-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY HOUSE 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

RPP BAHASA INGGRIS TEMA MY HOUSE 4th week KELAS 2 SD MI SEMESTER 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 1 (Satu)
                               Tema / topik                    :  My House and livingroom
                               Pertemuan ke / minggu  :  1-2 / ke 4
                               Alokasi waktu                 :  1 hari ( 2x35 menit )


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
1.2.1   Menyebutkan kosakata bagian-bagian rumah dan benda-benda di ruang tamu setelah mendengarkannya
4.2.1   Menyebutkan kosakata benda-benda di ruang tamu dari gambar yang ada

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan deskripsi dari sebuah kalimat, siswa dapat mengetahui dan menyebutkan kosakata bagian-bagian rumah dan benda-benda di ruang tamu setelah mendengarkannya dengan percaya diri
2. Dengan melihat gambar, siswa dapat mengingat kembali dan menyebutkan kosakata benda-benda di ruang tamu dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
Rounded Rectangle: Pertemuan 1
Evaluasi menulis :
Mengubah sebuah gambar ke dalam bentuk tulisan yang benar
Rounded Rectangle: Pertemuan 2
Evaluasi mendengar :
Mendengarkan dan menulisnya kembali kosakata yang sudah diucapkan guru










E.     Metode
Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku siswa.
Internet.                          
Kartu gambar                              
Kartu kata                                               
                                        
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar sebagai rasa syukur mereka kepada Tuhan atas apa yang sudah mereka miliki.
     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, bahwa akan ada evaluasi/tes menulis.

10 menit
Inti

1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My House sebagai awal kegiatan juga untuk mengingat kembali.   (mengamati)
2.Guru menstimulus siswa untuk berani maju ke depan dan menuliskan jawaban dari kartu gambar yang ditanyakan guru. Kemudian bersama siswa, guru mengoreksi semua jawaban yang ada di papan tulis. Siswa diberikan kesempatan untuk membetulkan jawaban temannnya yang kurang tepat.
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengamati semua jawaban yang ada di papan tulis, sekaligus mengingatnya kembali. (mengumpulkan informasi)
4.Setelah cukup waktu dan siap, guru menghapus latihan yang ada di papan tulis lalu membagikan lembar soal evaluasi.
5. Siswa mengerjakan secara mandiri.
6.Jika masih cukup waktu, siswa bersama guru membahas latihan di buku paket (mengkomunikasikan) .
7.Guru menginformasikan pertemuan berikutnya akan mengadakan evaluasi mendengar.

50 menit
Penutup
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa  untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah bersama-sama.
10 Menit


Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar di rumah.
    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, bahwa akan ada evaluasi/tes mendengar

10 menit
Inti

1.   Guru menstimulus siswa untuk menyimak dan merespon kalimat yang diucapkan guru. Siswa  diminta menyebutkan kembali sebuah kosakata yang dimaksud. (mengamati )
2.      Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang maksud latihan tersebut sebagai contoh evaluasi yang akan mereka lakukan (mengkomunikasikan)
     Guru menjelaskan akan mengadakan evaluasi mendengar. Guru akan mengucapkan sebuah kalimat yang didalamnya ada satu kata tentang ruangan di rumah atau benda di ruang tamu. Siswa hanya memilih kosakata yang disebutkan tersebut pada lembar jawaban. Guru akan mengulangi pengucapan kalimat sebanyak 3x.
5. Jika masih cukup waktu, siswa mengerjakan soal persiapan UH (mencoba).
50 menit
Penutup
    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
    Guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
    Guru memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran berlangsung
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 Menit

H.    Penilaian

Teknik Penilaian
Ketrampilan menulis               : Tes Tulis
Ketrampilan mendengar          : Tes Tulis       


 






Fill in the blank with the correct word!
1. I want to know the day and date, so I see my                           ..................................
2. I wake up in the morning. I see the                      .............................  It is still 2 o’clock.
3. It is night. I want to sleep. I will close the                            ........................................
lamp14. I want to seat. I take the                     .................................................
5. It is night. Please turn on the                                    .............................
6. The weather is hot this afternoon. I want to turn on the                       ...................
7. I like to seat on the                               .......................... , because it is very soft.
8. My mother loves this  red                                     .......................................................
9. My mother usually put the                                   .................................  on the table.
10. My father usually put the cigarette on the                          ....................................

GOOD LUCK
Key answer    :
1. calendar                               6. fan
2. clock                                    7. sofa
3. curtain                                 8. flower
4. chair                                                9. vase
5. lamp                                                10. ashtray

Skoring           :
Tiap nomer nilainya 10
1. 10 : 8 = 1,3 ( tiap huruf poinnya 1,3 )
2. 10 : 5 = 2    ( tiap huruf poinnya 2 )
3. 10 : 7 = 1,4 ( tiap huruf poinnya 1,4 )
4. 10 : 5 = 2    ( tiap huruf poinnya 2 )
5. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
6. 10 : 3 = 3,3 ( tiap huruf poinnya 3,3 )
7. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
8. 10 : 6 = 1,6 ( tiap huruf poinnya 1,6 )
9. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
10. 10 : 7 = 1,4 ( tiap huruf poinnya 1,4 )



SOAL LISTENING TEST “MY HOUSE AND LIVINGROOM”

1. I sleep in my bedroom.
2. I and my family have breakfast in our dining room.
3. My mother and my sister cook fried rice in the kitchen.
4. My father parks his car in the garage.
5. I take a bath and wash my hair in the bathroom.
6. It is night. I want to sleep. I will close the curtain.
7. I want to eat. I must seat on my chair.
8. I want to know the day and date, so I see my calendar.
9. I have a big and beautiful picture in my house.
10. Rudy, please bring the ashtray here because daddy wants to throw the cigarette.

Key answer :
1. bedroom                                        6. Curtain
2. dining room                                   7. Chair
3. kitchen                                            8. Calendar
4. garage                                              9. Picture
5. bathroom                                       10. Ashtray

 





1. a. bathroom                        b. bedroom                             c. dining room
2. a. bathroom                        b. bedroom                             c. dining room
3. a. kitchen                            b. garage                                 c. dining room
4. a. kitchen                            b. garage                                 c. dining room
5. a. living room                      b. garage                                 c. bathroom
6. a. chair                                b. curtain                                 c. calendar
7. a. chair                                b. curtain                                 c. calendar
8. a. television                         b. window                                c. calendar
9. a. pillow                              b. lamp                                    c. picture
10. a. ac                                  b. ashtray                                c. aquarium  

Skoring            : tiap soal nilainya 10
                        100/100 x 100 = 100


Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE
                                                           

                                                                  NIP



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar