alam melanda
penduduk.
|
|
b.
|
Warga mengungsi karena
banjir.
|
|
c.
|
Banjir membuat warga
khawatir.
|
|
d.
|
Hujan mengakibatkan banjir.
|
Untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Perhatikan jadwal penerbangan
pesawat Garuda berikut ini !
Jadwal
Penerbangan Pesawat Garuda
Bandara
Ahmad Yani Semarang
.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
22.
|
Pernyataan yang sesuai dengan
jadwal penerbangan pesawat Garuda tersebut adalah . . .
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a.
|
Pesawat dengan nomor
penerbangan GA 233 terbang setiap hari dari Semarang tiba di Jakarta pukul
08.35.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
|
Pesawat dengan nomor penerbangan
GA 237 terbang setiap hari dari Jakarta tiba di Semarang pukul 11.50
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
c.
|
Pesawat dengan nomor
penerbangan GA 238 terbang setiap hari dari Semarang tiba di Jakarta pukul
13.45
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
d.
|
Pesawat dengan nomor
penerbangan GA 230 terbang setiap hari dari Semarang pukul 07.00
|
23.
|
Jika ayah berangkat
dari Semarang pukul 09.20 dan ingin sampai di Jakarta pukul 10.20. Maka ayah sebaiknya
naik pesawat Garuda dengan nomor penerbangan . . . .
|
|
a.
|
GA. 235
|
|
b.
|
GA. 234
|
|
c.
|
GA. 237
|
|
d.
|
GA. 230
|
24.
|
Cermati puisi berikut !
Kau berlayar pada malam hari,
Di tengah laut kau mencari rezeki,
Siang hari kau pulang sejenak untuk beristirahat,
Siang malam kau lalui demi sesuap nasi.
Isi puisi tersebut adalah . .
. .
|
|
a.
|
Seorang nelayan bekerja keras
demi kelangsungan hidup keluarga.
|
|
b.
|
Beban berat nelayan karena
bekerja keras.
|
|
c.
|
Seorang nelayan bekerja keras
demi mencari nasi.
|
|
d.
|
Nelayan bekerja keras tidak
kenal waktu karena bebannya berat.
|
25.
|
Bacalah kutipan cerita berikut !
Riski bersantai sejenak di taman
rumahnya. Ia terlalu lelah setelah mengikuti lomba lari tadi pagi. Akhirnya
ia dapat mengharumkan nama sekolahnya di tingkat Nasional. Bukan hanya
sekolahnya, tapi juga nama asal daerahnya. Ia disanjung oleh teman- temannya.
Karena menjadi juara I pada lomba lari tingkat Nasional.
Simpulan isi cerita tersebut
adalah . . . .
|
|
a.
|
Riski bersantai di taman
rumahnya, karena lelah setelah mengikuti lomba lari.
|
|
b.
|
Riski telah membawa
kebanggaan bagi sekolah dan daerahnya karena telah menjadi juara lari tingkat
Nasional.
|
|
c.
|
Riski bangga disanjung teman-
temannya setelah mendapat juara I tingkat Nasional.
|
|
d.
|
Riski dan teman- temannya
bangga karena telah mengikuti lomba lari tingkat Nasional.
|
26.
|
Pahamilah laporan berikut ini dengan seksama !
Pada hari Senin 17 November 2008, SD
Angkasa Bandung mengadakan kunjungan ke Puskesmas I Bandung. Mereka sampai di puskesmas pukul 09.00 WIB
dan disambut oleh Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di puskesmas tersebut.
Hasil pengamatan yang didapat adalah suasana lingkungan puskesmas dan ruangan
tampak bersih, sehat dan rapi. Para petugas melayani pasien dengan penuh
kesabaran dan penuh dengan sopan santun. Setelah pukul 12.00, kami mohon
pamit kepada puskesmas I Tangerang.
Isi dari laporan di atas
adalah . . . .
|
|
a.
|
Cara kerja karyawan Puskesmas
I Bandung.
|
|
b.
|
Kunjungan ke Puskesmas I
Bandung.
|
|
c.
|
Kunjungan kerja ke SD Angkasa
Bandung.
|
|
d.
|
Keadaan ruangan Puskesmas I
Bandung.
|
27.
|
Perbaikan kalimat laporan
yang bercetak
miring adalah . . . .
|
|
a.
|
Mereka datang di puskesmas
pukul 09.00 WIB
|
|
b.
|
Mereka mulai di puskesmas
pukul 09.00 WIB
|
|
c.
|
Mereka hadir di puskesmas
pukul 09.00 WIB
|
|
d.
|
Mereka tiba di puskesmas
pukul 09.00 WIB
|
28.
|
Cermati percakapan berikut !
Topik dari kutipan drama di
atas adalah . . . .
|
|||||||||||||
a.
|
Bencana banjir.
|
|||||||||||||
b.
|
Masyarakat takut dengan
banjir.
|
|||||||||||||
c.
|
Musim hujan.
|
|||||||||||||
d.
|
Penanaman pohon dapat
mencegah banjir.
|
29.
|
Paragraf di bawah ini untuk soal nomor 29- 31 !
Pulang dari madrasah, hati Wahyu berbunga- bunga. Ia tak menyangka
berhasil mengalahkan lawannya dari KKM VI yang kedua kalinya. Setibanya di
rumah, Wahyu mengabarkan berita kemenangannya kepada Ibunya, “Bu....,
Bu....., aku menjadi juara bertahan bulu tangkis tahun ini.” “Kami tadi main bulutangkis
empat kali, Bu”. “Selamat, ya sayang, ibu bangga”. “Benar kata ibu kan asal
rajin berlatih, pasti kamu berhasil mempertahankan juara,” Tak lupa ibu
berpesan kepada Wahyu agar tidak cepat puas, tetap rajin berlatih, dan jangan
besar kepala atas keberhasilan yang telah dicapainya tadi.
Ringkasan yang tepat pada
paragraf di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Ia tak menyangka berhasil
mengalahkan lawannya dari KKM VI yang kedua kalinya.
|
|
b.
|
Setibanya di rumah, Wahyu
mengabarkan berita kemenangannya kepada Ibunya.
|
|
c.
|
Pulang dari madrasah, hati
Wahyu berbunga- bunga.
|
|
d.
|
Besar kepala atas
keberhasilan yang telah dicapainya.
|
30.
|
Tema cerita tersebut adalah .
. . .
|
|
a.
|
Suatu kebanggaan karena
berhasil mempertahankan kejuaraan.
|
|
b.
|
Seorang anak yang menyampaikan
kabar gembira kepada ibunya.
|
|
c.
|
Kepatuhan seorang anak kepada
ibunya.
|
|
d.
|
Dengan berlatih dengan
sungguh- sungguh maka keberhasilan akan dapat tercapai.
|
31.
|
Pesan yang terkandung dalam
paragraf di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Wahyu puas dengan
keberhasilannya.
|
|
b.
|
Menjadi juara bertahan.
|
|
c.
|
Tetap rajin berlatih, walau
berhasil mempertahankan juara.
|
|
d.
|
Tidak berlatih, karena sudah
menjadi juara bertahan.
|
32.
|
Puisi berikut untuk nomor 32 dan 33 !
Sinar matahari mulai menampakkan
senyumnya
Engkau telah bersiap di
pematang sawah
Panas dan dahaga tak kau
hiraukan
Rintik hujan tak kau rasakan
Engkau rawat padi dengan
penuh harap dan cemas
Hingga saat panen tiba
Engkau menghasilkan banyak pangan
Jasamu sungguh tiada tara
Kan kukenang sepanjang masa
Pernyataan yang sesuai dengan
puisi tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Selalu bekerja tanpa lelah,
walau panas dan hujan.
|
|
b.
|
Selalu bekerja tanpa lelah,
biar panas dan hujan.
|
|
c.
|
Selalu bekerja sudah lelah,
karena panas dan hujan.
|
|
d.
|
Selalu bekerja agar cepat
lelah, karena panas dan hujan.
|
33.
|
Makna kata “ jasa “ dalam
puisi di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Pelayanan yang sangat baik
bagi kita.
|
|
b.
|
Manfaat yang melimpah bagi
kita.
|
|
c.
|
Perbuatan yang bermanfaat
bagi orang lain.
|
|
d.
|
Jerih payah yang sangat
menguntungkan.
|
34.
|
Cara memasak bubur kacang hijau !
1. Setelah matang, masukkan gula pasir dan santan, aduklah
hingga rata.
2. Cuci kacang hijau hingga bersih.
3. Rendam kacang hijau kurang lebih 3 jam.
4. Rebus kacang hijau hingga matang dan empuk.
Urutan cara memasak bubur
kacang hijau yang benar adalah . . . .
|
|
a.
|
2-1-4-3
|
|
b.
|
2-3-1-4
|
|
c.
|
2-4-3-1
|
|
d.
|
2-3-4-1
|
35.
|
Bacalah kalimat acak berikut !
1) Kemudian kami memasuki gerbong kereta api.
2) Kami mengantre tiket di loket.
3) Hari Sabtu yang lalu kami pergi ke Bandung.
4) Lalu kami mendapatkan tiket dari petugas penjaga loket.
Urutan kalimat acak tersebut
agar menjadi paragraf yang padu adalah . . . .
|
|
a.
|
(3)-(4)-(1)-(2)
|
|
b.
|
(3)-(2)-(1)-(4)
|
|
c.
|
(3)-(4)-(1)-(2)
|
|
d.
|
(3)-(2)-(4)-(1)
|
36.
|
Doni mengikuti les matematika
secara rutin.
Doni merasa lelah sepulang
dari sekolah.
Gabungan kedua kalimat yang
tepat adalah . . . .
|
|
a.
|
Doni mengikuti les matematika
secara rutin dan dia merasa lelah sepulang sekolah.
|
|
b.
|
Meski merasa lelah sepulang
sekolah, Doni mengikuti les matematika secara rutin.
|
|
c.
|
Doni mengikuti les matematika
secara rutin meski dia merasa lelah sepulang sekolah.
|
|
d.
|
Apabila merasa lelah sepulang
sekolah, Doni mengikuti les matematika secara rutin.
|
37.
|
Tasya kuliah di Fakultas
kedokteran .
. . ia bercita- cita menjadi seorang dokter.
Kata hubung yang tepat untuk
melengkapi kalimat di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
karena
|
|
b.
|
oleh karena itu
|
|
c.
|
sebagaimana
|
|
d.
|
sehingga
|
38.
|
Perhatikan surat undangan berikut !
Yth. Orang
tua sisda kelas VI
SD Tunas
Bangsa
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Sehubungan dengan akan diadakannya
kegiatan karya wisata SD Tunas Bangsa, kami mengundang bapak/ibu untuk . . .
.
Yang akan dilaksanakan
pada :
Hari/tanggal :
Rabu, 7 Pebruari 2013
Waktu : 08.00WIB
Tujuan :
Candi Borobudur
Demikian surat undangan ini kami
sampaikan, atas perhatian serta partisipasinya kami ucapkan terima kasih yang
sebesar- besarnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah . . . .
|
|
:
|
a.
|
ikut serta dalam kegiatan karya wisata tersebut.
|
b.
|
mengijinkan anak bapak/ibu untuk ikut karyawisata.
|
|
c.
|
memberikan pendapat dalam karyawisata.
|
|
d.
|
menjaga karyawisata agar aman.
|
39.
|
Perhatikan penggalan surat di bawah ini !
Yth Ibu Sintanuriah Spd
Di tempat
Dengan hormat
Sehubungan dengan diadakannya
perpisahan kelas VI, kami mengundang Bapak/Ibu guru dalam rangka rapat
persiapan acara perpisahan tersebut.
Tanda baca yang tepat untuk
melengkapi penggalan surat di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Yth. Ibu Sintanuriah S.Pd, dan
tanda koma (,) setelah dengan hormat.
|
|
b.
|
Yth. Ibu Sintanuriah SPd. dan
tanda titik (.) setelah di tempat.
|
|
c.
|
Yth. Ibu Sintanuriah, S.Pd.
dan tanda koma (,) setelah dengan hormat.
|
|
d.
|
Yth. Ibu sintanuriah, SPd,
dan tanda titik (.) setelah dengan hormat.
|
40.
|
Perhatikan kutipan pengumuman berikut !
Sehubungan dengan hasil ujian tengah
semester, SD Nusantara akan mengadakan remidi. Bagi siswa yang mendapatkan
nilai di bawah 6 harus mengikuti remidi, untuk itu dimohon agar . . . .
Atas perhatiannya kami ucapkan
terimakasih.
Hormat saya
Kepala SD Nusantara
Siswanto S.Pd
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi pengumuman di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Remidi dilakukan agar siswa
mendapatkan nilai yang lebih baik.
|
|
b.
|
Siswa diminta belajar yang
tekun karena remidi sangat penting.
|
|
c.
|
Siswa yang akan mengikuti
remidi supaya mempersiapkan diri.
|
|
d.
|
Nama- nama siswa yang
mengikuti remidi dicantumkan di papan pengumuman.
|
41.
|
Bacalah dialog di bawah ini !
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi dialog di atas adalah . . . .
|
|||||||||||||
a.
|
Bagaimana cara mengumpulkan
prangko- prangko itu ?
|
|||||||||||||
b.
|
Dimana kamu beli prangko-
prangko itu dan berapa harganya ?
|
|||||||||||||
c.
|
Berapa kamu membeli prangko-
prangko itu ?
|
|||||||||||||
d.
|
Mengapa kamu suka mengoleksi
prangko- prangko itu ?
|
42.
|
Arman lahir pada tanggal 9 November
2001 di Salatiga. Alamat tempat tinggalnya Jalan Monginsidi no. 20 Salatiga.
Ia adalah putra keluarga Haryanto. Arman akan mengikuti les musik. Arman
beragama Islam. Ia bersekolah di SD Salatiga V. Ia harus mengisi formulir
seperti berikut.
Formulir Pendaftaran
Sanggar musik “ Sasando “
Isian yang tepat untuk no 3 dan 5 formulir tersebut
adalah . . . .
|
|||||||||||||||||||||
a.
|
Arman, SD Salatiga V.
|
|||||||||||||||||||||
b.
|
11 tahun, 9 November 2001.
|
|||||||||||||||||||||
c.
|
Jalan Monginsidi no. 20
Salatiga, SD Salatiga V.
|
|||||||||||||||||||||
d.
|
Haryanto, SD Salatiga V.
|
Bacalah teks pidato berikut untuk menjawab soal nomor
43 dan 44 !
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu
Guru sekalian, serta teman- teman yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yme karena pada pagi hari ini kita dalam keadaan sehat
sehingga dapat berkumpul di mushola ini dalam
rangka peresmian mushola sekolah kita.
Pada kesempatan ini, saya mewakili
teman- teman mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang mau
memperhatikan kebutuhan siswa- siswanya. Mushola ini sangat penting bagi kami sebagai sarana untuk beribadah. Tak
hanya itu, tentu saja mushola ini
bermanfaat bagi kita semua, selaku bagian dari sekolah ini.
|
||
43.
|
Kalimat ajakan yang tepat
untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Demikian penjelasan yang kami
sampaikan kepada Bapak dan Ibu Guru. Semoga bermanfaat.
|
|
b.
|
Oleh karena itu, saya
mengajak seluruh warga sekolah untuk bersama- sama menjaga mushola sekolah agar tetap bersih dan berfungsi dengan
baik.
|
|
c.
|
Marilah kita bersama- sama
menjaga kebersihan aula sekolah kita supaya selalu terlihat indah.
|
|
d.
|
Hanya ini yang dapat kami
suguhkan kepada para hadirin sekalian. Oleh karena itu harap maklum.
|
44.
|
Penulisan ejaan dan tanda
baca yang tepat untuk kalimat yang bercetak miring pada teks pidato di atas
adalah . . . .
|
|
a.
|
Pertama marilah kita
panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena pada pagi hari ini kita dalam
keadaan sehat, sehingga dapat berkumpul di mushola ini dalam rangka Peresmian mushola sekolah kita.
|
|
b.
|
Pertama,marilah kita
panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME karena pada pagi hari ini kita dalam
keadaan sehat, sehingga dapat berkumpul di mushola ini dalam rangka Peresmian Mushola Sekolah kita.
|
|
c.
|
Pertama marilah kita panjatkan
puji syukur kepada Tuhan YME karena pada pagi hari ini kita dalam keadaan
sehat sehingga dapat berkumpul di mushola ini dalam rangka peresmian mushola sekolah kita.
|
|
d.
|
Pertama marilah kita
panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena pada pagi hari ini kita dalam
keadaan sehat, sehingga dapat di mushola ini dalam rangka peresmian mushola sekolah kita.
|
45.
|
Perhatikan surat resmi berikut !
SD NEGERI BOTO 02
Alamat : Desa Boto, Kec. Bancak- Kab. Semarang
Salatiga 28 Januari 2013
Nomor : 03/KS/I/2013
Perihal : Undangan rapat Karyawisata
Yth. Bpk / Ibu orang tua
murid
SD Negeri Boto 02
di tempat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan diadakannya
karyawisata sekolah ke Kebun Raya pada 15 Juni 2013 kami mengundang kamu untuk menghadiri rapat persiapan
karyawisata tersebut, pada :
hari, tanggal : Sabtu, 2 Februari 2013
waktu : 09.00 sd Selesai
tempat : Aula Sekolah
Demikian undangan ini kami sampaikan.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah
Sunandi Relawati SPd
Kalimat yang bercetak miring
seharusnya . . . .
|
|
a.
|
Bapak / Ibu
|
|
b.
|
kamu
|
|
c.
|
dia
|
|
d.
|
ayah / bunda
|
46.
|
Perhatikan cuplikan laporan berikut !
Laporan Kunjungan
ke Museum Kereta Api
Pada hari Sabtu, 3 November 2012 kami
mengadakan kunjungan ke Museum Kereta Api. Museum tersebut berada di kawasan
Kota Ambarawa. Kami tidak sekedar melakukan
kunjungan, tetapi juga belajar banyak hal tentang perlengkapan sarana
transportasi Kereta Api. Kami sangat
senang sekali dikarenakan kami dapat mengetahui berbagai macam
perlengkapan sarana transportasi Kereta Api.
Perbaikan kata yang dicetak
miring dalam laporan di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
sekedar, sangat senang sekali, dikarena.
|
|
b.
|
sekadar, sangat senang, karena.
|
|
c.
|
sekadar, senang sekali, sebabnya.
|
|
d.
|
sekedar, sangat senang, karena
|
47.
|
Pada tanggal 24 November 2012, saya
mengadakan pengamatan di Pasar Bringin. Pertama- tama saya melihat kebersihan
pasar .
. . .Keadaan pasar yang bersih membuat para pengunjung
terlihat nyaman saat berbelanja. Pedagang dan pembeli di pasar itu membuang
sampah di tempat sampah. Keadaan kamar kecil di sudut pasar tersebut juga
bersih dan wangi. Setiap hari petugas kebersihan di pasar Bringin membersihkan
area di sekitar pasar.
Kalimat yang sesuai untuk
mengisi laporan rumpang tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Pasar Bringin terlihat
seperti pasar- pasar lainnya yang kurang menjaga kebersihannya.
|
|
b.
|
Banyak pedagang dan pembeli
melakukan trans saksi di pasar Bringin.
|
|
c.
|
Bangunan pasar Bringin sudah
tua sehingga layak diperbaiki.
|
|
d.
|
Saya melihat keadaan pasar
Bringin sangat bersih.
|
48.
|
Bacalah pantun berikut !
Jalan- jalan ke pantai
Tidak lupa membeli buku
. . . .
. . . .
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi isi pantun nasihat di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Jika ingin menjadi pandai
Rajinlah belajar dan membaca
buku.
|
|
b.
|
Jika ingin menjadi pandai
Sering- seringlah dekati
guru.
|
|
c.
|
Seluruh tubuhku bergetar
Melihat ular di dekat pintu.
|
|
d.
|
Sedang asyiknya bermain gitar
Ternyata ada yang mengganggu.
|
49.
|
Perhatikan gambar berikut !
Paragraf yang sesuai dengan
gambar tersebut adalah . . . .
|
|
a.
|
Pada hari Minggu, Bu Ari
bersama suami dan kedua anaknya sedang bekerjasama membuat halaman rumah.
Rencananya, halaman rumah mereka akan ditanami berbagai macam bunga.
|
|
b.
|
Bu Ari dan kedua anaknya
sedang membersihkan halaman rumah, sedangkan suaminya menanam tanaman. Mereka
bersepakat membuat rumah menjadi indah dan asri dengan menanami beberapa
tanaman.
|
|
c.
|
Pada hari itu, Bu Ari dan
keluarganya bekerja sama merapikan barang- barang perabot rumah tangga.
Mereka baru saja datang dari Surabaya dan tampak sibuk mengatur barang-
barang dan membersihkan rumah.
|
|
d.
|
Pada hari Minggu, Bu Ari dan
keluarganya sedang bekerjasama membersihkan rumah agar terlihat asri. Mereka
selalu melakukan hal itu minimal seminggu sekali. Oleh karena itu, tak heran
jika rumah keluarga Bu Ari paling bersih dan asri.
|
50.
|
Perhatikan paragraf berikut !
Saat pulang kantor, Ayah membeli
mobil- mobilan dan pesawat mainan. Anto dan Rio sama- sama menyukai pesawat
mainan. Mereka lalu memperebutkan mainan pesawat tersebut. Anto menangis.
Sebagai kakak Rio mengalah . . . . Selanjutnya mereka memainkan pesawat
mainan tersebut bersama- sama.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf di atas adalah . . . .
|
|
a.
|
Rio pun memberikan pesawat
mainan itu kepada Anto.
|
|
b.
|
Rio membelikan mobil- mobilan
untuk Anto.
|
|
c.
|
Sayangnya Rio dimarahi oleh
ayah karena membuat Anto menangis.
|
|
d.
|
Akhirnya, Anto mengajak Rio
bermain mobil- mobilan.
|