RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Months
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 1
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.13
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.13.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang nama-nama bulan
4.16.1
Menuliskan nama bulan sesuai urutan dalam setahun
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata nama-nama bulan dalam setahun dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata nama-nama
bulan dalam setahun dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
Months
1st
( first ) month is January
2nd
(second) month is February
3rd
(third) month is March
4th
(fourth) month is April
5th
(fifth) month is May
6th
(sixth) month is June
7th
(seventh) month is July
8th
(eighth) month is August
9th
(ninth) month is September
10th
(tenth) month is October
11th
(eleventh) month is November
12th (twelfth) month is December
Pertemuan
2
What month is it?
(Bulan apa sekarang?)
It is ...
What month is the 1st
(first) month?
(Apa bulan yang pertama?)
The 1st month is January.
Preposition In/On means
di/pada
“in” dipakai apabila
diikuti nama bulan.
Contoh : I was born in
May.
“on” dipakai apabila
diikuti bulan, tanggal, dan tahun.
Contoh : I was born on June 1st, 2007.
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kalender
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games. Mekanismenya adalah guru memberikan
sebuah kata yang akan ditulis dipapan tulis. Guru membagi siswa menjadi 3
atau 4 kelompok. Guru meminta siswa satu persatu secara bergantian untuk
menuliskan sebuah kata (tentang apa saja yang sudah mereka ketahui) sesuai abjad
/ huruf yang paling awal/depan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan
kosakata tersebut yang memenangkan permainan. Games diulangi sebanyak 2 atau 3x
tergantung panjang pendeknya kata.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru membimbing siswa untuk mengingat
kembali cardinal dan ordinal number pada materi angka atau numbers pada materi sebelumnya. (elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru menuliskan
1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th,
6th, 7th, 8th, 9th, 10th,
11th, 12th. Guru
meminta siswa mengucapkan lafal dari ordinal number
tersebut secara klasikal. Setelah itu
guru meminta beberapa siswa secara acak untuk maju dan menuliskan pelafalan
yang tepat dari ordinal number tersebut dipapan
tulis. Guru memberikan reward bagi yang masih mengingatnya, serta memotivasi
bagi siswa yang sedikit lupa. (mencoba, elaborasi,
mengkomunikasikan)
· Guru menggabungkan
ordinal number dengan nama-nama bulan dalam setahun.
Contoh : The 1st
month is January.
The 6th mone is
June.
( elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa terhadap materi.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengajak siswa mengadakan Vocabulary Games dari pertanyaan “What
day is it today?” dan “What month is it?” Permainan ini
menguji kemampuan mengingat siswa
tentang macam-macam kosakata yang sudah mereka ketahui.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menanyakan
“What month is it?” tentang maksud dari kalimat pertanyaan tersebut. (menanya).
·
Siswa
memberikan dan menjelaskan jawaban dari kalimat pertanyaan tersebut. (percaya diri, mencoba, patuh)
·
Guru
menjelaskan materinya adalah tentang Months/nama-nama bulan dalam setahun. Kalimat
pertanyaan yang menyangkut tentang nama-nama bulan adalah “What month is it?”
dan “What month is the 1st / 2nd / 3th etc
month?” Menjelaskan arti dari kedua kalimat pertanyaan tersebut beserta
bagaimana cara menjawabnya. Kemudian mengingat lagi preposition “In/On” yang
artinya di atau pada. Apabila pemakaiannya untuk menerangkan keterangan
waktu/nama bulan ada perbedaan dari keduanya. “In” dipakai apabila diikuti
nama bulan saja namun “On” dipakai apabila diikuti penulisan nama bulan,
tanggal dan tahun. Guru memberikan beberapa contoh. (mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa setelah itu mengadakan tanya jawab secara lisan tentang in/on untuk memantau tingkat
pemahaman siswa. (mencoba, patuh,
percaya diri)
·
Siswa
mencoba mengerjakan soal latihan pada buku paket hal. 55.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
Guru
membahas jawaban siswa secara klasikal.
(elaborasi,
mengkomunikasikan)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Latihan
Soal:
1. What month is the 3th
month?
2. What month is the 8th
month?
3. What month is the 10th
month?
4. What month is after this month?
5. What month is before this month?
Kunci
Jawaban:
1. The 3th month is March.
2. The 8th month is August.
3. The 10th month is October.
4. After this month is February.
5. Before this month is December.