RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Number and Month
Pertemuan ke / minggu : 3-4 / ke 2
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu dan
memberi aba-aba
Indikator:
6.1.5 Menyebutkan angka-angka
setelah 10
6.2.5 Bertanya jawab tentang angka-angka setelah 10
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata angka-angka setelah
10
serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
2. Dengan bertanya jawab, siswa dapat bertanya jawab tentang kosakata angka-angka setelah
10
serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Number
A : What number is ... ?
B : He / She / It is number ....
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “angka atau jumlah” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis benda yang sangat banyak
jumlahnya.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan lagu “Satu ditambah satu”.
(mengamati)
2.
Guru mengajak siswa untuk mengingat nomor
absen masing-masing. Guru secara acak bertanya kepada beberapa siswa dengan
pertanyaan What number is your absent? Siswa memjawab dengan My absent is ...
(mencoba)
3. Guru bertanya, bagaimana kalimat pertanyaan untuk menanyakan angka. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru memberitahukan kalimat pertanyaan untuk menanyakan angka adalah dengan What number is ... ? Guru
memberi contoh menanyakan nomor rumah : What number is your house? Atau
menanyakan nomor sepatu : What number is your shoes? (mengkomunikasikan)
5. Guru
memberitahukan akan mengadakan evaluasi berbicara. Siswa secara berpasangan
akan saling bertanya dan menjawab dengan menggunakan What number is ... ?
seperti yang ada pada LKS halaman 26. Siswa pertama bertanya sampai 5 kali
kemudian siswa yang kedua yang bertanya.
6. Bagi siswa yang
belum mendapat giliran diminta untuk mengerjakan LKS halaman 25-33 sebagai
soal untuk latihan.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran.
•
Guru memberitahukan kalau pertemuan berikutnya adalah UH Animal jadi jangan lupa untuk
mempelajari materi tentang hewan.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar. Serta selalu rajin belajar
dan berdoa.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “sebuah bulan
dalam setahun”
untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniakan bulan-gilan dan hari-hari yang penuh makna.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak mengingat kembali macam-macam nama-nama hewan baik jinak
maupun buas serta hewan ternak.
(mengamati)
2. Guru
membagikan soal
UH Animal.
3. Siswa mengerjakan soal UH Animal.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan kembali belajar tentang materi number and month.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar, berdoa dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Penilaian sikap : observasi percaya diri, disiplin, bekerja
sama
b.
Penilaian keterampilan :
-
Keterampilan
berbicara
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : …………………………….
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE