-->
RPP Bahasa Inggris Tema Months 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2

RPP Bahasa Inggris Tema Months 1st week Kelas 3 SD MI Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 2 (Dua)
                                                Tema / topik                           :  Months
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 1
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.13 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
4.13.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang nama-nama bulan
4.16.1 Menuliskan nama bulan sesuai urutan dalam setahun

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata nama-nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata nama-nama bulan dalam setahun dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran




Pertemuan 1                                      
Months

1st ( first ) month is January
2nd (second) month is February
3rd (third) month is March
4th (fourth) month is April
5th (fifth) month is May
6th (sixth) month is June
7th (seventh) month is July
8th (eighth) month is August
9th (ninth) month is September
10th (tenth) month is October
11th (eleventh) month is November
12th (twelfth) month is December

Pertemuan 2  

What month is it?
(Bulan apa sekarang?)
It is ...

What month is the 1st (first) month?
(Apa bulan yang pertama?)
The 1st month is January.

Preposition In/On means di/pada
“in” dipakai apabila diikuti nama bulan.
Contoh : I was born in May.
“on” dipakai apabila diikuti bulan, tanggal, dan tahun.
Contoh : I was born on June 1st, 2007.
 
















E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture


F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Kalender                         
        Kamus                

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengadakan games. Mekanismenya adalah guru memberikan sebuah kata yang akan ditulis dipapan tulis. Guru membagi siswa menjadi 3 atau 4 kelompok. Guru meminta siswa satu persatu secara bergantian untuk menuliskan sebuah kata (tentang apa saja yang sudah mereka ketahui) sesuai abjad / huruf yang paling awal/depan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan kosakata tersebut yang memenangkan permainan. Games diulangi sebanyak 2 atau 3x tergantung panjang pendeknya kata.
10 menit
Inti

·        Guru membimbing siswa untuk mengingat kembali cardinal dan ordinal number pada materi angka atau numbers pada materi sebelumnya. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru menuliskan 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th, 6th, 7th, 8th, 9th, 10th, 11th, 12th. Guru meminta siswa mengucapkan lafal dari ordinal number tersebut secara klasikal. Setelah itu guru meminta beberapa siswa secara acak untuk maju dan menuliskan pelafalan yang tepat dari ordinal number tersebut dipapan tulis. Guru memberikan reward bagi yang masih mengingatnya, serta memotivasi bagi siswa yang sedikit lupa.  (mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru menggabungkan ordinal number dengan nama-nama bulan dalam setahun.
Contoh : The 1st month is January.
               The 6th mone is June.
 ( elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi.
 (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengajak siswa mengadakan Vocabulary Games dari pertanyaan “What day is it today?” dan “What month is it?” Permainan ini menguji kemampuan mengingat siswa tentang macam-macam kosakata yang sudah mereka ketahui.
10 menit
Inti

·           Guru menanyakan “What month is it?” tentang maksud dari kalimat pertanyaan tersebut. (menanya).
·           Siswa memberikan dan menjelaskan jawaban dari kalimat pertanyaan tersebut. (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru menjelaskan materinya adalah tentang Months/nama-nama bulan dalam setahun. Kalimat pertanyaan yang menyangkut tentang nama-nama bulan adalah “What month is it?” dan “What month is the 1st / 2nd / 3th etc month?” Menjelaskan arti dari kedua kalimat pertanyaan tersebut beserta bagaimana cara menjawabnya. Kemudian mengingat lagi preposition “In/On” yang artinya di atau pada. Apabila pemakaiannya untuk menerangkan keterangan waktu/nama bulan ada perbedaan dari keduanya. “In” dipakai apabila diikuti nama bulan saja namun “On” dipakai apabila diikuti penulisan nama bulan, tanggal dan tahun. Guru memberikan beberapa contoh. (mengkomunikasikan)
·        Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa setelah itu mengadakan tanya jawab secara lisan tentang in/on untuk memantau tingkat pemahaman siswa. (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa mencoba mengerjakan soal latihan pada buku paket hal. 55.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·        Guru membahas jawaban siswa secara klasikal.
       (elaborasi, mengkomunikasikan)
·                                        
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP








                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Latihan Soal:
1. What month is the 3th month?
2. What month is the 8th month?
3. What month is the 10th month?
4. What month is after this month?
5. What month is before this month?

Kunci Jawaban:
1. The 3th month is March.
2. The 8th month is August.
3. The 10th month is October.
4. After this month is February.
5. Before this month is December.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar