RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : My House and livingroom
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
2.3 Bercakap-cakap
dengan menggunakan ungkapan : what is ....... ?
3.2 Membaca nyaring
dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan : kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana.
Indikator:
2.3.1 Bertanya dan
menjawab pertanyaan What is .... ?.
3.2.1 Membaca teks
tentang
ruangan-ruangan di rumah
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan tanya jawab,
siswa dapat mengetahui pola kalimat pertanyaan dan dapat mempraktekkannya dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan contoh dari guru,
siswa dapat membaca kembali
teks tentang ruangan-ruangan di rumah dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Hello,
my name is Lia
It is
my house
My
house is little but clean
My
father reads news paper in the livingroom
My
mother cooks in the kitchen
I
sleep in the bedroom
I
take a bath in the bathroom
(Enjoy and Easy English
halaman 10)
Pertemuan 2
What is it?
It is .........
Example :
What is it?
It is a fan
What is it?
It is calendar
(Enjoy and Easy English halaman 17)
Pertemuan 2
Things in
the livingroom
2. curtain 8. fan
3. sofa 9. picture
6. vase 12. window
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa.
Buku penunjang guru.
Internet.
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur
kepada Tuhan atas apa yang sudah mereka miliki.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My
House sebagai awal kegiatan juga untuk mengingat kembali. (mengamati)
2. Siswa menjawab pertanyaan guru. Menstimulus
siswa untuk (menanya) dari isi lagu.
• Apa bagian
rumah pertama kali yang dimasuki orang?
• Apa saja
benda-benda yang ada pada ruangan itu?
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. (mengumpulkan informasi) Guru
menuliskan semua jawaban siswa di papan tulis. Guru meminta siswa secara
berkelompok untuk mengartikan kosakata yang tertera di papan tulis.
4. Setiap kelompok mengemukakan jawabannya, sekaligus guru
memberikan penjelasan apakah jawabannya benar atau salah. (mengkomunikasikan)
5. Siswa menyalin kosakata
things in the livingroom pada buku catatan mereka.
6. Siswa diminta membaca kosakata beserta artinya secara
berkelompok (mencoba).
7. Guru menginformasikan akan mengadakan evaluasi membaca. Guru
memberikan contoh cara membaca bacaan pada halaman 10.
8. Siswa maju satu per satu, sedangkan siswa yang belum dipanggil
mengerjakan paket hal 11-13.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah bersama-sama.
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar di rumah.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Guru menstimulus
siswa untuk menjawab
pertanyaan guru yang menggunakan kata tanya what is it? yang artinya apakah ini? Sambil memperlihatkan gambar tentang benda-benda di ruang
tamu.
(mengamati )
3. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang pola
kalimat pertanyaan what is it? beserta jawabannya It is a ..... (mengkomunikasikan)
Guru menjelaskan akan mengadakan evaluasi
berbicara. Siswa akan maju berpasangan, setiap siswa mengambil 2 gambar
kemudian siswa yang pertama bertanya, What is it? Sambil memperlihatkan
gambar yang dibawanya. Siswa pasangannya harus menjawab It is a … Begitu
sebaliknya. Jadi setiap siswa 2x bertanya dan 2x menjawab.
5. Siswa yang belum mendapatkan giliran maju, mengerjakan
paket hal.18-20, serta beberapa latihan soal di buku tulis (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
Teknik
Penilaian
Ketrampilan
membaca : Tes Tulis membaca dari paket halaman 10
Format penilaian
ketrampilan membaca dan berbicara.
No
|
Nama
|
Intonasi
|
Pengucapan
|
Lancar
|
Total
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Rumus
nilai skala :
Skala
1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
Nilai
= jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100 =
91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Latihan
soal:
Arrange
into a good sentence and translate into Indonesia.
1. an
– It – aquarium is
2. have
– my – I – in – a – living room – fan
3. windows
– my – There – in – are – two – living room
4. living
room – There – a – is – sofa – the - in
5. a
– is – lamp – That – not
Jawaban:
1. It
is an aquarium
Ini adalah sebuah akuarium.
2. I
have a fan in my living room
Saya mempunyai sebuah kipas angin
di ruang tamu saya.
3. There
are two windows in my living room
Ada dua jendela di ruang tamu saya.
4. There
is a sofa in the living room
Ada sebuah sofa di ruang tamu.
5. That
is not a lamp.
Itu bukan sebuah lampu.
Skoring : 20 x 5 = 100
100/100 x 100 = 100
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 1,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
NIP
Baca juga:
Share this with short URL:
Get Short URL
Next Post
Previous Post
Facebook
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar