RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema / topik : Number and Month
Pertemuan ke / minggu : 5-6 / ke 3
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar Kompetensi
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara
berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu dan
memberi aba-aba
Indikator:
6.1.5 Menyebutkan angka-angka
setelah 10
6.2.5 Bertanya jawab tentang angka-angka setelah 10
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat memahami kalimat atau bacaan tentang nama bulan dalam
setahun dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan kata
atau kalimat nama bulan dalam setahun dengan
percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Day, Month, Year
Day : hari
Month :
bulan
Year : tahun
Today :
hari ini
Tomorrow : besok
Yesterday : kemarin
This month : bulan ini
Next month : bulan depan
Last month : bulan lalu
This year : tahun ini
Next year : tahun depan
Last year : tahun lalu
Kalimat pertanyaan :
Day : What
day is/was ... ?
Month : What month is/was ... ?
Year : What year is/was ... ?
Is : to be untuk sekarang / masa depan
Was : to be untuk lampau
E. Metode
Strategi : Problem Based Learning
Teknik : Demonstration
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
dan Penugasan
F. Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
siswa
Kamus
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Mengajukan
pertanyaan terkait dengan “bulan” untuk
memotivasi siswa supaya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah mengkaruniai 2 bulan yang penuh berkah.
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diajak menyanyikan lagu “Nama Hari-Hari” baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa
Inggris. (mengamati)
2.
Guru mengajak siswa untuk mengingat bulan
kelahiran masing-masing. Guru secara acak bertanya kepada beberapa siswa
dengan pertanyaan What month is your birthday? Siswa menjawab dengan My birthday
is on ... (mencoba)
3. Guru bertanya, bagaimana
kalimat pertanyaan untuk menanyakan bulan. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru mengingatkan kembali istilah hari,
bulan dan tahun. Serta istilah seperti besok, kemarin, bulan depan, bulan
lalu, tahun depan, tahun lalu. Begitu juga dengan kalimat pertanyaannya.
Kemudian siswa menyalin catatan yang ada dipapan. (mengkomunikasikan)
5. Guru mengajak
siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal latihan pada buku paket hal 94-96. (mencoba)
6. Kemudian
guru membacakan teks bacaan pada halaman 96. Siswa menirukan membaca secara
klasikal. Setelah itu guru mencoba menggali kemampuan siswa untuk mengartikan
kata per kata dalam bacaan tersebut. Guru turut serta membimbing apabila ada
kesulitan. Setelah guru memastikan siswa telah memahami bacaan tersebut,
siswa diminta mengerjakan latihan pada paket halaman 97, sebagai evaluasi
keterampilan membaca.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman pembelajaran.
•
Guru memberitahukan kalau pertemuan berikutnya masih akan belajar tentang angka dan nama-nama
bulan.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan, sesama manusia dan
lingkungan sekitar. Serta selalu rajin belajar
dan berdoa.
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
10 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
• Guru mengucap
salam dan yel-yel kelas sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan
membangun makna belajar
• Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar lalu mengajak semua
siswa berdo’a dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
• Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
• Menyampaikan
tujuan atau manfaat
materi pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa diajak mengingat kembali nama-nama bulan dalam bahasa Inggris. (mengamati)
2. Siswa secara
berkelompok mengerjakan puzzle tentang nama-nama bulan (mencoba)
3. Guru
bertanya, bagaimana menyusun kalimat dengan kata sesudah atau sebelum. Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. (mengumpulkan
informasi)
4. Guru mengingatkan kembali kata sebelum atau
sesudah dituliskan pada awal kalimat. Contoh; after January is February.
Atau, before February is January. (mengkomunikasikan)
5. Guru
mengajak siswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal latihan pada LKS halaman 48-54. (mencoba)
6. Kemudian guru
membimbing untuk membahas soal-soal tersebut.
|
50
menit
|
Penutup
|
•
Guru mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
•
Guru memberitahuan
pertemuan berikutnya akan kembali belajar tentang materi number and month.
•
Guru menekankan kepada
siswa supaya selalu rajin belajar, berdoa dan selalu menghormati siapapun.
•
Guru membangun motivasi siswa untuk terus
mengembangkan sikap hidup bersih sebagai wujud
kecintaan kita kepada
Tuhan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
|
10 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Penilaian sikap : observasi percaya diri, disiplin, bekerja
sama
b.
Penilaian keterampilan :
-
Keterampilan
membaca
Keterampilan membaca
Bahasa Inggris
Tema : …………………………….
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas dapat mendengar
|
Setengah atau lebih dari ini
kelas dapat mendengar
|
Kurang dari setengah isi kelas
dapat mendengar
|
Tidak terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh si teks dibaca dengan lancer
|
Setengah atau lebih isi teks
dibaca lancar
|
Kurang dari setengah isi teks
dibaca lancar
|
Belum dapat membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi sopan
|
Tegak tapi kurang sopan
|
Tidak tegak dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
Mengetahui
Waka Kurikulum
Andhy Sudarmono, ST
NIP
|
Guru Kelas 2,
Meinar Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE