RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 1 (Satu)
Tema / topik : My House and livingroom
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 4
Alokasi waktu : 1 hari ( 2x35 menit )
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima
Indikator:
1.2.1 Menyebutkan kosakata bagian-bagian rumah dan benda-benda di ruang tamu setelah mendengarkannya
4.2.1 Menyebutkan kosakata benda-benda di ruang tamu dari gambar yang ada
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan deskripsi dari
sebuah kalimat, siswa dapat mengetahui dan menyebutkan kosakata bagian-bagian rumah dan benda-benda di ruang tamu setelah mendengarkannya dengan percaya diri
2. Dengan melihat gambar,
siswa dapat mengingat kembali
dan menyebutkan kosakata benda-benda di ruang tamu dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
E.
Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa.
Internet.
Kartu
gambar
Kartu
kata
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar sebagai rasa syukur mereka kepada Tuhan atas apa yang sudah mereka miliki.
• Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini, bahwa akan ada
evaluasi/tes menulis.
|
10
menit
|
Inti
|
1.Siswa bersama guru bernyanyi lagu My
House sebagai awal kegiatan juga untuk mengingat kembali. (mengamati)
2.Guru menstimulus siswa untuk berani maju ke
depan dan menuliskan jawaban dari kartu gambar
yang ditanyakan guru. Kemudian bersama siswa, guru mengoreksi semua jawaban
yang ada di papan tulis. Siswa diberikan kesempatan untuk membetulkan jawaban
temannnya yang kurang tepat.
3.Siswa diberikan kesempatan untuk mengamati semua jawaban yang ada di papan
tulis, sekaligus mengingatnya kembali.
(mengumpulkan informasi)
4.Setelah cukup waktu dan siap, guru menghapus latihan yang
ada di papan tulis lalu membagikan lembar soal evaluasi.
5. Siswa mengerjakan secara mandiri.
6.Jika masih cukup waktu, siswa bersama guru membahas latihan di buku paket
(mengkomunikasikan) .
7.Guru menginformasikan pertemuan berikutnya akan
mengadakan evaluasi mendengar.
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah bersama-sama.
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripasi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan untuk memotivasi siswa supaya selalu rajin belajar di rumah.
• Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini, bahwa akan ada
evaluasi/tes mendengar
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menstimulus siswa untuk menyimak dan merespon
kalimat yang diucapkan guru. Siswa diminta menyebutkan kembali sebuah kosakata yang
dimaksud. (mengamati )
2. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang maksud
latihan tersebut sebagai contoh evaluasi yang akan mereka lakukan (mengkomunikasikan)
Guru menjelaskan
akan mengadakan evaluasi mendengar.
Guru akan
mengucapkan sebuah kalimat yang didalamnya ada satu kata tentang ruangan di
rumah atau benda di ruang tamu. Siswa hanya memilih kosakata yang disebutkan
tersebut pada lembar jawaban. Guru akan mengulangi pengucapan kalimat
sebanyak 3x.
5. Jika masih cukup waktu, siswa mengerjakan soal persiapan UH (mencoba).
|
50
menit
|
Penutup
|
• Guru
bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran
• Guru bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran
• Guru
memberikan reward kepada siswa yang berperan aktif selama pembelajaran
berlangsung
• Guru membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada
Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar.
• Guru mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
H.
Penilaian
Teknik
Penilaian
Ketrampilan menulis : Tes Tulis
Ketrampilan mendengar : Tes
Tulis
Fill in the blank with the correct word!
1. I want to know the day and date, so I see my
..................................
2. I wake up in the morning. I see the ............................. It is still 2 o’clock.
3. It is night. I want to sleep. I will close the
........................................
4. I want to seat. I take the
.................................................
5. It is night. Please turn on the
.............................
6. The weather is hot this afternoon. I want to turn on the ...................
7. I like to seat on the .......................... , because it
is very soft.
8. My mother loves this red
.......................................................
9. My mother usually put the ................................. on the table.
10. My father usually put the cigarette on
the
....................................
GOOD LUCK
Key answer :
1. calendar 6.
fan
2. clock 7.
sofa
3. curtain 8.
flower
4. chair 9.
vase
5. lamp 10. ashtray
Skoring :
Tiap nomer
nilainya 10
1. 10 : 8 = 1,3 ( tiap huruf poinnya 1,3 )
2. 10 : 5 = 2 (
tiap huruf poinnya 2 )
3. 10 : 7 = 1,4 ( tiap huruf poinnya 1,4 )
4. 10 : 5 = 2 ( tiap
huruf poinnya 2 )
5. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
6. 10 : 3 = 3,3 ( tiap huruf poinnya 3,3 )
7. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
8. 10 : 6 = 1,6 ( tiap huruf poinnya 1,6 )
9. 10 : 4 = 2,5 ( tiap huruf poinnya 2,5 )
10. 10 : 7 = 1,4 ( tiap huruf poinnya 1,4 )
SOAL
LISTENING TEST “MY HOUSE AND LIVINGROOM”
1. I sleep in my bedroom.
2. I and my family have breakfast in our dining room.
3. My mother and my sister cook fried rice in the kitchen.
4. My father parks his car in the garage.
5. I take a bath and wash my hair in the bathroom.
6. It is night. I want to sleep. I will close the curtain.
7. I want to eat. I must seat on my chair.
8. I want to know the day and date, so I see my calendar.
9. I have a big and beautiful picture in my house.
10. Rudy, please bring the ashtray here because daddy wants to throw the cigarette.
Key answer :
1. bedroom 6.
Curtain
2. dining
room 7.
Chair
3. kitchen 8.
Calendar
4. garage 9.
Picture
5.
bathroom 10.
Ashtray
1. a. bathroom b.
bedroom c.
dining room
2. a. bathroom b.
bedroom c.
dining room
3. a. kitchen b.
garage c.
dining room
4. a. kitchen b.
garage c.
dining room
5. a. living room b.
garage c.
bathroom
6. a. chair b.
curtain c.
calendar
7. a. chair b.
curtain c.
calendar
8. a. television b.
window c. calendar
9. a. pillow b.
lamp c.
picture
10. a. ac b.
ashtray c.
aquarium
Skoring : tiap soal nilainya 10
100/100
x 100 = 100
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
NIP