RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Number and Month
Pertemuan ke / minggu : 1-2 / ke 1
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A. Standar Kompetensi
5. Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara
berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai
permainan
5.2
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima
Indikator:
5.1.5 Mengetahui
angka-angka setelah 10
5.2.5 Menyebutkan
angka-angka setelah 10
5.1.6 Mengetahui
nama bulan dalam setahun
5.2.6 Menyebutkan
nama bulan dalam setahun
8.2.4 Menuliskan angka-angka setelah 10
8.2.5 Menuliskan nama bulan dalam setahun
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui
kosakata angka-angka setelah 10 serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
2. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kosakata angka-angka setelah 10 serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 2
Month in a year
1st ( first ) January
2nd ( second ) February
3rd ( third ) March
4th ( fourth ) April
5th ( fifth ) May
6th ( sixth ) June
7th ( seventh ) July
8th ( eighth ) August
9th ( nineth ) September
10th ( tenth ) October
11th ( eleventh ) November
12th ( twelfth) December
Number
11 : eleven 20 :
twenty
12 : twelve 30 :
thirty
13 : thirteen 40 :
forty
14 : fourteen 50 : fifty
15 : fifteen 60 :
sixty
16 : sixteen 70 :
seventy
17 : seventeen 80
: eighty
18 : eighteen 90 :
ninety
19 : nineteen 100 : one
hundred
20 : twenty
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Gambar-gambar dalam slide
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “angka atau jumlah” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis benda yang sangat banyak
jumlahnya.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan lagu “Satu ditambah satu”.
(mengamati)
2.
Guru mengajak siswa untuk melihat sebuah
video tentang animal and number. Jadi ada gabungan tentang materi hewan dan
angka. (mengamati)
3. Guru
bertanya hewan apa saja yang ada dalan video, beserta juga jumlahnya. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Siswa dengan bimbingan guru mengingat kembali angka dari 1-10. (mencoba)
5. Guru memberitahukan kalau angka yang akan dipelajari adalah angka setelah 10. (mengkomunikasikan)
6. Siswa diajak mengucapkan dengan pelafalan yang benar. Serta
mengingat-ingat kalau angka belasan dibelakangnya ditambahi “teen” tapi kalau
angka puluhan ditambahi “ty”. Kemudian siswa menuliskan
catatan tentang
angka setelah 10 beserta artinya pada buku
catatan mereka masing-masing.
7. Guru
memberitahukan akan mengadakan evaluasi mendengar. Siswa diminta membuka LKS
halaman 26. Kemudian guru mengucapkan sebuah angka, siswa diminta untuk
mencari dan memberi urutan nomor soal. Contoh : Number 1 is seventeen. Maka
siswa harus segera mencari angka 17 dan memberi nomor 1. Begitu seterusnya.
8. Setelah itu,
guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS halaman 28 sebagai soal untuk
evaluasi menulis.
|
50
menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman pembelajaran
•
Guru memberitahukan tentang
materi yang akan mereka dipelajari pada pertemuan berikutnya adalah month in a year.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar. Serta selalu rajin belajar
dan berdoa.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “sebuah bulan
dalam setahun”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniakan bulan-bulan dan hari-hari yang penuh makna.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak menyanyikan lagu nama-nama hari dalam seminggu.
Kemudian guru menggali apakah siswa juga sudah mengetahui nama-nama bulan
dalam setahun. (mengamati)
2. Guru mengajak siswa untuk melihat sebuah video tentang bulan dalam setahun. (mengamati)
3. Guru bertanya nama bulan
secara acak dengan menanyai bulan lahir siswa. (mengumpulkan informasi)
4. Siswa dengan bimbingan guru
mengingat kembali ke 12 bulan secara berurutan.
(mencoba)
5. Guru memberitahukan kalau angka yang akan dipelajari adalah angka setelah 10. (mengkomunikasikan)
6. Siswa diajak mengucapkan dengan pelafalan yang benar. Serta
mengingat-ingat kalau ada kata “Before” berarti sebelumnya dan kata “After”
berarti sesudahnya. Seperti Before January is December dan After January is
February. Kemudian siswa menuliskan
catatan tentang
nama bulan dalam setahun beserta artinya
pada buku
catatan mereka masing-masing.
7. Guru
memberitahukan akan mengadakan evaluasi mendengar. Siswa diminta membuka LKS
halaman 47. Kemudian guru mengucapkan sebuah kalimat menggunakan Before atau
After, siswa diminta untuk mencari dan melingkari jawabannya
8. Setelah itu,
guru meminta siswa untuk mengerjakan LKS halaman 51-52 sebagai soal untuk
evaluasi menulis.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan diadakan UH Tema 7 tentang animal.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar, berdoa dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Penilaian sikap : observasi percaya diri, disiplin, bekerja
sama
b.
Penilaian keterampilan :
-
Keterampilan
mendengar
-
Keterampilan
menulis
Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema : Number
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan
diri
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Number
No
|
Nama
|
Ketepatan
jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian
tulisan
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi dan sulit
untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE