-->
RPP BAHASA INGGRIS TEMA NUMBER AND MONTH 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RPP BAHASA INGGRIS TEMA NUMBER AND MONTH 2nd week KELAS 2 SD MI SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                               Satuan pendidikan         :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                               Kelas / semester              :  2 (Dua) / 2 (Dua)
                               Tema / topik                    :  Number and Month
                               Pertemuan ke / minggu  :  3-4 / ke 2
                               Alokasi waktu                 :  1 hari (2x35 menit)

A.    Standar Kompetensi

6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba

Indikator:
6.1.5   Menyebutkan angka-angka setelah 10
6.2.5   Bertanya jawab tentang angka-angka setelah 10

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata angka-angka setelah 10 serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
2. Dengan bertanya jawab, siswa dapat bertanya jawab tentang kosakata angka-angka setelah 10 serta nama bulan dalam setahun dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan 1
Number
A      : What number is ... ?
B      : He / She / It is number ....
                                                                                                   
                                                                                                          
                                                                                      
E. Metode

Strategi                 : Problem Based  Learning
Teknik                  : Demonstration
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan

F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku siswa                                 
Kamus                            
  

                                        
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “angka atau jumlah” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai berbagai macam jenis benda yang sangat banyak jumlahnya.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini

10 menit
Inti


1.      Siswa diajak menyanyikan lagu “Satu ditambah satu”. (mengamati)
2.      Guru mengajak siswa untuk mengingat nomor absen masing-masing. Guru secara acak bertanya kepada beberapa siswa dengan pertanyaan What number is your absent? Siswa memjawab dengan My absent is ... (mencoba)
3. Guru bertanya, bagaimana kalimat pertanyaan untuk menanyakan angka. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.  (mengumpulkan informasi)
4. Guru memberitahukan kalimat pertanyaan untuk menanyakan angka   adalah dengan What number is ... ? Guru memberi contoh menanyakan nomor rumah : What number is your house? Atau menanyakan nomor sepatu : What number is your shoes?   (mengkomunikasikan)
5. Guru memberitahukan akan mengadakan evaluasi berbicara. Siswa secara berpasangan akan saling bertanya dan menjawab dengan menggunakan What number is ... ? seperti yang ada pada LKS halaman 26. Siswa pertama bertanya sampai 5 kali kemudian siswa yang kedua yang bertanya.
6. Bagi siswa yang belum mendapat giliran diminta untuk mengerjakan LKS halaman 25-33 sebagai soal untuk latihan.
50 menit
Penutup

    Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman pembelajaran.
     Guru memberitahukan kalau pertemuan berikutnya adalah UH Animal jadi jangan lupa untuk mempelajari materi tentang hewan.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan lingkungan sekitar. Serta selalu rajin belajar dan berdoa.
    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

10 Menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
     Guru mengucap salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
     Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
     Mengajukan pertanyaan terkait dengan “sebuah bulan dalam setahun” untuk memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniakan bulan-gilan dan hari-hari yang penuh makna.
     Menyampaikan tujuan atau manfaat materi pembelajaran hari ini
10 menit
Inti


1. Siswa diajak mengingat kembali macam-macam nama-nama hewan baik jinak maupun buas serta hewan ternak. (mengamati)
2.   Guru membagikan soal UH Animal.
3.   Siswa mengerjakan soal UH Animal.


50 menit
Penutup

    Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
    Guru memberitahuan pertemuan berikutnya akan kembali belajar tentang materi number and month.
    Guru menekankan kepada siswa supaya selalu rajin belajar, berdoa dan selalu menghormati siapapun.
    Guru membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud kecintaan kita kepada Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

10 Menit

H. Penilaian

1. Teknik penilaian
a.    Penilaian sikap             : observasi percaya diri, disiplin, bekerja sama
b.   Penilaian keterampilan :
-      Keterampilan berbicara


Keterampilan berbicara Bahasa Inggris
Tema : …………………………….
No
Nama
Suara
Kelancaran
Sikap
Intonasi
Pelafalan
Jumlah skor
Nilai
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34









Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
Setengah atau lebih isi teks dibaca lancar
Kurang dari setengah isi teks dibaca lancar
Belum dapat membaca lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat


















Mengetahui
Waka Kurikulum

Andhy Sudarmono, ST
                 NIP
Guru Kelas 2,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar